larangan melihat aurat orang lain

Pendidikan Seksual Pada Anak dan Remaja

πŸ“ Pemateri: Ustadzah Rochma Yulika

πŸƒπŸƒπŸŒΊπŸƒπŸƒπŸŒΊπŸƒπŸƒ

Secara umum fase kehidupan manusia bermula dari kelahiran atau ketika masih balita kemudian fase anak-anak yakni ketika mereka berada di sekolah dasar. Setelah fase anak-anak orang pada umumnya mengenal fase remaja. Tapi dalam sejarah kenabian lebih tepat dengan istilah pemuda. Tapi apa pun istilahnya yang pasti ada sebuah fase antara anak-anak menuju dewasa.

Biasanya fase remaja ini antara usia 11-21 ditandai dengan mulainya baligh. Untuk perempuan dengan mulai menstruasi dan laki-laki dengan mimpi basah. Atau istilah lain adalah The Ten Years. Masa sepuluh tahun.

Mengenali perubahan dari anak-anak ke remaja atau pemuda. Sejumlah pakar mencatat akan terjadi lonjakan kondisi kejiwaan pada mereka. Beberapa tandanya antara lain:

1. Adanya keinginan untuk menyendiri atau mengisolasi diri. Dia lebih memilih teman yang dipercaya. Kita amati di sekitar ketika masa baligh tiba, dia akan cenderung dengan satu atau dua orang yang bisa memberinya ruang untuk berekspresi. Karena hanya dengan teman dekatnya merasa bisa mencurahkan apa yang dirasakannya.

2. Enggan beraktivitas atau malas melakukan sesuatu. Pada masa ini kecenderungan untuk melawan perintah orang tua muncul. Ada masa melawan dan mungkin saat ini kita kenal dengan istilah mager.

3. Mudah merasa bosan dan tak nyaman. Mereka ingin melakukan banyak kegiatan tapi terkadang tidak tahan lama atau kurang optimal sehingga mudah berganti dengan kegiatan lain.

4. Mulai menolak dan membangkang. Memang tidak mutlak keadaan ini maka sebagai orang tua harus mempersiapkan secara optimal di masa anak-anak dengan pembentukan karakter yang kuat dan memberikan lingkungan yang baik.

5. Kondisi yang terkadang mudah memuncak. Mereka sebenarnya sedang beradaptasi dengan kondisi gejolak jiwanya. Mungkin banyak waktu untuk mendengarkan luapan perasaannya dan sedikit nasihat saja untuk mereka.

6. Lebih memperhatikan masalah biologis. Ada jerawat satu dipikir, wajahku menarik tidak, sering bercermin, memikirkan penampilan. Dan sebagainya.

Hal di atas hanya sebagian ciri-ciri yang bisa kita deteksi. Masih banyak ciri lain yang terkadang munculnya tidak sama tergantung latar belakang bentukannya sejak dalam kandungan.

Berkaitan dengan pertumbuhan sexual atau kita sebagai orang tua memberikan pendampingan ketika banyak perubahan pada diri ananda di masa-masa baligh menjadi hal penting bagi kita. Sehingga kehati-hatian akan ada di masa depannya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika mendampingi ananda.

1. Memisahkan tempat tidur anak laki-laki dan perempuan.

2. Membudayakan adab-adab pandangan dan membiasakan izin kepada orang tua.

3. Mengatur hubungan di dalam rumah antara anak laki-laki dan perempuan.

4. Mengajarkan konsistensi menutup aurat.

5. Mengajarkan cara mandi wajib kepada mereka.

6. Meminta anak tidak malu menceritakan apa yang dialami sehingga ada arahan dari orang tua.

7. Selalu mengontrol apa yang dilihat anak-anak di media baik bacaan atau tayangan media elektronik.

8. Mengisi kekosongan waktu dengan hal bermanfaat seperti berbincang ringan sembari memberikan nilai-nilai positif. Juga menceritakan bahayanya ketika tidak bisa menjaga diri baik-baik.

9. Mengingatkan tidur dengan adab sesuai Sunnah.

10. Berusaha menciptakan suasana ibadah di rumah. Seperti gerakan Maghrib mengaji. Kultum bersama dll.

11. Membangun harapan dalam jiwa anak tentang masa depannya.

12. Mendoakan anak agar terhindar dari fitnah dunia baik yang nampak maupun tersembunyi.

13. Mengingatkan kepada anak tentang hari akhirat sehingga gemar beribadah.

14. Memberikan keteladanan secara nyata di rumah.

15. Mencarikan lingkungan yang baik dan memantau dengan siapa mereka berteman serta berkegiatan.

Demikian secara singkat yang bisa dilakukan oleh orang tua semoga kita bisa membimbing anak-anak kita meraih keberhasilannya di masa dewasa serta meraih keselamatan hingga surga.

Wallahu a’lam bisshawwab

πŸƒπŸƒπŸŒΈπŸƒπŸƒπŸŒΈπŸƒπŸƒπŸŒΈ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

πŸ“±Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

πŸ’° Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *