harta haram

Hukum Mendapat Uang dari Aplikasi VTube

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Afwan mau nanya mengenai hukum mendapatkan uang dari aplikasi di internet…awalnya dengan mendaftar sebagai member dan menyetor sejumlah uang,kemudian setiap harinya diberikan tugas utk nge-like konten2 tertentu itu bagaimana hukumnya?jazakillah.A-36

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Pertanyaan ini skemanya mirip dengan vtube yang sudah pernah kami bahas pada kesempatan yang lalu. Sebelum kita simpulkan mari kita cari tahu terlebih dahulu tentang vtube.

Vtube atau PT. Future View Tech ini telah memiliki izin pada awalnya, yaitu izin industri dan kominfo. Akan tetapi update terbaru mengatakan bahwa izin yang telah dikeluarkan oleh Kominfo sudah dihapus. Karena mengacu kepada surat edaran Satgas Waspada Investasi (SWI) pada bulan Juni 2020, yang memasukkan vtube kepada entitas investasi ilegal.

Vtube Merupakan Skema Ponzi

Skema Ponzi merupakan salah satu cara penipuan. Dimana pelaku menawarkan keuntungan dan bonus kepada korban dengan tidak wajar, dan semua yang didapatkan oleh korban merupakan uangnya sendiri atau korban baru dari ponzi.

Dimana Letak Skema Ponzi Vtube?

Walau pun memiliki pendaftaran gratis, secara jelas vtube merupakan skema ponzi. Skema ponzi vtube ditutupi dengan perpindahan uang antara member setelah pendaftaran, yaitu jual-beli VP. Dalam jual beli VP ini vtube memiliki keuntungan antara lain, harus ada VP yang ditahan dan komisi/pajak yang diterapkan vtube untuk setiap kali pencairan. VP yang ditahan sendiri atau tidak bisa ditransaksikan adalah 10 VP atau sekitar Rp.150.000. Sedangkan untuk komisi atau pajak potongan diambil dan diatur oleh vtube berbeda-beda sesuai dengan level member.

Ponzi yang kelihatan di vtube lainnya adalah ketika member membeli aktivasi level misi. Contoh untuk level bintang 6 dengan 1 paket total biaya aktivasinya adalah 10 ribu VP atau 150 juta rupiah. Dijanjikan setiap member dalam 40 hari akan mendapatkan imbal balik sebesar 3.500 VP atau 52,5 juta rupiah. Disini terlihat jelas sekali ponzinya, bahwa member ketika ingin mendapatkan hasil yang lebih maka harus membeli atau upgrade level.

Liciknya vtube, mereka membuka pendaftaran memang gratis akan tetapi member gratis tidak akan mendapatkan keuntungan. Karena dalam 40 hari menyelasaikan misi hanya bisa maksimal mendapatkan 2 VP yang bisa ditarik oleh member atau 30 ribu rupiah. Hal ini akan mendorong member untuk melakukan pembelian paket misi atau upgrade level member.

Dari uraian dan penjelasan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa vtube melakukan gharar atau penipuan dalam bisnisnya. Hal ini jelas diharamkan dalam Islam, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

“Siapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami.” (HR Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hanbal, dan al-Darimi).

Wallahualam.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *