Akibat Banyak Bersumpah Karena Dunia dan Enggan Berbagi

0
50

Pemateri: Ustadz Rikza Maulan, Lc., M.Ag

A. HADITS:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِم؛ْ رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى سِلْعَةٍ لَقَدْ أَعْطَى بِهَا أَكْثَرَ مِمَّا أَعْطَى وَهُوَ كَاذِب،ٌ وَرَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ كَاذِبَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ لِيَقْتَطِعَ بِهَا مَالَ امْرِئٍ مُسْلِم،ٍ وَرَجُلٌ مَنَعَ فَضْلَ مَاءٍ فَيَقُولُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْيَوْمَ أَمْنَعُكَ فَضْلِي كَمَا مَنَعْتَ فَضْلَ مَا لَمْ تَعْمَلْ يَدَاكَ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bersabda:
“Ada tiga golongan yang Allah tidak mengajak mereka bicara pada hari kiamat dan Allah juga tidak akan memandang mereka; (yaitu) 1. Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya.
2. Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah ‘ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang muslim lainnya.
3. Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi), sehingga Allah pada hari kiamat berfirman ‘Saya sekarang menahan kurnia-Ku sebagaimana engkau pernah menahan kelebihan air yang kedua tanganmu tidak bekerja karenanya.” (HR. Bukhari)

B. HIKMAH HADITS:

1. Hadits di atas menggambarkan adanya tiga amalan yang menyebabkan kemurkaan Allah Swt, sehingga Allah tiada sudi untuk berbicara dan tidak sudi untuk memandang mereka di hari kiamat.

Oleh karena itu, ketiga perkara ini harus dihindari dan dijauhi sebisa mungkin, agar kita terhindar dari kemurkaan Allah Swt.

2. Ketiga perbuatan tersebut adalah

🔹Pertama, banyak bersumpah dengan nama Allah dalam bisnis, demi mendapatkan keuntungan duniawi.

Umumnya hal ini dilakukan dalam rangka mendapatkan simpati dan kepercayaan dari mitra dagangnya dan atau berharap mendapatkan keuntungan berlipat.

🔹Kemudian yang kedua adalah melakukan bersumpah palsu, juga demi mendapatkan keuntungan duniawi dan atau merampas hak orang lain, seperti bersumpah bahwa suatu barang adalah miliknya, agar ia bisa menguasai barang tersebut, sementara barang itu sebenarnya milik orang lain.

Ia mengambilnya secara bathil, dengan bersumpah menggunakan nama Allah Swt.

🔹Kemudian yang terakhir adalah seseorang yang tidak mau memberi dan tidak peduli pada sekitarnya, ia bakhil dan tidak mau berbagi pada orang dan masyarakat yang kekurangan di sekitarnya. Seperti tidak mau berbagi air sementara ia memiliki kelebihan air yang melebih dari kebutuhannya.

Maka kelak di hari kiamat, Allah pun enggan memberikan karunia-Nya kepadanya, na’udzubillahi min dzalik…

Semoga Allah Swt hindarkan kita dari ketiga sifat tercela tersebut.

Wallahu A’lam bis shawab


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here