Zina itu utang

Status Anak dari Zina

Pertanyaan

Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….
Blh nanya, apakah ayah kandung dr anak hasil zina merupakan mahrom…?
Jazakillahu katsiran. 🙏

Jawaban

Oleh: Ustadzah​ Nurdiana

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Tergantung pada si ibu di nikahi atau tidak oleh ayahnya sebelum 4 bulan?.
Kalau si ibu tidak dinikahi maka anak hasil zina nya bukan mahram.

Abdullah bin Amr bin Ash mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi keputusan bahwa anak dari hasil hubungan dengan budak yang tidak dia miliki, atau hasil zina dengan wanita merdeka TIDAK dinasabkan ke bapak biologisnya dan tidak mewarisinya… (HR. Ahmad, Abu Daud, dihasankan Al-Albani serta Syuaib Al-Arnauth).

Wallahu a’lam.


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Pengobatan Alternatif


Assalamuallaikum wrwb ustadz/ah…Ibu ana lagi sakit,waktu di periksa dokter,kata dokternya asam urat tinggi jadi kaki ibu ana membengkak dan sakit diluruskan dan dibawa berjalan,namun keluarga tidak puas dengan perkembangan ibu ana setelah keluar dari rumah sakit,mereka mengobati ibu ana dengan obat kampung
Obat kampungnya seperti ke dukun,ana tidak melihat langsung kepada siapa ipar ana itu meminta obat,karena saat itu hanya dia yg mengurus,kami hanya menunggu obat dirumah.
Yg ingin ana tanyakan :

1. Obat-obatan nya dari daun asam yg di iris2 trus di kasih asam kampung sama air,saat ingin mengoleskan obat itu di bacakan dulu Al fatihah,3 kul dan di tutup dengan Al fatihah lagi. Saat mengoleskan hanya membaca ayat kursi baris terakhir yg walaa ya’udhuhu,saat ana tanya kenapa cuma baris terakhir alasannya kalau dibaca dari awal nanti syetannya masuk lagi,apakah itu benar?

2. Ana sudah mengingatkan keluarga kalau rasulullah tidak pernah menggunakan media daun asam sama asam untuk pengobatan,tapi abang ana malah marah2 dan mengeluarkan kata2 kasar saat ana jelaskan,jika seperti itu apakah ana boleh berlepas diri dari apa yg mereka lakukan?
Syukran.

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

1⃣Memang banyak daun yang punya khasiat untuk menurunkan asam urat,yang populer untuk asam urat biasanya daun salam.
Dalam pengobatan ini kenapa dipakai daun asam,dan asamnya mungkin sbg kompres untuk menghilangkan bengkaknya krn salah satu manfaat daun asam bs meningkatkan imun. Terkait dengan bacaan-bacaan, hukum dasarnya terlarang kecuali sesuai syariat.

Diriwayatkan oleh ‘Aisyah bahwa
“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa membaca kedua surat tersebut (An Naas dan Al Alaq) dan meniupkannya pada kedua telapak tangannya, mengusapkan pada kepala dan wajah dan anggota badannya.”

Dari Abu Said bahwa
“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dahulu senantiasa berlindung dari pengaruh mata jin dan manusia, ketika turun dua surat tersebut, Beliau mengganti dengan keduanya dan meninggalkan yang lainnya” (HR At-Tirmidzi).

2⃣Betul daun asam kah? Daun asam kan kecil2,jd tdk perlu di iris krn sudah kecil2, saya pikir untuk bijaknya kita bersikap kepada kakak yang notabene kelak sebagai pengganti ortu kita harus hormat dan santun, tidak mudah mengomentari sesuatu yang kita tidak tahu secara pasti. Berprasangka baik lah dan kalaupun mau menegur lihat sikon dan pemilihan kata yang tepat, jaga hubungan Silaturahim, kalau nyata dan jelas mereka melakukan kesyirikan anti bisa .Berlepas diri dengan pengingkaran yang kakak anti lakukan.

Wallahu a’lam.

Bagaimana Memuliakan Ortu & Mertua


Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah …. Bagaimana cara memuliakan orang tua sedangkan sang anak sudah tinggal jauh dari orang tua nya, Apa kah memuliakan mertua termasuk memuliakan orang tua ,seperti memuliakan orang tua sendiri???
Bagaimana cara memuliakan orang tua???
🅰3⃣3⃣

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Ukhty kondisi zaman sekarang seharusnya jarak bukan lagi masalah, alat komunikasi sekarang sudah canggih dan bisa video call, alat transportasipun sudah menjangkau ke pelosok. Sehingga apa bila ortu jauh, dalam rangka memuliakannya kita bisa melakukan hal-hal berikut , diantaranya:

1. Memberi perhatian dengan menyapanya setiap hari dengan SMS, telpon atau video call.
2. Mendoa kan setiap habis sholat. Doa untuk orangtua :
“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24] 3. Mengirimkan hadiah atau dana untuk keperluan ortu.
4. Menjalin hubungan dengan kerabat ortu.
5. Mengunjungi ortu disaat ada kelapangan waktu dan dana.

Memuliakan mertua hakekatnya juga sama seperti memuliakan orang tua sendiri karena setelah kita menikah orang tua suami otomatis jadi orang tua kita, dalam wasiat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Muadz bin Jabal Radhiyallahu anhu :

وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ (رواه الترمذي)

“Pergaulilah orang dengan akhlak yang baik”. [HR.Tirmidzi]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri.”
Qs. Al-Isro : 7.

Di hadits juga di jelaskan berbuat baik kepada ortu merupakan amal yang utama,
Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9] ,

Jadi saat kita baik kepada mertua ,maka apa yang kita lakukan membuat suami senang, sehingga suamipun akan melakukan kebaikan yang serupa buat ortu kita.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Teman Laki-laki yang Suka Menelpon Lama


Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….bila anak gadis yang komitmen menjaga diri dari pacaran. Namun terkadang seorang teman lelakinya (tmn lama sekampung) menelponnya yang intensitasnya sekali sebulan atw 2 kali sebulan dan ingin curhat kepadanya yang lama telponnya bisa 1 – 2 jam. Karna mereka tidak bisa bertemu berhubungan jarak yang sangat jauh. Namun anak gadis ini sbnarnya menaruh hati kepada temannya tersebut. Apakah seharusnya ia hindari atau itu tidak mengapa untuk menjaga silaturrahim mereka? Mohon penjelasannya. Bagaimana yg tindakan harus dilakukan anak gadis tersebut?

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
Ukhty fillah ketahuilah apa yg sedang dilakukan oleh si gadis adalah permainan yang beresiko. Kalau dia sudah berkomitmen tidak mau pacaran seharusnya dia bisa bersikap tegas, tapi kenapa dalam hal ini dia tidak tegas?

Salah satu alasannya karena dia suka dengan lelaki teman kampungnya sehingga sadar atau tidak, si gadis menikmati,buktinya apa? Dia bisa bertelponan sampai lama, kalau dia tidak suka dan tegas pasti si gadis akan mengatakan,akhi terimakasih sudah menelpon ana tapi afwan ana ada keperluan atau,….bla, ..bla….bla..

Kenapa dikatakan permainan yg beresiko? Janji iblis diabadikan oleh Allah dalam firmannya

“Kami akan datangi anak adam dari muka, belakang,kanan dan kiri sehingga Engkau akan dapati sedikit sekali mereka yg bersyukur” (Qs. Al-A’raf :16-17)

Dan sama-sama kita ketahui disaat mereka bertelponan itu merupakan salah satu pintu masuknya setan,wahai gadis ketahuilah kenapa laki-laki temannya menelpon ? Karena dia suka dan gayung bersambut si gadis mau menerima telpon dan berlama-lama,kalaupun laki -lakinya mau curhat itu”Modus”😊 disinilah tantangan nya betul gak dia komitmen. Karena sesungguhnya yang tersulit buat kita adalah menjaga hati,Islam adalah konsep ajaran yang sempurna dan menyeluruh sehingga islam memberi solusi pencegahan sebelum terjadi.
Allah berfirman :
“Jangan kamu dekati zina” (Qs. Al-Isra’ : 32)

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Gakbisa Pake Rok..


Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….Pertanyaan nya Kalau misal kita ada tuntutan kerja yg harus turun lgsg ke lapangan gmn mbk?
Misalnya ngecek proyek lapangan, kita ngontrol kegiatan sdm lapangannya dlm pembangunan proyek.
Kalau pake rok , kok saya agak susah ya mbak dgn kerjaan begitu, 🅰3⃣3⃣.

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
🌸.Ukhty fillah sesungguhnya perempuan di dalam islam tidak di wajibkan bekerja, kalaupun akhirnya bekerja itu sifatnya pilihan dan diantara sekian banyak pekerjaan.
Alhamdulillah anti mendapat pekerjaan seperti yang sedang anti geluti. Pertama apapun keadaannya kita harus bersyukur diantara banyak orang yang tidak atau belum punya pekerjaan, hal yang harus anti tanamkan dalam hati adalah semua aturan berpakaian dalam Islam punya tujuan melindungi dan syi’ar. Sulit atau tidak itu sangat tergantung mind set berfikir kita, sahabiyat saja dulu banyak yang ikut jihad ke medan perang, berkuda, atau naik onta, mereka bisa, bayangkan ! Asma binti Abu Bakar wanita hamil 8 bulan bawa logistik untuk Rasul dan ayahnya Abu bakar di gua thsur,

🌸 iya memang kita bukan​ mereka dan belum sesholihah sahabiyat tapi mereka adalah inspirasi kita, kita dengan segala permasalahannya akan menjadi ringan bila mengingat perjuangan sahabiyat.

🌸Ukhty sholihah anti yang tahu medan kerja anti, bagaimana di lapangan anti memodif baju kerja yang tidak melanggar syariat. Islam itu mudah tapi tidak untuk di mudah-mudahkan.

🌸Sebagai penutup ada kisah nyata: seorang ukhty yang bekerja di lapangan bagian mengetes kualitas air di pertambakan, di awal dia bekerja bos nya selalu bertanya “apakah dengan pakaian seperti ini tidak panas”? Ukhty menjawab namanya kerja dilapangan, normalnya panaslah tapi Alhamdulillah dengan pakaian seperti ini kulit saya terlindungi dari sengatan matahari, dari waktu ke waktu banyak teman kantornya terutama yang laki-laki bertanya-tanya tentang Islam, sampai akhirnya di kantornya terbentuk MT kantor. Jadi jangan jadikan busana atau pakaian kerja kita sebagai beban, modif sesuai kebutuhan dan tidak melanggar syariat yang lebih penting dari itu, bagaimana kita bisa tetap menjaga akhlaq sebagai muslimah.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Suamiku…


Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….
Saya mau bertanya ustadz,
1. Bagaimana batasan berhias bagi muslimah baik yg sudah menikah atau yang belum menikah?
2. Bagaimana seharusnya menurut islam , sikap istri yg tidak pernah dinafkahi bathin oleh suaminya selama lebih kurang 9 th, namun tetap dinafkahi lahir. Walau suaminya pun memenuhi kebutuhan keluarga, anak, walau untuk kebutuhan istri tetap istri memenuhi sendiri kecuali makan, tp selebihnya istri memenuhi sendiri, suami selalu sholat dimasjid, dan melaksanakan sunnah2 yang lain, suaminya juga sangat pendiam, sehingga komunikasi tdk terlalu bagus

Persoalannya: tdk menafkahi bathin, bahkan info yang kami dptkan, tidurnya tdk 1 kasur walau satu kamar, suami tdk pernah sekalipun membuka auratnya di depan istrinya, kalo istrinya ganti baju di kamar suaminya keluar , selama 9 th tadi 2 th istri pernah bertanya kenapa tdk pernah jima’ padahal istri sudah mengajak, suami diam atau marah, setelah itu katanya istri nya tdk pernah bertanya lagi, namun istrinya merasa tersiksa krn istri membutuhkan nafkah batin, bahkan cenderung lebih. Kalo demikian bolehkah mastrubasi. Member Manis 🅰2⃣8⃣

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

1. ☘Di dalam Islam tidak ada perbedaan dalam berhias untuk mereka yg sudah nikah atau belum. Batasannya firman Allah :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

” dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (Qs. Surat Al-Ahzab : 33)

2.☘ Dari uraian pertanyaan. Komentar saya lho ko bisa sampai 9 thn tidak mengetahui kondisi suami. Kalau benar demikian berarti suami dalam keadaan sakit . Hal yg prioritas yg harus dilakukan adalah berkomunikasi dari hati ke hati coba cari tahu akar masalahnya kalau hanya lemah syahwat sebenarnya istri berperan besar untuk membantu menyembuhkan.

Waktu 9 tahun bukan waktu singkat dan dalam keadaan demikian istri tetap tidak boleh mastrubasi, kenapa? Karena secara psychologis berpotensi menimbulkan kemudharatan yg lebih besar seperti penyimpangan Sex. Bila dirasa memang sudah tidak sanggup jalan keluar yang dibolehkan syariat adalah gugat cerai.
Alasannya :
Suami tidak mampu memberikan nafkah wajib bagi istri, yaitu nafkah “bathin”.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Istriku Sering Minta Cerai..


Assalamualaikum Akhi boleh ana bertanya mengenai talak …Istri ana sudah sering kali meminta cerai .. alhamdulillah ana masih tahan .
Tapi sudah hampir 3 bulan lebih dia nusyuz tidak mau di ajak berhubungan
Ana baca di an nisa 32 ada 4 langkah
1. Nasehati
2. Hajr( pisah ranjang tetapi masih di dalam rumah )
3. Pukul
4. Kalo ada perubahan bisa di maafkan .kalo tidak ada bisa di cerai khan
Sebelumnya masih mau komunikasi tapi sudah lebih dari 10 hari lalu tak mau komunikasi.
Sampai semalam ana tanya apa mau dia.
Dan dia minta pisah ya udah ana akan segera urus suratnya.Dan pagi ini akan beritahukan ke ortu nya.Afwan apakah tindakan ana benar atau salah
( untuk pukul ana g pernah )
Mohon penjelasannya
Sukron Waalaikumsalam
i-02

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
MasyaAllah antum seorang suami luar biasa yg sedang di uji dengan ujian berat.ujian keluarga. Apa yang sudah antum lakukan benar langkah langkahnya. Tp dari uraian pertanyaan.antum belum menjelaskan kenapa istri minta cerai?

Ana juga menangkap bahwa istri antum tidak paham nilai Islam karena seorang istri sangat takut minta cerai dari suaminya dan tdk mudah mengatakan cerai .karena ada hadits

Diriwayatkan dari Tsauban Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا طَلاقًا فِي غَيْرِ مَا بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّة

“Siapa saja wanita yang meminta (menuntut) cerai kepada suaminya tanpa alasan yang dibenarkan maka diharamkan bau surga atas wanita tersebut.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud)

Hadist ini menjelaskan hukum wanita minta cerai dengan menunjukkan ancaman sangat keras apabila meminta perceraian tanpa alasan yang syar’i. Selain itu, hukum wanita minta cerai ini akan dikatakan haram jika tidak ada alasan yang dibenarkan dan juga merupakan suatu bentuk ciri kemunafikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

الْمُخْتَلِعَاتُ وَالْمُنْتَزِعَاتُ هُنَّ الْمُنَافِقَاتُ

“Para wanita yang khulu’ dari suaminya dan melepaskan dirinya dari suaminya, mereka itulah para wanita munafiq” (Dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Shahihah no 632).

Yaitu para wanita yang mengeluarkan biaya untuk meminta cerai dari suami mereka tanpa ada udzur yang syari’ (lihat At-Taisiir bi Syarh Al-Jaami’ As-Shogiir 1/607)

Jadi saran ana cari tahu permasalahannya. Sampaikan konsekwensi logis kalau sampai terjadi perceraian.dan komunikasikan ke ortu perempuan dan minta bantuannya.

Ujian terberat seseorang adalah ujian dalam rumah tangga. Semoga Allah memberi kekuatan. Kesabaran dan jalan keluar dari permasalahan ini.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Usia Lanjut, Haids ato istihadhoh??


Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….
Ada ummahat yg berumur hampir 50thn. Haidnya sdh tdk teratur lagi. Kadang 4 bln tdk haid, dan saat haid tiba , yg keluar darah haidnya cuma sedikit sekali.
Bahkan pernah, haidnya hanya 2 hari berupa noda merah, di pembalut hanya selebar ibu jari. Setelah bersih, selang bbrp hari, keluar noda lagi..yg warna dan baunya sulit dikenali, apakah darah haid atau bukan. Saat kondisi seperti ini, dihitung haid apa istihadhah ustadz? Syukron. A2⃣0⃣.

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
setiap orang memang tidak sama kondisi haidnya sehingga setiap diri harus mengenali betul karakter haidnya, secara umum yang dikatakan
darah haid adalah darah yang keluar karena peluruhan dinding rahim seorang perempuan apabila telah baligh, warna darah coklat, hitam atau merah kotor dg aroma khas yang sudah di kenali perempuan pada umumnya.

Sementara untuk darah istihadhoh adalah darah yang keluar terus menerus melebihi kebiasaan masa haid.

Untuk usia 50 tahun. Apabila seorang perempuan mengeluarkan darah dengan kondisi yang ditanyakan seperti diatas maka dia tidak perlu meninggalkan sholat dan puasa akan tetapi ia perlu menqodho puasanya sebagai tindakan preventif, bila usia mencapai 60 dan ia yakin itu bukan haid maka ia tetap sholat dan puasa dan tdk perlu menqodho puasanya (fiqh wanita hal89) syekh kamil muhammad uwaidah,

kesimpulannya, tergantung keyakinan ibu tadi kalau memang tdk cocok dg kriteria haid atau istihadah maka yang keluar itu di hukumi kotoran biasa dan tetap sholat.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Gaji Istri > Gaji Suami


Assalamu’alaikum ustadz/ah….Mau menanyakan sesuatu hal, bermula dr sebelum nikah mereka (adik saya dan suaminya) pacaran kurleb 2 th, selama pacaran orang tua saya dan saudara2 saya termasuk saya tidak setuju adik berhubungan dg suaminya itu dikarenakan tidak pernah sholat. Tahun 2013 mereka menikah, dari awal menikah hingga saat ini pernikahan mereka tidak pernah rukun, kalau kata adik saya, dalam sebulan bahagianya hanya seminggu. Adik saya asisten apoteker di rs haji, suaminya buka bengkel bubut ( bukanya siang sekitar pukul 9/10), klo sedang bertengkar sama istrinya tidak buka bengkel. Pendapatan istrinya lbh besar dr suaminya, istrinya insyaa alloh slalu menjalankan kwajibannya sbg muslimah atau pun istri, sedangkan suaminya msh blom mau sholat, puasa ramadhan jg selalu dilewatkan hampir tiap tahunnya. Hampir tiap lebaran mereka bertengkar, kalau adik cerita, yang menjadi permasalahannya adalah gaji istrinya, suaminya ingin tahu secara detail kemana saja gajinya itu, padahal gaji istrinya diberikan kpd orang tuanya, orang tua suaminya dan keperluan sehari2, sampai kontrakan bengkel pun kata adik saya sih adik saya yg bayar. Slama ini suaminya jg selalu menuntut supaya istrinya menjadi istri yang berguna, istri yang selalu taat pada suaminya, sedangkan slama ini istrinya yg mengurus rumah sebelum berangkat / pulang kerja, nyuci, nyetrika, dll. Suaminya hampir tiap malam kelayapan, pulang larut malam, setiap pulang kelayapan minta dipijitin sama istrinya dg sikap kasar menggunakan kaki membangunkan istrinya yg sedang tidur. Ruang gerak istrinya dibatasin, hanya sekedar main k rumah kakaknya saja yang hanya terhalang 10 rumah aja tidak diperkenankan, ketika istrinya minta izin mau ikut tahsin, suaminya bilang ” belajar ngaji, benerin aja dulu kelakuannya”, ketika tahun lalu mau berqurban memakai uangya sendiri, suaminya bilang “buat kontrakan aja blum ada”, akhirnya tidak jadi qurban padahal uang kontrakan sudah disediakan sama istrinya, qurban kemarin, istrinya bilang mau qurban, suaminya tidak respon, akhirnya istrinya tetep berqurban, tapi malah jadi bertengkar gara2 istrinya berqurban itu. Barusan istrinya bilang ke saya kalau dia ingin ngontrak saja, selama ini tidak pernah merasa dianggap istri oleh suaminya, sudah capek menghadapi suaminya itu. Pernah suatu hari istrinya menyarankan suaminya untuk mencari istri lagi, jawaban suaminya ” kamu ngusir saya, mentang2 saya miskin”.
Mohon pencerahannya ustadz/ah, bagaimana seharusnya sikap adik saya terhadap suaminya itu supaya rumah tangganya lebih baik lagi. saya sebagai kakaknya bingung harus bagaimana, kasian lihat adik saya, ada suatu hal lagi tadz, selama ini adik saya terlalu memfasilitasi dalam hal keuangan, sampai2 jika ada teman suaminya berkunjung, suaminya bilang ke temannya kalau istrinya itu adalah bosnya.
Jazakalloj khoiir atas jawabannya.

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
Saya turut prihatin dengan rumah tangga adik anti. Semoga kisah ini jadi pelajaran mahal buat mereka yg mau menikah. Dan memilih calon suami tidak semata cinta tapi yg paling mendasar adalah pengetahuan agama dan ibadah kesehariannya. Karena mereka yg paham agama akan berusaha menjadi suami yang baik dan paham dengan firman Allah

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

” Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. “
(Qs. At-Tahrim, Ayat 6)

Dari cerita diatas betapapun keluarga tdk setuju tp takdir berbicara lain. Pernikahan terjadi. Dan itulah resiko dari keputusan yg sdh di ambil oleh adik.

Lalu bila semua sudah terjadi, apa yg bisa kita lakukan?

Kita sebagai orang luar tidak bisa berbuat banyak kecuali hanya saran
1.Keadaan ini disebabkan karena ketidak pahaman suami akan ajaran islam shg berdampak dalam kehidupan nya. Tidak sholat .tidak jd suami yg baik.dll
2.Istri yang mau menerima suami dengan kondisi tsb diatas maka konsekwensi logisnya mengalami apa yg sdh di alami selama ini.
3.Dengan kondisi seperti itu kembali bagaimana keputusan adik anti. Mau lanjut , bersabar, dan banyak doa atau mau menggugat cerai karena sudah tidak tahan.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

Keluarga ku Syiah..

Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….apakah kita sbg org muslim bs memakan makanan yg d sajikan oleh kaum syiah pada acara berkabungnya di bulan muharam ini ?
apakah kita sbg ibu (muslim) harus mengikuti acara mereka dgn alasan menghargai suami n keluarganya ?
gmn sikap kita sbg ibu menghadapi anak” kita yg mengikuti acara tsb ,pukul n melukai badan ?
Sebelum n sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Jawaban
———-

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
Tergantung makanan nya makanan yg diperuntukkan selain mencari keridhoan Allah dilarang dalam Islam.
Idealnya untuk masalah aqidah ada saling nasehat menasehati. Kemukakan alasan kenapa tdk boleh ikuti ritual mereka. Karena ritual mereka bertentangan dgn Islam.
Sikap seorang ibu hendaknya mencegah dan melarang.

Wallahu a’lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA