Selagi Hidup, Nikmatilah

0
171

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Faisal Kunhi M.A

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

ุงู„ุฑุฒู‚ ู‡ูˆ ู…ุง ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ูฌ ูˆู„ูŠุณ ู‡ูˆ ู…ุง ุชุญุตู„ ุนู„ูŠู‡ ูฌ ูู‚ุฏ ุชุฑุจุญ ู…ุงู„ุงู‹ ูˆุงูุฑุงู‹ ูˆู„ูƒู†ูƒ ู„ุง ุชู†ูู‚ู‡ ูˆู„ุง ุชุณุชููŠุฏ ู…ู†ู‡ ูู„ุง ูŠูƒูˆู† ู‡ุฐุง ุฑุฒู‚ูƒ ูˆู„ูƒู†ู‡ ุฑุฒู‚ ุบูŠุฑูƒ ูฌ ูˆุฃู†ุช ุชุธู„ ุญุงุฑุณุงู‹ ุนู„ูŠู‡ ูฌ ู„ุง ุชู†ูู‚ ู…ู†ู‡ ู‚ุฑุดุงู‹ ูˆุงุญุฏุงู‹

Rizqi itu adalah apa yang bisa engkau ambil manfaat darinya dan bukan semua yang engkau peroleh. Anda telah memiliki harta yang berlimpah, tetapi anda tidak menginfakkannya dan tidak mendapatkan faidah darinya m, maka ini bukan rizqimu melain ia rizqi selainmu, engkau hanya sibuk menjaganya dan tidak membelanjakannya walau hanya satu qirsy ( uang mesir )
(Syaikh Mutawwali Asyarawi)

Harta yang sebenarnya adalah yang kita manfaatkan rasanya ,selebihnya kita hanya mengaku ngaku saja bahwa itu milik kita .

Seseorang yang punya mobil 10 buah ,maka mobil dia sebenarnya adalah yang ia gunakan hari ini .

Seseorang boleh saja mengaku punya rumah dimana – mana , namun rumah ia dia sebenarnya adalah yang hari ini ia tinggali bersama anak dan istrinya .

Ada orang yang memilki koleksi baju yang mahal mahal ,dan dengan angkuhnya dia berkata itu adalah milik dia ,ternyata usianya habis sebelum semua baju ia pakai .

Karenanya jangan takabbur dengan mengatakakan saya sudah punya rumah besar dikampung, mobil mewah dan sawah yang banyak, bisa jadi itu semua bukan rizqimu karena sampai saat ini engkau belum menikmatinya.

Uang yang ada direkeningmu bisa saja engkau hanya bisa melihat angka angkanya saja dan itu akan menjadi milik orang lain saat engkau wafat

Karenanya nikmatilah setiap pemberian yang telah Allah berikan kepadamu walau ia terlihat sederhana, karena nikmatnya pemberian itu ketika Allah memberikan kita kemampuan untuk bisa merasakan lapis lapis keberkahan dalam anugerahNya yang tidak bertepi

Dalam hadis dari Abdullah bin Sikhirradhiyallahu โ€˜anhu, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ู…ูŽุงู„ูู‰ ู…ูŽุงู„ูู‰ โ€“ ู‚ูŽุงู„ูŽ โ€“ ูˆูŽู‡ูŽู„ู’ ู„ูŽูƒูŽ ูŠูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ุขุฏูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงู„ููƒูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ู…ูŽุง ุฃูŽูƒูŽู„ู’ุชูŽ ููŽุฃูŽูู’ู†ูŽูŠู’ุชูŽ ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽุจูุณู’ุชูŽ ููŽุฃูŽุจู’ู„ูŽูŠู’ุชูŽ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽุตูŽุฏูŽู‘ู‚ู’ุชูŽ ููŽุฃูŽู…ู’ุถูŽูŠู’ุชูŽ

Manusia selalu mengatakan, โ€œHartakuโ€ฆ hartakuโ€ฆโ€ padahal hakekat dari hartamu โ€“ wahai manusia โ€“ hanyalah apa yang kamu makan sampai habis, apa yang kami gunakan sampai rusak, dan apa yang kamu sedekahkan, sehingga tersisa di hari kiamat. (HR. Ahmad 16305, Muslim 7609 dan yang lainnya).

Karena rizqi itu apa yang bisa engkau rasakan dan nikmati maka jangan gusar melihat mereka yang lebih dalam hal dunia ,sebuah nasihat indah berkata :

“ุฅุฐุง ุฃุฑุฏุชูŽ ุงู„ุณุนุงุฏุฉ ูู„ุง ุชู†ุธุฑ ู„ู…ู† ู‚ูุณู… ู„ู‡ู ุฃูƒุซุฑ ู…ู†ูƒ ุŒ ุจู„ ู„ู…ู† ู‚ูุณู… ู„ู‡ู ุฃู‚ู„”

” Jika engkau ingin bahagia maka jangan engkau melihat kepada mereka yang diberikan rizqi lebih darimu, tetapi lihatlah siapa yang diberikan rizqi lebih sedikit darimu.

Diantara manusia ada yang Allah uji dengan penyakit diabetes sehingga porsi makanannya serba ditakar padahal ia punya banyak uang untuk bisa membeli makakan apa saja.

Ada yang punya rumah tetapi selalu sibuk ,bahkan sabtu minggu pun selalu meeting dan rapat ,maka yang menikmati rumahnya adalah pembantunya ,karena anak anaknya juga broken home disebabkan tidak merasakann kasih sayang orang tuanya.

Ada yang Allah uji dengan diambil penglihatannya sehingga ia tidak bisa melihat semua yang ia miliki

Karena itu jangan takabbur saat ada dan jangan sedih ketika tidak ada sebab harta boleh berlimpah tetapi rasa nikmat itu sungguh Allah batasi .

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here