Amalan Apa yang Utama?

0
32

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, apakah benar amalan yang paling utama itu memperbanyak sholawat? Sedangkan amalan-amalan lain tidak utama, seperti beristighfar maupun membaca dan menghafal Al Quran. A_11

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Slamet Setiawan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda dalam banyak hadits yang menyebutkan bahwa ada amalan-amalan tertentu yang paling utama. Salah satunya adalah memperbanyak sholawat.Lalu apakah amalan lain tidak lebih utama daripada memperbanyak shalawat?

ketika kita teliti asbabul wurud dari hadits hadits yang membahas amalan utama, kita akan menemukan fakta bahwa Rasulullah memberikan amalan utama kepada sahabat yang satu dan lainnya berbeda-beda.

Satu ketika ada sahabat yang memiliki seorang ibu bertanya kepada Rasulullah amalan yang utama baginya, maka Rasulullah menjawab amalan utama baginya adalah berbakti kepada orang tua. di lain kesempatan Rasulullah memberikan amalan utama kepada sahabat yang lain adalah bersedekah. Dan di kesempatan yang lain Rasulullah mengatakan amalan utama adalah membaca dan menghafal Alquran.

Apakah Rasulullah tidak konsisten?

Rasulullah memberikan amalan utama kepada para sahabatnya dengan melihat konteks yang terjadi pada diri si penanya. Jika yang bertanya adalah orang yang lemah dalam sedekahnya, maka beliau memberikan amalan utama berupa sedekah. Jika ingin bertanya adalah orang yang lemah shalat jamaah nya,maka beliau akan memberikan amalan utama berupa shalat berjamaah. Dan seterusnya.

kesimpulan yang bisa kita tarik dari berbagai hadis yang membahas amalan amalan utama yang bisa kita lakukan adalah, amalan terbaik dan yang paling utama bagi kita adalah amalan yang kita lemah dan berat melakukannya. Jika kita lemah dalam hal sedekah mata amalan utama kita adalah sedekah. Sikap posisi kita memiliki orang tua yang perlu diurus, maka amalan utama bagi kita adalah berbakti kepada orang tua. Wallahualam.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here