Mendapat Musibah Karena Kurang Sedekah?

0
98

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz.. Saat sekarang kadang banyak orang men judge jika seseorang kena musibah akan divonis kurang sedekah. Sebetulnya bagaimana penjelasannya dalam islam kaitan terjadinya musibah dengan kurang bersedekah?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

“Sedekah mencegah bala (musibah)” itulah yang mendasari kenapa ada org yang memvonis jika ada yang kena musibah mungkin karena kurang sedekah.

Imam Ibnul Qayyim berkata:

فإن للصدقة تأثيرا عجيبا في دفع أنواع البلاء ولو كانت من فاجر أو من ظالم بل من كافر فإن الله تعالى يدفع بها عنه أنواعا من البلاء وهذا أمر معلوم عند الناس خاصتهم وعامتهم وأهل الأرض كلهم مقرون به لأنهم جربوه

Sedekah itu memiliki efek mengagumkan dalam menolak berbagai macam bala, walau dilakukan oleh orang jahat, zalim, bahkan kafir sekali pun, sesungguhnya Allah Ta’ala mencegah berbagai macam bala dengannya. Ini adalah perkara yang sudah diketahui oleh manusia baik orang khususnya dan umumnya. Semua penduduk bumi mengakuinya karena mereka sudah mmbuktikannya.
(Al Wabil ash Shayib, hal. 31)

Namun, tentunya ini bukan ketetapan yang baku. Sebab, Allah Ta’ala punya kuasa menguji manusia dengan berbagai bentuk dan jenis musibah baik dia shalih, dermawan, bakhil, fasik, dll.

Musibah bisa datangnya lewat harta, keluarga, diri sendiri ..dst, bisa pula sebagai ujian, teguran, menaikan derajat, menghapuskan dosa, dll.

Dalam hadits shahih:

مَا يَزَالُ البَلاَءُ بِالمُؤْمِنِ وَالمُؤْمِنَةِ فِي نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ

Musibah yang senantiasa menimpa seorang mu’min dan mu’minah baik ujian pada dirinya, anaknya, hartanya, sampai dia bertemu dengan Allah, maka dia tidak membawa kesalahan apa pun atas dirinya. (HR. At Tirmidzi no. 2399, At Tirmidzi berkata: hasan shahih)

Sehingga, musibah yang dialami seseorang bisa karena jarang sedekah, atau sebab lainnya sesuai kehendak-Nya.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here