๐ Senin, 29 Ramadhan 1437 H / 4 Juli 2016 M
๐ Fiqih dan Hadits
๐ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.
๐ *Beberapa Adab dan Sunah Berhari Raya (Bag. 3)* selesai.
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
9โฃ *Mengucapkan selamat hari raya: โtaqabbalallahu minna wa minkaโ*
Telah diriwayatkan dari Al Watsilah, bahwa beliau berjumpa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan mengucakan: Taqabballahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amal kami dan Anda). Namun sanad riwayat ini DHA’IF (lemah/tidak valid), sebagaimana yang dikatakan Al Imam Al Hazifh Ibnu Hajar Al โAsqalani dalam Fathul Bari.
Namun, Imam Ibnu Hajar berkata:
ููุฑูููููููุง ููู ” ุงููู ูุญุงู ููููููุงุชู ” ุจูุฅูุณูููุงุฏู ุญูุณููู ุนููู ุฌูุจูููุฑู ุจููู ููููููุฑู ููุงูู ” ููุงูู ุฃูุตูุญูุงุจู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูุฐูุง ุงูููุชูููููุง ููููู ู ุงููุนููุฏู ููููููู ุจูุนูุถูููู ู ููุจูุนูุถู : ุชูููุจูููู ุงูููููู ู ููููุง ููู ูููู “
โKami meriwayatkan dalam kitab Al Mahalliyat, dengan sanad yang hasan (bagus), dari Jubeir bin Nufair, katanya: dahulu para sahabat Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam jika mereka berjumpa pada hari raya, satu sama lain berkata: โtaqabbalallahu minna wa minka.โ (Fathul Bari, 2/446. Darul Fikr)
Hal ini juga diriwayatkan oleh Muhammad bin Ziyad, bahwa beliau bersama Abu Umamah Al Bahili dan para sahabat nabi lainnya, bahwa mereka jika satu sama lain berjumpa sepulang shalat Id, mengucapkan: taqabballahu minna wa minka. Menurut Imam Ahmad bin Hambal sanadnya jayyid (bagus/baik). (Syaikh Al Albani, Tamamul Minnah, hal. 355-356)
Ucapan inilah yang lebih baik dan sunnah para sahabat nabi.
Adapun ucapan Minal ‘Aidin wal Faaizin merupakan potongan dari kalimat Ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aaidin wal faaizin, artinya semoga Allah jadikan kami dan anda termasuk orang kembali (suci) dan menang.
Atau, di sebagian negeri muslim ada yang mentradisi ucapan ‘iduka mubaarak – semoga hari rayamu diberkahi.
Ada pula kullu ‘aam wa antum bikhair – setiap tahun semoga anda dalam kebaikan
Semua ini tidaklah terlarang, sebagai sebuah kalimat baik dan doa yang baik, walau bukan dari Nabi dan sahabatnya.
Sebagaimana perkataan Imam Asy Syafi’i bahwa perkataan itu dihukumi bagaimana isinya, jika baik maka itu baik, jika buruk maka itu buruk. Maka, sikap tergesa-gesa sebagian da’i yang membid’ah-bid’ahkan ini adalah sikap ghuluw yang tidak perlu terjadi.
๐ *Bersenang-senang dan bergembira dengan mengadakan pesta dan permainan yang halal*
Bersenang dan bergembira ketika hari raya adalah bagian dari ketentuan syariat, selama semua dilakukan sesuai syariat pula, tidak berlebihan, dan tidak membuat lupa dengan kewajiban.
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ุงููุนุจ ุงูู ุจุงุญุ ูุงูููู ุงูุจุฑุฆุ ูุงูุบูุงุก ุงูุญุณูุ ุฐูู ู ู ุดุนุงุฆุฑ ุงูุฏูู ุงูุชู ุดุฑุนูุง ุงููู ูู ููู ุงูุนูุฏุ ุฑูุงุถุฉ ููุจุฏู ูุชุฑููุญุง ุนู ุงูููุณ
Melakukan permainan yang dibolehkan, gurauan yang baik, nyanyian yang baik, semua itu termasuk di antara syiar-syiar agama yang Allah tetapkan pada hari raya , untuk menyehatkan badan dan mengistirahatkan jiwa. (Fiqhus Sunnah, 1/323)
Dari Anas bin Malik Radhiallahu โAnhu, katanya:
ููุฏูู ู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงููู ูุฏููููุฉู ููููููู ู ููููู ูุงูู ููููุนูุจูููู ูููููู ูุง ููููุงูู ู ูุง ููุฐูุงูู ุงููููููู ูุงูู ููุงูููุง ูููููุง ููููุนูุจู ูููููู ูุง ููู ุงููุฌูุงูููููููุฉู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูููู ุงูููููู ููุฏู ุฃูุจูุฏูููููู ู ุจูููู ูุง ุฎูููุฑูุง ู ูููููู ูุง ููููู ู ุงููุฃูุถูุญูู ููููููู ู ุงููููุทูุฑู
Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam datang ke Madinah, saat itu mereka memiliki dua hari untuk bermain-main. Lalu Beliau bersabda: โDua hari apa ini?โ Mereka menjawab: โDahulu, ketika kami masih jahiliyah kami bermain-main pada dua hari ini.โ Maka Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam menjawab: โSesungguhnya Allah telah menggantikan buat kalian dua hari itu dengan yang lebih baik darinya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.โ (HR. Abu Daud No. 1134, Ahmad No. 12006, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 5918, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1091, Abu Yaโla No. 3820)
โAisyah Radhiallahu โAnha, bercerita:
ุฃูููู ุงููุญูุจูุดูุฉู ููุงูููุง ููููุนูุจูููู ุนูููุฏู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููู ููููู ู ุนููุฏูุ ููุงููุชู: ููุงุทููููุนูุชู ู ููู ูููููู ุนูุงุชููููู ุ ููุทูุฃูุทูุฃู ููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ู ูููููุจูููููุ ููุฌูุนูููุชู ุฃูููุธูุฑู ุฅูููููููู ู ู ููู ูููููู ุนูุงุชููููู ุญูุชููู ุดูุจูุนูุชูุ ุซูู ูู ุงููุตูุฑูููุชู
Orang-orang Habasyah (Etiopia) mengadakan permainan di hadapan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam pada hari raya. Dia (โAisyah) berkata: โAku pun menonton di atas bahunya, dan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam merendahkan bahunya untukku, sehingga aku bisa melihat mereka di atas bahunya sampai aku puas, kemudian aku berpaling.โ (HR. Ahmad No. 24296, An Nasaโi dalam As Sunan Al Kubra No. 1798, dan Sunan An Nasaโi No. 1594. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan An Nasaโi No. 1594, juga Syaikh Syuโaib Al Arnauth. Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 24296)
โAisyah Radhiallahu โAnha juga cerita:
ุฏูุฎููู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ููุนูููุฏูู ุฌูุงุฑูููุชูุงูู ู ููู ุฌูููุงุฑูู ุงููุฃูููุตูุงุฑู ุชูุบููููููุงูู ุจูู ูุง ุชูููุงููููุชู ุงููุฃูููุตูุงุฑู ููููู ู ุจูุนูุงุซู ููุงููุชู ููููููุณูุชูุง ุจูู ูุบููููููุชููููู ููููุงูู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ุฃูู ูุฒูุงู ููุฑู ุงูุดููููุทูุงูู ููู ุจูููุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฐููููู ููู ููููู ู ุนููุฏู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุง ุฃูุจูุง ุจูููุฑู ุฅูููู ููููููู ููููู ู ุนููุฏูุง ููููุฐูุง ุนููุฏูููุง
โAbu Bakar masuk ke rumah dan di hadapanku ada dua orang jariyah (budak remaja wanita) dari Anshar, mereka berdua sedang bernyanyi dengan syair yang mengingatkan kaum Anshar terhadap hari perang Buโats.โ Dia (โAisyah) berkata: โMereka berdua bukanlah penyanyi.โ Lalu Abu Bakar berkata: โApakah seruling-seruling syetan ada di rumah Rasulullah?โ Saat itu sedang hari raya. Maka Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โWahai Abu Bakar, Setiap kaum ada hari rayanya, dan hari ini adalah hari raya kita.โ (HR. Bukhari No. 952, Muslim No. 892, Imam Muslim menambahkan bahwa dua jariyah ini memainkan duff /rebana)
Dalam riwayat lain ada tambahan:
ุฏุนูู ูุง ุฃุจุง ุจูุฑ ูุฅููุง ุฃูุงู ุนูุฏ ูุชุนูู ูููุฏ ุฃู ูู ุฏูููุง ูุณุญุฉ ุฅูู ุฃุฑุณูุช ุจุญููููุฉ ุณู ุญุฉ
Biarkan mereka wahai Abu Bakar, sesungguhnya ini adalah hari raya, agar orang Yahudi tahu bahwa pada agama kita ada kelapangan, dan aku diutus dengan membawa agama yang hanif lagi lapang. (HR. Ahmad No. 24855, Alauddin A
l Muttaqi Al Hindi, Kanzul โUmmal No. 40628. Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: hadits ini kuat, dan sanadnya hasan. Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 24855)
1โฃ1โฃ *Bertakbir Pada Hari Raya*
Kita dianjurkan untuk bertakbir pada hari raya, selain ini menjadi syiar Islam yang begitu kuat, ini juga diperintahkan dalam Al Quran dan dicontohkan dalam As Sunnah.
Ada dua pembahasan dalam hal ini, yaitu bertakbir pada IDUL FITHRI DAN IDUL ADHA.
โถ๏ธโ๏ธ Untuk bertakbir pada Idul Fitri
Allah Taโala berfirman:
ููููุชูููู ููููุง ุงููุนูุฏููุฉู ููููุชูููุจููุฑููุง ุงูููููู ุนูููู ู ูุง ููุฏูุงููู ู ููููุนููููููู ู ุชูุดูููุฑูููู
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Baqarah (2): 185)
๐ Waktunya
Ayat di atas dijadikan dalil oleh Imam Asy Syafiโi dan yang menyepakatinya, bahwa bertakbir pada hari Idul Fitri adalah dimulai ketika berakhirnya Ramadhan pada saat tenggelamnya matahari. Istilah di negeri kita adalah malam takbiran. Pada ayat ini, diperintahkan untuk mulai bertakbir ketika sudah sempurna bilangan puasanya, dan bilangan puasa telah cukup sempurna setelah mereka berbuka pada puasa terakhir Ramadhan di malam harinya.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ููุงู ููู ุงูุชูุจูุฑ ู ู ูููุฉ ุงููุทุฑ ุฅุฐุง ุฑุฃูุง ุงูููุงู ุญุชู ูุบุฏูุง ุฅูู ุงูู ุตูู ูุญุชู ูุฎุฑุฌ ุงูุงู ุงู
Segolongan ulama mengatakan bahwa bertakbir dilakukan sejak malam hari raya Idul Fitri jika telah terlihat hilal, sampai pagi hari hari menuju lapangan dan sampai keluarnya imam ke tempat shalat. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
Imam Asy Syafiโi Radhiallahu โAnhu berkata dalam Al Umm ketika mengomentari ayat di atas:
ููุณูู ูุนูุช ู ู ุฃูุฑูุถูู ู ู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ุจูุงููููุฑูุขูู ุฃููู ููููููู ููุชูููู ููููุง ุงููุนูุฏููุฉู ุนูุฏููุฉู ุตูููู ู ุดูููุฑู ุฑูู ูุถูุงูู ููุชูููุจููุฑููุง ุงูููููู ุนูููุฏู ุฅููู ูุงูููู ุนูู ู ุง ููุฏูุงููู ู ููุฅูููู ูุงูููู ู ูุบููุจู ุงูุดููู ูุณู ู ู ุขุฎูุฑู ููููู ู ู ู ุฃููููุงู ู ุดูููุฑู ุฑูู ูุถูุงูู
Aku mendengar dari orang-orang yang aku ridhai dari kalangan ulama yang mengerti Al Quran, yang mengatakan โDan hendaklah kamu mencukupkan bilangannyaโ yaitu bilangan puasa di bulan Ramadhan, dan bertakbir ketika sempurna bilangannya โatas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamuโ sempurnanya itu adalah ketika tenggelamnya matahari pada akhir hari di hari-hari bulan Ramadhan.
Lalu, Imam Asy Syafiโi melanjutkan:
ูุฅุฐุง ุฑูุฃูููุง ููููุงูู ุดููููุงูู ุฃูุญูุจูุจูุชู ุฃููู ููููุจููุฑู ุงููุงุณ ุฌูู ูุงุนูุฉู ููููุฑูุงุฏูู ูู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููุงููุฃูุณูููุงูู ููุงูุทููุฑููู ููุงููู ูููุงุฒููู ููู ูุณูุงููุฑูููู ููู ููููู ูููู ูู ูู ุญูุงูู ููุฃููููู ููุงูููุง ููุฃููู ููุธูููุฑููุง ุงูุชููููุจููุฑู ููููุง ููุฒูุงููููู ููููุจููุฑูููู ุญุชู ููุบูุฏูููุง ุฅููู ุงููู ูุตููููู ููุจูุนูุฏู ุงููุบูุฏูููู ุญุชู ููุฎูุฑูุฌู ุงููุฅูู ูุงู ู ูููุตููููุงุฉู ุซูู ูู ููุฏูุนููุง ุงูุชููููุจููุฑู
Maka, jika sudah terlihat hilal bulan Syawal aku suka bila manusia bertakbir baik secara berjamaah atau sendiri di masjid, pasar, jalan-jalan, rumah-rumah, para musafir, dan para mukimin pada setiap keadaan, di mana saja mereka berada hendaknya menampakkan takbirnya, dan terus menerus takbir sampai datangnya pagi hingga menunju lapangan dan setelah itu sampai imam keluar untuk shalat, kemudian mereka sudahi takbir itu. (Al Umm, 1/231. Darul Maโrifah)
Jadi, bertakbir bukan hanya di masjid tapi juga di rumah, dk jalan-jalan, pasar, dan lainnya. Tapi, sayangnya -khusus penduduk DKI JAKARTA- ini dilarang oleh pemerintahnya. Laa haula walaa quwwata illa billah.
Lalu .. jumhur ulama mengatakan, bahwa mulainya adalah sejak pagi hari menuju lapangan hingga khutbah Id.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ูุฌู ููุฑ ุงูุนูู ุงุก ุนูู ุฃู ุงูุชูุจูุฑ ูู ุนูุฏ ุงููุทุฑ ู ู ููุช ุงูุฎุฑูุฌ ุฅูู ุงูุตูุงุฉ ุฅูู ุงุจุชุฏุงุก ุงูุฎุทุจุฉ.ููุฏ ุฑูู ูู ุฐูู ุฃุญุงุฏูุซ ุถุนููุฉ ูุฅู ูุงูุช ุงูุฑูุงูุฉ ุตุญุช ุจุฐูู ุนู ุงุจู ุนู ุฑ ูุบูุฑู ู ู ุงูุตุญุงุจุฉ. ูุงู ุงูุญุงูู : ูุฐู ุณูุฉ ุชุฏุงูููุง ุฃูู ุงูุญุฏูุซ.ูุจู ูุงู ู ุงูู ูุฃุญู ุฏ ูุฅุณุญู ูุฃุจู ุซูุฑ.
Mayoritas ulama berpendapat bahwa bertakbir pada Idul Fitri dimulai sejak keluar menuju shalat Id, sampai mulainya khutbah. Hal itu telah diriwayatkan dalam hadits-hadits dhaif, walau ada yang shahih hal itu dari Ibnu Umar dan selainnya dari kalangan sahabat nabi. Berkata
Al Hakim: ini adalah sunah yang tersebar dikalangan ahli hadits. Dan inilah pendapat Malik, Ahmad, ishaq, dan Abu Tsaur. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
๐ Shighat Takbir (Kalimat Takbir)
Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah merinci sebagai berikut:
– Bacaan takbir menurut kalangan Hanafiyah dan Hanabilah
Allahu Akbar Allahu Akbar Laa ilaha Illallah wallahu Akbar Allahu Akbar (dibaca 2 kali), lalu walillahil hamd.
Bacaan ini berdasarkan riwayat dari Jabir, dari Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, dan juga yang dibaca dua khalifah, dan juga Ibnu Masโud.
– Menurut Malikiyah dan Syafiโiyah dalam pendapat barunya (Qaul Jadid)
(Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar) dan ini adalah yang terbaik menurut Malikiyah, jika mau menambahkan (Laa Ilaha Ilallah wallahu Akbar Allahu Akbar wa Lillahil Hamd), maka ini bagus, amalan ini berdasarkan riwayat dari Jabir dan Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, disunahkan menurut Syafiโiyah setelah membaca takbir yang ketiga: (Allahu Akbar Kabira wal Hamdulillah Katsira wa Subhanallahu Bukrataw wa Ashila), sebagaimana yang nabi ucapkan di bukti Shafa.
Disunahkan pula setelah itu dengan menambahkan:
ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ููุง ูุนุจุฏ ุฅูุง ุฅูุงูุ ู ุฎูุตูู ูู ุงูุฏูู ุ ููู ูุฑู ุงููุงูุฑููุ ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ูุญุฏูุ ุตุฏู ูุนุฏูุ ููุตุฑ ุนุจุฏูุ ููุฒู ุงูุฃุญุฒุงุจ ูุญุฏูุ ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ูุงููู ุฃูุจุฑ
Tambahan ini dilakukan jika mau saja menurut Hanafiyah, lalu ditutup dengan membaca:
ุงูููู
ุตููู ุนูู ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขู ู
ุญู
ุฏุ ูุนูู ุฃุตุญุงุจ ู
ุญู
ุฏุ ูุนูู ุฃุฒูุงุฌ ู
ุญู
ุฏุ ูุณูู
ุชุณููู
ุงู ูุซูุฑุงู
Demikian. (Lihat semua dalam: Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu, 2/532)
Imam Ath Thabarani meriwayatkan tentang takbirnya Abdullah bin Masโud Radhiallahu โAnhu:
ุฃูู ูุงู ููุจุฑ ุตูุงุฉ ุงูุบุฏุงุฉ ู ู ููู ุนุฑูุฉ ูููุทุน ุตูุงุฉ ุงูุนุตุฑ ู ู ููู ุงููุญุฑ ููุจุฑ ุฅุฐุง ุตูู ุงูุนุตุฑ ูุงู : ููุงู ููุจุฑ ุงููู ุฃูุจุฑุงููู ุฃูุจุฑ ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ูุงููู ุฃูุจุฑ ุงููู ุฃูุจุฑ ูููู ุงูุญู ุฏ
Bahwasanya Abdullah bin Masโud bertakbir pada shalat subuh pada hari โArafah (9 Dzulhijjah), dan memutuskannya pada shalat โashar hari nahr (penyembelihan), Beliau bertakbir jika shalat โashar: โAllahu Akbar, Allahu Akbar, laa Ilaha Illallah wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd.โ (Al Muโjam Al Kabir No. 9538. Lihat juga Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 5679, )
Serupa dengan ini juga dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib. (Kanzul โUmmal No. 12754)
Sedangkan Ibnu Abbas bertakbir sejak shalat subuh pada hari โArafah, hingga hari-hari tasyriq, tidak bertakbir pada maghribnya. Kalimat takbir Ibnu Abbas:
ุงูููููู ุฃูููุจูุฑู ููุจููุฑูุง ุงูููููู ุฃูููุจูุฑู ููุจููุฑูุง ุ ุงูููููู ุฃูููุจูุฑู ููุฃูุฌูููู ุ ุงูููููู ุฃูููุจูุฑู ููููููููู ุงููุญูู ูุฏู.
Allahu Akbar Kabira (2X), Allahu Akbar wa Ajall, Allahu Akbar wa lillahil Hamd. (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 5692)
Mana saja dari kalimat ini yang kita pakai, maka semuanya adalah baik. Ini adalah masalah yang lapang dan luwes.
๐ Dianjurkan Mengeraskan Suara
Tertulis di dalam Al Mausuโah:
ุฃูู ููุง ุงูุชููููุจููุฑู ููู ุนููุฏู ุงููููุทูุฑู ููููุฑูู ุฌูู ููููุฑู ุงููููููููุงุกู ุฃูููููู ููููุจููุฑู ููููู ุฌูููุฑูุง ููุงุญูุชูุฌูููุง ุจููููููููู ุชูุนูุงููู : { ููููุชูููุจููุฑููุง ุงูููููู ุนูููู ู ูุง ููุฏูุงููู ู } ููุงู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู : ููุฐูุง ููุฑูุฏู ููู ุนููุฏู ุงููููุทูุฑู ุจูุฏููููู ุนูุทููููู ุนูููู ูููููู ุชูุนูุงููู : { ููููุชูููู ููููุง ุงููุนูุฏููุฉู } ููุงููู ูุฑูุงุฏู ุจูุฅูููู ูุงู ุงููุนูุฏููุฉู ุจูุฅูููู ูุงู ุตูููู ู ุฑูู ูุถูุงูู
Ada pun pada Idul Fitri jumhur (mayoritas) fuqaha memandang bahwa bertakbir dilakukan dengan suara dikeraskan. Mereka berdalil dengan firman Allah Taโala: โhendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu,โ berkata Ibnu Abbas: ayat ini berbicara tentang Idul Fitri karena kaitannya dengan firmanNya: โDan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya,โ maksudnya dengan menyempurnakan jumlahnya, dengan menggenapkan puasa Ramadhan. (Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 13/213)
Ada pun kalangan Hanafiyah mereka menganjurkan bertakbir secara disirr-kan, pada hari raya Idul Fitri. Berikut ini keterangannya:
ููุฐูููุจู ุฃูุจูู ุญููููููุฉู ุฅูููู ุนูุฏูู ู ุงููุฌูููุฑู ุจูุงูุชููููุจููุฑู ููู ุนููุฏู ุงููููุทูุฑู ูุฃูููู ุงูุฃูุตูู ููู ุงูุซููููุงุกู ุงูุฅูุฎูููุงุกู ููููู
ููููู ุชูุนูุงููู {ููุงุฐูููุฑู ุฑูุจูููู ููู ููููุณููู ุชูุถูุฑููุนูุง ููุฎููููุฉู ููุฏูููู ุงููุฌูููุฑู ู ููู ุงููููููู } ูููููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฎูููุฑู ุงูุฐููููุฑู ุงููุฎูููููู. ูููุฃูููููู ุฃูููุฑูุจู ู ููู ุงูุฃูุฏูุจู ููุงููุฎูุดููุนู ุ ููุฃูุจูุนูุฏู ู ููู ุงูุฑููููุงุกู
Pendapat Abu Hanifah adalah takbir tidak dikeraskan saat Idul Fitri, karena pada asalnya pujian itu mesti disembunyikan, karena Allah Taโala berfirman: โdan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara,โ dan sabda Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam: โSebaik-baiknya dzikir adalah yang tersembunyi.โ Karena hal itu lebih dekat dengan adab, khusyuโ, dan lebih jauh dari riyaโ. (Al Mausuโah, 13/214)
๐ Takbir Pada Idhul Adha
Allah Taโala berfirman:
ููุงุฐูููุฑููุง ุงูููููู ููู ุฃููููุงู
ู ู
ูุนูุฏููุฏูุงุชู
Dan berdzikirlah kepada Allah pada hari-hari yang telah ditentukan. (QS. Al Baqarah (2): 203)
Maksud โhari-hari yang telah ditentukanโ adalah hari-hari tasyriq, sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas. (Al Baihaqi dalam Maโrifatus Sunan wal Atsar No. 3354)
๐ Waktunya
Bertakbir pada Idul Adha, sudah dimulai sejak pagi hari 9 Dzulhijah hingga akhir hari tasyriq (13 Dzulhijjah) sebelum maghrib. Sebenarnya tidak ada keterangan dari Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, oleh karena itu mereka berbeda dalam kapankah mulainya? Dan kapan berakhirnya? Ada pun sebagian sahabat melakukannya sejak subuh hari Arafah hingga ashar 13 Dzulhijjah, itulah yang dilakukan oleh para sahabat seperti Ali dan Ibnu Masโud sebagaimana keterangan sebelumnya.
Al Hafizh Ibnu Hajar menceritakan:
ููููููุนูููู ูุงุกู ุงูุฎูุชูููุงูู ุฃูููุถูุง ููู ุงูุจูุชูุฏูุงุฆููู ููุงููุชูููุงุฆููู ููููููู : ู ููู ุตูุจูุญู ููููู ู ุนูุฑูููุฉู ุ ููููููู ู ููู ุธูููุฑููู ุ ููููููู ู ููู ุนูุตูุฑููู ุ ููููููู ู ููู ุตูุจูุญู ููููู ู ุงููููุญูุฑู ุ ููููููู ู ููู ุธูููุฑููู . ููููููู ููู ุงููุงููุชูููุงุกู ุฅูููู ุธูููุฑู ููููู ู ุงููููุญูุฑู ุ ููููููู ุฅูููู ุนูุตูุฑููู ุ ููููููู ุฅูููู ุธูููุฑู ุซูุงููููู ุ ููููููู ุฅูููู ุตูุจูุญู ุขุฎูุฑู ุฃููููุงู ู ุงูุชููุดูุฑูููู ุ ููููููู ุฅูููู ุธูููุฑููู ุ ููููููู ุฅูููู ุนูุตูุฑููู . ุญูููู ููุฐููู ุงููุฃูููููุงูู ูููููููุง ุงููููููููููู ุฅููููุง ุงูุซููุงูููู ู ููู ุงููุงููุชูููุงุกู . ููููุฏู ุฑูููุงูู ุงููุจูููููููููู ุนููู ุฃูุตูุญูุงุจู ุงูุจููู ู ูุณูุนููุฏู ููููู ู ููุซูุจูุชู ููู ุดูููุกู ู ููู ุฐููููู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุญูุฏููุซู ุ ููุฃูุตูุญูู ู ูุง ููุฑูุฏู ููููู ุนููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ูููููู ุนูููููู ููุงุจููู ู ูุณูุนููุฏู ุฃูููููู ู ููู ุตูุจูุญู ููููู ู ุนูุฑูููุฉู ุขุฎูุฑู ุฃููููุงู ู ู ูููู ุฃูุฎูุฑูุฌููู ุงูุจููู ุงููู ูููุฐูุฑู ููุบูููุฑููู ููุงููููููู ุฃูุนูููู ู
Para ulama berbeda pendapat juga tentang mulai dan berakhirnya. Ada yang bilang: sejak subuh hari โArafah, ada pula yang bilang sejak zhuhur, ada yang sejak ashar, ada yang bilang sejak subuh hari nahr (penyembelihan โ 10 Dzulhijah, pen), ada yang bilang sejak zhuhur hari nahr. Ada yang mengatakan berakhirnya sampai zhuhur hari nahr, ada yang bilang sampai ashar, ada yang bilang sampai zhuhur hari tasyriq kedua, ada yang bilang sampai subuh pada akhir hari tasyriq, ada yang bilang sampai zuhurnya, dan ada yang sampai asharnya. Semua pendapat ini diceritakan oleh An Nawawi kecuali pendapat berakhirnya takbir sampai zhuhur hari kedua tasyriq. Dan, Al Baihaqi telah meriwayatkan dari para sahabat, dari Ibnu Masโud. Tidak ada yang pasti sedikit pun hadits Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam tentang hal ini, yang shahih adalah apa yang diriwayatkan dari Ali dan Ibnu Masโud bahwa mereka melakukannya sejak subuh hari Arafah hingga akhir hari-hari di Mina โhari tasyriq. (Fathul Bari, 2/462)
Syaikh Sayyid Sabiq menambahkan:
ูููุชู ูู ุนูุฏ ุงูุงุถุญู ู ู ุตุญูุญ ููู ุนุฑูุฉ ุฅูู ุนุตุฑ ุฃูุงู ุงูุชุดุฑูู ููู ุงูููู ุงูุญุงุฏู ุนุดุฑุ ูุงูุซุงูู ุนุดุฑุ ูุงูุซุงูุซ ุนุดุฑ ู ู ุฐู ุงูุญุฌุฉ.
Waktu bertakbir bagi Idul Adha yang shahih adalah sejak hari โArafah sampai ashar hari-hari tasyriq, yaitu 11,12,13, dari Dzulhijjah. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
Sebenarnya, dalam hadits shahih ada isyarat bahwa mulainya bertakbir bagi Idul Adha adalah sejak hari โArafah (9 Dzulhijjah), yaitu beberapa riwayat berikut:
Dari โUqbah bin โAmir Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ููููู ู ุนูุฑูููุฉู ููููููู ู ุงููููุญูุฑู ููุฃููููุงู ู ุงูุชููุดูุฑูููู ุนููุฏูููุง ุฃููููู ุงููุฅูุณูููุงู ู ูููููู ุฃููููุงู ู ุฃููููู ููุดูุฑูุจู
Hari โArafah, hari penyembelihan qurban, hari-hari tasyriq, adalah hari raya kita para pemeluk islam, itu adalah hari-hari makan dan minum. (HR. At Tirmidzi No. 773, katanya: hasan shahih, Ad Darimi No. 1764, Syaikh Husein Salim Asad mengatakan: isnaduhu shahih. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1586, katanya: โShahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tetapi mereka tidak meriwayatkannya.โ )
Dari Nubaisyah Al Hudzalli, katanya: bahwa Rasulullah Shallallahu โ
Majelis Ilmu Farid Nu’man:
Alaihi wa Sallam bersabda:
ุฃููููุงู ู ุงูุชููุดูุฑูููู ุฃููููุงู ู ุฃููููู ููุดูุฑูุจู
Hari-hari tasyriq adalah hari-hari makan dan minum. (HR. Muslim No. 1141) ), dan dalam riwayat Abu Al Malih ada tambahan: โdan hari berdzikir kepada Allah.โ (HR. Muslim No. 1141)
Maka jika dipadukan semua hadits ini kita simpulkan, hari berdzikir (bertakbir) sudah dimulai sejak hari โArafah hingga hari tasyriq. Dan, yang dilakukan para sahabat adalah sejak subuh hari โArafah hingga ashar 13 Dzulhijjah.
Pada hari-hari tersebut (9,10,11,12,13 Dzulhijjah) kita bisa melakukan takbir kapan pun, sejak subuh tanggal 9 hingga ashar tanggal 13. Kita bisa melakukannya di masjid, setelah shalat wajib, di pasar, di rumah, dan di mana pun tempat yang layak untuk berdzikir.
Khadimus Sunnah, Asy Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah rahmatan waasiโah berkata:
ูุงูุชูุจูุฑ ูู ุฃูุงู
ุงูุชุดุฑูู ูุง ูุฎุชุต ุงุณุชุญุจุงุจู ุจููุช ุฏูู ููุชุ ุจู ูู ู
ุณุชุญุจ ูู ูู ููุช ู
ู ุชูู ุงูุงูุงู
.
ูุงู ุงูุจุฎุงุฑู: ููุงู ุนู
ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุจุฑ ูู ูุจุชู ุจู
ูู ููุณู
ุนู ุฃูู ุงูู
ุณุฌุฏ ูููุจุฑูู ูููุจุฑ ุฃูู ุงูุณูู ุญุชู ูุฑุชุฌ ู
ูู ุชูุจูุฑุง. ููุงู ุงุจู ุนู
ุฑ ููุจุฑ ุจู
ูู ุชูู ุงูุงูุงู
ูุฎูู ุงูุตููุงุช ูุนูู ูุฑุงุดู ููู ูุณุทุงุทู ูู
ุฌูุณู ูู
ู
ุดุงู ุชูู ุงูุงูุงู
ุฌู
ูุนุงุ ููุงูุช ู
ูู
ููุฉ ุชูุจุฑ ููู
ุงููุญุฑุ ููุงู ุงููุณุงุก ููุจุฑู ุฎูู ุฃุจุงู ุจู ุนุซู
ุงู ูุนู
ุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ ููุงูู ุงูุชุดุฑูู ู
ุน ุงูุฑุฌุงู ูู ุงูู
ุณุฌุฏ
Bertakbir pada hari-hari tasyriq tidak dikhususkan kesunahannya itu pada satu waktu tidak pada waktu lainnya, tetapi disunahkan pada tiap kesempatan di hari-hari itu. Imam Al Bukhari berkata: โUmar Radhiallahu โAnhu bertakbir di Kubah di kota Mina, hal itu didengar oleh orang di masjid maka mereka ikut bertakbir, dan bertakbir pula orang yang ada di pasar, sehingga kota Mina riuh dengan takbir. Ibnu Umar bertakbir di Mina pada hari-hari itu, baik setelah shalat, di atas tempat tidur, ketika duduk, atau ketika berjalan, pada hari itu semuanya. Maimunah bertakbir pada hari nahr (10 Dzulhijah), kaum wanita bertakbir bersama kaum laki-laki di masjid pada malam-malam tasyriq, di belakang Abban bin Utsman dan Umar bin Abdul Aziz. (Fiqhus Sunnah, 1/326)
Namun, sebagian ulama ada yang merinci waktunya dan tata caranya. Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menceritakan sedikit perbedaan waktu-waktu takbir tersebut, sebagai berikut:
ููููุฏู ุงูุดูุชูู ูููุชู ููุฐููู ุงููุขุซูุงุฑู ุนูููู ููุฌููุฏู ุงูุชููููุจููุฑู ููู ุชููููู ุงููุฃููููุงู ู ุนูููุจู ุงูุตููููููุงุชู ููุบูููุฑู ุฐููููู ู ููู ุงููุฃูุญูููุงูู . ููููููู ุงูุฎูุชูููุงูู ุจููููู ุงููุนูููู ูุงุกู ููู ู ูููุงุถูุนู : ููู ูููููู ู ู ููู ููุตูุฑู ุงูุชููููุจููุฑู ุนูููู ุฃูุนูููุงุจู ุงูุตููููููุงุชู ุ ููู ูููููู ู ู ููู ุฎูุตูู ุฐููููู ุจูุงููู ูููุชููุจูุงุชู ุฏูููู ุงููููููุงูููู ุ ููู ูููููู ู ู ููู ุฎูุตูููู ุจูุงูุฑููุฌูุงูู ุฏูููู ุงููููุณูุงุกู ุ ููุจูุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ุฏูููู ุงููู ูููููุฑูุฏู ุ ููุจูุงููู ูุคูุฏููุงุฉู ุฏูููู ุงููู ูููุถููููุฉู ุ ููุจูุงููู ููููู ู ุฏูููู ุงููู ูุณูุงููุฑู ุ ููุจูุณูุงูููู ุงููู ูุตูุฑู ุฏูููู ุงููููุฑูููุฉู . ููุธูุงููุฑู ุงูุฎูุชูููุงุฑู ุงููุจูุฎูุงุฑูููู ุดูู ูููู ุฐููููู ููููุฌูู ููุนู ุ ููุงููุขุซูุงุฑู ุงูููุชูู ุฐูููุฑูููุง ุชูุณูุงุนูุฏููู
Semua atsar ini memuat bahwa adanya takbir itu adalah dilakukan pada hari-hari itu, setelah shalat, dan dilakukan pula pada berbagai keadaan lain. Para ulama berbeda pendapat dalam berbagai hal: diantara mereka ada yang mempersempit bahwa takbir itu hanya setelah shalat, ada pula yang mengkhususkan lagi hanya pada shalat wajib bukan sunah, ada yang mengkhsuskan itu hanya buat laki-laki bukan wanita, pada shalat berjamaah bukan shalat sendiri, pada shalat yang dilakukan pada waktunya bukan shalat qadha, bagi orang yang mukim bukan musafir, dan pada kota-kota besar bukan pedesaan. Pendapat yang benar, yang dipilih oleh Imam Al Bukhari adalah bertakbir bisa dilakukan pada semua waktu dan keadaan tersebut, dan atsar-atsar yang telah disebutkan mendukung pendapatnya itu. (Fathul Bari, 2/462)
Apa yang dipilih oleh Imam Al Bukhari nampaknya lebih baik, karena tidak ada petunjuk yang mengkhususkannya, apalagi petunjuk dari para sahabat menunjukkan bahwa bertakbir bisa dilakukan kapan saja, pada hari-hari tersebut. Wallahu Aโlam
๐Dianjurkan dikeraskan
Dalam hal ini, tidak ada beda pendapat para fuqaha, bahwa sunahnya mengeraskan takbir Idul Adha. Berbeda dengan Idul fitri yang masih terjadi perselisihan.
Tertulis dalam Al Mausuโah:
ูุงู ุฎููุงููู ุจููููู ุงููููููููุงุกู ููู ุฌูููุงุฒู ุงูุชููููุจููุฑู ุฌูููุฑูุง ููู ุทูุฑูููู ุงููู ูุตููููู ููู ุนููุฏู ุงูุฃูุถูุญูู
Tidak ada perbedaan pendapat di antara fuqaha tentang kebolehan bertakbir dengan dikeraskan di jalan menuju lapangan saat Idul Adha. (Al Mausuโah, 13/213)
Tentang bentuk kalimat takbirnya, sama dengan takbir pada Idul Fitri.
Selesai. Wallahu Aโlam
Wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala Aalihi wa Shahbihi wa Sallam
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan:
www.iman-islam.com
๐ผ Sebarkan! Raih pahala…