Hukum Menjawab Orang yang Bersin

0
82

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمه الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, hukum menjawab orang yang bersin mengucakan Alhamdulillah kemudian dibalas dengan ucapan Yarhamukallah ulama ada yang mengatakan Fardhu ain, Fardhu kifayah dan Sunnah manakah yang kuat ustadz?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Tasymit (mendoakan orang bersin yang mengucapkan hamdalah) diperselisihkan para imam, karena tidak ada hadits eksplisit menyebutkan kata wajib menjawabnya.

Yang ada adalah bahwa itu hak muslim atas muslim lainnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam perkara.” Lalu beliau ditanya, ‘Apa yang enam perkara itu, wahai Rasulullah? Jawab beliau: (1) Bila engkau bertemu dengannya, ucapkankanlah salam kepadanya. (2) Bila ia mengundangmu, penuhilah undangannya. (3) Bila ia meminta nasihat, berilah dirinya nasihat. (4) Bila ia bersin lalu membaca tahmid, doakanlah semoga ia mendapatkan rahmat. (5) Bila ia sakit, kunjungilah dirinya. (6) Dan bila ia meninggal dunia, ikutlah mengantar jenazahnya ke pekuburan.” (HR. Muslim no. 2162)

Hadits ini menggunakan kata “hak”, para ulama menafsirkan beda-beda. Imam Ibnu Hajar mengatakan yang lebih kuat dari semua pendapat adalah fardhu kifayah.

Sikap paling aman adalah lakukan saja tasymit tersebut dalam rangka khurujan minal khilaf (keluar dr perbedaan pendapat).

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here