Di Akhirat Nanti, Keluarga Akan Dikumpulkan Lagi

0
119

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz saya mau bertanya, apakah di akhirat nanti anak dan orang tua masih terikat hubungan? Bagaimana jika ayah anak tersebut telah bertahun-tahun pergi meninggalkan anaknya, tidak menafkahi dan agamanya juga tidak jelas (sebelmnya muallaf dan entah sekarang bagaimana agama ayahnya mengingat dia tidak suka di ajak belajar agama islam). Apakah bin atau binti ayahnya yang tidak jelas agamanya tersebut akan memberi pengaruh kepada anak-anaknya kelak d akhirat? A_28

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Di akhirat nanti, keluarga akan di kumpulkan lagi di dalam surga jika mereka beriman dan beramal shalih. Ini kuncinya yaitu IMAN dan AMAL SHALIH.

Allah Ta’ala berfirman:

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱتَّبَعَتۡهُمۡ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَٰنٍ أَلۡحَقۡنَا بِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَمَآ أَلَتۡنَٰهُم مِّنۡ عَمَلِهِم مِّن شَيۡءٖۚ كُلُّ ٱمۡرِيِٕۭ بِمَا كَسَبَ رَهِينٞ

Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya. (QS. Ath-Thur, Ayat 21)

Ayat lainnya:

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ

“(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya.” (QS. Ar-Ra‘du: 23)

Jika kunci ini dimiliki oleh mereka, iman, amal shalih, sehingga mereka saling menasihati, amar ma’ruf nahi munkar, mendoakan, maka Insya Allah mereka akan dikumpulkan lagi di surga. Jika tidak, maka tidaklah demikian adanya.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here