Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal (Syarah Bulughul Maram, Hadits No. 681)

0
113

๐Ÿ“† Rabu, 1 Syawal 1437 H / 6 Juli 2016 M

๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.

๐Ÿ“‹  *Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal   (Syarah Bulughul Maram, Hadits No. 681)*

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

  Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunah yang masyhur. Berikut ini kami paparkan penjabarannya. Semoga bermanfaat!

๐Ÿ“Œ *Dalilnya:*

  Dari Abu Ayyub Al Anshari Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชู’ุจูŽุนูŽู‡ู ุณูุชู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุตููŠูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูŽู‡ู’ุฑู

โ€œBarang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian menyusulnya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka seakan dia berpuasa setahun penuh.โ€

Hadits ini SHAHIH dikeluarkan oleh:

–  Imam Muslim dalam Shahihnya No. 1164
–  Imam At Tirmidzi dalam Sunannya No. 759
–  Imam Abu Daud dalam Sunannya No. 2433
–  Imam Ibnu Majah dalam Sunannya No. 1716
–  Imam An Nasaโ€™i dalam As Sunan Al Kubra No. 2866
–  Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 8214, dan As Sunan As Shaghir No. 1119
–  Imam Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 3908, 3909, 3914, 3915
–  Imam Abdu bin Humaid dalam Musnadnya No. 228
–  Imam Abu Jaโ€™far Ath Thahawi dalam Musykilul Aatsar No. 1945
–  Imam Al Baghawi dalam Syarhus Sunnah No. 1780

๐Ÿ“Œ *Hukumnya*

  Hukumnya diperselisihkan para ulama, antara yang menyunahkan dan memakruhkan. Imam An Nawawi Rahimahullah menerangkan:

ููŠู‡ ุฏู„ุงู„ุฉ ุตุฑูŠุญุฉ ู„ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุดุงูุนู‰ ูˆุฃุญู…ุฏ ูˆุฏุงูˆุฏ ูˆู…ูˆุงูู‚ูŠู‡ู… ููŠ ุงุณุชุญุจุงุจ ุตูˆู… ู‡ุฐู‡ ุงู„ุณุชุฉ ูˆู‚ุงู„ ู…ุงู„ูƒ ูˆุฃุจูˆ ุญู†ูŠูุฉ ูŠูƒุฑู‡ ุฐู„ูƒ

  Dalam hadits ini terdapat petunjuk yang jelas bagi  pendapat Asy Syafiโ€™i, Ahmad, Daud, dan yang menyepakati mereka tentang sunahnya berpuasa enam hari tersebut. Berkata Malik dan Abu hanifah: Hal itu dimakruhkan. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/56)
 
Namun menurut pendapat mayoritas ulama adalah sunah. Disebutkan dalam Al Mausuโ€™ah:

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู – ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ูˆูŽู…ูุชูŽุฃูŽุฎู‘ูุฑููˆ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู – ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุณูŽู†ู‘ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุณูุชู‘ูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

  Mayoritas fuqaha โ€“Malikiyah, Syafiโ€™iyah, Hanabilah, dan Hanafiyah mutaโ€™akhirin (generasi kemudian)- berpendapat bahwa disunnahkan berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah puasa Ramadhan. (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 28/92)

Berkata Imam At Tirmidzi dalam Sunannya:

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุงุณู’ุชูŽุญูŽุจู‘ูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ุณูุชู‘ูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู ู‡ููˆูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ู‡ููˆูŽ ู…ูุซู’ู„ู ุตููŠูŽุงู…ู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‡ู’ุฑู

  Sekelompok ulama menyunnahkan berpuasa enam hari di bulan Syawal berdasarkan hadits ini. Ibnul Mubarak mengatakan: โ€œIni bagus, semisal dengan berpuasa tiga hari di setiap bulan.โ€ (Lihat Sunan At Tirmidzi pada komentar hadits No. 759)

  Sementara pemakruhan Imam Malik Radhiallahu โ€˜Anhu,  dengan alasan  ditakutkan orang awam   menganggap puasa tersebut masih satu paket dengan puasa Ramadhan, jika tidak demikian,  tidak apa-apa.

  Disebutkan dalam kitab Mawahib Al Jalil โ€“ karya Imam Al Hathab  Al Maliki:

ูƒูŽุฑูู‡ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒูŒ – ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ – ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุฎูŽุงููŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ูŽ ุจูุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ ุงู„ู’ุฌูŽู‡ูŽุงู„ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽููŽุงุกู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ ูููŠ ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู ู†ูŽูู’ุณูู‡ู ููŽู„ุงูŽ ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุตููŠูŽุงู…ูู‡ูŽุง .
 
Imam Malik Rahimahullah Taโ€™ala memakruhkan hal itu, ditakutkan hal tersebut merupakan memasukan kepada Ramadhan dengan sesuatu yang bukan berasal darinya yang dilakukan oleh orang bodoh dan ekstrim. Ada pun seseorang yang mengkhususkannya secara tersendiri, maka  puasa tersebut tidak makruh. (Imam Al Hathab, Mawahib Al Jalil Li Syarhi Mukhtashar Al Khalil,  3/329)

Disebutkan dalam Al Istidzkar:

ูˆุฐูƒุฑ ู…ุงู„ูƒ ููŠ ุตูŠุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ุจุนุฏ ุงู„ูุทุฑ ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠุฑ ุฃุญุฏุง ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ูู‚ู‡ ูŠุตูˆู…ู‡ุง

  Imam Malik menyebutkan tentang puasa enam hari Syawal, bahwa Beliau belum pernah melihat seorang pun dari kalangan ulama dan ahli fiqih yang melakukan puasa itu. (Imam Ibnu Abdil Bar, Al Istidzkar Al Jaamiโ€™ Li Madzaahib Fuqahaa Al Amshaar, 3/379)

Maksudnya adalah selama di Madinah, Imam Malik belum pernah melihat shaum syawal dilakukan oleh ulama dan ahli fiqih di sana. Sebab, sepanjang hayatnya Beliau tidak pernah keluar Madinah kecuali saat haji.

Imam Al Kasani Rahimahullah menceritakan:

ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุชู’ุจูŽุนูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุจูุณูุชู‘ู ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูŠูŽุตููˆู…ูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุจู’ู„ูุบู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ููˆู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽูŠูŽุฎูŽุงูููˆู†ูŽ ุจูุฏู’ุนูŽุชูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูู„ู’ุญูู‚ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูŽููŽุงุกู ุจูุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู

  Demikian juga diriwayatkan dari Imam Malik bahwa Beliau berkata: โ€œAku membenci puasa Ramadhan disusul dengan puasa Syawal, dan aku belum pernah melihat seorang pun dari ahli fiqih dan ulama yang berpuasa itu, dan belum sampai kepada kami seorang pun dari salaf, sesungguhnya para ulama memakruhkan hal itu karena mereka khawatir dengan kebidโ€™ahannya, dan khawatir orang ekstrim akan mengkaitkan  puasa Ramadhan dengan hal yang bukan berasal darinya.โ€  (Imam Al Kasani, Al Badaโ€™i Shanaโ€™i, 4/149. Mawqiโ€™ Al Islam)

   Aroma kemakruhan berpuasa enam hari di bulan Syawal, juga nampak dalam  pandangan Madzhab Hanafi generasi awal. Berikut ini keterangannya:

 ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง ุตูŽูˆู’ู…ู ุณูุชู‘ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฃูŽุจููŠ ุญูŽู†ููŠููŽุฉูŽ ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ ู…ูุชูŽุชูŽุงุจูุนู‹ุง ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ูŠููˆุณูููŽ ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุชูู‡ู ู…ูุชูŽุชูŽุงุจูุนู‹ุง ู„ูŽุง ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ู‹ุง ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุฃูŽุฎู‘ูุฑููŠู†ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑูŽูˆู’ุง ุจูู‡ู ุจูŽุฃู’ุณู‹ุง

  Di antaranya juga (yang makruh)   berpuasa enam hari Syawal  menurut Abu Hanifah, baik dilakukan  terpisah atau  berturut-turut. Dari Imam Abu Yusuf: makruh jika  berturut-turut, dan jika dipisah tidak apa-apa. Tetapi mayoritas Hanafiyah generasi berikutnya berpendapat tidak apa-apa. (Imam Ibnu Nujaim Al Mashri, Bahrur Raiq, 6/133. Mawqiโ€™ Al islam)

  Imam Ibnu โ€˜Abidin Al Hanafi Rahimahullah berkata:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูŽุงุญูุจู ุงู„ู’ู‡ูุฏูŽุงูŠูŽุฉู ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุฌู’ู†ููŠุณู : ุฅู†ู‘ูŽ ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุณู‘ูุชู‘ูŽุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ู…ูุชูŽุชูŽุงุจูุนูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุฑูู‡ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽุงุฑู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูู‡ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุฉูŽ ุฅู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูŽู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนูŽุฏู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุชูŽุดูŽุจู‘ูู‡ู‹ุง ุจูุงู„ู†ู‘ูŽุตูŽุงุฑูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู’ุขู†ูŽ ุฒูŽุงู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุนู’ู†ูŽู‰

  Berkata pengarang Al Hidayah dalam kitabnya At Tajnis: โ€œSesungguhnya berpuasa enam hari setelah hari raya secara berturut di antara mereka ada yang memakruhkan. Dan, pendapat yang  menjadi  pilihan adalah tidak apa-apa, sebab kemakruhannya itu adalah jika hal tersebut tidak aman dari anggapan hal itu masuk ke dalam Ramadhan, maka itu menjadi menyerupai  Nasrani. Namun sekarang makna itu sudah berubah. (Imam Ibnu โ€˜Abidin, Raddul Muhtar, 8/35)

  Imam Abu Yusuf Rahimahullah โ€“murid dan kawan Imam Abu Hanifah- berkata:

ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ููˆู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุชู’ุจูุนููˆุง ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุตูŽูˆู’ู…ู‹ุง ุฎูŽูˆู’ูู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุงู„ู’ููŽุฑู’ุถููŠู‘ูŽุฉู

  Mereka memakruhkan menyusul puasa Ramadhan dengan berpuasa, khawatir hal itu dikaitkan dengan kewajiban. (Imam Al Kisani, Al Badaโ€™i Shanaโ€™i, 4/149. Mawqiโ€™ Al Islam)

   Sementara Imam Al Kasani Rahimahullah memberikan tafsiran sebagai berikut:

ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุชู’ุจูŽุงุนู ุงู„ู’ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ู ู‡ููˆูŽ : ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุตููˆู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุŒ ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู .ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฅุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุนููŠุฏู ุซูู…ู‘ูŽ ุตูŽุงู…ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุณูุชู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู : ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ู ุจูŽู„ู’ ู‡ููˆูŽ ู…ูุณู’ุชูŽุญูŽุจู‘ูŒ ูˆูŽุณูู†ู‘ูŽุฉูŒ .

Yang dimaksud โ€œmenyusulโ€ yang dimakruhkan adalah berpuasa pada hari raya, lalu diikuti dengan lima hari setelahnya di bulan Syawal. Ada pun jika berbuka pada hari raya, kemudian berpuasa setelahnya enam hari, maka tidak  makruh, bahkan itu justru mustahab (disukai/sunah). (Ibid)

  Dari uraian ini bisa kita simpulkan:

–  Puasa enam hari bulan Syawal adalah sunah menurut jumhur (mayoritas) ulama.

–  Ada yang memakruhkan, yaitu Imam Malik dengan alasan ditakutkan hal itu dianggap bagian dari puasa Ramadhan dan  Beliau belum pernah melihat satu pun ulama yang melakukannya.

–  Imam Abu Hanifah memakruhkan pula, baik dilakukan secara berturut-turut enam hari atau dipisah-pisah. Muridnya, Imam Abu Yusuf, memakruhkan jika berturut-turut, dan tidak apa-apa jika dipisah.

–  Pengikut Imam Abu Hanifah setelah generasi awal membolehkan baik berturut-turut atau tidak, dan itu adalah pendapat pilihan, bahkan mereka mengatakan mustahab jika dilakukan setelah hari raya.

Pendapat yang kuat โ€“Insya Allah- adalah pandangan mayoritas ulama, yakni sunah. Alasannya adalah:

–  Zahir hadits menyebutkan bahwa โ€œmenyusulโ€ puasa Ramadhan dengan puasa enam hari Syawal memiliki keutamaan, maka makna ini tetap demikian dan sama sekali tidak ada dalil yang merubahnya.

–  Kekhawatiran Imam Malik  bahwa hal itu akan dianggap menjadi bagian dari puasa Ramadhan oleh sebagian orang awam, bodoh, dan ekstrim,  perlu didiskusikan lagi, sebab hal itu terjadi secara kasuistis dan personal, alias tergantung pelakunya. Hal ini sama halnya dengan sunahnya terawih, dia tetaplah sunah  walau Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam meninggalkannya karena khawatir dianggap wajib oleh sebagian manusia.

Imam Ash Shanโ€™ani Rahimahullah menyanggah  alasan-alasan Imam Malik ini, katanya:

ูˆ ุงู„ุฌูˆุงุจ ุฃู†ู‡ ุจุนุฏ ุซุจูˆุช ุงู„ู†ุต ุจุฐู„ูƒ ู„ุง ุญูƒู… ู„ู‡ุฐู‡ ุงู„ุชุนู„ูŠู„ุงุช ูˆู…ุง ุฃุญุณู† ู…ุง ู‚ุงู„ู‡ ุงุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุจุฑ: ุฅู†ู‡ ู„ู… ูŠุจู„ุบ ู…ุงู„ูƒุง ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ูŠุนู†ูŠ ุญุฏูŠุซ ู…ุณู„ู…

Jawabannya adalah: bahwasanya setelah pastinya sebuah nash (dalil) maka tidak ada hukum bagi alasan-alasan ini.  Dan komentar terbaik adalah  apa yang dikatakan oleh Ibnu Abdil Bar: โ€œSesungguhnya hadits ini belum sampai kepada Imam Malik, yakni hadits riwayat Muslim.โ€ (Subulus Salam, 2/167)

–  Jika ada orang shalih, ulama, dan ahli fiqih meninggalkan sebuah amalan atau tidak pernah melakukannya, bukan berarti hal itu tidak ada dan tidak masyruโ€™ (disyariatkan).

Sebab, At Tarku (meninggalkan) bukanlah termasuk mashaadirul ahkam (sumber-sumber hukum), apalagi  yang โ€œmeninggalkanโ€ berasal dari selain Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.

–  Kesunahannya adalah sama saja apakah dilakukan secara berturut-turut atau tidak, karena nash tidak merincinya.

Selanjutnya, apakah kesunahan puasa ini juga berlaku bagi orang yang sedang tidak berpuasa Ramadhan pada beberapa waktu? Misal wanita haid, nifas, hamil, menyusui, orang sakit, musafir, dan golongan lainnya yang mengalami udzur untuk tidak berpuasa. Ataukah  kesunahannya ini hanya berlaku bagi mereka yang  puasa Ramadhannya bisa full?

Tertulis dalam Al Mausuโ€™ah:

ูˆูŽู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู : ุงุณู’ุชูุญู’ุจูŽุงุจู ุตูŽูˆู’ู…ูู‡ูŽุง ู„ููƒูู„ ุฃูŽุญูŽุฏู ุŒ ุณูŽูˆูŽุงุกูŒ ุฃูŽุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ ู„ุงูŽ

  Pendapat Syafiโ€™iyah: disunahkan puasa ini bagi setiap orang, sama saja apakah dia puasa Ramadhan atau tidak. (Al Mausuโ€™ah, 28/93)

Selanjutnya:

ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู : ู„ุงูŽ ูŠูุณู’ุชูŽุญูŽุจู‘ู ุตููŠูŽุงู…ูู‡ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ .

Menurut Hanabilah (Hambaliyah): tidak disunahkan berpuasa enam hari Syawal kecuali bagi orang yang berpuasa Ramadhan. (Ibid)

Menurut nash secara manthuq (tekstual), maka  kesunahan berpuasa enam hari Syawal hanyalah bagi mereka yang sebelumnya berpuasa Ramadhan sebagaimana pendapat Hanabilah, secara tegas haditsnya berbunyi: โ€œBarang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian menyusulnya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka seakan dia berpuasa setahun penuh.โ€ Jadi, keutamaan puasa setahun penuh baru didapatkan   jika berpuasa Ramadhan lalu dilanjutkan dengan puasa Syawal enam hari lamanya.
Lalu puasa Ramadhan yang bagaimana? yaitu yang melakukannya secara utuh. Sebab jika disebut โ€œWajib Puasa Ramadhanโ€ tentu maknanya wajib puasa secara full Ramadhan, bukan wajib pada sebagian hari saja.  Namun, bagi yang meninggalkannya beberapa hari karena memiliki udzur syarโ€™i, , mereka juga disunahkan, sebab mereka bisa menjadi โ€œfullโ€ Ramadhannya dengan diqadha pada hari lain. Kalau pun bagi mereka tidak sunah, mereka juga  dibolehkan untuk melakukan puasa tersebut. Sebab, tidak disunahkan bukan berarti tidak boleh.

 Ada pun bagi yang sudah tidak mampu lagi berpuasa tentu tidak termasuk dalam anjuran puasa Syawal, sebab yang wajib saja seperti Ramadhan mereka cuma bisa menggantinya dengan fidyah. Tentu yang sunah  lebih layak lagi untuk tidak ditekankan kepada mereka.

Tentang pembahasan mana yang lebih didahulukan puasa Syawal atau Qadha akan kami bahas terakhir.

๐Ÿ“Œ *Keutamaannya:*

  Sesuai yang tertera dalam nash hadits bahwa berpuasa enam hari di bulan Syawal seakan berpuasa setahun penuh.

  Bulan Ramadhan ada tiga puluh hari, puasa syawal enam hari, jadi total

puasa adalah 36 hari. Dan masing-masing kebaikan   senilai dengan sepuluh kebaikan sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih, jadi ada 360 kebaikan. Maka,  seakan dia berpuasa setahun penuh.

  Berkata Syaikh Abdul Muhsin Al โ€˜Abbad Al Badr Hafizhahullah Taโ€™ala:

ู„ุฃู† ุฑู…ุถุงู† ุจุซู„ุงุซูŠู† ูŠูˆู…ุงู‹ุŒ ููŠูƒูˆู† ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ู…ุน ุดูˆุงู„ ุณุชุฉ ูˆุซู„ุงุซูŠู† ูŠูˆู…ุงู‹ ูˆุงู„ุญุณู†ุฉ ุจุนุดุฑ ุฃู…ุซุงู„ู‡ุงุŒ ูุฅุฐุง ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ูˆุณุชุงู‹ ู…ู† ุดูˆุงู„ุŒ ูˆุตุงู… ุซู„ุงุซุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ูƒู„ ุดู‡ุฑ ูŠูƒูˆู† ุจุฐู„ูƒ ูƒุฃู†ู‡ ุตุงู… ุงู„ุฏู‡ุฑ ู…ุฑุชูŠู†

Karena Ramadhan ada 30 hari, maka jika dikumpulkan bersama puasa Syawal menjadi 36 hari, dan satu kebaikan dilipatkan nilainya dengan sepuluh kebaikan semisalnya, jika dia puasa Ramadhan, puasa enam hari Syawal, dan puasa tiga hari setiap bulannya, maka seakan dia berpuasa  sepanjang tahun sebanyak  dua kali. (Syaikh Abdul Muhsin Al โ€˜Abbad Al Badr, Syarh Sunan Abi Daud, 13/237)

  Apa yang dikatakan Syaikh Abdul Muhsin ini sesuai dengan hadits Qudsi:
ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ู„ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠ ุจูู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุจูุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง

  Puasa adalah untukKu, adan Akulah yang akan memberikan ganjarannya, dan satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan yang semisalnya. (HR. Bukhari No. 1894)

   Dari Umar Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุซูŽู„ูŽุงุซูŒ ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‡ู’ุฑู ูˆูŽุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุตููŠูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูŽู‡ู’ุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ู

  Tiga hari pada tiap bulannya, dan Ramadhan ke Ramadhan, itu semua adalah puasa setahun penuh. (HR. Muslim No. 1162, Abu Daud No. 2425, An Nasaโ€™i No. 2387, Al Baihaqi dalam Syuโ€™abul Iman No. 3844, dll)

  Jadi, jika kita berpuasa pada bulan Ramadhan, lalu diikuti dengan enam hari bulan Syawal, ditambah lagi melakukan puasa tiga hari setiap bulannya, maka seakan puasa setahun penuh sebanyak dua kali.

๐Ÿ“Œ *Waktu dan Tata Caranya:*

  Puasa ini sah dilakukan baik  secara berturut-turut atau tidak. Hanya saja para ulama berbeda pendapat mana yang lebih utama.

   Sebagian  ulama mengutamakan dilakukan segera setelah hari raya. Ada pula yang mengutamakan berturut-turut dibanding terpisah, ada pula yang menganggap kedua cara sama saja.

Imam At Tirmidzi Rahimahullah menceritakan:

ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽุงุฑูŽ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู†ูŽ ุณูุชู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ูููŠ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ู’ุฑู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุณูุชู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ู‹ุง ููŽู‡ููˆูŽ ุฌูŽุงุฆูุฒูŒ

  Imam Ibnul Mubarak memilih berpuasa enam hari itu di awal bulan. Diriwayatkan dari Ibnul Mubarak bahwa dia berkata: โ€œBerpuasa enam hari bulan Syawal secara terpisah-pisah boleh saja.โ€ (Lihat Sunan At Tirmidzi komentar hadits No. 759)

  Syaikh Sayyid Sabiq -Rahimahullah rahmatan waasiโ€™ah- berkata:

ูˆุนู†ุฏ ุฃุญู…ุฏ: ุฃู†ู‡ุง ุชุคุฏู‰ ู…ุชุชุงุจุนุฉ ูˆุบูŠุฑ ู…ุชุชุงุจุนู‡ุŒ ูˆู„ุง ูุถู„ ู„ุงุญุฏู‡ู…ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุงุฎุฑ. ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุญู†ููŠุฉุŒ ูˆุงู„ุดุงูุนูŠุฉุŒ ุงู„ุงูุถู„ ุตูˆู…ู‡ุง ู…ุชุชุงุจุนุฉุŒ ุนู‚ุจ ุงู„ุนูŠุฏ.

  Menurut Imam Ahmad: bahwa itu bisa dilakukan secara berturut-turut dan tidak berturut-turut, dan tidak ada keutamaan yang satu atas yang lainnya. Menurut Hanafiyah dan Syafiโ€™iyah adalah lebih utama secara berturut-turut, setelah hari raya. (Fiqhus Sunnah, 1/450)

  Tertulis dalam Al Mausuโ€™ah:

ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูููŽุฑู‘ูู‚ู ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุชูŽุงุจูุนู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽูู’ุฑููŠู‚ู ูููŠ ุงู„ุฃู’ูŽูู’ุถูŽู„ููŠู‘ูŽุฉู .ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ุชูุณู’ุชูŽุญูŽุจู‘ู ุงู„ุณู‘ูุชู‘ูŽุฉู ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ูŽุฉู‹ ุŒ ูƒูู„ ุฃูุณู’ุจููˆุนู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุงู†ู .

  Kalangan Hanabilah tidak membedakan antara berturut-turut atau terpisah dalam hal keutamannya. Menurut Hanafiyah disunahkan enam hari itu secara terpisah-pisah, setiap pekan dua hari. (Al Mausuโ€™ah, 28/93)

  Imam An Nawawi mengatakan:

ู‚ุงู„ ุฃุตุญุงุจู†ุง ูˆุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ุชุตุงู… ุงู„ุณุชุฉ ู…ุชูˆุงู„ูŠุฉ ุนู‚ุจ ูŠูˆู… ุงู„ูุทุฑ ูุงู† ูุฑู‚ู‡ุง ุฃูˆ ุฃุฎุฑู‡ุง ุนู† ุฃูˆุงุฆู„ ุดูˆุงู„ ุฅู„ู‰ ุงูˆุงุฎุฑู‡ ุญุตู„ุช ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ู…ุชุงุจุนุฉ ู„ุฃู†ู‡ ูŠุตุฏู‚ ุฃู†ู‡ ุฃุชุจุนู‡ ุณุชุง ู…ู† ุดูˆุงู„

  Berkata sahabat-sahabat kami (syafiโ€™iyah), yang lebih utama adalah berpuasa enam hari secara beruntun setelah hari raya, seandainya dipisah atau diakhirkan dari awal-awal Syawal sampai akhir-akhirnya tetap mendapatkan keutamaan โ€œmengikutiโ€ sebab dia telah membenarkan (sesuai) dengan โ€œmengikuti puasa enam hari pada bulan Syawal.โ€ (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/56)

  Syaikh โ€˜Athiyah Shaqr Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‡ุฐุง ุงู„ูุถู„ ู„ู…ู† ูŠุตูˆู…ู‡ุง ูู‰ ุดูˆุงู„ ุŒ ุณูˆุงุก ุฃูƒุงู† ุงู„ุตูŠุงู… ูู‰ ุฃูˆู„ู‡ ุฃู… ูู‰ ูˆุณุทู‡ ุฃู… ูู‰ ุขุฎุฑู‡ ุŒ

ูˆุณูˆุงุก ุฃูƒุงู†ุช ุงู„ุฃูŠุงู… ู…ุชุตู„ุฉ ุฃู… ู…ุชูุฑู‚ุฉ ุŒ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ุชูƒูˆู† ู…ู† ุฃูˆู„ ุงู„ุดู‡ุฑ ูˆุฃู† ุชูƒูˆู† ู…ุชุตู„ุฉ . ูˆู‡ู‰ ุชููˆุช ุจููˆุงุช ุดูˆุงู„ .

  Keutamaan ini adalah bagi yang berpuasanya di bulan Syawal, sama saja apakah diawalnya, di tengah, atau di akhirnya, dan sama pula apakah dengan hari yang berturut atau dipisah-pisah. Hanya saja lebih utama di awal bulan dan secara bersambung. Anjurannya berakhir  jika sudah selesai  bulan Syawal.  (Fatawa Darul Ifta Al Mishriyah, 9/261)

Demikianlah, sangat beragam ulama kita menjelaskan kapan waktu afdhalnya. Jelasnya adalah semua waktu dan  cara itu sah selama dilakukan dalam lingkup bulan Syawal.  Kita bisa melakukannya di awal, pertengahan, atau di akhir, yang penting berjumlah enam hari. Pilihlah waktu yang paling mudah dan lapang bagi kita untuk melakukannya, sebab setiap manusia punya kemampuan dan kelapangan yang tidak sama. Dan, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam adalah teladan kita, bahwa Beliau akan memilih yang paling mudah jika dihadapkan dua pilihan, selama tidak mengandung dosa.

  Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, katanya:

 ู…ูŽุง ุฎููŠู‘ูุฑูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุฃูŽูŠู’ุณูŽุฑูŽู‡ูู…ูŽุง ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ุฅูุซู’ู…ู‹ุง

  โ€œSesungguhnya tidaklah  Rasulullah   dihadapkan dua perkara, melainkan  dia akan memilih yang lebih ringan, selama tidak berdosa.โ€ (HR. Bukhari No. 3560, Muslim No. 2327)

๐Ÿ“Œ *Mana dulu; Puasa Syawal dahulu atau Puasa  Qadha?*

  Kalau bicara boleh atau tidak, boleh saja seseorang mendahulukan puasa Syawal dibanding Qadha Ramadhan, apalagi dengan pertimbangan mengqadha Ramadhan memiliki luang waktu yang luas sampai Ramadhan tahun depan, sedangkan puasa Syawal waktunya terbatas, sebagaimana dijelaskan sebagian ulama. Demikian ini jika bicara boleh atau tidaknya.

Tetapi, mana yang lebih utama di antara keduanya? secara logika mudahnya  tentu puasa Qadha lebih  utama ditunaikan, sebab dia hukumnya wajib, sedangkan puasa Syawal adalah sunah, tentunya yang wajib mesti didahulukan dibanding yang sunah. Lalu, jika wafat dalam keadaan belum menjalankan yang wajib tentu akan menjadi hutang. Sedangkan hal itu tidak terjadi pada ibadah sunah, yang jika ditinggalkan dia tidak berdosa, tidak berhutang, namun juga tidak mendapatkan pahala.

  Bahkan, jika berbicara fadhilah   puasa enam hari Syawal, sebagian ulama menyatakan tidak akan didapatkan kecuali bagi mereka yang telah sempurna menjalankan puasa Ramadhannya.

  Berkata Syaikh Dr. Abdullah Al Faqih Hafizhahullah  ketika ditanya hal ini:

ูุงู„ุฌูˆุงุจ ู‡ูˆ ุฃู† ุงู„ุซูˆุงุจ ุงู„ู…ุชุฑุชุจ ุฅู†ู…ุง ูŠูƒูˆู† ู„ู…ู† ุตุงู… ุฌู…ูŠุน ุฑู…ุถุงู†ุŒ ูˆู…ู† ุจู‚ูŠ ุนู„ูŠู‡ ูŠูˆู… ู„ุง ูŠุนุฏ ุตุงุฆู…ุง ู„ู„ุฌู…ูŠุน ูƒู…ุง ู‡ูˆ ุธุงู‡ุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ:” ู…ู† ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ุซู… ุฃุชุจุนู‡ ุณุชุง ู…ู† ุดูˆุงู„ ูƒุงู† ูƒุตูŠุงู… ุงู„ุฏู‡ุฑ” .[ ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…]. ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ูุงุจุฏุฃ ุจู‚ุถุงุก ุงู„ูŠูˆู… ุซู… ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ุตู… ุงู„ุณุช… ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Jawabnya adalah bahwa pahalanya sifatnya berurut, itu hanya terjadi bagi orang yang berpuasa semua hari Ramadhan, dan bagi yang menyisakan sehari dia tidak puasa, maka dia tidak dihitung puasa seluruhnya sebagaimana zahir hadits: โ€œBarang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian menyusulnya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka seakan dia berpuasa setahun penuh.โ€ (HR. Muslim) Atas dasar ini, maka mulailah dengan mengqadha yang sehari itu, lalu setelah itu berpuasalah yang enam hari … Wallahu Aโ€™lam. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah, No fatwa. 18)

  Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin Rahimahullah dalam acara siaran radio Nur โ€˜Ala Ad Darb:

ูุฃู…ุง ุงู„ุชุทูˆุน ุงู„ุชุงุจุน ู„ุฑู…ุถุงู† ูƒุตูŠุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุดูˆุงู„ ูุฅู†ู‡ุง ู„ุง ุชู†ูุนู‡ ุญุชู‰ ูŠู†ุชู‡ูŠ ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ูƒู„ู‡ ุฃูŠ ู„ุง ูŠุญุตู„ ู„ู‡ ุตูŠุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ุดูˆุงู„ ุญุชู‰ ูŠุตูˆู… ุฑู…ุถุงู† ูƒู„ู‡ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ ู…ู† ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ุซู… ุฃุชุจุนู‡ ุจุณุช ู…ู† ุดูˆุงู„ ูˆู…ุนู„ูˆู… ุฃู† ู…ู† ุนู„ูŠู‡ ู‚ุถุงุก ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ู„ุง ูŠู‚ุงู„ ุนู†ู‡ ุฃู†ู‡ ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ูู„ูˆ ุฃู† ุฃุญุฏุงู‹ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ุนุดุฑุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ู‚ุถุงุก ูู„ู…ุง ุฃูุทุฑ ุงู„ู†ุงุณ ูŠูˆู… ุงู„ุนูŠุฏ ุดุฑุน ููŠ ุตูŠุงู… ุฃูŠุงู… ุงู„ุณุช ูุตุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุดูˆุงู„ ุซู… ู‚ุถู‰ ุงู„ุนุดุฑุฉ ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ูุฅู†ู†ุง ู†ู‚ูˆู„ ู„ู‡ ุฅู†ูƒ ู„ุง ุชู†ุงู„ ุซูˆุงุจ ุตูŠุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุดูˆุงู„ ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃูŠุงู… ุงู„ุชูŠ ุตู…ุชู‡ุง ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงุดุชุฑุท ููŠ ุตูŠุงู…ู‡ุง ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุจุนุฏ ุตูŠุงู… ุฑู…ุถุงู† ุจู„ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงุดุชุฑุท ู„ู„ุซูˆุงุจ ุงู„ู…ุฑุชุจ ุนู„ู‰ ุตูŠุงู…ู‡ุง ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุตูŠุงู…ู‡ุง ุจุนุฏ ุฑู…ุถุงู† ู„ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„ ู…ู† ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ุซู… ุฃุชุจุนู‡ ุณ

ุชุงู‹ ู…ู† ุดูˆุงู„ ูˆุจู†ุงุก ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ูุฅู†ู†ุง ู†ู‚ูˆู„ ู…ู† ุตุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุดูˆุงู„ ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠู‚ุถูŠ ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุตูŠุงู… ุฑู…ุถุงู† ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ุงู„ ุซูˆุงุจู‡ุง.

Ada pun puasa sunah yang menyusul puasa Ramadhan, seperti puasa enam hari Syawal,  tidaklah membawa manfaat bagi dirinya sampai dia menyempurnakan semua puasa Ramadhannya, yaitu tidaklah mendapatkan hasil puasa enam hari Syawalnya itu sampai dia melakukan puasa Ramadhan semuanya, karena Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:  โ€œBarang siapa yang berpuasa ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa Syawal enam hari.โ€ Telah diketahui bahwa siapa saja yang masih memiliki kewajiban qadha Ramadhan, tidaklah dikatakan bahwa dia telah berpuasa Ramadhan. Seandainya ada seorang manusia yang berhutang puasa Ramadhan 10 hari, lalu ketika sampai waktu hari raya,  disyariatkan untuk   berpuasa enam  hari Syawal, lalu   dia melakukan puasa enam hari Syawal, setelah itu melakukan Qadha Ramadhan yang 10 hari itu. Kami katakan, bahwa Anda dengan puasa yang seperti itu tidaklah akan mendapatkan ganjaran puasa Syawal, karena Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mensyaratkan puasa tersebut setelah puasa Ramadhan, bahkan Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mensyaratkan untuk mendapatkan ganjarannya itu dengan ketentuan bahwa puasa Syawal itu dilakukan setelah puasa Ramadhan. Sebab Beliau bersabda: โ€œBarang siapa yang berpuasa ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa Syawal enam hari,โ€ atas dasar inilah kami katakan: โ€œSiapa saja yang melakukan puasa enam hari Syawal sebelum  menunaikan qadha puasa Ramadhan dia tidak akan mendapatkan ganjarannya.โ€  (Syaikh Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin, Fatawa Nur โ€˜Alad Darb, Bab Az Zakah wash Shiyam, No. 191)
Pandangan ini juga disampaikan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz (Lihat Fatawa Islamiyah, 2/356), Syaikh Salim Al โ€˜Ajmi (Lihat Ash Shiyam Sual wa Jawab, Hal. 18), dan lain-lainnya.

  Jadi, tidak dianjurkan berpuasa Syawal bagi yang belum menyelesaikan puasa Ramadhannya, baik menyelesaikan secara adaโ€™an (tunai), atau qadhaโ€™an (membayar hutang puasa dihari lain). Tetapi, boleh saja dia melakukannya, sebab โ€“seperti yang kami katakan sebelumnya- tidak dianjurkan bukan berarti dilarang untuk melakukan, hanya saja dia akan kehilangan keutamaannya sebagaimana diterangkan para ulama.

 Sekian. Wallahu Aโ€™lam.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here