Belanja Sesuai Kebutuhan

0
32

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, bismillaah, titip pertanyaan dari teman.

Jadi gini, suami saya kan rencana mau mengajukan kredit syariah ke salah satu lembaga, kredit motor, krna motor yg dirumah mau dipake adik sekolah, jd kami mau beli motor baru.
Cicilannya ini lumayan berat utk kondisi sekarang, pemasukan hanya dri suami, skrg suami lg ga ada lemburan krna pandemi, hanya gaji pokok saja. Terus saya usulkan utk beli motor dg type lain, yg cicilannya ringan, tp suami ttp keukeuh, malah bilang suruh pangkas jatah belanja bulanan/berhemat (padahal itu primer). Dan bbrpa kali suami meyakinkan saya utk percaya pada rezeki Allaah yg kasih dari pintu mana saja, ga bakal terhitung dg hitungan manusia. Ya memang, tp itu ga bisa diprediksi kedepannya gmna (menurut saya). Jadi sya cuma hitung dana dri pekerjaan suami saja, yg mana kalo ambil type yg cicilannya ringan, udah cukup dg gaji pokok tsb. Tp beliau keukeuh maunya motor sesuai keinginannya,

Mohon pencerahannya ustadz, barangkali ada solusi dari segi agama ttg hal ini.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bismillahirrahmanirrahim..

Jika kendaraan utk transportasi saja, maka motor apa pun yg penting awet dan enak dikendarai, itu sdh cukup. Apalagi setelah kondisi ekonomi sdg berat, kalkulasi rasional tidak boleh diabaikan.

Jika kendaraan bagi seseorang juga sebagai “gaya hidup” untuk menunjukkan kelas sosial pdhal sdh sulit, maka ini berlebihan dan lebih ikut hawa nafsu.

Ada pun “rezeki dari Allah” sudah sama-sama kita ketahui dan imani, tapi jgn sampai kalimat itu adalah senjata utk membungkam rasionalitas dan protes istrinya. Rezeki memang dari Allah, tp Allah Ta’ala juga memerintahkan untuk melihat dan mempersiapkan apa yang terjadi besok. Perlu diingat, urusan rumah tangga bukan hanya motor, tp jg kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here