Dunia Jin -Tinjauan Al Quran dan As Sunnah (Bag. 1)

0
124

Pemateri: Farid Nu’man Hasan, SS. M.KOM.I

1โƒฃ Mukadimah

Indonesia adalah merupakan negeri muslim terbesar di dunia. Banyaknya penduduk muslim, tidak sebanding dengan keberadaan ulama yang mampu menjelaskan masalah keagamaan yang dihadapi mereka. Di antaranya adalah  masalah aqidah yang belum mendapatkan penjelasan secara wadhih (terang) adalah tentang dunia ghaib.

Masalah ini sering dipersepsikan secara dramatis oleh orang Indonesia, selain memang umumnya orang Indonesia cukup akrab dengan dunia klenik, sehingga persepsi mereka terhadap alam ghaib didasarkan oleh hal-hal yang bersifat tahayul, khurafat, dan mitos.

Sebenarnya tema pembicaraan alam ghaib amat luas cakupannya, seperti keimanan kepada Allah, Malaikat, kiamat,  akhirat, yaumul baโ€™ats (hari kebangkitan) , surga dan neraka, shirath (jembatan), ruโ€™yatullah, dan lainnya.

Tetapi di negeri kita ini, jika disebut alam ghaib, persepsi pertama masyarakat kita adalah dunia jin (โ€˜Alamul Jin). Masih bagus jika pemahaman tentang itu dibangun dalam koridor wahyu dan akal yang bersih, tetapi kenyataannya mereka diombang-ambing oleh keyakinan nenek moyang yang keliru, bahkan campuran dari ajaran agama lain.

๐Ÿ“Œ Mengimani Bukan Mengutak-ngatik

Tugas pokok kita terhadap perkara ghaib adalah mengimaninya. Tetapi, banyak manusia telah melampaui batasan ini. Mereka menyikapi masalah ghaib seperti sebuah kajian empiris yang diselimuti berbagai misteri yang menyelimutinya. Bukan itu tugas kita.

Allah Taโ€™ala berfirman tentang ciri-ciri orang bertaqwa:

ุงู„ู… (1) ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ู„ูŽุง ุฑูŽูŠู’ุจูŽ ูููŠู‡ู ู‡ูุฏู‹ู‰ ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ (2) ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ูˆูŽูŠูู‚ููŠู…ููˆู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽู…ูู…ู‘ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ูŠูู†ู’ููู‚ููˆู†ูŽ (3)

โ€œAlif laam miin.  Kitab  (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,  (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.โ€ (QS. Al Baqarah (2): 1-3)

Pengetahuan manusia terhadap dunia ini amatlah sedikit, maka sikap mendramatisir alam ghaib, seperti yang digambarkan dalam film, komik, cerita masyarakat, hikayat, dan lainnya, adalah perilaku  lancang namun menggelikan.

Allah Taโ€™ala berfirman:

ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ููˆู†ูŽูƒูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู†ูŽ ู…ูุฑู’ุณูŽุงู‡ูŽุง ู‚ูู„ู’ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุนูู„ู’ู…ูู‡ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠ ู„ุงูŽ ูŠูุฌูŽู„ู‘ููŠู‡ูŽุง ู„ููˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุง ุฅูู„ุง ู‡ููˆูŽ

โ€œMereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.โ€ (QS. Al Aโ€™raf (7): 187)

Seorang muslim hendaknya bersikap dan berkeyakinan sebagaimana  catatan Al Quran dan As Sunnah Ash Shahihah. Dia berjalan dan berhenti bersama keduanya, menetapkan apa yang ditetapkan keduanya, dan mengingkari apa yang diingkari keduanya pula. Menahan diri untuk merekayasa dan mengarang-ngarang cerita alam ghaib yang tidak berdasar. Dia diam apa yang didiamkan, dan dia bicara apa yang dibicarakan oleh keduanya. Hal ini bukan hanya dalam perkara ghaib, tetapi juga yang lainnya. 

Disinilah letak pentingnya materi ini, yaitu mencoba mengimani masalah jin sesuai bimbingan syariat yang suci.

Kami akan bahas secara global dan menyeluruh, walau dalam beberapa hal kami harus merincinya. Paling tidak ini adalah pengantar bagi seorang muslim untuk mencoba mengimani masalah ghaib berdasakan ilmu yang benar.

2โƒฃ Makna Jin

Dalam bahasa Arab, kata Al Jinn – ุงู„ุฌู†ู‘, kata dasarnya  dari janna โ€“ yajunnu โ€“ jannan yang bermakna menutup. Jika kita perhatikan, susunan kata yang terdapat satu huruf jim dan dua huruf nun, biasanya bermakna benda-benda yang terhalang dan tak terlihat.

Contoh: majnun โ€“ ู…ุฌู†ูˆู† yang berarti gila karena akalnya sudah tertutup.  Janin โ€“ ุฌู†ูŠู† yang berarti bayi yang masih (tertutup) diperut ibunya. Jannah โ€“ ุฌู†ู‘ุฉ yang bermakna taman (surga) yang saat ini belum dapat kita lihat. Maka, Jin adalah makhluk ghaib yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Dan, dia tidak bisa tampil ke hadapan manusia dalam wujud asli, dan dustalah orang yang mengaku pernah melihatnya dalam wujud asli, kecuali Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam sebagai muโ€™jizat baginya, sebagaimana ia pernah melihat Malaikat jibril dalam wujud aslinya sebanyak dua kali.

Ada pun wujud โ€˜syetanโ€™ yang dikenal dan dilihat oleh masyarakat adalah wujud lain dan  tipuan mereka terhadap manusia,  agar manusia takut kepadanya bukan takut kepada penciptanya.

Mereka tidak mampu tampil dalam wujud aslinya karena memang bukan dunianya. Mereka mampu berwujud sosok yang terlanjur dikenal sebagai syetan itu,  hewan, atau โ€“bahkan- manusia. Itulah yang bisa dilihat oleh manusia, itu pun  jarang dan bukan keinginan manusia itu sendiri.

Tipuan ini semakin terlihat ketika kita meneliti bahwa  wujud-wujud โ€˜syetanโ€™ itu memiliki khas kedaerahan,   seperti pocong, wewegombel, gandaruwo, kuntil anak, dan lainnya  hanya ada di Indonesia.

Sementara, zombie, drakula, vampire, hanya ada di Amerika. Ada pun di Mesir di kenal dengan Mumi. Kita tidak akan temukan mumi di Indonesia, sebagaimana kita tidak akan temukan pocong  di Amerika!  

Allah Taโ€™ala berfirman:

ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุฑูŽุงูƒูู…ู’ ู‡ููˆูŽ ูˆูŽู‚ูŽุจููŠู„ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ุง ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽู‡ูู…ู’

โ€œSesungguhnya ia (syetan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.โ€ (QS. Al Aโ€™raf (7): 27)

3โƒฃ Bisakah Melihat Jin?

Para ulama berbeda pendapat; apakah jin bisa dilihat? Imam Al Qurthubi Rahimahullah menguraikan:

{ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ุง ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽู‡ูู…ู’} ู‚ุงู„ ุจุนุถ ุงู„ุนู„ู…ุงุก: ููŠ ู‡ุฐุง ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฌู† ู„ุง ูŠุฑูˆู†ุ› ู„ู‚ูˆู„ู‡ {ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ุง ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽู‡ูู…ู’} ู‚ูŠู„: ุฌุงุฆุฒ ุฃู† ูŠุฑูˆุงุ› ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฅุฐุง ุฃุฑุงุฏ ุฃู† ูŠุฑูŠู‡ู… ูƒุดู ุฃุฌุณุงู…ู‡ู… ุญุชู‰ ุชุฑู‰. ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุญุงุณ: {ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ุง ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽู‡ูู…ู’} ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฌู† ู„ุง ูŠุฑูˆู† ุฅู„ุง ููŠ ูˆู‚ุช ู†ุจูŠุ› ู„ูŠูƒูˆู† ุฐู„ูƒ ุฏู„ุงู„ุฉ ุนู„ู‰ ู†ุจูˆุชู‡ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ูˆุนุฒ ุฎู„ู‚ู‡ู… ุฎู„ู‚ุง ู„ุง ูŠุฑูˆู† ููŠู‡ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูŠุฑูˆู† ุฅุฐุง ู†ู‚ู„ูˆุง ุนู† ุตูˆุฑู‡ู…. ูˆุฐู„ูƒ ู…ู† ุงู„ู…ุนุฌุฒุงุช ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุชูƒูˆู† ุฅู„ุง ููŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุตู„ูˆุงุช ุงู„ู„ู‡ ูˆุณู„ุงู…ู‡ ุนู„ูŠู‡ู…

โ€œ(dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka), berkata sebagian ulama: ini merupakan dalil bahwa jin tidak dapat dilihat karena firmanNya: (dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka). Disebutkan: โ€œbisa saja mereka dilihat, karena Allah Taโ€™ala jika menghendaki memperlihatkan mereka akan disingkap jasad mereka hingga terlihat.โ€ Berkata An Nuhas: (dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka) menunjukkan bahwa jin tidak dapat dilihat kecuali pada masa Nabi, yang demikian itu menjadi bukti kenabiannya, karena Allah โ€˜Azza wa Jalla menciptakan mereka menjadi makhluk yang tidak dapat dilihat, sesungguhnya mereka bisa dilihat hanyalah ketika mereka beralih dari wujud aslinya. Demikian itu merupakan muโ€™jizat yang tidak terjadi kecuali pada masa para Nabi Shalawatullah wa Salamuhu โ€˜Alaihim.โ€ (Imam Al Qurthubi, Al Jamiโ€™ Li Ahkam Al Quran, 7/186. Dar โ€˜Alim Al Kutub)

Tertulis dalam Mahasin At Taโ€™wil tentang tafsir surat Al Aโ€™raf ayat 27 di atas, sebagai berikut:

ู‚ุงู„ ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ ููŠ ” ุงู„ุงูƒู„ูŠู„ ” : ู‚ุงู„ ุงุจู† ุงู„ูุฑุณ : ุงุณุชุฏู„ ุจู‡ุง ุจุนุถู‡ู… ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฌู† ู„ุง ูŠุฑูˆู† ูˆุฃู† ู…ู† ู‚ุงู„ ุฅู†ู‡ู… ูŠูุฑูˆู† ูู‡ูˆ ูƒุงูุฑ . ุงู†ุชู‡ู‰

โ€œBerkata As Suyuthi dalam Al Iklil: berkata Ibnu Al Faris: sebagian manusia berdalil dengan ayat ini bahwa jin tidak dapat dilihat, dan barang siapa yang mengatakan bahwa mereka diperlihatkan jin maka dia kafir.โ€ (Imam Jamaluddin Al Qasimi, Mahasin At Taโ€™wil)

Al Qasimi melanjutkan, bahwa โ€˜sebagian manusiaโ€™ yang dimaksud adalah golongan muโ€™tazilah. Oleh karena itu Az Zamakhsyari (tokoh besar Muโ€™tazilah) mengatakan:

ููŠู‡ ุฏู„ูŠู„ ุจูŠู† ุฃู† ุงู„ุฌู† ู„ุง ูŠุฑูˆู† ูˆู„ุง ูŠุธู‡ุฑูˆู† ู„ู„ุฅู†ุณ ุŒ ูˆุฃู† ุฅุธู‡ุงุฑู‡ู… ุฃู†ูุณู‡ู… ู„ูŠุณ ููŠ ุงุณุชุทุงุนุชู‡ู… ุŒ ูˆุฃู† ุฒุนู… ู…ู† ูŠุฏุนูŠ ุฑุคูŠุชู‡ู… ุฒูˆุฑ ูˆู…ุฎุฑู‚ุฉ

โ€œDalam ayat ini terdapat dalil yang jelas, bahwa jin tidak dapat dilihat dan tidak Nampak bagi manusia, sesungguhnya penampakan mereka bukanlah kemampuan mereka, dan persangkaan orang yang  mengklaim dapat  melihat mereka adalah dusta.โ€ (Ibid)

Adapun Ahlus Sunnah menyanggah pendapat mereka, bahwa hadits-hadits shahih dan masyhur menyebutkan bahwa jin dapat dilihat (tetapi bukan dalam wujud asli). Ada pun ayat di atas tidaklah mengingkari kemungkinan ini, sebab ayat di atas tidak menyebutkan โ€˜syetan tidak dapat dilihatโ€™, tetapi mereka ada di tempat yang manusia tidak bisa melihat, namun mereka bisa melihat manusia.

Disebutkan dalam Fathul Bayan:

ูˆู‚ุฏ ุงุณุชุฏู„ ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุขูŠุฉ ุนู„ู‰ ุฃู† ุฑุคูŠุฉ ุงู„ุดูŠุงุทูŠู† ุบูŠุฑ ู…ู…ูƒู†ุฉ ุŒ ูˆู„ูŠุณ ููŠ ุงู„ุขูŠุฉ ู…ุง ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุŒ ูˆุบุงูŠุฉ ู…ุง ููŠู‡ุง ุฃู†ู‡ ูŠุฑุงู†ุง ู…ู† ุญูŠุซ ู„ุง ู†ุฑุงู‡ ุŒ ูˆู„ูŠุณ ููŠู‡ุง ุฃู†ุง ู„ุง ู†ุฑุงู‡ ุฃุจุฏุงู‹ ุŒ ูุฅู† ุงู†ุชูุงุก ุงู„ุฑุคูŠุฉ ู…ู†ุง ู„ู‡ ููŠ ูˆู‚ุช ุฑุคูŠุชู‡ ู„ู†ุง ู„ุง ูŠุณุชู„ุฒู… ุงู†ุชูุงุกู‡ุง ู…ุทู„ู‚ุงู‹

โ€œSegolongan ulama telah berdalil dengan ayat ini, bahwa melihat syetan tidaklah mungkin. Maksud ayat tersebut tidaklah demikian. Maksudnya   adalah bahwa dia (syetan) melihat kita dari tempat yang kita tidak bisa melihatnya, bukan maksudnya bahwa  kita tidaklah dapat melihatnya selamanya. Sebab, pengingkaran terhadap kita bahwa kita tidak dapat melihatnya di saat melihatnya, tidaklah mengharuskan pengingkaran secara mutlakโ€ (Ibid. Lihat juga Imam Asy Syaukani, Fathul Qadir, 3/26. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

Imam Jamaluddin Al Qasimi Rahimahullah mengatakan:

ูˆุงู„ุญู‚ ุฌูˆุงุฒ ุฑุคูŠุชู‡ู… ูƒู…ุง ู‡ูˆ ุธุงู‡ุฑ ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญุฉ ุŒ ูˆุชูƒูˆู† ุงู„ุขูŠุฉ ู…ุฎุตูˆุตุฉ ุจู‡ุง ุŒ ููŠูƒูˆู†ูˆู† ู…ุฑุฆูŠูŠู† ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุฃุญูŠุงู† ู„ุจุนุถ ุงู„ู†ุงุณ ุฏูˆู† ุจุนุถ . ุงู†ุชู‡ู‰

Yang benar adalah bisa saja melihat mereka sebagaimana tertulis dalam teks hadits-hadits shahih, dan ayat-ayat khusus tentang itu, maka mereka bisa dilihat oleh sebagaian manusia pada  sebagian keadaan, dan tidak pada selainnya.โ€ (Ibid)

Tentang  hadits-hadits yang dimaksud โ€“insya Allah Taโ€™ala- akan kami paparkan pada bagiannya nanti.

4โƒฃ Asal Usul Penciptaan Jin

Jin diciptakan dari api. Ketetapan ini bersumberkan ayat-ayat berikut:

ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงู†ู‘ูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุงู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ู…ูู†ู’ ู†ูŽุงุฑู ุงู„ุณู‘ูŽู…ููˆู…ู

โ€œDan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.โ€ (QS. Al Hijr (15): 27)

Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma mengatakan: jin diciptakan dari lidah api yang panas menyala (Lahbun Nar). Dalam riwayat lain: dari api yang paling bagus (min ahsanin nar). Amru bin Dinar mengatakan: dari apinya matahari (Narusy Syamsi). (Imam Ibnu Katsir, Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 4/533. Dar Nasyr wat Tauziโ€™)

Ayat lainnya:

ูˆูŽุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู†ู‘ูŽ ู…ูŽู† ู…ู‘ูŽุงุฑูุฌู ู…ู‘ูู†ู’ ู†ู‘ูŽุงุฑู

โ€œDan Dia menciptakan jin dari nyala api.โ€ (QS. Ar Rahman (55): 15)

(Bersambung)

Dunia Jin -Tinjauan Al Quran dan As Sunnah (Bag. 2)


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here