logo manis4

Ketika Seorang Hamba Beristirahat Di Alam Kuburnya

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Rikza Maulan, Lc., M.Ag

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐ŸŒน

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูุตูŽู„ุงู‘ูŽู‡ูุŒ ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ู†ูŽุงุณู‹ุง ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูŽุดูุฑููˆู†ูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู…ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ู„ูŽูˆู’ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู’ุชูู…ู’ ุฐููƒู’ุฑูŽ ู‡ูŽุงุฐูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽุฐู‘ูŽุงุชู ู„ูŽุดูŽุบูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ุนูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฑูŽู‰ุŒ ููŽุฃูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ู…ูู†ู’ ุฐููƒู’ุฑู ู‡ูŽุงุฐูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽุฐู‘ูŽุงุชู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠู‡ูุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุฑู’ุจูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ูˆูŽุญู’ุฏูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ุชู‘ูุฑูŽุงุจูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ุฏู‘ููˆุฏูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฏูููู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ู…ูŽุฑู’ุญูŽุจู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ุงู‹ุŒ ุฃูŽู…ูŽุง ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ู„ูŽุฃูŽุญูŽุจู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู…ู’ุดููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุธูŽู‡ู’ุฑููŠ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽุŒ ููŽุฅูุฐู’ ูˆูู„ู‘ููŠุชููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูˆูŽุตูุฑู’ุชูŽ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ููŽุณูŽุชูŽุฑูŽู‰ ุตูŽู†ููŠุนููŠูŽ ุจููƒูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽุชู‘ูŽุณูุนู ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฏู‘ูŽ ุจูŽุตูŽุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽูŠููู’ุชูŽุญู ู„ูŽู‡ู ุจูŽุงุจูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุฏูููู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ููŽุงุฌูุฑู ุฃูŽูˆู’ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ู„ุงูŽ ู…ูŽุฑู’ุญูŽุจู‹ุง ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ุงู‹ุŒ ุฃูŽู…ูŽุง ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ู„ูŽุฃูŽุจู’ุบูŽุถูŽ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู…ู’ุดููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุธูŽู‡ู’ุฑููŠ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽุŒ ููŽุฅูุฐู’ ูˆูู„ู‘ููŠุชููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูˆูŽุตูุฑู’ุชูŽ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ููŽุณูŽุชูŽุฑูŽู‰ ุตูŽู†ููŠุนููŠูŽ ุจููƒูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽู„ู’ุชูŽุฆูู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽู„ู’ุชูŽู‚ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุชูŽุฎู’ุชูŽู„ูููŽ ุฃูŽุถู’ู„ุงูŽุนูู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูุฃูŽุตูŽุงุจูุนูู‡ู ููŽุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽู‡ูŽุง ูููŠ ุฌูŽูˆู’ูู ุจูŽุนู’ุถูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽูŠูู‚ูŽูŠู‘ูุถู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุณูŽุจู’ุนููŠู†ูŽ ุชูู†ู‘ููŠู†ู‹ุง ู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู’ ูˆูŽุงุญูุฏู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ู†ูŽููŽุฎูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุจูŽุชูŽุชู’ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูŽุง ุจูŽู‚ููŠูŽุชู’ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ููŽูŠูŽู†ู’ู‡ูŽุดู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฎู’ุฏูุดู’ู†ูŽู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠููู’ุถูŽู‰ ุจูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุญูุณูŽุงุจูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ุฑูŽูˆู’ุถูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุฑููŠูŽุงุถู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุญููู’ุฑูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุญูููŽุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ)

Dari Abu Sa’id ra berkata, bahwa Rasulullah SAW memasuki tempat shalat beliau lalu beliau melihat orang-orang, sedang tertawa terbahak-bahk hingga terlihat gigi-giginya. Beliau bersabda, “Ingatlah, sesungguhnya bila kalian banyak-banyak mengingat pemutus segala kenikmatan (kematian) niscaya kalian tidak akan melakukan yang aku lihat. Karena itu perbanyaklah mengingat pemutus segala kenikmatan (kematian). Sesungguhnya tidaklah ada suatu hari melewati makam (pekuburan) melainkan ia akan berbicara, โ€˜Aku adalah rumah keterasingan, aku adalah rumah kesendirian, aku adalah rumah tanah, aku adalah rumah (yang dipenuhi dengan) cacing. Bila seorang hamba mu`min disemayamkan, makam berkata padanya, โ€˜Selamat datang, engkau adalah orang yang berjalan di atas punggungku yang paling aku sukai. Karenanya saat ini aku diberi kuasa untuk menemanimu dan kau kembali kepadaku. Engkau akan melihat apa yang akan aku lakukan padamu.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Lalu diluaskan baginya (kuburnya) sejauh mata memandang, dan dibukakan baginya pintu menuju surga. Dan (sebaliknya) bila seorang hamba yang keji atau kafir dikubur, maka makam berkata padanya, โ€˜Tidak ada (ucapan) selamat datang bagimu. Engkau adalah orang yang melintasi di atas punggungku yang paling aku benci. Karenanya saat ini aku diberi kuasa untuk menanganimu dan engkau kembali padaku. Engkau akan mengetahui apa yang akan aku lakukan padamu.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Lalu kubur menghimpitnya sehingga tulang belelangnya tidak karu-karuan (remuk), “Rasulullah SAW memperagakan dengan memasukkan sebagian jari-jemarinya ke sebagian yang lain.โ€ Berkata Abu Sa’id, Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Allah menguasakan untuknya tujuhpuluh ular besar. Andai salah satu diantaranya menghembus di bumi, nicaya tidak akan menumbuhkan apa pun selama dunia masih ada. Lalu semua ular tersebut menggigit dan melukainya hingga Yaumul Hisab.” Berkata Abu Sa’id, โ€˜Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kubur adalah salah satu taman surga atau salah satu liang neraka.” (HR. Tirmidzi)

ยฉ๏ธ Takhrij Hadits :

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam Sunannya, Kitab Shifatil Qiyamah Qar Raqaโ€™iq Wal Waraโ€™ an Rasulillah SAW, hadits no 2384

ยฎ๏ธ Hikmah Hadits :

1. Anjuran untuk tidak berlebihan dan tidak terlalu banyak tertawa, terlebih-lebih tertawa hingga terbahak-bahak, baik karena adanya suatu lelucon yang dibuat, atau karena menceritakan sesuatu yang lucu. Hendaknya jikapun tertawa maka jangan berlebihan. Dalam Al-Qurโ€™an Allah SWT berfirman :

ููŽู„ู’ูŠูŽุถู’ุญูŽูƒููˆุงู’ ู‚ูŽู„ููŠู„ุงู‹ ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุจู’ูƒููˆุงู’ ูƒูŽุซููŠุฑุงู‹ ุฌูŽุฒูŽุงุก ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุงู’ ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ ๏ดฟูจูข๏ดพ

Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan. (QS. At-Taubah : 82)

2. Mengingat kematian akan menjadikan hati seseorang semakin lembut, semakin takut kepada Allah SWT dan semakin mengingatkan akan kehidupan di hari akhirat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat di atas, โ€œIngatlah, sesungguhnya bila kalian banyak-banyak mengingat pemutus segala kenikmatan (kematian), niscaya kalian tidak sempat melakukan yang aku lihat (banyak tertawa). Karena itu perbanyaklah mengingat pemutus segala kenikmatan (kematian)..โ€ (HR. Tirmidzi)

3. Anjuran untuk mengingat kematian, khususnya pada saat melewati area pekuburan. Karena kelak area itu akan menjadi tempat tinggal setiap manusia, jika telah tiba ajalnya. Bahkan riwayat di atas juga menggambarkan bahwa setiap melewati pekuburan, maka kuburan tersebut berkata menggambarkan tentang sifat dari pekuburan. Ada 4 sifat alam kubur yang digambarkan dalam hadits di atas, yaitu :

a. Kuburan adalah rumah keterasingan, karena umumnya kuburan jauh dari pemukiman warga, jauh dari pusat pertokoan, bahkan manusia pun secara fitrahnya enggan berjalan melalui pekuburan. Maka pada saat di kubur, diibaratkan seseorang akan terasing dari oran lain.

b. Kuburan adalah rumah ketersendirian, karena kelak seseorang akan di kubur seorang diri. Tidak akan ada satupun yang menemaninya. Keluarga, kerabat, sahabat, teman dekat, satu persatu akan pergi meninggalkannya seorang diri di dalam kubur. Satu-satunya teman setia di alam kubur hanyalah amal shalehnya, sebagaimana disebutkan di dalam hadits.

c. Kuburan adalah rumah tanah, karena kuburan umumnya berupa tanah yang digali hanya berukuran Panjang dan lebarnya sekitar 1 X 2 meter saja, dengan kedalaman sekitar 1,5 โ€“ 2 meter. Pakaian yang dipakai hanyalah kain kafan berwarna putih saja, tanpa ada kantongnya, dan tidak ada tempat menyimpan uang, kartu ATM, dsb. Hanya tanah menjadi alas dan selimutnya.

d. Kuburan adalah rumah yang dipenuhi dengan cacing-cacing tanah. Karena di dalam tanah memang yang ada hanyalah cacing tanah dan bintang-binatang tanah lainnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat di atas, โ€˜(kuburan berkata)..aku adalah rumah keterasingan, aku adalah rumah kesendirian, aku adalah rumah tanah, aku adalah rumah (yang dipenuhi dengan) cacing..โ€ (HR. Tirmidzi)

4. Adanya suasana yang berbeda antara kuburan seorang muโ€™min yang taat dan seorang kafir atau ahli masiat.
a. Seorang muโ€™min ketika wafat dan disemayamkan di dalam kuburnya, maka kuburannya akan menyambutnya dengan :
(1) ucapan selamat datang, โ€œAhlan wa marhabanโ€
(2) mendapakan pujian sebagai orang paling baik yang berjalan di muka bumi.
(3) Lalu akan dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang dan
(4) akan dihamparkan baginya jalan menuju pintu surga.

b. Sedangkan seorang kafir wafat dan disemayamkan di dalam kuburnya, maka dalam kubur :
(1) Tidak akan ada kata sambutan baginya
(2) Tidak ada pujian.
(3) Akan dikatakan padanya bahwa ia adalah seburuk-buruk manusia yang berjalan di muka bumi.
(4) Lalu kuburannya akan menghimpitnya hingga tulang-tulangnya remuk berantakan satu sama lainnya.
(5) Lalu kemudian Allah akan mengirimkan baginya 70 ekor ular besar yang akan melilitnya, yang jika satu ekor saja menghembus bumi, maka bumi tidak akan menumbuhkan apapun, karena panasnya hembusan nafas ular tersebut. Ular-ular tersebut akan menggigit dan melilitnya hingga yaumul hisab, naโ€™udzu billahi min dzalik.

5. Kubur bisa menjadi taman surga dan menjadi tempat istirahat yang damai dan tenang bagi orang beriman yang beramal shaleh dan membaguskan keimanannya kepada Allah SWT. Sebaliknya kubur juga bisa menjadi menjadi salah satu liang api neraka, bagi orang yang kufur dan ingkar kepada Allah SWT. Ulama mengatakan bahwa kubur laksana sebuah terminal yang akan mengantarkan seseorang ke alam kehidupan berikutnya. Jika seseorang selamat di alam kuburnya, maka ia insya Allah akan selamat di kehidupan berikutnya. Sebaliknya, jika seseorang merana di alam kuburnya, maka pertanda ia akan menderita di kehidupan selanjutnya. Maka mari kita perbaiki iman kita dan memperindah amal shaleh kita, dengan harapan mudah-mudahan bisa menjadi bekal terbaik bagi kehidupan setelah kematian kita.

6. Ada satu doa yang diajarkan Nabi SAW, agar kita juga turut mengamalkan doa tersebut agar kehidupan yang dilalui menjadi penambah segala kebaikan dan agar kematian kita kelak menjadi tempat beristirahat dari segala keburukan dan kemunafikan kehidupan dunia, yaitu sebagai berikut :

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠ ุฏููŠู†ููŠ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู‡ููˆูŽ ุนูุตู’ู…ูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠ ุฏูู†ู’ูŠูŽุงูŠูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุนูŽุงุดููŠ ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠ ุขุฎูุฑูŽุชููŠ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุนูŽุงุฏููŠ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉูŽ ุฒููŠูŽุงุฏูŽุฉู‹ ู„ููŠ ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ุฎูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽ ุฑูŽุงุญูŽุฉู‹ ู„ููŠ ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽุฑู‘ู (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

Dari Abu Hurairah ra berkata, โ€˜bahwa Rasulullah SAW berdoa sebagai berikut, “Ya Allah ya Tuhanku, perbaikilah bagiku agamaku yang merupakan pangkal urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Allah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala keburukan-keburukan dunia!” (HR. Muslim)

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *