Bacaan Surat Al-Baqarah Mengusir Setan?

0
89

Pertanyaan:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz…
Dalam hadits di katakan bahwa rumah yang di bacakan surat Al-Baqarah maka setan akan lari. Apakah berarti itu harus dibaca ya Ustadz?
Kalau misalkan diputarkan murattal, apa setan juga akan lari?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Dalil bahwa surat Al Baqarah dapat mengusir syetan dari rumah adalah shahih ..

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah. (HR. Muslim no. 780)

Bahkan seandainya hanya dibaca dua ayat terakhir saja, itu juga sudah cukup:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ ، أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ ، وَلَا يُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ

“Sesungguhnya Allah telah menulis Al-Qur’an sejak dua ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Allah menurunkan dua ayat darinya sebagai penutup surah Al-Baqarah. Apabila keduanya dibaca dalam rumah selama tiga malam, niscaya setan tidak akan mendekati rumah tersebut.”

(HR. At Tirmidzi no. 2882. At Tirmidzi berkata: hasan)

Bahkan juga satu ayat saja dari Al Baqarah, yaitu ayat kursi (Al Baqarah:255).

Berdasarkan hadits shahih yang sangat panjang dari Abu Hurairah, tentang seorang pencuri yang ditangkap oleh Abu Hurairah tiga kali, diakhirnya pencuri itu memberitahu Abu Hurairah ayat yang dapat mengusir syetan yaitu:

Apabila engkau berbaring di tempat tidurmu, bacalah ayat Kursi: اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ (Al-Baqarah: 255) hingga engkau baca sampai akhir ayat. Bila engkau membacanya maka terus menerus engkau mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan sekali-kali tidak akan mendekatimu sampai pagi hari.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Rasulullah ﷺ, Beliau membenarkan dan berkata tentang pencuri itu: Dzaaka Syaithan (Dia adalah syetan).

(HR. Bukhari No. 2187)

Semua ini bisa dibacakan oleh pemilik rumahnya, anggota keluarganya, atau siapa pun yang membacanya secara rutin.

Ada pun kaset murattal juga termasuk di dalamnya, substansinya adalah diperdengarkan atau dibacakan ayat-ayat Al Baqarah di rumah tsb. Namun dengan membacanya langsung tentu lebih utama.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here