Makna Kata “Makan Dengan 6 Usus dan 1 Usus”

0
26

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, benarkah ada hadist yang mengatakan bahwa orang kafir makan dengan 6 usus, sedangkan muslim makan dengan 1 usus, maksud hadist ini apa?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Haditsnya berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ الْمُسْلِمُ فِي مِعًى وَاحِدٍ وَالْكَافِرُ يَأْكُلُ فِي سَبْعَةِ أَمْعَاءٍ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Seorang mukmin itu hanya makan dengan satu usus, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh usus.” (HR. Bukhari no. 5396)

Hadits ini bukan bermakna hakiki, bahwa jumlah usus orang kafir ada tujuh. Sebab semua manusia jumlah usus di perutnya sama. Namun Ini adalah bahasa simbol dari rakusnya mereka terhadap makanan dan dunia, dan berbeda dengan orang mukmin yang merasa cukup dengan dunia.

Imam Ibnul ‘Arabi Al Maliki menjelaskan:

إنَّ ذلك عبارة عن رغبة الكافر وحرصه على الأكل والجمع؛ لأنّه لا يعلم المقصود من الدّنيا، ولا المطلوب من الغذاء، فإذا آمنَ وعلِمَ قَدرَ ما خُلِقَ له، قصر شهوته وحذف مساحةً كثيرةً من بطنه

Itu dalah ungkapan tentang hasratnya orang kafir terhadap makanan dan mengumpulkan (harta), karena mereka tidak tahu maksud dari kehidupan dunia dan tidak tahu apa yang diinginkan dari makanan. Jika seseorang beriman dan mengetahui kadar apa yang diciptakan untuknya niscaya dia akan membatasi syahwatnya dan menghilangkan hasrat isi perutnya. (Al Masalik fi Syarh Al Muwaththa’ Malik, jilid. 7, hal. 341)

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here