Bolehkah Seseorang yang Tidak Berhadast Melakukan Mandi Wajib?

0
54

๐ŸŒฟ๐Ÿ๐ŸŒบPertanyaan

Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….Afwan ustadz mau tanya… Bolehkah seseorang yang tidak berhadast melakukan mandi wajib…??? Mohon pencerahannya ustadz… Syukron wa Jazaakallahu khairan


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

โ€Œูˆ ุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆ ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุจุฑูƒุงุชู‡

Jika maksudnya adalah sekedar mandi untuk menyejukkan badan, tentu boleh saja baik dengan cara seperti mandi junub, atau menseka badan, shower, atau apa saja.

Tapi, jika melalukan mandi dengan niat mandi junub padahal sedang tidak junub, maka itu terlarang dan mengada-ada.

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah berkata:

ูู„ุง ุญุฑุฌ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฑุก ููŠ ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ุจู†ูŠุฉ ุงู„ู†ุธุงูุฉ ุฃูˆ ุงู„ุชุจุฑุฏ ูˆูŠูƒูˆู† ุบุณู„ู‡ ู…ุดุงุจู‡ุง ู„ูƒูŠููŠุฉ ุงู„ุฃุบุณุงู„ ุงู„ู…ุดุฑูˆุนุฉ ู„ู„ุชุนุจุฏ.

Tidak apa-apa bagi seseorang mandi dengan niat membersihkan dan menyejukkan dan cara mandinya menyerupai mandi yang disyariatkan untuk ibadah.

ูˆุบุณู„ ุงู„ุฌู†ุงุจุฉ ูˆุงู„ุญูŠุถ ูˆุงู„ู†ูุงุณ ูˆุบุณู„ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูƒู„ู‡ุง ู…ุฃู…ูˆุฑ ุจู‡ุง ุดุฑุนุง ูู‡ูŠ ุนุจุงุฏุงุช ูˆุงู„ุนุจุงุฏุฉ ู…ุจู†ุงู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุชูˆู‚ูŠูุŒ ุฃู…ุง ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ู„ู„ุฌู…ุนุฉ ู‚ุจู„ ูŠูˆู…ู‡ุง ุฃูˆ ูŠุบุชุณู„ ุจู†ูŠุฉ ุฑูุน ุงู„ุฌู†ุงุจุฉ ูˆู‡ูˆ ูŠุนู„ู… ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุฌู†ุจุง ุจู‚ุตุฏ ุงู„ุชุนุจุฏ ูุฅู† ุงุบุชุณุงู„ู‡ ู‡ุฐุง ุบูŠุฑ ู…ุดุฑูˆุน ูˆู‡ูˆ ุจุฏุนุฉ ููŠ ุงู„ุฏูŠู† ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ู…ู† ุนู…ู„ ุนู…ู„ุง ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ูู‡ูˆ ุฑุฏ. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆุฃุญู…ุฏ. ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุนู†ุฏ ู…ุณู„ู…: ู…ู† ุฃุญุฏุซ ููŠ ุฃู…ุฑู†ุง ู‡ุฐุง ู…ุง ู„ูŠุณ ู…ู†ู‡ ูู‡ูˆ ุฑุฏ

Mandi junub, haid, nifas, dan mandi Jumat, semua itu diperintahkan syariat dan termasuk ibadah. Ibadah itu dibangun atas sikap tauqif (petunjuk dalil). Ada pun mandi Jumat padahal belum hari Jumat, atau mandi dengan niat menghilangkan junub padahal dia tahu dia sedang tidak junub dengan maksud sebagai ibadah maka mandinya ini TIDAK DISYARIATKAN dan BID’AH dalam agama.

Berdasarkan hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Barang siapa yang melakukan amal yang bukan berasal dari agama kami maka itu tertolak.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Dan dalam riwayat Imam Muslim: “Barang siapa yang menciptakan hal yang baru dalam urusan (agama) kami ini, dengan suatu yang bukan berasal darinya maka itu tertolak.”

ูˆู„ุง ุดูƒ ุฃู† ุฐู„ูƒ ุงู„ุบุณู„ ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠูƒูˆู† ุจุฏุนุฉุŒ ูˆุฃู…ุง ุงู„ุงุบุชุณุงู„ ุจู†ูŠุฉ ุงู„ุชุจุฑุฏ ูู‡ุฐุง ุฌุงุฆุฒ ูˆู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ุง ู†ูˆู‰. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡

Tidak ragu lagi, bahwa mandi tersebut bukanlah termasuk perintah Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam maka itu bid’ah. Ada pun semata-mata mandi dengan niat menyejukkan badan tentu tidak apa-apa. Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan setiap manusia akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. (HR. Muttafaq ‘Alaih)
(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 111252)

Wallahu a’lam.

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here