Membeli Rumah Dengan Cara Kredit

0
51

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz… Saya mau bertanya, bagaimana hukum Islam dalam Kredit Rumah?
Karna keluarga ini ingin punya rumah sendiri dan hanya mampu utk kredit dan belum mampu utk cash. Apakah ada dalil yang membolehkan atau bagaimana Ustadz? A06

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

Jawaban

Oleh: Ustadz DR Oni Sahroni, MA

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Membeli rumah dengan cara kredit dari penjual itu dibolehkan. Misalnya beli rumah satu kavling secara tunai 300 juta, tetapi jika dibeli secara tidak tunai, berangsur cicil itu harganya 400 juta, maka selisih tersebut dibolehkan karena itu bagian dari margin dari hak penjual.

Nah, tetapi yang tidak dibolehkan adalah membeli rumah dengan cara kredit ribawi seperti melalui kredit di bank konvensional karena itu kredit ribawi. Oleh karena itu, saran saya beli dari penjual langsung secara kredit atau beli melalui bank syariah agar kreditnya halal.

Kenapa kredit dari penjual bank syariah atau developer itu halal? Karena sebagaimana hadits Rasulullah Saw.

عن عبد الله بن عمرو أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أشتري بعيرا ببعيرين إلى أجل (رواه أبو داود والدارقطني والبيهقي)

“Dari Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah Saw meminta saya untuk membeli satu unta dengan dua unta secara tidak tunai”. (HR. Abu Dawud, Daruquthni, dan Baihaqi).

Dan sebagaimana Rasulullah juga membolehkan transaksi salam dan istishna’ di mana dalam kedua transaksi tersebut itu diperjualbelikan secara tidak tunai dengan harga lebih. Sebagaimana hadits Rasulullah dari Ibn ‘Abbas;

مَنْ أَسْلَفَ فِي شَيْءٍ فَفِيْ كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ

“Barang siapa melakukan salaf (salam), hendaknya ia melakukan dengan takaran yang jelas dan timbangan yang jelas, untuk jangka waktu yang diketahui” (HR. Bukhari).

Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here