Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan
๐Hal-hal yang diperbolehkanย ketika puasa
โ Bersiwak (menggosok gigi) baik pagi atau siang
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:
ููุณุชุญุจ ููุตุงุฆู ุฃู ูุชุณูู ุฃุซูุงุก ุงูุตูุงู ุ ููุง ูุฑู ุจูู ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู. ูุงู ุงูุชุฑู ุฐู: ” ููู ูุฑ ุงูุดุงูุนู ุจุงูุณูุงูุ ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู ุจุฃุณุง “. ููุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุชุณููุ ููู ุตุงุฆู
Disunahkan bersiwak bagi orang yang berpuasa ketika ia berpuasa, tak ada perbedaan antara di awal siang dan akhirnya. Berkata At Tirmidzi: Imam Asy Syafi’i menganggap tidak mengapa bersiwak pada awal siang dan akhirnya. Dan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersiwak, padahal dia sedang puasa. (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 1,Hal. 459)
Beliau menambahkan:
ูุงูุตุงุฆู ูุงูู ูุทุฑ ูู ุงุณุชุนู ุงูู ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู ุณูุงุกุ ูุญุฏูุซ ุนุงู ุฑ ุจู ุฑุจูุนุฉ ุฑุถู ุงููู ุนูู
Dan disunnahkan bagi orang yang berpuasa dan tidak, untuk bersiwak baik di awal siang atau di akhirnya, itu sama saja, berdasarkan hadits ‘Amir bin Rabi’ah Radhiallahu ‘Anhu. (Ibid)
Diriwayatkan dari Amir bin Rabiโah Radhiallahu โAnhu:
ููููุฐูููุฑู ุนููู ุนูุงู ูุฑู ุจููู ุฑูุจููุนูุฉู ููุงูู ุฑูุฃูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุณูุชูุงูู ูููููู ุตูุงุฆูู ู ู ูุง ููุง ุฃูุญูุตูู ุฃููู ุฃูุนูุฏู
Disebutkan dari Amir bin Rabiโah, dia berkata: โAku melihat Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersiwak, dan dia sedang puasa, dan tidak terhitung jumlahnya.โ (HR. Bukhari,ย Babย Siwak Ar Rathbi wal Yaabis Lish Shaa-im)
Imam Al Bukhari membuat judul Bab dalam kitab Jamiโush Shahih-nya:
ุจูุงุจ ุณูููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููุงููููุงุจูุณู ูููุตููุงุฆูู ู
โSiwak dengan yang kayu basah dan yang kering bagi orang Berpuasaโ
Imam Ibnu Hajar berkata dalam Al Fath:
ููุฃูุดูุงุฑู ุจูููุฐููู ุงูุชููุฑูุฌูู ูุฉู ุฅูููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ู ููู ููุฑููู ูููุตููุงุฆูู ู ุงููุงุณูุชูููุงูู ุจูุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููุงููู ูุงูููููููุฉู ููุงูุดููุนูุจูููู ุ ููููุฏู ุชูููุฏููู ู ููุจููู ุจูุจูุงุจู ููููุงุณู ุงูุจููู ุณููุฑูููู ุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ุนูููู ุงููู ูุงุก ุงูููุฐูู ููุชูู ูุถูู ูุถู ุจููู
โKeterangan ini mengisyaratkan bantahan atas pihak yang memakruhkan bersiwak bagi orang yang berpuasa, yakni bersiwak denganย kayuย basah, seperti kalangan Malikiyah dan Asy Sya’bi, dan telah dikemukakan sebelumnya tentang qiyas-nya Ibnu Sirin, bahwa bersiwak dengan yang basah itu sama halnya seperti air yang dengannya kita berkumur-kumur (yakni boleh, pen). (Imam Ibnu Hajar, Fathul Bari, 4/158)
Dalam Tuhfah Al Ahwadzi disebutkan:
( ุฅููููุง ุฃูููู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ููุฑููููุง ุงูุณููููุงูู ูููุตููุงุฆูู ู ุจูุงููุนููุฏู ุงูุฑููุทูุจู ) ููุงููู ูุงูููููููุฉู ููุงูุดููุนูุจูููู ููุฅููููููู ู ููุฑููููุง ูููุตููุงุฆูู ู ุงููุงุณูุชูููุงูู ุจูุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููู ูุง ููููู ู ููู ุงูุทููุนูู ู ุ ููุฃูุฌูุงุจู ุนููู ุฐููููู ุงูุจููู ุณููุฑูููู ุฌูููุงุจูุง ุญูุณูููุง ุ ููุงูู ุงููุจูุฎูุงุฑูููู ููู ุตูุญููุญููู : ููุงูู ุงูุจููู ุณููุฑูููู : ููุง ุจูุฃูุณู ุจูุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ุ ููููู ูููู ุทูุนูู ู ุ ููุงูู ููุงููู ูุงุกู ูููู ุทูุนูู ู ููุฃูููุชู ุชูู ูุถูู ูุถู ุจููู ุงูููุชูููู . ููููุงูู ุงูุจููู ุนูู ูุฑู : ููุง ุจูุฃูุณู ุฃููู ููุณูุชูุงูู ุงูุตููุงุฆูู ู ุจูุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููุงููููุงุจูุณู ุฑูููุงูู ุงูุจููู ุฃูุจูู ุดูููุจูุฉู ุ ููููุช ููุฐูุง ูููู ุงููุฃูุญูููู
(Hanya saja sebagian ahli ilmu ada yang memakruhkan bersiwak bagi orang yang berpuasa dengan menggunakan dahan kayu yang basah) seperti kalangan Malikiyah dan Imam Asy Syaโbi, mereka memakruhkan orang berpuasa bersiwak dengan dahan kayu basah karena itu bagian dari makanan. Ibnu Sirin telah menyanggah itu dengan jawaban yang baik.
Al Bukhari berkata dalam Shahihnya: โBerkata Ibnu Sirin: Tidak mengapa bersiwak dengan kayu basah, dikatakan โ bahwa itu adalah makananโ, Dia (Ibnu Sirin) menjawab: Air baginya juga makanan, dan engkau berkumur kumur dengannya (air).โ Selesai. Ibnu Umar berkata: โTidak mengapa bersiwak bagi yang berpuasa baik dengan kayu basah atau kering,โ diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah. Aku (pengarang Tuhfah Al Ahwadzi) berkata: Inilah yang lebih benar.โ (Syaikh Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarkafuri, Tuhfah Al Ahwadzi, 3/345)
Dengan demikian tidak mengapa bahkan sunah kita bersiwak ketika berpuasa, baik, pagi, siang, atau sore secara mutlak.
Syaikh Al Mubarkafuri mengatakan:
ููุจูุฌูู
ููุนู ุงููุฃูุญูุงุฏููุซู ุงูููุชูู ุฑูููููุชู ููู ู
ูุนูููุงูู ููููู ููุถููู ุงูุณููููุงูู ููุฅููููููุง ุจูุฅูุทูููุงููููุง ุชูููุชูุถูู ุฅูุจูุงุญูุฉู ุงูุณููููุงูู ููู ููููู ููููุชู ููุนูููู ููููู
ุญูุงูู ูููููู ุงููุฃูุตูุญูู ููุงููุฃูููููู
โDan dengan mengumpulkan semua hadits-hadits yang diriwayatkan tentang ini dan tentangย keutamaan bersiwak, bahwa keutamaannya adalah mutlak, dan kebolehannya itu pada setiap waktu, setiap keadaan, dan itu lebih shahih dan lebih kuat.โ (Ibid)
Adapun pasta gigi, dihukumi sama dengan kayu basah, karena sama-sama mengandung air dan rasa. Dan Imam An Nawawi mengatakan bahwa dengan alat apa pun selama tujuan โmembersihkanโ telah tercapai, itu juga dinamakan bersiwak, baik itu dengan jari, kain, atau lainnya selama tidak membahayakan. Imam Abul Hasan As Sindi berkata:
ูููููู ูููู ุขููุฉ ููุชูุทููููุฑ ุจูููุง ุดูุจูููู ุงูุณููููุงู ุจูููุง ุ ููุฃูููููู ููููุธููู ุงููููู ุ ููุงูุทููููุงุฑูุฉ ุงููููุธูุงููุฉ ุฐูููุฑููู ุงูููููููููู
โYaitu alat apa saja yang bisa mensucikan dengannya maka dia menyerupai siwak, karena dia bisa membersihkan mulut, bersuci dan membersihkan, demikian kata An Nawawiโ (Imam Abul Hasan Muhammad bin Abdil Hadi As Sindi, Syarh An Nasaโi, 1/10)
โ Mencicipi makanan sekedarnya di lidah
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุงู ุงุจู ุนุจุงุณ: ูุง ุจุฃุณ ุฃู ูุฐูู ุงูุทุนุงู ุงูุฎูุ ูุงูุดุฆ ูุฑูุฏ ุดุฑุงุกู. ููุงู ุงูุญุณู ูู ุถุบ ุงูุฌูุฒ ูุงุจู ุงุจูู ููู ุตุงุฆู ุ ูุฑุฎุต ููู ุฅุจุฑุงููู
โBerkata Ibnu Abbas: โTidak mengapa mencicipi asamnya makanan, atau sesuatu yang hendak dibelinya.โ Al Hasan pernah mengunyah-ngunyah kelapa untuk cucunya, padahal dia sedang puasa, dan Ibrahim memberikan keringanan dalam hal ini.โ (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/462)
โ Hal-hal yang tidak mungkin dihindari (menelan ludah, menghirup debu jalanan, menyaring tepung, dan lain-lain)
Syaikh Sayyid Sabiq mengatakan:
ูุฐุง ูุจุงุญ ูู ู ุง ูุง ูู ูู ุงูุงุญุชุฑุงุฒ ุนูู ูุจูุน ุงูุฑูู ูุบุจุงุฑ ุงูุทุฑููุ ูุบุฑุจูุฉ ุงูุฏููู ูุงููุฎุงูุฉ ููุญู ุฐูู
โDemikian pula, dibolehkan baginya apa-apa yang tidak mungkin dihindari, seperti menelan ludah, menghirup debu jalanan, menyaring tepung, dan lain-lain.โ (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/462)
โ Junub di Pagi hari
โAisyah dan Ummu Salamah Radhiallahu โAnhuma menceritakan:
ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุฏูุฑููููู ุงููููุฌูุฑู ูููููู ุฌูููุจู ู ููู ุฃููููููู ุซูู ูู ููุบูุชูุณููู ููููุตููู ู
โAdalah Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam memasuki fajar dalam keadaan junub karena berhubungan dengan isterinya, lalu dia mandi dan berpuasa.โ (HR. Bukhari No. 1925, Muslim No. 1109)
Imam Ibnu Hajar mengatakan:
ููุงูู ุงููููุฑูุทูุจููู : ููู ููุฐูุง ููุงุฆูุฏูุชูุงูู ุ ุฅูุญูุฏูุงููู ูุง ุฃูููููู ููุงูู ููุฌูุงู ูุน ููู ุฑูู ูุถูุงู ููููุคูุฎููุฑ ุงููุบูุณูู ุฅูููู ุจูุนูุฏ ุทููููุน ุงููููุฌูุฑ ุจูููุงููุง ููููุฌูููุงุฒู . ุงูุซููุงููู ุฃูููู ุฐููููู ููุงูู ู ููู ุฌูู ูุงุน ููุง ู ููู ุงูุญูุชูููุงู ููุฃูููููู ููุงูู ููุง ููุญูุชูููู ุฅูุฐู ุงููุงุญูุชูููุงู ู ููู ุงูุดููููุทูุงู ูููููู ู ูุนูุตููู ู ููููู
โBerkata Al Qurthubi: โHadits ini ada dua faidah. Pertama, bahwa beliau berjimaโ pada Ramadhan (malamnya) dan mengakhirkan mandi hingga setelah terbitnya fajar, merupakan penjelasan bolehnya hal itu. Kedua, hal itu (junub) dikarenakan jimaโ bukan karena mimpi basah, karena beliau tidaklah mimpi basah, mengingat bahwa mimpi basah adalah dari syetan, dan beliau maโshum dari hal itu.โ (Fathul Bari, 4/144)
โ Mencium Harum-Haruman
Tak ada keterangan yang shahih tentang pelarangannya, oleh karena itu Imam Ibnu Taimiyah berkata:
ููุดูู ูู ุงูุฑููููุงุฆูุญู ุงูุทูููููุจูุฉู ููุง ุจูุฃูุณู ุจููู ูููุตููุงุฆูู ู
โMencium harum-haruman adalah tidak mengapa bagi orang berpuasa.โ (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Fatawa Al Kubra, 5/376)
๐นBersambung๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
Follow Media Sosial MANIS :
IG : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D
FB: http://fb.com/majelismanis
TikTok https://www.tiktok.com/@majelis_manis_
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Iman Islam
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287891088812






