Membaca Laailaha illallahu wallahu akbar di Antara Dua Surat Saat Shalat Witir

0
88

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz…
Bagaimana jika saat separuh terakhir bulan Ramadhan ada tambahan lafadz di dalam shalat witir yang 1 rakaat di saat membaca QS. Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas setelah Al Fatihah. Nah diantara ketiga surat ditambah bacaan “Laailaha illallahu wallahu akbar” bersama-sama dengan imam.
Ini apa hukumnya ustadz?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Sebagian para qurra, ada tradisi jika menjelang khataman khususnya setelah baca surat Adh Dhuha sampai An Naas mereka membaca takbir setelah membaca satu surat.. Ini kebiasaan sebagian salaf, dan juga dari Imam Ahmad bin Hambal..
Namun, ini tidak dianjurkan menurut para salaf lainnya.. Jadi, ini masih diperselisihkan ulama.

Ada pun jika dibaca oleh imam saat witir, maka apakah saat itu imam tersebut sedang khataman Al Quran? Jika ya, silahkan.. Itu sunnah menurut sebagian salaf, walau diingkari salaf yang lainnya.. Sebagaimana yg sdh dijelaskan sebelumnya.

Jika tidak sdg khataman, maka sebaiknya tidak perlu diselingi oleh takbir, khawatir itu menyelisihi Rasulullah saat witir membaca Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas di shalat witir tanpa diselingi oleh takbir. Sebagaimana hadits berikut:

عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جُرَيْجٍ قَالَ سَأَلْنَا عَائِشَةَ بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ يُوتِرُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ يَقْرَأُ فِي الْأُولَى بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَفِي الثَّانِيَةِ بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ

Dari ‘Abdul Aziz bin Juraij dia berkata, kami bertanya kepada ‘Aisyah dengan (surat) apakah Rasulullah ﷺ membaca dalam witir? Dia menjawab, pada rakaat pertama beliau membaca SABBIHISMA RABBIKAL ‘A’LA, pada rakaat kedua beliau membaca QUL YAA AYYUHAL KAAFIRUUN dan pada rakaat ketiga beliau membaca QUL HUWALLAAHU AHAD dan AL MU’AWWIDZATAIN (surah Al-Falaq dan An-Naas)

(HR. At Tirmidzi no. 463, hadits hasan)

Menghindari kontroversi di tengah masyarakat tentu lebih baik.

Demikian. Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here