Setiap Orang Bisa Meraih Surga dengan Kelebihannya

0
102

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

📝 Pemateri: Ustadz Faisal Kunhi MA

لا تحتقر من دونك فلكل شيئ مزية

“Jangan menghina seseorang di bawahmu karena setiap orang memiliki kelebihan“

Penjelasan:

1. Jangan pernah meremehkan seseorang pun baik ia masih muda atau sudah tua, jika ia masih muda bisa jadi dosanya lebih sedikit darimu, dan jika ia sudah tua maka bisa jadi amal shalihnya lebih baik darimu.

2. Setiap orang punya kelebihan maka jangan sombong dengan kelebihan yang engkau miliki karena bisa jadi ia memilki ilmu yang tidak bisa engkau kuasai.

3. Allah berfirman:
“Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing–masing) (Al Baqoroh 60).

Makna ayat ini senada dengan ayat lain, hanya disebut dalam redaksi yang berbeda yaitu
“Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing–masing (Al-Isra 84),

Artinya setiap orang tumbuh dan terbiasa dengan kelebihan yang Allah titipkan kepadanya.

4. Rasulullah saw bersabda:
“Beramallah kalian ! sebab semuanya telah dimudahkan terhadap apa yang Allah ciptakan untuknya (Hr Bukhari 7112, Shahih Muslim 2648).

Hadist ini mengajarkan tentang pentingnya bagi seseorang untuk mengetahui kelebihan dan kemampuan yang Allah berikan kepadanya agar ia gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat karena setiap manusia memilki kemampuan dan kelebihan yang tidak sama.

5. Para sahabat nabi pun memilki kemampuan yang berbeda–beda, di antara mereka ada yang hebat dalam berperang, ada yang mahir dalam merangkai Syair dan lain sebagainya.

6. Ada baiknya jika kita hadirkan kisah yang di riwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya At-Tamhid, bahwa ada seorang ahli ibadah yang bernama Abdullah bin Abdul Aziz Al–Umari pernah menulis sepucuk surat kepada Imam Malik agar ia menyendiri dalam beribadah dan beramal serta tidak membuat majlis ilmu.

Maka Imam Malik menuliskan surat balasan untuknya

“Sesungguhnya Allah telah membagikan amalan sebagaimana dia telah membagikan rizqi. Mungkin saja seorang hamba di bukankan pintu surge untuknya dengan banyak melakukan shalat, namun ia tidak di takdirkan untuk banyak berpuasa. Hamba yang lain di taqdirkan untuk banyak bershadaqah, tetapi ia tidak di taqdirkan banyak berpuasa. Hamba yang lainnya di taqdirkan dapat berjihad, namun tidak ditakdirkan sebagai ahli shalat. Sesungguhnya menyebarkan ilmu dan mengajarkannya adalah salah satu amal baik yang sangat utama.

Saya telah ridha dengan apa yang di taqdirkan Allah untukku sebagai orang yang sibuk dengan ilmu dan sibuk mengajarkannya.

Saya dan Anda sungguhlah tidak sama, akan tetapi saya mengharapkan kita semua dalam kebaikan dan setiap kita harus ridha dengan apa yang telah di tentukan untuknya, Wassalam“.

7. Kelebihan yang Allah berikan kepada kita bisa di munculkan dengan banyak berlatih dan belajar karena itu juga perintah-Nya.

8. Jadikan kelebihan dan bakat yang Allah berikan kepada kita untuk berlomba meraih syurganya dan menebar manfaat antar sesama.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here