Adab Buang Hajat

0
44

Pertanyaan

Assalamualaykum Ustadz.. Mohon penjelasan tentang adab B.A.K (buang air kecil), terutama untuk para ikhwan berikut dalil2nya.


Jawaban

Oleh: Ustadzah Ida Faridah

Adab membuang hajat

1. Jangan menyentuh kemaluan dengan tangan kanan. Rosulullah saw bersabda “janganlah seseorang di anatara kamu menyentuh kemaluanya dengan tangan kanan saat kencing dan janganlah cebok (istinja) dengan tangan kanannya (HR. Bukhori dan muslim)

2. Jangan menghadap kiblat atau membelakangi kiblat saat buang air. Rosulullah saw bersabda ” dan janganlah kamu menghadap kiblat dan jangan pula membelakanginya saat berak atau kencing, tetapi menghadaplah ketimur atau kebarat (HR. Tujuh ahli hadist)

3. Jangan berbicara saat buang air. Rosulullah saw bersabda ” apabila dua org buang air besar maka hendaklah tiap-tiap  seseorang dari mereka berlindung dari temanua dan janganlah mereka berbicara karena Allah murka kepada yang demikian itu. (HR. Muslim)

4. Janganlah buang air di jalan atau d tempat berteduh. Rosulullah saw bersabda “jauhilah perbuatan dua org yg menyebabkan laknat, yaitu buang air di jalan atau di perteduhan mereka (HR. Muslim)

Wallahu a’alam


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here