๐ฟ๐๐บPertanyaan
Assalamu’alaikum, ustadz/ustadzah ….Afwan ustadz mau tanya… Bolehkah seseorang yang tidak berhadast melakukan mandi wajib…??? Mohon pencerahannya ustadz… Syukron wa Jazaakallahu khairan
Jawaban
Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan
โู ุนูููู ุงูุณูุงู ู ุฑุญู ุฉ ุงููู ู ุจุฑูุงุชู
Jika maksudnya adalah sekedar mandi untuk menyejukkan badan, tentu boleh saja baik dengan cara seperti mandi junub, atau menseka badan, shower, atau apa saja.
Tapi, jika melalukan mandi dengan niat mandi junub padahal sedang tidak junub, maka itu terlarang dan mengada-ada.
Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah berkata:
ููุง ุญุฑุฌ ุนูู ุงูู ุฑุก ูู ุฃู ูุบุชุณู ุจููุฉ ุงููุธุงูุฉ ุฃู ุงูุชุจุฑุฏ ููููู ุบุณูู ู ุดุงุจูุง ูููููุฉ ุงูุฃุบุณุงู ุงูู ุดุฑูุนุฉ ููุชุนุจุฏ.
Tidak apa-apa bagi seseorang mandi dengan niat membersihkan dan menyejukkan dan cara mandinya menyerupai mandi yang disyariatkan untuk ibadah.
ูุบุณู ุงูุฌูุงุจุฉ ูุงูุญูุถ ูุงูููุงุณ ูุบุณู ุงูุฌู ุนุฉ ูููุง ู ุฃู ูุฑ ุจูุง ุดุฑุนุง ููู ุนุจุงุฏุงุช ูุงูุนุจุงุฏุฉ ู ุจูุงูุง ุนูู ุงูุชููููุ ุฃู ุง ุฃู ูุบุชุณู ููุฌู ุนุฉ ูุจู ููู ูุง ุฃู ูุบุชุณู ุจููุฉ ุฑูุน ุงูุฌูุงุจุฉ ููู ูุนูู ุฃูู ููุณ ุฌูุจุง ุจูุตุฏ ุงูุชุนุจุฏ ูุฅู ุงุบุชุณุงูู ูุฐุง ุบูุฑ ู ุดุฑูุน ููู ุจุฏุนุฉ ูู ุงูุฏูู ูููู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : ู ู ุนู ู ุนู ูุง ููุณ ุนููู ุฃู ุฑูุง ููู ุฑุฏ. ุฑูุงู ู ุณูู ูุฃุญู ุฏ. ููู ุฑูุงูุฉ ุนูุฏ ู ุณูู : ู ู ุฃุญุฏุซ ูู ุฃู ุฑูุง ูุฐุง ู ุง ููุณ ู ูู ููู ุฑุฏ
Mandi junub, haid, nifas, dan mandi Jumat, semua itu diperintahkan syariat dan termasuk ibadah. Ibadah itu dibangun atas sikap tauqif (petunjuk dalil). Ada pun mandi Jumat padahal belum hari Jumat, atau mandi dengan niat menghilangkan junub padahal dia tahu dia sedang tidak junub dengan maksud sebagai ibadah maka mandinya ini TIDAK DISYARIATKAN dan BID’AH dalam agama.
Berdasarkan hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Barang siapa yang melakukan amal yang bukan berasal dari agama kami maka itu tertolak.” (HR. Muslim dan Ahmad).
Dan dalam riwayat Imam Muslim: “Barang siapa yang menciptakan hal yang baru dalam urusan (agama) kami ini, dengan suatu yang bukan berasal darinya maka itu tertolak.”
ููุง ุดู ุฃู ุฐูู ุงูุบุณู ููุณ ุนููู ุฃู ุฑ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููููู ุจุฏุนุฉุ ูุฃู ุง ุงูุงุบุชุณุงู ุจููุฉ ุงูุชุจุฑุฏ ููุฐุง ุฌุงุฆุฒ ููุฏ ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : ุฅูู ุง ุงูุฃุนู ุงู ุจุงูููุงุช ูุฅูู ุง ููู ุงู ุฑุฆ ู ุง ููู. ู ุชูู ุนููู
Tidak ragu lagi, bahwa mandi tersebut bukanlah termasuk perintah Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam maka itu bid’ah. Ada pun semata-mata mandi dengan niat menyejukkan badan tentu tidak apa-apa. Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan setiap manusia akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. (HR. Muttafaq ‘Alaih)
(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 111252)
Wallahu a’lam.
๐๐๐บ๐๐๐บ๐๐
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130