Amal dan Ajal

Kedudukan As Sunnah An Nabawiyah Dalam Islam (pengantar – bag. 2)

๐Ÿ“ Pemateri: Farid Nu’man Hasan, SS

Kemarin kita sudah bahas definisi As Sunnah, selanjutnya kita bahas dalil-dalil kenapa kita menggunakan As Sunnah.

Dalil-Dalil Kehujjahan As Sunnah

Berikut ini adalah dalil-dalil kenapa umat Islam menjadikan As Sunnah sebagai salah satu marjaโ€™ย  (referensi) pokok bersama Al Quran.

Dari Al Qurโ€™an:

Ayat 1:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ูŽ ูˆูŽุฃููˆู„ููŠ ุงู„ุฃู…ู’ุฑู ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ููŽุฅูู†ู’ ุชูŽู†ูŽุงุฒูŽุนู’ุชูู…ู’ ูููŠ ุดูŽูŠู’ุกู ููŽุฑูุฏู‘ููˆู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ู ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ุง

โ€œHai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnyaโ€ (QS. An Nisa (4): 59)

Dikeluarkan oleh Abdullah bin Humaid, Ibnu Jarir, dan Ibnu Abi Hatim, dari โ€˜Atha, bahwa ayat โ€˜Taatlah kepada Allah dan Rasulโ€™ adalah mengikuti Al Kitab dan As Sunnah. (Imam Asy Syaukany, Fathul Qadir, 2/166. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

Athiโ€™uur rasul artinya khudzuu bisunnatihi (ambillah sunahnya). (Imam Ibnu Katsir, Jilid 1, hal. 518. Darul Kutub Al Mishriyah)

Ayat kedua:

ููŽู„ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูุญูŽูƒู‘ูู…ููˆูƒูŽ ูููŠู…ูŽุง ุดูŽุฌูŽุฑูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏููˆุง ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ุญูŽุฑูŽุฌู‹ุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽ ูˆูŽูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ููˆุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง

Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) sebagai hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS. An Nisa (4): 65)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah menerangkan:

ูŠูู‚ู’ุณูู…ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู…ูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุณูŽุฉู: ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูุญูŽูƒู… ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุฌูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุฃูู…ููˆุฑูุŒ ููŽู…ูŽุง ุญูŽูƒูŽู…ูŽ ุจูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽุฌูุจู ุงู„ูุงู†ู’ู‚ููŠูŽุงุฏู ู„ูŽู‡ู ุจูŽุงุทูู†ู‹ุง ูˆูŽุธูŽุงู‡ูุฑู‹ุงุ› ูˆูŽู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ: {ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏููˆุง ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ุญูŽุฑูŽุฌู‹ุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽ ูˆูŽูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ููˆุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง} ุฃูŽูŠู’: ุฅูุฐูŽุง ุญูŽูƒู‘ูŽู…ููˆูƒูŽ ูŠูุทููŠุนููˆู†ูŽูƒูŽ ูููŠ ุจูŽูˆูŽุงุทูู†ูู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏููˆู†ูŽ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ุญูŽุฑูŽุฌู‹ุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ุญูŽูƒูŽู…ู’ุชูŽ ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ู‚ูŽุงุฏููˆู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุงุทูู†ู ููŽูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ููˆู†ูŽ ู„ูุฐูŽู„ููƒูŽ ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง ูƒูู„ู‘ููŠู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูู…ูŽุงู†ูุนูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูุฏูŽุงููุนูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูู†ูŽุงุฒูุนูŽุฉูุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุฏูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู: “ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณููŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ู‡ูŽูˆูŽุงู‡ู ุชูŽุจูŽุนู‹ุง ู„ูู…ูŽุง ุฌูุฆู’ุชู ุจูู‡ู”

Allah ๏ทป bersumpah dengan diriNya yang mulia dan suci, bahwasanya tidaklah seseorang itu beriman sampai dia berhukum kepada Rasulullah ๏ทบ disemua urusan, maka apa-apa yang diputuskannya adalah kebenaran yang wajib ditaati baikย  bathin dan zhahir. Oleh karena itu firmanNya (โ€œkemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnyaโ€) yaitu jika mereka berhukum kepadamu (Muhammad) dan mentaatimu dalam bathin mereka dan mereka tidak ada kesempitan hati pada keputusanmu, dan tidak ada kontradiksi antara bathin dan zhahir mereka, maka mereka menerima secara total tanpa ada penolakan, perlawanan, dan perdebatan, sebagaimana terdapat dalam hadits: โ€œDemi yang jiwaku ada di tanganNya, tidaklah seseorang di antara kamu beriman sampai dia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa-apa yang aku bawa.โ€ (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 2/349)

Ayat ketiga:

ู…ูŽู†ู’ ูŠูุทูุนู ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ูŽ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุทูŽุงุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ

โ€œBarangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah…โ€ (QS. An Nisa (4): 80)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah mengomentari;

ูŠุฎุจุฑ ุชุนุงู„ู‰ ุนู† ุนุจุฏู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจุฃู†ู‡ ู…ู† ุฃุทุงุนู‡ ูู‚ุฏ ุฃุทุงุน ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆู…ู† ุนุตุงู‡ ูู‚ุฏ ุนุตู‰ ุงู„ู„ู‡ุŒูˆู…ุง ุฐุงูƒ ุฅู„ุง ู„ุฃู†ู‡ ู…ุง ูŠู†ุทู‚ ุนู† ุงู„ู‡ูˆู‰ุŒ ุฅู† ู‡ูˆ ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰

Allah Taโ€™ala mengabarkan tentang hamba dan RasulNya, bahwa barangsiapa yang taat kepadanya, maka itu termasuk taat juga kepada Allah, barangsiapa yang bermaksiat kepadanya maka itu termasuk bermaksiat kepada Allah, dan tidaklah hal itu melainkan bahwa apa yang dikatakannya bukan berasal dari hawa nafsunya, melainkan wahyu kepadanya. (Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 1. hal. 528)

Dan masih banyak ayat lainnya.

Wallahu A’lam

Bersambung … Insya Allah dalil-dalil As Sunnah sendiri.


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *