Fiqih IbadahMateri Kajian Manis

Panduan Shaum Ramadhan (10)

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

๐Ÿ“šHal-hal yang diperbolehkanย  ketika puasa

โœ…Bersiwak (menggosok gigi) baik pagi atau siang

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:

ูˆูŠุณุชุญุจ ู„ู„ุตุงุฆู… ุฃู† ูŠุชุณูˆูƒ ุฃุซู†ุงุก ุงู„ุตูŠุงู…ุŒ ูˆู„ุง ูุฑู‚ ุจูŠู† ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ูˆุขุฎุฑู‡. ู‚ุงู„ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ: ” ูˆู„ู… ูŠุฑ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุจุงู„ุณูˆุงูƒุŒ ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ูˆุขุฎุฑู‡ ุจุฃุณุง “. ูˆูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุชุณูˆูƒุŒ ูˆู‡ูˆ ุตุงุฆู…

Disunahkan bersiwak bagi orang yang berpuasa ketika ia berpuasa, tak ada perbedaan antara di awal siang dan akhirnya. Berkata At Tirmidzi: Imam Asy Syafi’i menganggap tidak mengapa bersiwak pada awal siang dan akhirnya. Dan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersiwak, padahal dia sedang puasa. (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 1,Hal. 459)

Beliau menambahkan:

ูˆุงู„ุตุงุฆู… ูˆุงู„ู…ูุทุฑ ููŠ ุงุณุชุนู…ุงู„ู‡ ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ูˆุขุฎุฑู‡ ุณูˆุงุกุŒ ู„ุญุฏูŠุซ ุนุงู…ุฑ ุจู† ุฑุจูŠุนุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Dan disunnahkan bagi orang yang berpuasa dan tidak, untuk bersiwak baik di awal siang atau di akhirnya, itu sama saja, berdasarkan hadits ‘Amir bin Rabi’ah Radhiallahu ‘Anhu. (Ibid)

Diriwayatkan dari Amir bin Rabiโ€™ah Radhiallahu โ€˜Anhu:

ูˆูŽูŠูุฐู’ูƒูŽุฑู ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงู…ูุฑู ุจู’ู†ู ุฑูŽุจููŠุนูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽุงูƒู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ ู…ูŽุง ู„ูŽุง ุฃูุญู’ุตููŠ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุนูุฏู‘

Disebutkan dari Amir bin Rabiโ€™ah, dia berkata: โ€œAku melihat Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersiwak, dan dia sedang puasa, dan tidak terhitung jumlahnya.โ€ (HR. Bukhari,ย  Babย  Siwak Ar Rathbi wal Yaabis Lish Shaa-im)

Imam Al Bukhari membuat judul Bab dalam kitab Jamiโ€™ush Shahih-nya:

ุจูŽุงุจ ุณููˆูŽุงูƒู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุงุจูุณู ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู

โ€œSiwak dengan yang kayu basah dan yang kering bagi orang Berpuasaโ€

Imam Ibnu Hajar berkata dalam Al Fath:

ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจูู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุฑู’ุฌูŽู…ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุฑู‘ูŽุฏู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุฑูู‡ูŽ ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุงู„ูุงุณู’ุชููŠูŽุงูƒูŽ ุจูุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ูƒูŽุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุนู’ุจููŠู‘ู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ู ุจูุจูŽุงุจู ู‚ููŠูŽุงุณู ุงูุจู’ู†ู ุณููŠุฑููŠู†ูŽ ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุงุก ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูุชูŽู…ูŽุถู’ู…ูŽุถู ุจูู‡ู

โ€œKeterangan ini mengisyaratkan bantahan atas pihak yang memakruhkan bersiwak bagi orang yang berpuasa, yakni bersiwak denganย  kayuย  basah, seperti kalangan Malikiyah dan Asy Sya’bi, dan telah dikemukakan sebelumnya tentang qiyas-nya Ibnu Sirin, bahwa bersiwak dengan yang basah itu sama halnya seperti air yang dengannya kita berkumur-kumur (yakni boleh, pen). (Imam Ibnu Hajar, Fathul Bari, 4/158)

Dalam Tuhfah Al Ahwadzi disebutkan:

( ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูƒูŽุฑูู‡ููˆุง ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒูŽ ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุจูุงู„ู’ุนููˆุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ) ูƒูŽุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุนู’ุจููŠู‘ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูƒูŽุฑูู‡ููˆุง ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุงู„ูุงุณู’ุชููŠูŽุงูƒูŽ ุจูุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ู„ูู…ูŽุง ูููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุทู‘ูŽุนู’ู…ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽุฌูŽุงุจูŽ ุนูŽู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงูุจู’ู†ู ุณููŠุฑููŠู†ูŽ ุฌูŽูˆูŽุงุจู‹ุง ุญูŽุณูŽู†ู‹ุง ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุจูุฎูŽุงุฑููŠู‘ู ูููŠ ุตูŽุญููŠุญูู‡ู : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ุณููŠุฑููŠู†ูŽ : ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ุŒ ู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุทูŽุนู’ู…ูŒ ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ู„ูŽู‡ู ุทูŽุนู’ู…ูŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุชูู…ูŽุถู’ู…ูุถู ุจูู‡ู ุงูู†ู’ุชูŽู‡ูŽู‰ . ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ : ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุงูƒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุจูุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ุงู„ุฑู‘ูŽุทู’ุจู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุงุจูุณู ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงูุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉูŽ ุŒ ู‚ูู„ู’ุช ู‡ูŽุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽู‚ู‘ู

(Hanya saja sebagian ahli ilmu ada yang memakruhkan bersiwak bagi orang yang berpuasa dengan menggunakan dahan kayu yang basah) seperti kalangan Malikiyah dan Imam Asy Syaโ€™bi, mereka memakruhkan orang berpuasa bersiwak dengan dahan kayu basah karena itu bagian dari makanan. Ibnu Sirin telah menyanggah itu dengan jawaban yang baik.

Al Bukhari berkata dalam Shahihnya: โ€œBerkata Ibnu Sirin: Tidak mengapa bersiwak dengan kayu basah, dikatakan โ€œ bahwa itu adalah makananโ€, Dia (Ibnu Sirin) menjawab: Air baginya juga makanan, dan engkau berkumur kumur dengannya (air).โ€ Selesai. Ibnu Umar berkata: โ€œTidak mengapa bersiwak bagi yang berpuasa baik dengan kayu basah atau kering,โ€ diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah. Aku (pengarang Tuhfah Al Ahwadzi) berkata: Inilah yang lebih benar.โ€ (Syaikh Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarkafuri, Tuhfah Al Ahwadzi, 3/345)

Dengan demikian tidak mengapa bahkan sunah kita bersiwak ketika berpuasa, baik, pagi, siang, atau sore secara mutlak.

Syaikh Al Mubarkafuri mengatakan:

ูˆูŽุจูุฌูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุฑููˆููŠูŽุชู’ ูููŠ ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ูˆูŽูููŠ ููŽุถู’ู„ู ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุจูุฅูุทู’ู„ูŽุงู‚ูู‡ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุชูŽุถููŠ ุฅูุจูŽุงุญูŽุฉูŽ ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ูˆูŽู‚ู’ุชู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู
ุญูŽุงู„ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุตูŽุญู‘ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู‰

โ€œDan dengan mengumpulkan semua hadits-hadits yang diriwayatkan tentang ini dan tentangย  keutamaan bersiwak, bahwa keutamaannya adalah mutlak, dan kebolehannya itu pada setiap waktu, setiap keadaan, dan itu lebih shahih dan lebih kuat.โ€ (Ibid)

Adapun pasta gigi, dihukumi sama dengan kayu basah, karena sama-sama mengandung air dan rasa. Dan Imam An Nawawi mengatakan bahwa dengan alat apa pun selama tujuan โ€˜membersihkanโ€™ telah tercapai, itu juga dinamakan bersiwak, baik itu dengan jari, kain, atau lainnya selama tidak membahayakan. Imam Abul Hasan As Sindi berkata:

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูƒูู„ู‘ ุขู„ูŽุฉ ูŠูุชูŽุทูŽู‡ู‘ูŽุฑ ุจูู‡ูŽุง ุดูุจู‘ูู‡ูŽ ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒ ุจูู‡ูŽุง ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูู†ูŽุธู‘ูู ุงู„ู’ููŽู… ุŒ ูˆูŽุงู„ุทู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉ ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุงููŽุฉ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽูˆูŽูˆููŠู‘

โ€œYaitu alat apa saja yang bisa mensucikan dengannya maka dia menyerupai siwak, karena dia bisa membersihkan mulut, bersuci dan membersihkan, demikian kata An Nawawiโ€ (Imam Abul Hasan Muhammad bin Abdil Hadi As Sindi, Syarh An Nasaโ€™i, 1/10)

โœ…Mencicipi makanan sekedarnya di lidah

Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:

ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุนุจุงุณ: ู„ุง ุจุฃุณ ุฃู† ูŠุฐูˆู‚ ุงู„ุทุนุงู… ุงู„ุฎู„ุŒ ูˆุงู„ุดุฆ ูŠุฑูŠุฏ ุดุฑุงุกู‡. ูˆูƒุงู† ุงู„ุญุณู† ูŠู…ุถุบ ุงู„ุฌูˆุฒ ู„ุงุจู† ุงุจู†ู‡ ูˆู‡ูˆ ุตุงุฆู…ุŒ ูˆุฑุฎุต ููŠู‡ ุฅุจุฑุงู‡ูŠู…

โ€œBerkata Ibnu Abbas: โ€˜Tidak mengapa mencicipi asamnya makanan, atau sesuatu yang hendak dibelinya.โ€™ Al Hasan pernah mengunyah-ngunyah kelapa untuk cucunya, padahal dia sedang puasa, dan Ibrahim memberikan keringanan dalam hal ini.โ€ (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/462)

โœ…Hal-hal yang tidak mungkin dihindari (menelan ludah, menghirup debu jalanan, menyaring tepung, dan lain-lain)

Syaikh Sayyid Sabiq mengatakan:

ูƒุฐุง ูŠุจุงุญ ู„ู‡ ู…ุง ู„ุง ูŠู…ูƒู† ุงู„ุงุญุชุฑุงุฒ ุนู†ู‡ ูƒุจู„ุน ุงู„ุฑูŠู‚ ูˆุบุจุงุฑ ุงู„ุทุฑูŠู‚ุŒ ูˆุบุฑุจู„ุฉ ุงู„ุฏู‚ูŠู‚ ูˆุงู„ู†ุฎุงู„ุฉ ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ

โ€œDemikian pula, dibolehkan baginya apa-apa yang tidak mungkin dihindari, seperti menelan ludah, menghirup debu jalanan, menyaring tepung, dan lain-lain.โ€ (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/462)

โœ…Junub di Pagi hari

โ€˜Aisyah dan Ummu Salamah Radhiallahu โ€˜Anhuma menceritakan:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฏู’ุฑููƒูู‡ู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูู†ูุจูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ู

โ€œAdalah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam memasuki fajar dalam keadaan junub karena berhubungan dengan isterinya, lalu dia mandi dan berpuasa.โ€ (HR. Bukhari No. 1925, Muslim No. 1109)

Imam Ibnu Hajar mengatakan:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุทูุจููŠู‘ : ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ููŽุงุฆูุฏูŽุชูŽุงู†ู ุŒ ุฅูุญู’ุฏูŽุงู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฌูŽุงู…ูุน ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู† ูˆูŽูŠูุคูŽุฎู‘ูุฑ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ ุฅูู„ูŽู‰ ุจูŽุนู’ุฏ ุทูู„ููˆุน ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑ ุจูŽูŠูŽุงู†ู‹ุง ู„ูู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู . ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูู…ูŽุงุน ู„ูŽุง ู…ูู†ู’ ุงูุญู’ุชูู„ูŽุงู… ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽู„ูู… ุฅูุฐู’ ุงู„ูุงุญู’ุชูู„ูŽุงู… ู…ูู†ู’ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู† ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุนู’ุตููˆู… ู…ูู†ู’ู‡ู

โ€œBerkata Al Qurthubi: โ€œHadits ini ada dua faidah. Pertama, bahwa beliau berjimaโ€™ pada Ramadhan (malamnya) dan mengakhirkan mandi hingga setelah terbitnya fajar, merupakan penjelasan bolehnya hal itu. Kedua, hal itu (junub) dikarenakan jimaโ€™ bukan karena mimpi basah, karena beliau tidaklah mimpi basah, mengingat bahwa mimpi basah adalah dari syetan, dan beliau maโ€™shum dari hal itu.โ€ (Fathul Bari, 4/144)

โœ…Mencium Harum-Haruman

Tak ada keterangan yang shahih tentang pelarangannya, oleh karena itu Imam Ibnu Taimiyah berkata:

ูˆูŽุดูŽู…ู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽูˆูŽุงุฆูุญู ุงู„ุทู‘ูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูู‡ู ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู

โ€œMencium harum-haruman adalah tidak mengapa bagi orang berpuasa.โ€ (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Fatawa Al Kubra, 5/376)

๐Ÿ”นBersambung๐Ÿ”น


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow Media Sosial MANIS :

IG : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

FB: http://fb.com/majelismanis

TikTok https://www.tiktok.com/@majelis_manis_

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Iman Islam
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287891088812

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *