Tradisi Orang-Orang Arab (2)

🐝 MFT (MANIS For Teens)

📆 Kamis, 03 Rabbiul Akhir 1439 / 21 Desember 2017

📕 SIROH

📝 Kak Siro

📖 Tradisi Orang Arab (2)
==========☆☆☆==========
🎎📯🎎📯🎎📯🎎📯🎎

Diantara orang-orang Quraisy tetap ada yang mengatakan “Kami adalah anak keturunan Ibrahim dan penduduk tanah suci penguasa Ka’bah dan penghuni Mekah”. Tidak ada seorangpun dari bangsa Arab yang mempunyai hak dan kedudukan seperti kami. Maka tidak layak bagi kami keluar dari tanah suci ini ke tempat lain karena itu mereka tidak melaksanakan wukuf di Arafah dan tidak ifadhah dari sana tetapi ifadhah dari Muzdalifah. Tentang hal ini Allah menurunkan ayat :

ثُمَّ أَفِيضُوا مِنْ حَيْثُ أَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

_Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak (‘Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang._ ( QS. AL Baqarah 199).

Hal-hal baru lainnya :

🧀 Mereka berkata tidak selayaknya bagi orang-orang Quraisy untuk memberi makan keju dan meminta minyak Samin ketika mereka sedang ihram.

🚫 Mereka tidak boleh masuk Baitul haram dengan mengenakan kain wol dan tidak boleh berteduh jika ingin berteduh kecuali di rumah-rumah pemimpin selama mereka sedang ihram.

🚱 Mereka juga berkata “Penduduk diluar tanah suci tidak boleh memakan makanan yang mereka bawa dari luar tanah suci ke tanah suci bila kedatangan mereka untuk Haji atau umroh”.

👘 Mereka juga menyuruh penduduk diluar tanah suci untuk tetap mengenakan ciri pakaiannya sebagai penduduk bukan tanah suci pada awal kedatangan mereka untuk melakukan tawaf awal. Jika tidak memiliki ciri pakaiannya sebagai penduduk luar tanah suci mereka harus tawaf dalam keadaan telanjang ini berlaku untuk kaum laki-laki Sedangkan untuk wanita harus melepaskan semua pakaiannya kecuali baju rumahnya yang longgar saat itu mereka berkata :

_Hari ini tampak sebagian atau semuanya_
_Apa yang tiada tampak tiada diperkenankannya_

Lalu Allah menurunkan ayat mengenai hal ini

 ÙŠÙŽØ§ بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

_Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan._ (QS Al Araf : 31)

Pakaian yang dikenakan penduduk luar tanah suci Harus dibuang setelah melakukan tawaf awal dan tak seorang pun boleh mengambilnya lagi begitu pula orang yang bersangkutan.

Hal baru lainnya :

🕳 Mereka tidak memasuki rumah dari pintunya selama dalam keadaan ihram mereka membuat lubang dibagian belakang rumah dan dari lubang itulah mereka keluar masuk rumahnya mereka menganggap hal ini sebagai perbuatan yang baik namun Alquran melarangnya (Al Baqarah 189)

🎎 Semua ritual keagamaan tersebut adalah kesyirikan dan penyembahan terhadap berhala keyakinan terhadap khayalan dan khurafat.

Begitulah agama mayoritas bangsa Arab. Sebelum itu sudah ada agama Yahudi, Nasrani, majusi dan Shabi’ah yang masuk ke dalam masyarakat Arab.

🎎📯🎎📯🎎📯🎎📯🎎

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
📱 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
🖥 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
📮 Twitter : https://twitter.com/majelismanis
📸 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
🕹 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
📱 Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *