Doa mendapatkan anak yang salih

Lima Langkah Membangun Karakter Anak(part 2 of 2)

📝 Pemateri: Ust. Irwan Rinaldi

Sahabat sekalian. Dibagian pertama kita sudah membahas 2 langkah pertama dari 5 langkah cara membangun karakter anak.

Sekarang mari kita lanjutkan dengan langkah ke 3.

👪 Langkah 3.

Latih anak untuk menggambarkan terlihat seperti apa dan terdengar seperti apa setiap karakter.

Tidak ada jalan yang sempurna untuk mengajarkan karakter, tapi riset menunjukkan bahwa untuk mengajarkan  keterampilan baru selain dengan meminta anak untuk memikirkan bagaimana melakukan satu karakter, dapat juga orang tua menunjukkan karakter target kepada anak.

Orang tua dapat memperkenalkan karakter dengan cara memodelkan kepada anak dan membuat pendidikan karakter menjadi sekonkrit mungkin.

Tiga cara yang dapat anda lakukan:

💎 Role plays karakter:

Beberapa orang tua menemukan hal yang sangat membantunya saat orang tua atau anak mencoba melakuan role-play bagaimana tampaknya satu karakter di depan anak-anak. Ini adalah cara sederhana untuk menunjukkan secara tepat terlihat dan terdengar seperti apa target karakter tertentu.

💎 Lakon pendek karakter

Anak dapat membuat lakon pendek tentang karakter dan menampilkan saat asembli sekolah atau di setiap kelas untuk menunjukkan kepada anak lain pentingnya karakter, juga untuk menunjukkan terlihat dan terdengar seperti apa karakter tersebut.

💎 Foto karakter

Foto anak yang benar-benar sedang menunjukkan karakter target. Cetak foto, perbesar fotonya, dan tempelkan di papan tulis sehingga dapat mengingatkan anak seperti apakah tampaknya keterampilan itu.

👪 Langkah 4: Berikan Kesempatan untuk Mempraktikkan Karakter

Secara umum, anak memerlukan banyak kesempatan untuk mempraktikkan perilaku baru. Teori belajar mengatakan diperlukan kurang lebih 21 hari praktik sebelum perilaku itu menjadi bagian dari diri anak. Hal ini adalah aturan penting untuk dapat diterapkan pada anak anda.
Tiga cara untuk membantu anak mengevaluasi kemajuan perilakunya:

💎 Merekam karakter

Anak dapat melihat kemajuan perilakunya dengan merekam satu sama lain karakter yang mulai menjadi bagian dari diri anak. Hasil rekaman dilihat kembali dan dianalisa oleh anak atau bisa juga dilihat oleh semua anak.

💎 Menulis refleksi pada buku catatan

Anak dapat mencatat kemajuan karakternya dengan cara mencatat setiap hari satu hal yang mereka lakukan yang menunjukkan perilaku dari target karakter.

💎 Berikan pekerjaan rumah karakter

Minta anak untuk mempraktikkan keterampilan di rumah dan mencatat usaha dan hasilnya di buku catatan.

👪 Langkah 5.

Berikan Masukan (Evaluasi) Efektif.

Langkah terakhir dalam mengajar karakter adalah untuk memperkuat perilaku anak yang sudah tepat atau memperbaiki perilaku yang masih kurang pas atau tepat saat ada waktu yang nyaman untuk membicarakannya.

Melakukan hal ini membantu menjelaskan kepada sisiwa: “kamu sudah melakukan hal yang tepat; pertahankan nak,” atau “kamu sudah hampir benar, tapi sebaiknya kamu melakukan hal ini.”

Menangkap anak melakukan perilaku yang salah sebelum menjadi kebiasaan buruk akan meningkatkan kesempatan bagi anak untuk melakukan perilaku atau ciri karakter positif.

Ini ada beberapa cara untuk mengingatkan anak atau memberikan masukan kepada anak:

💎 Gunakan kritik konstruktif. Jika perilaku anak tepat, segera katakana kepada anak “Apa yang kamu lakukan sudah benar.”

💎 Jika perilaku anak kurang tepat, katakan kepada anak apa yang harus dilakukan agar benar: “Apa yang kamu lakukan belum tepat, tapi ini yang harus kamu lakukan di lain waktu.”

💎L akukan perbaikan segera. Anak akan mendapatkan keuntungan dari koreksi yang diberikan segera.

💎Tangkap perilaku postif. Carilah selalu kesempatan untuk menangkap basah anak saat melakukan perilaku yang tepat. Jika orang tua memperkuat ciri karakter yang sudah dilakukan anak dengan tepat, anak akan cenderung mengulang perilaku tersebut.

Pendidik Dapat Membuat Perbedaan.

Dengan bertambah banyaknya anak yang tidak memiliki karakter tangguh  maka penting sekali sekolah mengintegrasikan perkembangan karakter dalam pelajaran untuk waktu yang cukup panjang. Harap perhatikan, pelajaran karakter terbaik  adalah saat karakter dapat terintegarasi secara alamiah.

Ada banyak cara untuk melatih karakter dengan menggunakan buku, video, music, kalimat baik, artikel, atau tokoh sejarah yang didalamnya ada tema yang menggambarkan karakter anak tangguh. Mungkin cara yang paling mudah adalah menonjolkan satu ciri karakter setiap bulannya.

Dengan melakukan hal ini akan mengoptimalkan kesempatan anak untuk mengembangkan karakter tangguh yang akan dipakai tidak hanya untuk hari ini, tapi sepanjang hidup mereka. Dari semua itu, jangan pernah melupakan peran anda sebagai orang tua pada perkembangan karakter anak anda. Anda dapat membuat perbedaan!.

Wallahu a’lam bishowab.
Semoga memberikan inspirasi.

🌿🌴🌿🌴


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *