Hukum Shalat Menggunakan Sajadah Tebal

0
33

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Ustadz… Saya mau bertanya, benarkah menggunakan Sejadah berbulu dengan ketebalan 3cm, shalat tidak sah, di khawatirkan saat sujud jidat dan hidung tidak menempel di lantai saat sujud?.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاتة

Kalau jidat dan hidung sudah menyentuh di sajadah sampai dasarnya maka tentu sudah nempel namanya, shalat di kasur yang jauh lebih empuk dan tebal saja sah, maka apalagi sajadah yang lebih tipis dari kasur.

Imam Al-Hathab berkata:

وأما الصلاة على السرير فلا خلاف في جوازها ، قاله في البيان , انتهى

“Shalat di atas KASUR, tidak ada perbedaan pendapat (dalam madzhab Malikiyah) tentang kebolehannya.” Selesai (Mawahib al Jalil, 1/520)

Imam an Nawawi Rahimahullah mengatakan:

شرط الفريضة المكتوبة أن يكون مصليا مستقبل القبلة مستقرا في جميعها ………. فلو استقبل القبلة وأتم الأركان في هودج أو سرير أو نحوهما على ظهر دابة واقفة ففي صحة فريضته وجهان : أصحهما : تصح , وبه قطع الأكثرون ; لأنه كالسفينة ” انتهى

“Syarat sahnya shalat adalah hendaknya orang yang shalat menghadap kiblat secara mantap seluruh bagian tubuhnya.., seandainya sudah menghadap kiblat, sempurna rukun-rukunnya, baik dilakukan di pelana, KASUR, atau semisal keduanya yang diletakkan di atas punggung hewan, maka ada dua pendapat dan yang lebih shahih adalah SAH, dan inilah pendapat mayoritas ulama, sebagaimana shalat di atas kapal laut.” (Al Majmu’ Syarh al Muhadzdzab, 3/221)

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here