Hukum Membakar Kembang Api atau Petasan

🌎 Ustadzah Menjawab
✏ Ustadzah Novria, S.Si
🌷🌼🍄🍂🌷💐🍄🍂🌼
Assalamualaikum.saya mau tanya ustadz: bagaimana hukumnya membakar petasan atau kembang api menurut islam dlm acara apapun.Jazakallah khairon katsiro.
🅰0⃣8⃣
🍂🍂Jawaban 🍂🍂 :
و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Fatwa Terkait Memasang Kembang Api dan Petasan
Fatwa December 29, 2014
Bismillahirrahmanirrahim
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta dalam rapatnya pada tanggal 13 Ramadhan 1431 H. bertepatan dengan tanggal 23 Agustus 2010 M, yang membahas tentang Hukum Petasan dan Kembang Api* yang dibakar dan dinyalakan di TPU Dobo di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta Utara, berdasarkan rekomendasi Palang Merah Indonesia (PMI), setelah:
*Menimbang:*
1. Hasil penelitian Tim Pengkaji MUI DKI Jakarta
2. Hasil penelitian sejarah dan sosial budaya terhadap persepsi dan perilaku publik berkaitan dangan makam eks TPU Dobo
3. Hasil Kajian Tim Syari’ah dan Komisi Fatwa MUI Provinsi DKI Jakarta
*Mengingat:*
1. Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga Majelis Ulama Indonesia (PD/PRT MUI)
2. Pokok-Pokok Program Kerja MUI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2010 – 2015
3. Pedoman Penetapan Fatwa MUI
*Memperhatikan:*
1. Rekomendasi Palang Merah Indonesia (PMI)
2. Saran dan pendapat para peserta rapat Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 13 Ramadhan 1431 H. bertepatan dengan tanggal 23 Agustus 2010 M, tentang Hukum Petasan dan Kembang Api
*Memutuskan:*
Dengan bertawakkal kepada Allah SWT dan memohon ridha-Nya, sesudah mengkaji permasalahan tersebut dari al-Qur’an, Sunnah dan pendapat (qaul) yang mu’tabar, menyempurnakan dan menetapkan fatwa tentang Hukum Petasan dan Kembang Api (Fatwa MUI No. 31 Tahun 2000, penyempurnaan fatwa tanggal 24 Ramadhan 1395/30 Sep.1975), sebagai berikut:
1. Membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru dan Walimah (Resepsi), seperti yang dilakukan oleh umat Islam khususnya warga DKI Jakarta, atau menjadi bagian dalam ritual ziarah di TPU Dobo, adalah suatu tradisi atau kebiasaan buruk yang sama sekali tidak terdapat dalam ajaran Islam, bahkan merupakan suatu perbuatan haram yang sangat bertentangan dan dilarang ajaran Islam. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut:
a. Tradisi membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api adalah bersumber dari kepercayaan umat di luar Islam untuk mengusir setan yang dianggap mengganggu mereka. Hal ini jelas merupakan suatu kepercayaan yang bertentangan dengan Aqidah Islam. Padahal Islam memerintahkan umatnya untuk menghindari kepercayaan yang bertentangan dengan Aqidah Islam, karena hai itu dinilai sebagai langkah setan dalam menjerumuskan umat manusia, sebagaimana difirmankan dalam Qur’an :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ وَمَنْ يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. (QS. An-Nur[24] : 21)
b. Membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api merupakan pemborosan (tabdzir) terhadap harta benda yang diharamkan Allah, sebagaimana difirmankan :
إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا
“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”
(QS. Al-Isra’ [17] : 27)
c. Membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api sangat membahayakan jiwa, kesehatan, dan harta benda (rumah, pabrik, dan lain-lain). Padahal agama Islam melarang manusia melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
Membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api sangat membahayakan jiwa, kesehatan, dan harta benda (rumah, pabrik, dan lain-lain). Padahal agama Islam melarang manusia melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Sebagaimana difirmankan dalam :
وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”
(QS. Al-Baqarah [2]:195.)
Demikian juga sabda Rasulullah SAW, sebagai berikut:
لَا ضَرَرَ وَ لَا ضِرَارَ
“(Kamu) tidak boleh membuat bahaya bagi dirimu sendiri dan juga tidak boleh membuat bahaya bagi orang lain”.
d. Membakar, menyalakan atau membunyikan petasan dan kembang api bahayanya (mudharat) lebih besar dari pada manfaatnya (kalau ada manfaatnya). Padahal di antara ciri-ciri orang muslim yang baik adalah orang yang mau meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Sebagaimana didasarkan pada makna umum ayat Al-Qur’an sebagai berikut:
“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir.”
Dan hadits Rasulullah SAW:
مِنْ حُسْنِ الإِسْلَامِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ (رواه مالك)
“Di antara ciri-ciri orang muslim yang baik adalah orang yang mau meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat”.
2. Sehubungan dengan haramnya membakar atau menyalakan petasan dan kembang api, maka haram pula memproduksi, mengedarkan dan memperjualbelikannya. Hal ini didasarkan pada Kaidah Ushul Fiqh:
لِلْوَسَائِلِ حُكْمُ المـَقَاصِدِ
“Sesuatu yang menjadi sarana, hukumnya mengikuti sesuatu yang menjadi tujuan.”
*KOMISI FATWA
MAJELIS ULAMA INDONESIA DKI JAKARTA*
Sumber Web MUI DKI JAKARTA
🌷🍄🌼🍂💐🌷🍄🌼🍂
Dipersembahkan Oleh :
www.iman-islam.com
💼Raih pahala ! Sebarkan..

SELF CONCEPT aliyas KONSEP DIRI

Jum’at, 28 Sya’ban 1437 H/ 03 Juni 2016
Pengembangan Diri dan Motivasi
 Ustadzah Wiwit, Ustadzah Dina, Ustadzah Heni
 SELF CONCEPT aliyas KONSEP DIRI
================================

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Hai temans, how are you today? always keep smiling and positive thinking, okay?! 
Boys and girls, kali ini kita akan bahas tentang……. 
 SELF CONCEPT aliyas KONSEP DIRI
Setiap orang ingin dirinya sukses; dalam belajar, bergaul, karir, keluarga, dan seterusnya
Perlu kamu tahu, bahwa langkah awal kesuksesan adalah mengenal dan mempelajari kualitas diri kita
Mengenal diri berarti:
Memahami kondisi fisik dgn segala kualitas dan proses yg mempengaruhinya,
Memahami pikiran, emosi, dan motivasi diri,  Memahami pikiran dan perilaku sosial sebagai hasil interaksi dengan orang lain
KONSEP DIRI merupakan potret diri secara mental, yakni bagaimana seseorang melihat, menilai, dan menyikapi dirinya
Untuk menggali konsep dirimu; coba jawablah pertanyaan berikut ini :
~ Siapakah kamu?
~ Apa tujuan hidupmu?
~ Apa impian yang ingin kamu capai?
~ Apa saja kelebihan dan kekuranganmu?
….. dst
#coba pikirkan dan tuliskan jawabanmu#
❓❔❓❔❓❔❓❔❓
Sebagai seorang MUSLIM, kita punya PANDUAN lho untuk membentuk konsep diri kita
To answer that questions, please open your Quran
Siapa dirimu?
sebaik-baik ciptaan Allah Swt.
” _Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya_” (QS At Tin: 4)
Apa tujuan hidupmu?
” _Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mrk beribadan pada-Ku_” (QS Adz Dzariat : 56)
Baca Quran, belajar Islam, dan teruslah menuntut ilmu, dan kamu akan semakin bisa menjawab pertanyaan² berikutnya dgn lebih jelas, lengkap, dan sempurna
” _Hai orang² yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan_” (QS. Al Hasyr : 18)
it isn’t enough to be your self, but it’s more important to be your better self
See you next time, friends 
Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala….

Ibadah Dalam Islam

Kamis, 27 Sya’ban 1437 H/02 Juni 2016
Fiqih Ibadah
Suci Susanti S.SoS.I
 Ibadah Dalam Islam
=====================

Assalammualaykum member MANIS yang keceh…
Di Kamis manis ini, kita lanjutkan pembahasan tentang puasanya orang-orang soleh. Ciri-ciri puasa orang soleh yaitu ;
 Menahan pandangan kepada setiap hal yang membuat hati lalai dan jauh dari Allah swt.
Dalam Alquran, Allah berfirman
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ
Artinya: “ _Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat_.” (An-Nur: 30)
Hal ini pun diatur dalam hadits Rasulullah saw
كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنْ الزِّنَا مُدْرِكٌ ذَلِكَ لَا مَحَالَةَ فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ وَالْأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الِاسْتِمَاعُ وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلَامُ وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ
Artinya: “ _Setiap manusia sudah ditentukan bagiannya dari berzina. Hal itu pasti akan dirasakannya. Zina kedua mata adalah dengan memandang. Zina kedua telinga adalah dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berucap. Zina tangan adalah dengan memukul. Zina kedua kaki adalah dengan melangkah. Hati itu bisa suka dan berkeinginan, sedangkan kemaluan bisa melaksanakan hal itu atau pun tidak melaksanakannya_.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Mengapa pandangan diletakkan pertama ? Seperti yang dikatakan dalam pepatah “jatuh hati pada pandangan pertama.” Jatuh hati disini bisa bermakna pada berbagai hal. Tidak hanya pada dua manusia tapi bisa kepada jatuh hati pada hal-hal yang membuat jauh dari Allah. Contoh ; jatuh hati pada grup musik tertentu. Sehingga setiap grup musik tersebut tampil di televisi selalu ditonton, sampai-sampai melupakan waktu shalat.
Karena itulah sebagai seorang muslim diwajibkan mengelola pandangan. Mata hanya dipergunakan untuk melihat hal-hal yang membuat hati semakin mencintai Allah.
 Menjaga lisan, Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
“ _Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenengan yang besar_” [Al-Ahzab : 70-71]
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت
“ _Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam_.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)
Imam An-Nawawi rahimahullah menyebutkan dalam Syarah Arbain, bahwa Imam Syafi’i rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang hendak berbicara maka hendaklah dia berpikir terlebih dahulu. Jika dia merasa bahwa ucapan tersebut tidak merugikannya, silakan diucapkan. Jika dia merasa ucapan tersebut ada mudharatnya atau ia ragu, maka ditahan (jangan bicara).”
Member manis yang dirahmati Allah…
Hati-hatilah terhadap apa yang kita ucapkan. Allah swt dan Rasulullah saw sudah memberikan tuntunan agar kita sebagai seorang muslim, hanya berkata yang baik. Agar kita dapat berkata baik, maka sebelum berkata kita wajib berpikir. Sehingga kita tidak menyesal dengan ucapan kita sendiri. Yakin deh, menyesal itu datangnya belakangan.
 Menahan pendengaran, Seringkali orang beralasan, “ kan kita ga gibah, yang gibah dia. Kita Cuma dengerin aja kok. Masa gitu aja dosa ?”
Hei, jangan salah. Allah swt menyamakan orang yang mendengar berita bohong, seperti orang yang memakan barang haram. Dalam QS al-Maidah : 42 Allah berfirman,
“ _Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak memakan yang haram…._”
Menahan anggota tubuh dari perbuatan yang dibenci Allah
Jika di atas telah ditegaskan agar kita menahan pandangan serta menjaga pendengaran dari hal-hal yang jauh dari Allah, maka demikian pula dengan anggota badan lainnya. Seperti tangan dan kaki.
Contohnya ; tidak berjalan ke tempat-tempat maksiat. Tidak menyiksa binatang.
Rasulullah saw bersabda,
رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ
“ _Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga_.” (HR an-Nasai)
Tidak makan minum yang halal secara berlebihan
Orang-orang soleh selalu dapat menahan diri bahkan terhadap yang halal sekalipun.
Imam Asy-Syafi’i rahimahullah menjelaskan,
لان الشبع يثقل البدن، ويقسي القلب، ويزيل الفطنة، ويجلب النوم، ويضعف عن العبادة
“ _Karena kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah_”.
Ruh dan rahasia puasa adalah memperlemah berbagai kekuatan yang merupakan sarana setan untuk kembali kepada kejahatan. Salah satu hal yang melemahkan ibadah puasa adalah : kekenyangan. Banyak hal yang disebabkan kekenyangan.
Contoh : kekenyangan menyebabkan kantuk yang teramat sangat sehingga membuat malas melaksanakan shalat malam.
Setelah berpuasa, hatinya orang-orang soleh cemas, apakah puasanya diterima Allah atau tidak.
Orang-orang soleh tidak pernah berpuas diri terhadap ketaatan yang telah dilakukan. Hati mereka selalu diliputi rasa cemas apakah ibadahnya diterima Allah atau tidak. Perasaan seperti itu membuat ibadah mereka semakin hari semakin meningkat. Tidak ada waktu sia-sia bagi mereka. Tidak celah untuk berleha-leha menjauh dari Allah. Apalagi di bulan Ramadhan. Sungguh sangat merugi orang-orang yang menyia-nyiakan waktu Ramadhan dengan hal-hal yang menjauhkan dari Allah swt.
Demikianlah member manis yang dirahmati Allah, ciri-ciri puasanya orang-orang soleh. Semoga kita semua bisa mengikuti langkah mereka ya. Memanfaatkan setiap detik, setiap menit setiap jam di bulan Ramadhan untuk beribadah kepada Allah swt. Aamiin …

Wassalammualaykum wrwb
—————————–
Tazkiyatun Nafs, Said Hawa
Hadits Arbai


===========================
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala…..

Persiapan Ramadhan

Senin, 23 Sya’ban 1437 H/  30 Mei 2016
 Akhlak
 Ustadzah Kingkin Anida
 Persiapan Ramadhan
=========================

Assalamu’alaikum, hai sahabat fillah.
Sebentar ramadhan akan tiba. Horeee! Kamu gembira ngga menghadapinya? Insya Allah hati kita semua happy yah. Happy dan semangat karena kita bakalan ketemu tamu agung atau syahrul azhim (bulan yang agung).
Anas bin Malik ra berkata, Rasulullah bersabda:
اللهم بارك لنا في رجب و شعبان و بلغنا رمضان. (احمد و الطبراني)
“Ya Allah berikanlah keberkahan bagi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.”
Ternyata Ramadhan jadi bulan yang ditunggu tunggu oleh orang orang yang mulia, Nabi dan para sahabatnya. Mengapa? Selain karena ini adalah kewajiban sebagaimana ada dalam Al Qur’an :
َا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah 183)
Mereka orang orang mulia tahu bahwa kegembiraan menyambutnya itu menandai bahwa hati hati mereka termasuk kedalam golongan hati bertakwa :
ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ
“Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj:32)
Kenapa senang dikategorikan sebagai orang yang memiliki hati yang baik, beriman bahkan bertakwa? Yah lantaran kelak, mereka akan menjadi paling mulia disisi Allah.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Jadi target Ramadhan kita tahun 1437 H ini adalah menjadi hamba yang bertakwa.
Supaya target itu tercapai, maka kita perlu lihat indikatornya dulu ya…ternyata kata takwa itu mengandung empat makna menurut sahabat Rasulullah yang juga menantu Rasulullah yaitu Ali bin Abi Thalib
✏Al Khaufu minal Jalil (takut kepada Allah yang Maha  Agung),
✏Al ‘Amal bil Tanziili (mengamalkan al Qur’an dan as Sunnah),
✏Al Ridla bil Qalil (ridla atas pembagian rizki yang sedikit),
✏Al isti’dad liyaum al Rahiil (mempersiapkan diri untuk perjalanan di akhirat).”
Ini artinya dalam beramal, kita perlu punya harapan dan juga ketakutan. Takut pada Allah, bila amal yang kita kerjakan tak diterima. Makanya jangan sampai over convidence, lalu berani bilang “ah minum alias nge drug ngga papa kali asal nggak ngga mabok mah”. itu salah!
Perhatikan, apakah amal amal kita sudah sesuai tuntunan Al Qur’an dan Sunnah? Kalau minum misalnya, minum apa yang dilarang? Kalau makan, pilih makanan yang halal bukan yang dilarang. Pokoknya yang dilarang jangan dilanggar deh. Makin banyak melanggar, nanti makin galau.
Terus cek, apakah kita cukup bersyukur dengan yang sedikit yang ada dalam genggaman tangan? atau nggerundel, ngedumel, menggerutu, bersungut sungut? kalau semua jawaban pertanyaan itu adalah “ya” berarti faktor ketakwaan kita masih harus ditingkatkan.
Untuk apa? yah buat menyiapkan diri menghadapi kematian. ingat yah, mati itu tidak harus menunggu tua. saya memandikan jenazah pertama kali itu seorang gadis 17 tahun. Memang mati tidak harus selalu menunggu usia tua.
Cerdaslah dalam merangcang kematian yang keren, oke deh, sekarang kita balik ke soal takwa ya
Takwa adalah target kita! jadi siapkan diri secara mental emosional, spiritual, fisikal dan finansial buat mencapainya.
Selamat menikmati indahnya Ramadhan tahun ini ya Sahabat Fillah.
See u . Bilahitaufik wal hidayah.
Wassallamu’alaikum.

===========================
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala……

Syirik; Bahaya dan Dosanya

Rabu, 26 Sya’ban 1437 H/ 01 Juni 2016
Aqidah
Ustadz Farid Nu’man Hasan S.S
 *Syirik; Bahaya dan Dosanya*
===========================

*Mukadimah*
Tahu Syirik kan? Bukan sirik yang bahasa betawi, tapi ini syirik bahasa Arab itu lho.
Syirik adalah menyekutukan Allah ﷻ dengan yang lainnya, baik dalam peribadatan, berdoa, meminta pertolongan, dan hal-hal lain yang khusus hanya bagiNya.
Ini merupakan perilaku dan pemahaman yang sangat berbahaya bagi kehidupan sesorang. Sebab ini adalah  dosa terbesar dan aqidah yang paling rusak. Banyak kaum muslimin yang meremehkan hal ini dan menganggapnya seperti lalat yang hinggap di hidung lalu diusir begitu saja; ringan, mudah, dan sepele.
Fenomena kesyirikan masih begitu banyak walau di negeri yang mayoritas muslim. Hal ini terjadi karena faktor pemahaman masyarakat muslim yang masih tercampuri oleh keyakinan umat terdahulu; baik berupa khurafat, tahayul, dan mitos. Sehingga ini menjadi PR bagi para ulama, da’i, dan muballigh untuk menjelaskan yang salah dan mengarahkannya ke arah yang benar (tauhid).
*Berbagai Bahayanya*
*1⃣  Dosa dan Kejahatan yang tidak diampuni*
Allah ﷻ berfirman:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ
_Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa menyekutukan diriNYa_. (QS. An Nisa: 48)
  Yaitu jika dia belum bertaubat dari kesyirikannya sampai dia wafat. Sedangkan bagi sempat bertaubat dengan sebenar-benarnya sebelum wafatnya, maka kasih sayang dan ampunan Allah ﷻ sangat luas.
*2⃣  Dosa yang sangat besar*
Allah ﷻ berfirman:
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
_Dan barang siapa yang menyekutukan Allah maka dia telah melakukan kedustaan dan dosa yang sangat besar_. (QS. An Nisa: 48)
Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda:
أَكْبَرُ الْكَبَائِرِ الْإِشْرَاكُ بِاللهِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَوْلُ الزُّورِ أَوْ قَالَ وَشَهَادَةُ الزُّورِ
_Dosa besar yang paling besar adalah: menyekutukan Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, ucapan dusta atau kesaksian palsu._ *(HR. Al Bukhari No. 6871)*
*3⃣  Kezaliman yang sangat besar*
Allah ﷻ berfirman:
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
_Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, dan dia memberikan pelajaran kepadanya: “Wahai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah, sesungguhnya menyekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang teramat besar_.” (QS. Luqman: 13)
*4⃣  Kesesatan Yang Teramat Jauh*
Allah ﷻ berfirman:
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
  
_Dan barang siapa yang menyekutukan Allah maka dia telah tersesat sejauh-jauhnya kesesatan_. (QS. An Nisa: 116)
  Imam Ibnu Katsir Rahimahullah menjelaskan:
  _Yaitu dia telah menempuh jalan yang tidak benar, telah tersesat dari petunjuk dan jauh dari kebenaran, dan dia telah membinasakan diri sendiri dan merugikannya, baik pada kehidupan dunia dan akhirat, dan dia pun tidak mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat._ *(Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, 2/414. Cet. 2, 1420H-1999M. Darut Thayyibah Lin Nasyr wat Tauzi’)*
*5⃣ Terhapusnya amal shalih*
Allah ﷻ berfirman:
وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
_Telah diwahyukan kepadamu dan orang-orang sebelum kamu, jika kamu melakukan kesyirikan niscaya benar-benar terhapus amalmu dan kamu benar-benar termasuk orang-orang yang merugi_. (QS. Az Zumar: 65)
Duh, sayang kan sudah beramal tapi tidak ada hasilnya. Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di Rahimahullah mengatakan:
_“Ini berlaku bagi semua amal, maka terdapat pada nubuwwah  seluruh nabi bahwa syirik menghapuskan seluruh amal, sebagaimana firman Allah ﷻ dalam surat Al An’am –yang membicarakan banyak para nabi dan rasul: “Itulah petunjuk dari Allah, Dialah yang memberikan petunjuk bagi yang Dia kehendaki, dan barang siapa di antara mereka menyekutukan Allah maka terhapus amal-amal yang telah mereka lakukan.”_  *(Taysir Al Karim Ar Rahman fi Tafsir Al Kalam Al Manan, Hal. 729. Cet. 1, 1420H-2000M. Muasasah Ar Risalah)*
*6⃣ Masuk Ke Neraka dan Terhalang Dari Surga*
Allah ﷻ berfirman:
إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ
_Sesungguhnya, siapa yang menyekutukan Allah maka dia telah terhalang baginya surga dan tempatnya adalah neraka. Dan orang-orang zalim itu tiada memiliki penolong sedikit pun_. (QS. Al Maidah: 72)
Nah, dosa syirik tidak main-main ‘kan? Mari kita jauhi semua bentuk kesyirikan. Apa saja itu macam-macamnya? Tunggu tanggal mainnya!
Wallahu A’alam

===========================
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala…

Tidak Tahu Diuntung – Membiarkan Sebuah Nikmat Terlepas

📆 Kamis, 26 Sya’ban 1437H / 02 Juni 2016

📚 *SIROH DAN TARIKH*

📝 Pemateri: *Ust. AGUNG WASPODO, SE MPP*

📝 *Tidak Tahu Diuntung – Membiarkan Sebuah Nikmat Terlepas*

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

_Military History_

Decatur’s Bold and Daring Act – The Philadelphia in Tripoli 1804, Mark Lardas, Osprey Publishing, Oxford, 2011.

Empat bulan sebelumnya, kapal perang Amerika Serikat tercanggih di zamannya, USA Philadelphia, berhasil dijebak dan direbut oleh Emir Tarabulus (sekarang Tripoli, Libya). Kapal perang ini ditambatkan di teluk Tripoli untuk menjalani perbaikan serta persiapan untuk dipakai kembali memerangi armada A.S. di perairan Afrika Utara.

*Lesson #1: sebuah keberhasilan harus ditindaklanjuti dengan peluang keberhasilan berikutnya, tidak ada kata istirahat kecuali sudah meninggal dunia.*

Sebuah kondisi yang tidak bisa diterima oleh komandan skuadron Mediterranean dibawah pimpinan Komodor Edwin Preble. Sebuah secanggih ini di tangan pelaut handal beserta awak yang berdedikasi akan mengobrak-abrik lawan.

*Lesson #2: melajulah dan jangan membiarkan lawan bermimpi punya harapan mengejar.*

Untuk mencegah mimpi buruk ini maka disusunlah rencana serbuan oleh tim kecil dibawah Letnan Stephen Decatur bersama awak dan pelaut pilihan. Misi tim komando ini adalah merebut kembali USS Philadelphia atau, jika tidak dimungkinkan, membakarnya hingga tenggelam.

*Lesson #3: kerja besar kadang hanya membutuhkan tim kecil yang bernyali besar serta tak putus berdoa.*

Misi ini nyaris gagal karena berbagai hal, namun pada akhirnya kapal tersebut terpaksa dibakar agar tidak jatuh ke tangan pelaut-pelaut Tripoli. Keberhasilan ini bahkan mendapatkan pujian dari Admiral Horatio Nelson dari Inggris dalam untaian kata “the most bold and daring act of the Age.”

*Lesson #4: pujian lawan itu tidak terlalu penting, asal mereka menyegani itu sudah cukup.*

Seperti apa persisnya jalan operasi militer senyap ini hanya bisa dinikmati dengan membaca tuntas buku setipis 80 halaman ini.

Dalam perjalanan menuju Kebon Jeruk guna menyampaikan sejarah Nabi SAW. Melintasi stasiun Pasar Minggu Baru, 28 Mei 2016

Masuk perpus koleksi pribadi, 27 Mei 2016.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

💼 Sebarkan! Raih pahala…

Shalahuddin Dalam Jarak Dekat

📆 Kamis, 26 Sya’ban 1437H / 02 Juni 2016

📚 *SIROH DAN TARIKH*

📝 Pemateri: *Ust. AGUNG WASPODO, SE MPP*

📝 *Shalahuddin Dalam Jarak Dekat*

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

_Five Lessons for Myself_

Dua buku yang sama. Sebelah kiri berjudul _”The Life of Saladin (1137-1193 AD)”_ sudah dalam bahasa Inggris dan di sebelah kanan masih dalam bahasa aslinya _”Kitab Sirah Shalahuddin al-Ayyubi an-Nawadir as-Sulthaniyyah wal-Mahasin al-Yusufiyyah”_ keduanya tulisan al-Qadhi Baha’uddin ibn-Syaddad. Nama asli penuslinya adalah Yusuf Ibn Rafi’ ibn Tamim al-Asadi atau Abul Mahasin.

*Lesson #1: do great things or write them*

Beliau adalah seorang ahli hadits, seorang hakim untuk kota Halab (Aleppo), bermahzab Syafi’i, danlahir di kota Mawsil (Mosul), Irak. Beliau pernah menjabat sebagai asisten professor di Madrasah Nizamiyah di Baghdad sebelum pulang dan menjadi professor di madrasah Kamaliyah di Mosul.

*Lesson #2: get out of town and see the world*

Setelah menunaikan hajji pada tahun 1188 ia kembali melintasi Damaskus dan diminta untuk bertemu Shalahuddin yang sedang mengepung Kawkab. Di tengah pertempuran itu Shalahuddin menawarkan ia puncak jabatan pada madrasah Manazilul-‘Izz di Kairo; beliau menolaknya dengan halus.

*Lesson #3: know when to say no*

Ketika di lain waktu ia menemui Shalahuddin yang tengah mengepung benteng Kaum Salibis di Hisn al-Aqrad, beliau menghadiahkan tulisannya tentang keutamaan jihad fi sabilillah. Dari pertemuan ini keduanya menjadi semakin dekat hingga akhirnya Shalahuddin berhasil meyakinkan Baha’uddin untuk bersedia diangkat sebagai Qadhi al-Askar atau hakim militer serta menduduki jabatan sebagai hakim utk kota al-Quds.

*Lesson #4: know when to say yes*

Beliau mendampingi Shalahuddin hingga akhir hayat sultan. Dalam banyak momen, beliau berada sangat dekat dengan sultan baik sebagai pencatat sejarah maupun sebagai penulis penasihatnya. Keduanya sama-sama bernama Yusuf.

*Lesson #5: get a good name for your children*

Buku yang sangat direkomendasikan utk rekan-rekan yang meminati sejarah Yusuf Ibn Najmuddin atau lebih populer dikenal sebagai Sultan Shalahuddin.

Sore yang sejenak tertahan air hujan,
Depok, 20 Mei 2016

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

💼 Sebarkan! Raih pahala…

Sejarah Kerajaan Saudi Arabia

👳Ustadz Menjawab👳
✒Ustadz Dr. Wido Supraha
(supraha.com)

📆Rabu, 1 Juni 2016 M
                25 Sya’ban 1437 H
🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Assalamu’alaikum Ustadz ingin tanya sejarah, sebelum kerajaan saudi berkuasa sekarang, kerajaan apa/siapa yg menguasai mekkah dan madinah? Dan mazhab apa yang di gunakan? Syukron.
afwan trs nyambung sampe kepada maksudnya, kpd munculnya Wahabi ?
Jzklh.

Jawaban:
————

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Sebelum Kerajaan Saudi yang berkuasa sekarang, tentunya ragam kepemimpinan telah menguasai negeri sejak masa Nabi Muhammad ﷺ, hingga kemudian Kesultanan Turki Utsmani memimpin kekhalifahan.

Saudi sendiri sebagai sebuah kerajaan, dalam catatan sejarah, telah mencoba memisahkan diri dari Kekhalifahan Turki Utsmani, sehingga nantinya kita kenal tokoh-tokoh Turki seperti Muhammad Ali Pasya dan anaknya Ibrahim Pasya.

Sempat berhasil ditaklukkan Turki, kemudian mencoba untuk bangkit kembali, dan kemudian runtuh kembali, dan akhirnya pada 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman al-Saud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Saudi Arabia yang kita kenal sekarang, dengan wilayah kekuasaan jauh lebih kecil dibandingkan pada saat memisahkan diri pertama kali dari kekhalifahan Turki yang sempat menguasai Uni Emirat, Qatar, Oman, Yaman, dan Bahrain.
Wallāhu a’lam,

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

Dipersembahkan oleh :
www.iman- Islam. com

🕋Sebarkan! Raih Pahala..

Merawat Kakek, Tanggung Jawab siapa??

🎀Ustadzah Menjawab🎀
✒Ustadzah Nurdiana

📆Rabu, 1 Juni 2016 M
                25 Sya’ban 1437 H
🌿🌺🍁🌻🌼🌸🍄🌷🌹

Assalamu’alaikum
Mau bertanya, saya tinggal serumah dengan kakek suami (ayah dari ibu mertua saya) sedang ibu mertua tinggal dikota lain. Kakek sudah tua dan sakit-sakitan sehari-hari saya yang mengurus keperluannya, sedangkan saya juga harua mengurus ibu saya yang sudah janda (ibu tinggal di kota yang sama dengan saya). Ibu mertua tidak dapat selalu mengunjungi kakek karena harus mengurus cucu-cucunya (anak-anak dari adik-adik suami). Yang mau saya tanyakan adalah dalam pandangan Islam kewajiban yang mana yang paling utama bagi saya, yang harus saya penuhi terlebih dahulu, apakah mengurus kakek atau ibu saya. Lalu kewajiban yang mana yang paling utama bagi ibu mertua, yang harus beliau penuhi terlebih dahulu, apakah mengurus ayahnya atau cucu-cucunya? Demikian, terimakasih
(Member A19)

🍃🍃Jawaban🍃🍃

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Alhamdulillah wa binikmatillah, kalau bicara normatifnya kita semua pasti sudah tahu, bahwa kakek menjadi tanggung jawab ibu mertua.

Tapi realitasnya kakek ada di rumah penanya, sebagai cucu  yang baik maka terimalah kehadiran kakek. Jangan sebagai beban tapi bagaimana kita menerima kakek dengan suka cita, karena dengan hadirnya menjadi wasilah Rahmat dan keberkahan turun di rumah penanya.

Sekaligus hadirnya kakek memberi kesempatan tuk mendapat kunci surga dengan syarat ikhlas dan ikhsan merawat kakek.

InsyaAllah dengan kita merawat kakek, mudah-mudahan memberi kebaikan juga dengan ibu kita, karena ibu tidak serumah tentunya kita tidak bisa merawat seintensif kalau beliau di rumah dan kita bisa keluar mengunjungi ibu bila di izinkan suami. Bila memungkinkan jalin komunikasi yang baik dan pahamkan ke adik lewat suami bahwa ibu mertua lebih wajib merawat kakek, bukan cucu.
Wallahu a’lam.

🌿🌺🍁🌻🌼🌸🍄🌷🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

📲Sebarkan! Raih pahala..

Bagaimana Jual Barang Ilegal??

🎀Ustadzah Menjawab🎀
💐Ustadzah Novria, S.Si

📆Rabu, 1 Juni 2016M
                25 Sya’ban 1437H
🌿🌺🍁🌻🍄🌼🌷🌹

Assalamualaikum ustadz/ah.., saya mau nanya bagaimana hukum menjual atau transaksi gula ilegal?
Terimakasih. Member A34.

Jawaban
————-

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Secara umum barang ilegal timbul karena adanya larangan atau pembatasan barang2 tertentu dr pemerintah karena berbagai macam hal. Misalnya pajak, izin usaha dll..

Ditemukan beberapa hadits Nabi yang menjelaskan transaksi jual beli yang masuk dalam kategori dilarang untuk dipraktekan.

_Beberapa transaksi jual beli yang dilarang dalam Islam di antaranya adalah:_

1. ba’i al-gharar (jual-beli yang mengandung unsur ketidakjelasan, *ba’i al-ma’dum* (transaksi jual-beli yang objek barangnya tidak ada), *ba’i najasy*(jual-beli yang ada unsur penipuan dengan menciptakan rekayasa permintaan palsu)

2. talaqqi rukban (transaksi jual-beli yang menciptakan tidak lengkapnya informasi di pasar karena penjualnya dihadang di tengah jalan), transaksi jual-beli pada objek yang diharamkan, dll.

_Praktek jual beli Ilegal dilarang karena :_

1. transaksi yang ilegal karena barang ilegal adalah barang yang statusnya tidak diakui di pasar. Barang-barang diselundupkan agar tidak kena bea-cukai.

2. transaksi ilegal akan mengganggu keseimbangan pasar karena harganya lebih murah dari barang yang legal.

Rasulullah SAW melarang bentuk transaksi yang berakibat pada terganggunya mekanisme pasar.

Dari sisi penawaran (supply) kondisi harga pasar akan terganggu. Hal ini sama dengan model transaksi talaqqi rukban yang dilarang oleh Rasulullah SAW karena efeknya sama-sama mempengaruhi mekanisme pasar.

3. ajaran Islam memberikan panduan bagi umatnya untuk menggunakan barang dan produk yang halal. Produk ilegal tidak jelas (gharar) asal-usulnya. Bisa jadi, produk ilegal berasal dari praktek yang dilarang dalam Islam, seperti hasil pencurian.

Jadi, jual-beli barang ilegal sebaiknya dihindari karena alasan di atas, di samping kegiatan melawan undang-undang dan peraturan pemerintah.
Wallahu a’lam bi ash-shawab.

🌿🌺🍁🌻🍄🌼🌷🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼Sebarkan! Raih Bahagia….