๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan
Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุงูุตููููู ู ููููู ู ุชูุตูููู ููููู, ููุงููููุทูุฑู ููููู ู ุชูููุทูุฑููููู, ููุงููุฃูุถูุญูู ููููู ู ุชูุถูุญูููููู
โPuasa itu adalah di hari kalian (umat Islam) berpuasa, hari raya adalah pada saat kalian berhari raya, dan berkurban/ Idul Adha di hari kalian berkurban.โ (HR. At Tirmidzi no. 697, Ibnu Majah No. 1660, Ad Dailami No. 3819, Ad Daruquthni 2/164, Musnad Asy Syafiโi No. 315, Imam At tirmidzi mengatakan: hasan gharib. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Ash Shahihah No. 224)
Hadits ini menjelaskan bahwa hendaknya kita berpuasa, Idul Fitri, dan Idul Adha ketika manusia melakukannya, jangan menyendiri.
๐ Imam At Tirmidzi menjelaskan:
ููููุณููุฑู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ููุฐูุง ุงููุญูุฏููุซู ููููุงูู ุฅููููู ูุง ู ูุนูููู ููุฐูุง ุฃูููู ุงูุตููููู ู ููุงููููุทูุฑู ู ูุนู ุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ููุนูุธูู ู ุงููููุงุณู
โDan sebagian ahli ilmu menafsirkan hadits ini, mereka berkata : makna hadits ini adalah berpuasa dan berbuka adalah bersama jamaโah dan mayoritas orang (Ummat Islam).โ (Ibid)
๐ Imam Al Munawi berkata:
ุฃู ุงูุตูู ูุงููุทุฑ ู ุน ุงูุฌู ุงุนุฉ ูุฌู ููุฑ ุงููุงุณ
Yaitu berpuasa dan berbuka bersama jamaโah dan mayoritas manusia. (At Taisir bisyarhi Al jamiโ Ash Shaghir, 2/208)
Imam Al Munawi mengutip dari Imam Ad Dailami dalam kitab Musnad Firdaus sebagai berikut:
ูุงู ูู ุงููุฑุฏูุณ : ูุณุฑู ุจุนุถ ุฃูู ุงูุนูู ููุงู : ุงูุตูู ูุงููุทุฑ ูุงูุชุถุญูุฉ ู ุน ุงูุฌู ุงุนุฉ ูู ุนุธู ุงููุงุณ
Berkata di dalam Al Firdaus: sebagian ulama menafsirkan, katanya: โPuasa, Idul fitri, dan Idul adha bersama jama’ah dan mayoritas manusia.โ (Faidhul Qadir, 4/320)
Fatwa ulama Arab Saudi sendiri pada lembaga fatwa Al Lajnah Ad Daimah, tentang sekelompok manusia yang berpuasa, beridul fitri, dan idul adhanya berbeda dengan orang-orang kebanyakan, lantaran tidak mengikuti ruโyah di negerinya, justru Lajnah Daimah menganjurkan berhari raya bersama manusia di negerinya masing-masing. Fatwa tersebut:
ูุฌุจ ุนูููู ุฃู ูุตูู ูุง ู ุน ุงููุงุณ ูููุทุฑูุง ู ุน ุงููุงุณ ููุตููุง ุงูุนูุฏูู ู ุน ุงูู ุณูู ูู ูู ุจูุงุฏูู โฆ
Wajib atas mereka berpuasa bersama manusia, beridul fitri bersama manusia, dan shalat idain (Idul fitri dan Idul Adha) bersama kaum muslimin di negeri mereka. โฆ (Al Khulashah fi Fiqhil Aqalliyat, 4/31)
๐ Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al โUtsaimin Rahimahullah:
ุณุฆู ูุถููุฉ ุงูุดูุฎ – ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู -: ุฅุฐุง ุงุฎุชูู ููู ุนุฑูุฉ ูุชูุฌุฉ ูุงุฎุชูุงู ุงูู ูุงุทู ุงูู ุฎุชููุฉ ูู ู ุทุงูุน ุงูููุงู ููู ูุตูู ุชุจุน ุฑุคูุฉ ุงูุจูุฏ ุงูุชู ูุญู ูููุง ุฃู ูุตูู ุชุจุน ุฑุคูุฉ ุงูุญุฑู ููุ
ูุฃุฌุงุจ ูุถููุชู ุจูููู: ูุฐุง ูุจูู ุนูู ุงุฎุชูุงู ุฃูู ุงูุนูู : ูู ุงูููุงู ูุงุญุฏูู ุงูุฏููุง ูููุง ุฃู ูู ูุฎุชูู ุจุงุฎุชูุงู ุงูู ุทุงูุนุ ูุงูุตูุงุจ ุฃูู ูุฎุชูู ุจุงุฎุชูุงู ุงูู ุทุงูุนุ ูู ุซูุงู ุฅุฐุง ูุงู ุงูููุงู ูุฏ ุฑุคู ุจู ูุฉุ ููุงู ูุฐุง ุงูููู ูู ุงูููู ุงูุชุงุณุนุ ูุฑุคู ูู ุจูุฏ ุขุฎุฑ ูุจู ู ูุฉ ุจููู ููุงู ููู ุนุฑูุฉ ุนูุฏูู ุงูููู ุงูุนุงุดุฑ ูุฅูู ูุง ูุฌูุฒ ููู ุฃู ูุตูู ูุง ูุฐุง ุงูููู ูุฃูู ููู ุนูุฏุ ููุฐูู ูู ูุฏุฑ ุฃูู ุชุฃุฎุฑุช ุงูุฑุคูุฉ ุนู ู ูุฉ ููุงู ุงูููู ุงูุชุงุณุน ูู ู ูุฉ ูู ุงูุซุงู ู ุนูุฏูู ุ ูุฅููู ูุตูู ูู ููู ุงูุชุงุณุน ุนูุฏูู ุงูู ูุงูู ูููู ุงูุนุงุดุฑ ูู ู ูุฉุ ูุฐุง ูู ุงูููู ุงูุฑุงุฌุญุ ูุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูููู: ยซุฅุฐุง ุฑุฃูุชู ูู ูุตูู ูุง ูุฅุฐุง ุฑุฃูุชู ูู ูุฃูุทุฑูุงยป ููุคูุงุก ุงูุฐูู ูู ููุฑ ูู ุฌูุชูู ูู ูููููุง ูุฑูููุ ููู ุง ุฃู ุงููุงุณ ุจุงูุฅุฌู ุงุน ูุนุชุจุฑูู ุทููุน ุงููุฌุฑ ูุบุฑูุจ ุงูุดู ุณ ูู ูู ู ูุทูุฉ ุจุญุณุจูุงุ ููุฐูู ุงูุชูููุช ุงูุดูุฑู ูููู ูุงูุชูููุช ุงูููู ู.
Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya: jika terjadi perbedaan hari Arafah disebabkan oleh perbedaan negara yang berbeda mathlaโ hilalnya apakah kita berpuasa mengikuti ruโyah negara tempat kita berada, ataukah mengikuti ruโyah Haramain (Makkah dan Madinah)?
Syaikh yang mulia menjawab:
Jawaban pertanyaan ini adalah berdasarkan perbedaan pendapat ulama, apakah ruโyah hilal itu satu di seluruh dunia ataukah berbeda menurut perbedaan mathaliโ (tempat terbitnya hilal)?
Yang benar adalah ruโyah itu berbeda sesuai perbedaan mathaliโ. Misalnya jika hilal telah di ruโyat di Makkah dan tanggal hari ini di Makkah adalah tanggal 9 Dzulhijjah, lalu di negeri lain hilal telah dilihat sehari sebelum ruโyat Makkah, sehingga hari ini di tempat itu adalah tanggal 10 Dzulhijjah, maka penduduk negeri tersebut tidak boleh berpuasa hari ini karena bagi mereka ini adalah Idul Adha.
Begitu juga jika ditakdirkan hilal terlihat di negeri tersebut sehari setelah ruโyah di Makkah, sehingga tanggal 9 di Makkah adalah tanggal 8 di negeri mereka, maka mereka tetap berpuasa esok hari (tanggal 9 di negeri mereka) bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah di Makkah. Inilah pendapat yang raajih (kuat). Karena Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โJika kamu melihatnya (hilal), maka berpuasalah, dan jika kamu melihatnya maka berharirayalah). Mereka yang di negerinya hilal belum muncul tidak bisa melihatnya, sebagaimana manusia (kaum muslimin) sepakat bahwa mereka menggunakan terbit fajar dan terbenamnya matahari sendiri-sendiri sesuai lokasi negeri mereka, begitu pula dengan penetapan waktu bulanan ia seperti penetapan waktu harian. (Majmuโ Fatawa wa Rasail No. 405. Darul Wathan โ Dar Ats Tsarayya)
๐ Imam Ash Shanโani mengatakan dengan tegas:
ููู ุฏููู ุนูู ุฃูู ูุนุชุจุฑ ูู ุซุจูุช ุงูุนูุฏ ุงูู ูุงููุฉ ูููุงุณ ูุฃู ุงูู ููุฑุฏ ุจู ุนุฑูุฉ ููู ุงูุนูุฏ ุจุงูุฑุคูุฉ ูุฌุจ ุนููู ู ูุงููุฉ ุบูุฑู ูููุฒู ู ุญูู ูู ูู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุฅูุทุงุฑ ูุงูุฃุถุญูุฉ. ููุฏ ุฃุฎุฑุฌ ุงูุชุฑู ุฐู ู ุซู ูุฐุง ุงูุญุฏูุซ ุนู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ููุงู: ุญุฏูุซ ุญุณู. ููู ู ุนูุงู ุญุฏูุซ ุงุจู ุนุจุงุณ ููุฏ ูุงู ูู ูุฑูุจ: ุฅูู ุตุงู ุฃูู ุงูุดุงู ูู ุนุงููุฉ ุจุฑุคูุฉ ุงูููุงู ููู ุงูุฌู ุนุฉ ุจุงูุดุงู ููุฏู ุงูู ุฏููุฉ ุขุฎุฑ ุงูุดูุฑ ูุฃุฎุจุฑ ุงุจู ุนุจุงุณ ุจุฐูู ููุงู ุงุจู ุนุจุงุณ: ูููุง ุฑุฃููุงู ูููุฉ ุงูุณุจุช ููุง ูุฒุงู ูุตูู ุญุชู ููู ู ุซูุงุซูู ุฃู ูุฑุงู ูุงู: ููุช: ุฃููุง ุชูุชูู ุจุฑุคูุฉ ู ุนุงููุฉ ูุงููุงุณุ ูุงู: ูุง ููุฐุง ุฃู ุฑูุง ุฑุณูู ุงููู ุตูููู ุงููู ุนููููููู ููุณูููู .
โPada hadits ini ada dalil bahwa yang diambil โibrah dalam menetapkan hari raya adalah kebersamaan manusia. Dan bahwasanya seorang yang menyendiri dalam mengetahui masuknya hari raya dengan melihat hilal tetap wajib mengikuti kebanyakan manusia. Hukum ini harus dia ikuti, apakah dalam waktu shalat, berโidul Fithri atau pun berkurban (Idul Adha). At Tirmidzi telah meriwayatkan yang serupa dengan ini dari Abu Hurairah, dan dia berkata: hadits hasan. Dan semakna dengan ini adalah hadits Ibnu Abbas, ketika Kuraib berkata kepadanya, bahwa penduduk Syam dan Muawiyah berpuasa berdasarkan melihat hilal pada hari Jumat di Syam. Beliau dating ke Madinah pada akhir bulan dan mengabarkan kepada Ibnu Abbas hal itu, maka Ibnu Abbas berkata kepadanya: โtetapi kami melihatnya (hilal) pada sabtu malam, maka kami tidak berpuasa sampai sempurna tiga puluh hari atau kami melihatnya.โ Aku berkata: โTidakkah cukup ruโyahnya Muโawiyah dan Manusia?โ Ibnu Abbas menjawab: โTidak, inilah yang diperintahkan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam kepada kami.โ (Subulus Salam, 2/63)
๐ Imam Abul Hasan As Sindi menyebutkan dalam Hasyiah As Sindi โAla Ibni Majah:
ููุงูุธููุงููุฑ ุฃูููู ู ูุนูููุงูู ุฃูููู ููุฐููู ุงููุฃูู ููุฑ ููููุณู ููููุขุญูุงุฏู ูููููุง ุฏูุฎูู ููููููุณู ููููู ู ุงูุชููููุฑููุฏ ูููููุง ุจููู ุงููุฃูู ูุฑ ูููููุง ุฅูููู ุงููุฅูู ูุงู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉ ููููุฌูุจ ุนูููู ุงููุขุญูุงุฏ ุงูุชููุจูุงุนูู ู ููููุฅูู ูุงู ู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉ ููุนูููู ููุฐูุง ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูู ุฃูุญูุฏ ุงููููููุงู ููุฑูุฏูู ุงููุฅูู ูุงู ุดูููุงุฏูุชู ููููุจูุบูู ุฃููู ููุง ููุซูุจูุช ููู ุญูููู ุดูููุก ู ููู ููุฐููู ุงููุฃูู ููุฑ ููููุฌูุจ ุนููููููู ุฃููู ููุชูุจูุน ุงููุฌูู ูุงุนูุฉ ููู ุฐููููู
โJelasnya, makna hadits ini adalah bahwasanya perkara-perkara semacam ini (menentukan awal Ramadhan, Idul Fithri dan Idul Adha, pen) keputusannya bukanlah di tangan individu. Tidak ada hak bagi mereka untuk melakukannya sendiri-sendiri. Bahkan permasalahan semacam ini dikembalikan kepada pemimpin (imam) dan mayoritas umat Islam. Dalam hal ini, setiap individu pun wajib untuk mengikuti penguasa dan mayoritas umat Islam. Maka jika ada seseorang yang melihat hilal namun penguasa menolak persaksiannya, sudah sepatutnya untuk tidak dianggap persaksian tersebut dan wajib baginya untuk mengikuti mayoritas umat Islam dalam permasalahan itu.โ (Hasyiah As Sindi โAla Ibni Majah, 3/431)
Apa yang dikatakan oleh Imam Abul Hasan As Sindi, bahwa penentuan masuknya Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha merupakan domain dan wewenang pemerintah, tidak berarti mematikan potensi umat dan ormas. Mereka boleh saja memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah tetapi keputusan terakhir tetap di tangan pemerintah, dan hendaknya mereka legowo menerimanya, sebagai bukti bagusnya adab hidup berjamaah.
๐ Syaikh Al Albani berkata โ dan ini adalah komentar yang sangat bagus darinya:
ู ูุฐุง ูู ุงููุงุฆู ุจุงูุดุฑูุนุฉ ุงูุณู ุญุฉ ุงูุชู ู ู ุบุงูุงุชูุง ุชุฌู ูุน ุงููุงุณ ู ุชูุญูุฏ ุตููููู ุ ู ุฅุจุนุงุฏูู ุนู ูู ู ุง ููุฑู ุฌู ุนูู ู ู ุงูุขุฑุงุก ุงููุฑุฏูุฉ ุ ููุง ุชุนุชุจุฑ ุงูุดุฑูุนุฉ ุฑุฃู ุงููุฑุฏ – ู ูู ูุงู ุตูุงุจุง ูู ูุฌูุฉ ูุธุฑู – ูู ุนุจุงุฏุฉ ุฌู ุงุนูุฉ ูุงูุตูู ู ุงูุชุนุจูุฏ ู ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุงุนุฉ ุ ุฃูุง ุชุฑู ุฃู ุงูุตุญุงุจุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููู ูุงู ูุตูู ุจุนุถูู ูุฑุงุก ุจุนุถ ู ูููู ู ู ูุฑู ุฃู ู ุณ ุงูู ุฑุฃุฉ ู ุงูุนุถู ู ุฎุฑูุฌ ุงูุฏู ู ู ููุงูุถ ุงููุถูุก ุ ู ู ููู ู ู ูุง ูุฑู ุฐูู ุ ู ู ููู ู ู ูุชู ูู ุงูุณูุฑ ุ ู ู ููู ู ู ููุตุฑ ุ ููู ููู ุงุฎุชูุงููู ูุฐุง ู ุบูุฑู ููู ูุนูู ู ู ุงูุงุฌุชู ุงุน ูู ุงูุตูุงุฉ ูุฑุงุก ุงูุฅู ุงู ุงููุงุญุฏ ุ ู ุงูุงุนุชุฏุงุฏ ุจูุง ุ ู ุฐูู ูุนูู ูู ุจุฃู ุงูุชูุฑู ูู ุงูุฏูู ุดุฑ ู ู ุงูุงุฎุชูุงู ูู ุจุนุถ ุงูุขุฑุงุก ุ ู ููุฏ ุจูุบ
ุงูุฃู ุฑ ุจุจุนุถูู ูู ุนุฏู ุงูุฅุนุชุฏุงุฏ ุจุงูุฑุฃู ุงูู ุฎุงูู ูุฑุฃู ุงูุฅู ุงู ุงูุฃุนุธู ูู ุงูู ุฌุชู ุน ุงูุฃูุจุฑ ูู ูู ุ ุฅูู ุญุฏ ุชุฑู ุงูุนู ู ุจุฑุฃูู ุฅุทูุงูุง ูู ุฐูู ุงูู ุฌุชู ุน ูุฑุงุฑุง ู ู ุง ูุฏ ููุชุฌ ู ู ุงูุดุฑ ุจุณุจุจ ุงูุนู ู ุจุฑุฃูู ุ ูุฑูู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ( 1 / 307 ) ุฃู ุนุซู ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู ุตูู ุจู ูู ุฃุฑุจุนุง ุ ููุงู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ู ุณุนูุฏ ู ููุฑุง ุนููู : ุตููุช ู ุน ุงููุจู ุตูู ุงููู
ุนููู ูุณูู ุฑูุนุชูู ุ ู ู ุน ุฃุจู ุจูุฑ ุฑูุนุชูู ุ ู ู ุน ุนู ุฑ ุฑูุนุชูู ุ ู ู ุน ุนุซู ุงู ุตุฏุฑุง ู ู ุฅู ุงุฑุชู ุซู ุฃุชู ูุง ุ ุซู ุชูุฑูุช ุจูู ุงูุทุฑู ูููุฏุฏุช ุฃู ูู ู ู ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ุฑูุนุชูู ู ุชูุจูุชูู ุ ุซู ุฅู ุงุจู ู ุณุนูุฏ ุตูู ุฃุฑุจุนุง ! ูููู ูู : ุนุจุช ุนูู ุนุซู ุงู ุซู ุตููุช ุฃุฑุจุนุง ุ ! ูุงู : ุงูุฎูุงู ุดุฑ . ู ุณูุฏู ุตุญูุญ . ู ุฑูู ุฃุญู ุฏ ( 5 / 155 ) ูุญู ูุฐุง ุนู
ุฃุจู ุฐุฑ ุฑุถู ุงููู ุนููู ุฃุฌู ุนูู . ูููุชุฃู ู ูู ูุฐุง ุงูุญุฏูุซ ู ูู ุงูุฃุซุฑ ุงูู ุฐููุฑ ุฃููุฆู ุงูุฐูู ูุง ูุฒุงููู ูุชูุฑููู ูู
ุตููุงุชูู ุ ู ูุง ููุชุฏูู ุจุจุนุถ ุฃุฆู ุฉ ุงูู ุณุงุฌุฏ ุ ู ุฎุงุตุฉ ูู ุตูุงุฉ ุงููุชุฑ ูู ุฑู ุถุงู ุ ุจุญุฌุฉ ููููู ุนูู ุฎูุงู ู ุฐูุจูู ! ู ุจุนุถ ุฃููุฆู ุงูุฐูู ูุฏุนูู ุงูุนูู ุจุงูููู ุ ู ู ู ูุตูู ู ููุทุฑ ูุญุฏู ู ุชูุฏู ุง ุฃู ู ุชุฃุฎุฑุง ุนู ุฌู ุงุนุฉ ุงูู ุณูู ูู ุ ู ุนุชุฏุง ุจุฑุฃูู ู ุนูู ู ุ ุบูุฑ ู ุจุงู ุจุงูุฎุฑูุฌ ุนููู ุ ูููุชุฃู ู ูุคูุงุก ุฌู ูุนุง ููู ุง ุฐูุฑูุงู ู ู ุงูุนูู ุ ูุนููู ูุฌุฏูู ุดูุงุก ูู ุง ูู ูููุณูู ู ู ุฌูู ู ุบุฑูุฑ ุ ููููููุง ุตูุง ูุงุญุฏุง ู ุน ุฅุฎูุงููู ุงูู ุณูู ูู ูุฅู ูุฏ ุงููู ู ุน ุงูุฌู ุงุนุฉ
โInilah yang sesuai dengan syariat (Islam) yang toleran, yang diantara misinya adalah mempersatukan umat manusia, menyatukan barisan mereka serta menjauhkan mereka dari segala pendapat pribadi yang memicu perpecahan. Syariat ini tidak mengakui pendapat pribadi โmeski menurut yang bersangkutan benarโ dalam ibadah yang bersifat kebersamaan seperti; shaum, Id, dan shalat berjamaah. Tidakkah engkau melihat bahwa sebagian shahabat Radhiallahu โAnhum shalat bermakmum di belakang shahabat lainnya, padahal sebagian mereka ada yang berpendapat bahwa menyentuh wanita, menyentuh kemaluan, dan keluarnya darah dari tubuh termasuk pembatal wudhu, sementara yang lainnya tidak berpendapat demikian?! Sebagian mereka ada yang shalat secara sempurna dalam safar dan diantara mereka pula ada yang mengqasharnya. Namun perbedaan itu tidaklah menghalangi mereka untuk melakukan shalat berjamaah di belakang seorang imam dan tetap berkeyakinan bahwa shalat tersebut sah. Hal itu karena adanya pengetahuan mereka bahwa bercerai-berai dalam urusan agama lebih buruk daripada sekedar berbeda pendapat. Bahkan sebagian mereka mendahulukan pendapat penguasa daripada pendapat pribadinya pada saat berkumpulnya manusia seperti di Mina. Hal itu semata-mata untuk menghindari kesudahan buruk (terjadinya perpecahan) bila dia tetap mempertahankan pendapatnya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud (1/307), bahwasanya Khalifah โUtsman bin โAffan Radhiallahu โAnhu shalat di Mina 4 rakaat. Maka shahabat Abdullah bin Masโud Radhiallahu โAnhu mengingkarinya seraya berkata: โAku dulu shalat bersama Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, Abu Bakr, โUmar dan di awal pemerintahan โUtsman 2 rakaat, dan setelah itu โUtsman shalat 4 rakaat. Kemudian terjadilah perbedaan diantara kalian, dan harapanku dari 4 rakaat shalat itu yang diterima adalah yang 2 rakaat darinya.โ
Namun ketika di Mina, shahabat Abdullah bin Masโud justru shalat 4 rakaat. Maka dikatakanlah kepada beliau: โEngkau telah mengingkari โUtsman atas shalatnya yang 4 rakaat, kemudian engkau shalat 4 rakaat pula?!โ Abdullah bin Masโud berkata: โPerselisihan itu jelek.โ Sanadnya shahih. Diriwayatkan pula oleh Al Imam Ahmad (5/155) seperti riwayat di atas dari shahabat Abu Dzar Radhiallahu โAnhum Ajmaโin.
Hendaknya hadits dan atsar ini benar-benar dijadikan bahan renungan oleh orang-orang yang selalu berpecah-belah dalam urusan shalat mereka serta tidak mau bermakmum kepada sebagian imam masjid, khususnya shalat witir di bulan Ramadhan dengan dalih bahwa keadaan para imam itu beda dengan madzhab mereka! Demikian pula orang-orang yang bershaum dan berbuka sendiri, baik mendahului mayoritas kaum muslimin atau pun mengakhirkannya dengan dalih mengerti ilmu falaq, tanpa peduli harus berseberangan dengan kebanyakan kaum muslimin. Hendaknya mereka semua mau merenungkan ilmu yang telah kami sampaikan ini. Dan semoga ini bisa menjadi obat bagi kebodohan dan kesombongan yang ada pada diri mereka. Dengan harapan agar mereka selalu dalam satu barisan bersama saudara-saudara mereka kaum muslimin, karena tangan Allah Subhanahu wa Taโala bersama Al Jamaโah.โ (As Silsilah Ash Shahihah, 1/389)
Wallahu Aโlam ..
๐ข Kenapa Ikut Pemerintah?
Pembahasan ini ditujukan untuk yang masih mengakui pemerintahnya sebagai “pemerintah.” Bagi yang sudah menganggapnya kafir, maka bagian ini tidak ada manfaatnya.
Ada beberapa alasan kenapa berhari raya sebagusnya mengikuti pemerintah (terlepas dari berbagai kekurangannya) :
1โฃ Keumuman dalil surat An Nisa ayat 59: Athiโullaha wa athiโur rasul wa ulil amri minkum โฆ.
Imam Al Baidhawi menyebutkan, bahwa yang dimaksud dengan ulil amri -โpemimpinโ di sini adalah para pemimpin kaum muslimin sejak zaman Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan sesudahnya, seperti para khalifah, hakim, panglima perang, di mana manusia diperintah untuk mentaati mereka setelah diperintah untuk berbuat adil, wajib mentaati mereka selama mereka di atas kebenaran (maa daamuu โalal haqqi). (Anwarut Tanzil wa Asrarut Taโwil, 1/466)
Sebagian muhaqqiq (peneliti) dari kalangan Syafiโiyah menyatakan wajibnya mentaati pemimpin, baik perintah atau larangan, selama bukan perintah haram. (Imam Al Alusi, Ruhul Maโani, 4/106)
Dan masalah penentuan hari raya tak ada kaitan sama sekali dengan perintah โkeharamanโ.
2โฃ Keumuman dalil hadits-hadits nabi untuk mentaati pemimpin selama bukan dalam perintah maksiat.
Dari Abu Hurairah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ู ููู ุฃูุทูุงุนูููู ููููุฏู ุฃูุทูุงุนู ุงูููููู ููู ููู ุนูุตูุงููู ููููุฏู ุนูุตูู ุงูููููู ููู ููู ููุทูุนู ุงููุฃูู ููุฑู ููููุฏู ุฃูุทูุงุนูููู ููู ููู ููุนูุตู ุงููุฃูู ููุฑู ููููุฏู ุนูุตูุงููู ููุฅููููู ูุง ุงููุฅูู ูุงู ู ุฌููููุฉู ููููุงุชููู ู ููู ููุฑูุงุฆููู ููููุชููููู ุจููู ููุฅููู ุฃูู ูุฑู ุจูุชูููููู ุงูููููู ููุนูุฏููู ููุฅูููู ูููู ุจูุฐููููู ุฃูุฌูุฑูุง ููุฅููู ููุงูู ุจูุบูููุฑููู ููุฅูููู ุนููููููู ู ูููู
โBarangsiapa yang mentaatiku, maka dia telah taat kepada Allah. Barangsiapa yang bermaksiat kepadaku, maka dia telah maksiat kepada Allah. Barangsiapa yang taat kepada pemimpin maka dia telah mentaatiku. Barangsiapa yang membangkang kepada pemimpin, maka dia telah bermaksiat kepadaku. Sesungguhnya pemimpin adalah perisai ketika rakyatnya diperangi dan yang memperkokohnya. Jika dia memerintah dengan ketaqwaan kepada Allah dan keadilan, maka baginya pahala. Jika dia mengatakan selain itu, maka dosanya adalah untuknya.โ (HR. Bukhari No. 2957, Muslim No. 1835, An Nasaโi dalam As Sunan Al Kubra No. 7816, Ibnu Majah No. 2859. Ahmad No. 7434)
Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ููุง ุทูุงุนูุฉู ููู ู ูุนูุตูููุฉู ุงูููููู ุฅููููู ูุง ุงูุทููุงุนูุฉู ููู ุงููู ูุนูุฑูููู
โTidak ada ketaatan dalam bermaksiat kepada Allah, sesungguhnya ketaatan itu hanya ada pada yang maโruf (dikenal baik).โ (HR. Bukhari No. 7257, Muslim No. 1840, Abu Daud No. 2625, Ahmad No. 724, dll)
Dari Ibnu Umar Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุงูุณููู ูุนู ููุงูุทููุงุนูุฉู ุนูููู ุงููู ูุฑูุกู ุงููู ูุณูููู ู ูููู ูุง ุฃูุญูุจูู ููููุฑููู ู ูุง ููู ู ููุคูู ูุฑู ุจูู ูุนูุตูููุฉู ููุฅูุฐูุง ุฃูู ูุฑู ุจูู ูุนูุตูููุฉู ููููุง ุณูู ูุนู ููููุง ุทูุงุนูุฉู
โDengar dan taat atas seorang muslim adalah pada apa yang disukai dan dibencinya, selama tidak diperintah maksiat. Jika diperintah untuk maksiat, maka jangan didengar dan jangan ditaati.โ (HR. Bukhari No. 7144, Abu Daud No. 2626, At Tirmidzi No. 1707, Ahmad No. 6278)
Hadits-hadits ini merupakan petunjuk dan panduan dalam hal ini, yang memperkuat ketetapan sebelumnya bahwa mentaati pemimpin adalah wajib selama bukan dalam maksiat, dan โsekali lagi- penetapan Idul Adha dan Idul Fitri, tidak ada kaitan sama sekali dengan perintah berbuat kemaksiatan.
3โฃ Kaidah fiqih: Laa Inkara fi masaaโil Ijtihadiyah (tiada pengingkaran dalam perkara ijtihad)
โBerkata Imam An Nawawi Rahimahullah:
ููู ูู ููุง ููุชูุนููููู ุจูุงููุงุฌูุชูููุงุฏู ููู ู ูููููู ููููุนูููุงู ูู ู ูุฏูุฎูู ููููู ุ ููููุง ููููู ู ุฅูููููุงุฑู ุ ุจููู ุฐููููู ููููุนูููู ูุงุกู . ุซูู ูู ุงููุนูููู ูุงุก ุฅููููู ูุง ููููููุฑูููู ู ูุง ุฃูุฌูู ูุนู ุนููููููู ุฃูู ููุง ุงููู ูุฎูุชูููู ููููู ููููุง ุฅูููููุงุฑ ููููู ููุฃูููู ุนูููู ุฃูุญูุฏ ุงููู ูุฐูููุจููููู ูููู ู ูุฌูุชูููุฏู ู ูุตููุจู . ููููุฐูุง ูููู ุงููู ูุฎูุชูุงุฑ ุนูููุฏ ููุซููุฑูููู ู ููู ุงููู ูุญููููููููู ุฃููู ุฃูููุซูุฑูู ู . ููุนูููู ุงููู ูุฐูููุจ ุงููุขุฎูุฑ ุงููู ูุตููุจ ููุงุญูุฏ ููุงููู ูุฎูุทูุฆ ุบูููุฑ ู ูุชูุนููููู ููููุง ุ ููุงููุฅูุซูู ู ูุฑููููุน ุนููููู
โDan Adapun yang terkait masalah ijtihad, tidak mungkin orang awam menceburkan diri ke dalamnya, mereka tidak boleh mengingkarinya, tetapi itu tugas ulama. Kemudian, para ulama hanya mengingkari dalam perkara yang disepati para imam. Adapun dalam perkara yang masih diperselisihkan, maka tidak boleh ada pengingkaran di sana. Karena berdasarkan dua sudut pandang setiap mujtahid adalah benar. Ini adalah sikap yang dipilih olah mayoritas para ulama peneliti (muhaqqiq). Sedangkan pandangan lain mengatakan bahwa yang benar hanya satu, dan yang salah kita tidak tahu secara pasti, dan dia telah terangkat dosanya.โ (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 1/131. Mawqiโ Ruh Al Islam)
Jadi, yang boleh diingkari hanyalah yang jelas-jelas bertentangan dengan nash qathโi dan ijmaโ. Adapun zona ijtihadiyah, maka tidak boleh saling menganulir.
โImam Jalaluddin As Suyuthi Rahimahullah
Ketika membahas kaidah-kaidah syariat, Imam As Suyuthi berkata dalam kitab Al Asybah wa An Nazhair:
ุงููููุงุนูุฏูุฉู ุงููุฎูุงู ูุณูุฉู ููุงูุซููููุงุซูููู โ ููุง ููููููุฑู ุงููู ูุฎูุชููููู ููููู ุ ููุฅููููู ูุง ููููููุฑู ุงููู ูุฌูู ูุนู ุนููููููู
Kaidah yang ke-35, โTidak boleh ada pengingkaran terhadap masalah yang masih diperselisihkan. Seseungguhnya pengingkaran hanya berlaku pada pendapat yang bertentangan dengan ijmaโ (kesepakatan) para ulama.โ (Imam As Suyuthi, Al Asybah wa An Nazhair, Juz 1, hal. 285. Mawqiโ Ruh Al Islam)
โJuga dikatakan oleh Al Ustadz Hasan Al Banna Rahimahullah:
ูุฑุฃู ุงูุฅู ุงู ููุงุฆุจู ููู ุง ูุง ูุต ููู ุ ูููู ุง ูุญุชู ู ูุฌููุง ุนุฏุฉ ููู ุงูู ุตุงูุญ ุงูู ุฑุณูุฉ ู ุนู ูู ุจู ู ุง ูู ูุตุทุฏู ุจูุงุนุฏุฉ ุดุฑุนูุฉ , ููุฏ ูุชุบูุฑ ุจุญุณุจ ุงูุธุฑูู ูุงูุนุฑู ูุงูุนุงุฏุงุช , ู ุงูุฃุตู ูู ุงูุนุจุงุฏุงุช ุงูุชุนุจุฏ ุฏูู ุงูุงูุชูุงุช ุฅูู ุงูู ุนุงูู , ููู ุงูุนุงุฏูุงุช ุงูุงูุชูุงุช ุฅูู ุงูุฃุณุฑุงุฑ ู ุงูุญูู ู ุงูู ูุงุตุฏ
โPendapat seorang pemimpin dan wakilnya dalam perkara yang di dalamnya tidak dibahas oleh nash, dan dalam perkara yang multitafsir, dan dalam maslahat mursalah maka itu bisa diamalkan selama tidak bertabrakan dengan kaidah syaraโ, dan dapat berubah seiring perubahan keadaan, tradisi, dan adat. Hukum dasar dari ibadah adalah taโabbud (ketundukan) tanpa mencari-cari kepada makna-maknanya, sedangkan dalam hal adat dibolehkan mencari rahasia, hikmah, dan maksud-maksudnya.โ (Ushul โIsyrin No. 5)
Oleh, karenanya taruhlah pendapat pemimpin salah, namun ketaatan tidaklah hilang hanya karena kekeliruan ijtihad mereka, padahal Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam justru menyebutnya mendapatkan satu pahala jika ijtihad salah. Sebab hal ini bukanlah sesuatu yang pasti benar dan pasti salah, kecuali jika kita sedang tinggal di Arab Saudi, saat mereka wuquf hari senin (9 Zulhijjah), kita berhari raya rabu (11 Zulhijjah), jelas itu salah. Sedangkan di negeri lain yang menggunakan perhitungan dan ruโyah sendiri, sangat mungkin terjadinya perbedaan. Sebenarnya, kalau pun ada yang shalat Id di hari tasyriq (11, 12, 13 Zulhijjah), maka sebagian ulama tetap membolehkan seperti Imam Ibnu Taimiyah, namun itu menurutnya mafdhul (tidak utama).
Di sisi lain, pemerintah pun tidak boleh mengingkari para ormas, dan memberikan kelapangan kepada rakyatnya dalam hal ini. Hanya saja sebagusnya para ormas ini memperhatikan ayat-ayat dan hadits-hadits ketaatan kepada pemimpin secara umum, selam
a bukan dalam hal haram, dan memperhatikan adab dan etika hidup berjamaah dan musyawarah.
4โฃ Kaidah: jika hakim sudah memutuskan maka perselisihan harus dihilangkan (Idza Hakamal Hakim yarfaโul khilaf)
Kaidah ini didasarkan ayat An Nisa 59 di atas. Hendaknya perselisihan pendapat menjadi hilang ketika pemimpin sudah memutuskan perkaranya melalui lembaga yang ditunjuknya atau unsur pemerintah yang berwenang, terlepas dari apakah pemimpin kita ini termasuk zalim, fasiq atau tidak. Dan itu merupakan realisasi atas keimanan kita terhadap ayat tersebut, betapa pun kita sangat tidak sependapat dengan pendapat pemimpin tersebut, bahkan kita menganggapnya itu pendapat yang keliru.
Dan kaidah ini sangat bagus untuk meredam kemungkinan konflik di antara elemen umat Islam, baik sesama umat atau antara umat dengan pemimpinnya. Namun, hal ini sulit dilaksanakan oleh orang yang taโashub kelompok dan selalu memandang kebenaran melalui kaca mata kuda, tidak mau menerima masukan pihak lain.
โImam Al Qarrafi Rahimahullah mengatakan:
ุงุนูููู ู ุฃูููู ุญูููู ู ุงููุญูุงููู ู ููู ู ูุณูุงุฆููู ุงููุงุฌูุชูููุงุฏู ููุฑูููุนู ุงููุฎูููุงูู ููููุฑูุฌูุนู ุงููู ูุฎูุงูููู ุนููู ู ูุฐูููุจููู ููู ูุฐูููุจู ุงููุญูุงููู ู ููุชูุชูุบููููุฑู ููุชูููุงูู ุจูุนูุฏู ุงููุญูููู ู
Ketahuilah, bahwa keputusan hakim dalam masalah yang masih diijtihadkan adalah menghilangkan perselisihan, dan hendaknya orang menyelisihi ruju โ (kembali) dari pendapatnya kepada pendapat hakim dan dia mengubah fatwanya setelah keluarnya keputusan hakim. (Anwarul Buruq fi Anwaโil Furuq, 3/334. Mawqiโ Al Islam)
โSyaikh Khalid bin Abdullah Muhammad Al Mushlih mengatakan:
ูุฅุฐุง ุญูู ููู ุฃู ุฑ ุงูู ุณูู ูู ุจุญูู ุชุฑู ุฃูุช ุฃู ููู ู ุนุตูุฉุ ูุงูู ุณุฃูุฉ ู ู ู ุณุงุฆู ุงูุฎูุงู ููุฌุจ ุนููู ุทุงุนุชูุ ููุง ุฅุซู ุนูููุ ูุฃู ุญูู ุงูุญุงูู ูุฑูุน ุงูุฎูุงู
Jika pemimpin kaum muslimin sudah menetapkan sebuah ketentuan dengan keputusan hukum yang menurut Anda ada maksiat di dalamnya, padahal masalahnya adalah masalah yang masih diperselisihkan, maka wajib bagi Anda untuk tetap taat kepadanya, dan itu tidak berdosa bagi Anda, karena jika hakim sudah memutuskan sesuatu maka keputusan itu menghilangkan perselisihan. (Syarh Al โAqidah Ath Thahawiyah, 16/5. Mawqiโ Syabakah Al Islamiyah)
Selesai.
Wallahu Aโlam wa Ilaihi Musytaka โฆโฆ.
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
Follow IG MANIS : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Iman Islam
No Rek BSI : 5512 212 725
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287891088812