Belajar Agama Mau Jadi Ustadz

0
166

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, bagaimana menurut ustadz kalau kita belajar ilmu agama dengan tujuan atau niat ingin menjadi ustadz kemudian membangun sebuah pondok pesantren dengan belajar ilmu agama tersebut?

Jawaban

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Belajar agama dengan tujuan agama pula, mengabdi kepada Islam, dengan membangun pondok dan menjadi ustadznya, tidak masalah. Itu sama sekali bukan menganulir keikhlasan..

Ini sama seperti jika seorang anak yang sedang belajar buat persiapan Ujian Nasional. Jika kita tanya, buat apa belajar? Dia jawab “Saya belajar karena besok ada ujian”.. Ini jawaban tidak salah, jangan kita katakan: “Itu syirik, seharusnya belajar itu mencari ridha Allah”..

Atau pertanyaan: “Buat apa anda puasa Arafah?” Dia jawab: “Mengikuti perintah nabi dan agar terhapus dosa tahun lalu dan akan datang”, jawaban ini juga tidak salah, dan jangan dibenturkan dengan “ridha Allah”. Sebab, itulah memang fadhilahnya.

Mencari ridha Allah, bukan berarti menggugurkan target-target “administratif” yang alamiah dalam kehidupan manusia, tidak pula menggugurkan target-target yang memang Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam stimulus-kan untuk umatnya.

Misalnya, seseorang membaca Al Mulk, agar mendapatkan syafaat. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

سُورَةٌ مِنْ الْقُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

‘Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia di ampuni, yaitu; “Tabaarakalladzii biyadihil mulku…”. (HR. Abu Daud no. 1400)

Hadits ini dishahihkan oleh Imam Ibnu Hibban, Imam Hakim, dan Imam Adz Dzahabi. Dihasankan oleh Imam At Tirmidzi dan Syaikh Al Albani. (Shahih Abi Daud, 5/144)

Maka “agar mendapatkan syafaat”, tidaklah terlarang dan tidak pula seseorg mencurigai keikhlasannya. Sebab, itulah cara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merangsang umatnya untuk mau melakukannya.

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here