Hukum Suara Wanita Puji-Pujian Pakai Speaker di Musholla

0
131

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustafz, saya ingin bertanya… Ada Mushola yang tidak pernah ada suara Adzan tapi langsung ada suara wanita yang Pujian pakai speaker dan di akhiri dengan Iqomah.
pertanyaanya: Bolehkah wanita puji-pujian Iqomah dengan speaker yang keras?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وَ السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Jika itu sampai mengganggu orang lain, atau orang yang sudah shalat, atau orang yang sedang istirahat, tidak boleh, baik dilakukan ibu-ibu atau bapak-bapak. Jika dilakukan ibu-ibu, muslimah, sebagian ulama ada yang mengharamkan seperti madzhab Hanafi karena bagi mereka itu aurat.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairiy Rahimahullah :

أما التسابيح والاستغاثات بالليل قبل الأذان فمنهم من قال: إنها لا تجوز، لأن فيها إيذاء للنائمين الذين لم يكلفهم الله، ومنهم من قال: إنها تجوز لما فيه من التنبيه، فهي وإن لم تكن عليها ضرر شرعي، والأولى تركها، إلا إذا كان الغرض منها إيقاظ الناس في رمضان، لأن في ذلك منفعة لهم

Ada pun bertasbih dan beristighatsah (berdoa meminta pertolongan Allah) dilakukan sebelum adzan, ada yang mengatakan TIDAK BOLEH. Sebab itu mengganggu orang tidur. Allah sendiri tidak membebankan hal itu kepada mereka.

Ada pula yang mengatakan BOLEH, sebab di dalamnya terdapat tanbih (peringatakan) kepada manusia, selama itu tidak ada kerugian syar’iy, lebih utama adalah meninggalkannya. KECUALI jika maksudnya untuk membangunkan manusia di bulan Ramadhan, karena hal itu ada manfaat bagi mereka. (Syaikh Abdurrahman Al Juzairiy Rahimahullah, Al Fiqhu ‘alal Madzahib Al Arba’ah, 1/281)

Wallahu a’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here