Peminjam Ridho Membayar Bunga Pinjaman Karena Merasa Tertolong

โœUst. Rikza Maulana Lc. M.Ag
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท
Assalamualaikum.                
___________________
Pertanyaan nya.            
1โƒฃ. maaf, mau tanya tentang riba lebih lanjut…
jika orang yg dihutangi merasa tertolong atas peminjaman bagaimana? dan, kelebihan pengembalian hutang tidak menjadi masalah. termasuk pemberian gandum dan sebagainya itu. ridho memberi karna rasa terimakasih.
jika seperti itu, apakah hukumnya masih riba?
โฌ† pertanyaan dari A 28
2โƒฃ  Kl jual beli tp di kredit 10x bgm?krn setiap penjual pasti mengambil untung..
โฌ† pertanyaan dari A 10.                                                    
___________________
Jawabannya.                                   
Wa alakum salam wr wb.                                             
1โƒฃ. Saling ridho itu merupakan syarat lanjutan dalam akad, dan dia terkait dengan syarat sebelumnya. Artinya dia tdk bisa berdiri sendiri. Kalau substansi akadnya batal, maka sudah pasti akadnya tdk sah walaupun saling ridho. Maaf, penjual narkoba dengan pembelinya, bisa jadi saling ridha, saling butuh dan saling ikhlas ketika transaksi. Tapi ia batal karena objeknya haram. Maaf juga antara wanita tuna susila dengan lelaki hidung belang, bisa jadi saling ridho dalam transaksi asusila, tapi jelas batal demi hukum karena objek jasa nya haram. Pun demikian dengan riba, antara peminjam dan peminjam adalah batal, tidak sah serta berdosa meskipun mereka salimg ridho.
2โƒฃ.  Hukum jual beli cicil (kredit) hukum asalnya adalah boleh, dengan syarat tidak ada riba/bunga di dalamnya dan disepakati du awal akad. Penjual boleh saja menjual dgn harga lebih tinggi atau mengambil keuntungan lebih besar pada transaksi jual beli secara cicil selama tidak menggunakan bunga dan ada kesepakatan harga jual di awal kontrak dengan pembeli. Jika keuntungan dikaitkan dengan bunga, maka hukumnya menjadi riba.
Wallahu A’lam 
๐ŸŒบ๐Ÿ€๐ŸŒป๐Ÿ๐Ÿ„๐ŸŒท๐ŸŒธ๐ŸŒน
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
๐Ÿ’ผSebarkan! Raih bahagia..

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *