MATI YANG BAGAIMANA YANG DISEBUT MATI SYAHID?

0
40

๐Ÿ‘ณUstadz Menjawab
โœUst. Farid Nu’man Hasan

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

๐Ÿ“ŒAssalamualaikum wr wb ustadz/ah…Saya mau bertanya, tentang mati syahid. Mati seperti apa sajakah yg termasuk mati syahid? Dan mohon penjelasan nya tentang macam2 mati syahid. Terima kasih….. ๐Ÿ…ฐ2โƒฃ8โƒฃ

Jawaban;
—————–
Bismillah wal Hamdulillah …
Orang-orang yang mati syahid itu banyak, di antaranya:

1โƒฃ Dibunuh Karena Amar Maโ€™ruf Nahi Munkar Kepada Penguasa Zalim

Dari Jabir radhiallahu โ€˜anhu, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam  bersabda,

 ุณูŠุฏ ุงู„ุดู‡ุฏุงุก ุญู…ุฒุฉ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู…ุทู„ุจ ุŒ ูˆุฑุฌู„ ู‚ุงู„ ุฅู„ู‰ ุฅู…ุงู… ุฌุงุฆุฑ ูุฃู…ุฑู‡ ูˆู†ู‡ุงู‡ ูู‚ุชู„ู‡

โ€œPenghulu para syuhada adalah Hamzah bin Abdul Muthalib, dan orang yang berkata benar kepada penguasa kejam, ia melarang dan memerintah, namun akhirnya ia mati terbunuh.โ€   (HR. Al Hakim, Al  Mustdarak-nya, Ia nyatakan shahih, tetapi Bukhari-Muslim tidak meriwayatkannya.  Adz Dzahabi menyepakatinya. Syaikh Al Albany mengatakan hasan, dia memasukkannya dalam kitabnya As Silsilah Ash Shahihah,  No. 374)

3โƒฃ  Dibunuh Karena Melindungi Harta

Dari Ibnu Umar Radhiallahu โ€˜Anhuma, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ

โ€Barangsiapa yang dibunuh karena hartanya, maka dia syahid.โ€   (HR. Al Bukhari No. 2348)

3โƒฃ  Dibunuh karena membela agama, keluarga, dan darahnya (kehormatan)

Dari Saโ€™id bin Zaid Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ุฏููŠู†ูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ุฏูŽู…ูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ

Barangsiapa yang dibunuh karena hartanya maka dia syahid, barangsiapa dibunuh karena agamanya maka dia syahid, barangsiapa yang dibunuh karena darahnya maka dia syahid, barangsiapa yang dibunuh karena membela keluarganya maka dia syahid.โ€   (HR. At Tirmidzi, No. 1421, katanya: hasan shahih. Abu Daud, No. 4177. An Nasaโ€™i,  No. 4095. Ahmad, Juz.  4, Hal. 76, No. 1565. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib, Juz. 2, Hal. 75, No. 1411)

4โƒฃ  Mati karena penyakit thaโ€™un, sakit perut, dan tenggelam

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

  ู…ูŽุง ุชูŽุนูุฏู‘ููˆู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽู‡ููŠุฏูŽ ูููŠูƒูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุดูู‡ูŽุฏูŽุงุกูŽ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุฅูุฐู‹ุง ู„ูŽู‚ูŽู„ููŠู„ูŒ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ููŽู…ูŽู†ู’ ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู…ูŽุงุชูŽ ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู…ูŽุงุชูŽ ูููŠ ุงู„ุทู‘ูŽุงุนููˆู†ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู…ูŽุงุชูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุจูŽุทู’ู†ู ููŽู‡ููˆูŽ ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ู…ูู‚ู’ุณูŽู…ู ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุจููŠูƒูŽ ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุฑููŠู‚ู ุดูŽู‡ููŠุฏ

Siapa yang kalian anggap sebagai syahid? Mereka menjawab: โ€œOrang yang dibunuh di jalan Allah, itulah yang syahid.โ€ Nabi bersabda: โ€œKalau begitu syuhada pada umatku sedikit.โ€ Mereka bertanya: โ€œSiapa sajakah mereka wahai Rasulullah?โ€ Nabi menjawab: โ€œSiapa yang dibunuh di jalan Allah dia syahid, siapa yang mati di jalan Allah dia syahid, siapa yang mati karena thaโ€™un dia syahid, siapa yang mati karena sakit perut maka dia syahid.โ€ Ibnu Miqsam berkata: โ€œAku bersaksi atas ayahmu, pada hadits ini bahwa Beliau bersabda: โ€œOrang yang tenggelam juga syahid.โ€ (HR. Muslim No. 1915)

5โƒฃ Juga karena melahirkan, tertiban, dan terbakar. Sebagaimana hadits berikut:

ุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉู ุณูŽุจู’ุนูŒ ุณููˆูŽู‰ ุงู„ู’ู‚ูŽุชู’ู„ู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽุทู’ุนููˆู†ู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุฑูู‚ู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุตูŽุงุญูุจู ุฐูŽุงุชู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู’ุจู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุจู’ุทููˆู†ู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุตูŽุงุญูุจู ุงู„ู’ุญูŽุฑููŠู‚ู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ูŠูŽู…ููˆุชู ุชูŽุญู’ุชูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽุฏู’ู…ู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุชูŽู…ููˆุชู ุจูุฌูู…ู’ุนู ุดูŽู‡ููŠุฏูŒ ยป.

Mati syahid itu ada tujuh golongan, selain yang  terbunuh fi sabilillah: โ€œOrang yang kena penyakit  thaโ€™un, tenggelam, luka-luka di tubuh, sakit perut, terbakar, tertiban, dan wanita melahirkan.โ€ (HR. Abu Daud No. 3113, shahih)

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:

ู‚ุงู„ ุงู„ุนู„ู…ุงุก:ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจุดู‡ุงุฏุฉ ู‡ุคู„ุงุก ูƒู„ู‡ู…ุŒ ุบูŠุฑ ุงู„ู…ู‚ุชูˆู„ ููŠ ุณุจูŠู„ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุฃู†ู‡ู… ูŠูƒูˆู† ู„ู‡ู… ููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ุซูˆุงุจ ุงู„ุดู‡ุฏุงุกุŒ ูˆุฃู…ุง ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุงุŒ ููŠุบุณู„ูˆู†ุŒ ูˆูŠุตู„ู‰ ุนู„ูŠู‡ู….

  Berkata para ulama: Yang dimaksud   syahadah (mati syahid) adalah bagi mereka semua,  selain karena terbunuh di jalan Allah,   dan sesungguhnya bagi mereka di akhirat akan mendapatkan ganjaran syuhada, ada pun di dunia mereka tetap dimandikan dan dishalatkan. (Fiqhus Sunnah, 2/633)
Demikian. Wallahu A’lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan :
Www.iman-islam,com

๐Ÿ’ผSebarkan! Raih pahala, …….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here