Mandi Wajib Setelah Nifas dan Haid

0
32

Pertanyaan

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz izin bertanya… Saya habis melahir kan dan sudah lewat 40 hari, ternyata saya langsung haid, jadi saya mau mandi wajib, saya bingung harus mandi wajib dgn niat untuk haid dulu atau nifas dulu. A/19

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim..

Jika benar demikian, yaitu setelah usai nifas langsung haid, maka tidak perlu mandi dulu. Sebab, kondisinya masih hadats besar. Ini hanya perpindahan dari hadats besar satu ke hadats besar lainnya. Sehingga mandi tersebut tidak bermanfaat.

Begitu pula bagi yang junub, lalu dia belum mandi dan setelah itu dia haid, maka dia tidak wajib mandi kecuali setelah usainya haid nanti.

Imam asy Syafi’i mengatakan:

إذا أصابت المرأة جنابة ثم حاضت قبل أن تغتسل من الجنابة لم يكن عليها غسل الجنابة وهي حائض، لأنها إنما تغتسل فتطهر بالغسل وهي لا تطهر بالغسل من الجنابة وهي حائض، فإذا ذهب الحيض عنها أجزأها غسل واحد

Jika seorang wanita mengalami junub, lalu dia haid dalam keadaab belum mandi dari junubnya, dan hanya mandilah yg mensucikan dirinya, namun dalam keadaan haid mandinya itu tidak bisa mensucikan dirinya. Disaat haidnya selesai maka sah baginya mandi dengan sekali mandi.

(Al Umm, 1/61)

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here