Fiqih IbadahMateri Kajian Manis

Fikih I’tikaf (Bag. 5)

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Farid Nu’man Hasan

๐Ÿ“š Iโ€™tikaf Wajib di Masjid; Masjid yang bagaimanakah ?

 Di masjid adalah syarat sahnya Iโ€™tikaf sesuai petunjuk Al Quran Al Baqarah ayat 187, juga contoh dari sunah Rasululah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.

Disebutkan dalam Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah:

ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุตูุญู‘ู ู„ูู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒูููŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : { ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุนูŽุงูƒููููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู } ุŒ ูˆูŽู„ุฃููŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒููู’ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู
ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ูƒูŽุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ ู„ุงูŽ ูŠูŽุตูุญู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุชูŽูƒูููŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุŒ ู…ูŽุง ุนูŽุฏูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูŽุนู’ุชูŽูƒููู ูููŠ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุจูŽูŠู’ุชูู‡ูŽุง ู„ุฃููŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‡ููˆูŽ ู…ูŽูˆู’ุถูุนู ุตูŽู„ุงูŽุชูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽุชู’ ูููŠ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฌูŽุงุฒูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุฉู ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ุฒููŠู‡ููŠู‘ูŽุฉู

โ€œFuqaha telah ijmaโ€™ bahwa tidak sah bagi laki-laki yang beriโ€™itikaf kecuali di masjid, sesuai firmanNya Taโ€™ala: sedang kalian sedang   Iโ€™tikaf di masjid. (QS. Al Baqarah : 187), dan karena Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam tidak beriโ€™tikaf kecuali di masjid.

Ada pun wanita, jumhur ulama mengatakan bahwa mereka sama dengan laki-laki; tidak sah Iโ€™tikaf kecuali di masjid, kecuali menurut Hanafiyah, mereka mengatakan bahwa waita Iโ€™tikaf di masjid di rumahnya, karena di sanalah tempat shalat mereka, dan seandainya mereka Iโ€™tikaf   di masjid, boleh saja namun makruh tanzih (makruh yang mendekati boleh).โ€ (Al Mausuโ€™ah, 37/213)

Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar Al โ€˜Asqalani Rahimahullah:

ูˆูŽุงุชู‘ูŽููŽู‚ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุดู’ุฑููˆุทููŠู‘ูŽุฉ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ู„ูู„ูุงุนู’ุชููƒูŽุงูู ุŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูŽ ุจู’ู† ุนูู…ูŽุฑ ุงูุจู’ู† ู„ูุจูŽุงุจูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽ ููŽุฃูŽุฌูŽุงุฒูŽู‡ู ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ู…ูŽูƒูŽุงู†ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽุฌูŽุงุฒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ู„ูู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุชูŽูƒูููŽ ูููŠ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุจูŽูŠู’ุชูู‡ูŽุง ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูƒูŽุงู† ุงู„ู’ู…ูุนูŽุฏู‘ู ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูููŠู‡ู

โ€œUlama telah sepakat atas pensyaratan masjid untuk Iโ€™tikaf, kecuali Muhammad bin Umar bin Lubabah Al Maliki yang membolehkan di setiap tempat. Kalangan Hanafiyah membolehkan kaum wanita Iโ€™tikaf di masjid rumahnya, yaitu tempat yang dipersiapkan untuk shalat di dalamnya.โ€ (Fathul Bari, 4/272. Darul Fikr)

Demikian kesepakatannya, ada pun adanya pendapat yang menyendiri yang bertabrakan dengan mainstream dalam hal ini, tidaklah dianggap. Namun walau mereka bersepakat tentang keharusan di masjid, mereka berselisih pendapat tentang jenis masjidnya.

Beliau melanjutkan:

ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฃูŽุจููˆ ุญูŽู†ููŠููŽุฉ ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏ ุฅูู„ูŽู‰ ุงูุฎู’ุชูุตูŽุงุตู‡ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูู‚ูŽุงู… ูููŠู‡ูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽูˆูŽุงุช ุŒ ูˆูŽุฎูŽุตู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุจููˆ ูŠููˆุณูู ุจูุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจู ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽูู’ู„ ููŽูููŠ ูƒูู„ู‘ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏ ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑ ุจูุนูู…ููˆู…ูู‡ู ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูู…ูŽู†ู’ ุชูŽู„ู’ุฒูŽู…ู‡ู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ููŽุงุณู’ุชูŽุญูŽุจู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุน ุŒ ูˆูŽุดูŽุฑูŽุทูŽู‡ู ู…ูŽุงู„ููƒูŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ูุงุนู’ุชููƒูŽุงููŽ ุนูู†ู’ุฏู‡ู…ูŽุง ูŠูŽู†ู’ู‚ูŽุทูุนู ุจูุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุŒ ูˆูŽูŠูŽุฌูุจู ุจูุงู„ุดู‘ูุฑููˆุนู ุนูู†ู’ุฏ ู…ูŽุงู„ููƒ ุŒ ูˆูŽุฎูŽุตู‘ูŽู‡ู ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽู ูƒูŽุงู„ุฒู‘ูู‡ู’ุฑููŠู‘ู ุจูุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุนู ู…ูุทู’ู„ูŽู‚ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽูˆู’ู…ูŽุฃูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏููŠู… ุŒ ูˆูŽุฎูŽุตู‘ูŽู‡ู ุญูุฐูŽูŠู’ููŽุฉู ุจู’ู† ุงู„ู’ูŠูŽู…ูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู ุงู„ุซู‘ูŽู„ูŽุงุซูŽุฉ ุŒ ูˆูŽุนูŽุทูŽุงุกูŒ ุจูู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽูŠู‘ูุจู ุจูู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงุชู‘ูŽููŽู‚ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ุญูŽุฏู‘ูŽ ู„ูุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูู‡ู

โ€œImam Abu Hanifah dan Imam Ahmad  berpendapat dikhususnya Iโ€™tikaf hanya pada masjid yang di dalamnya dilaksanakan berbagai shalat, Imam Abu Yusuf mengkhususkan pada shalat wajib saja, ada pun shalat sunah bisa di semua masjid. Mayoritas (jumhur) berpendapat sesuai keumumannya pada semua masjid, kecuali bagi orang yang juga sekalian shalat Jumat, maka kalangan Imam Asy Syafiโ€™i menyunnahkan di masjid Jamiโ€™, ada pun Imam Malik mensyaratkan hal itu (Masjid Jamiโ€™) karena menurut mereka berdua, Iโ€™tikaf menjadi terputus karena shalat Jumat. Imam Malik mewajibkan hal itu (keberadaan di masjid Jamiโ€™) sejak permulaan Iโ€™tikaf. Sebagian salaf seperti Az Zuhri mengkhususkan masjid jamiโ€™ secara mutlak, hal itu juga diisyaratkan Imam Asy Syafiโ€™i dalam pendapat lamanya.

Sedangkan Hudzaifah bin Yaman mengkhususkan di tiga masjid saja (Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsha), Athaโ€™ mengkhususkan pada masjid di Mekkah dan Madinah, Said bin Al Musayyib mengkhususkan masjid di Madinah, dan mereka sepakat tidak ada batasan dalam hal banyaknya.โ€ (Ibid)

Dari penjelasan Al Hafizh, kita bisa simpulkan, bahwa para fuqaha berselisih tentang jenis masjid yang boleh dilakukan iโ€™tikaf di dalamnya:

1โƒฃ.  Sahnya Iโ€™tikaf hanya di masjid yang di dalamnya dilakukan shalat yang lima dan shalat Jumat (Istilahnya: masjid jamiโ€™). Inilah pendapat Abu Hanifah, Ahmad, Abu Tsaur, Malik, dll

2โƒฃ.  Iโ€™tikaf sah di lakukan di semua masjid, termasuk masjid yang tidak mendirikan shalat Jumat. (istilahnya: masjid ghairu Jamiโ€™ โ€“ surau), inilah pendapat, Syafiโ€™i, Daud,   dll. Inilah pendapat jumhur (mayoritas ulama).   Imam Bukhari juga mengikuti pendapat ini, beliau menulis dalam Shahihnya:

ุจูŽุงุจ ุงู„ูุงุนู’ุชููƒูŽุงูู ูููŠ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ุงู„ู’ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑู ูˆูŽุงู„ูุงุนู’ุชููƒูŽุงูู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง

Bab Iโ€™tikaf di 10 Hari terakhir dan Iโ€™tikaf Masjid-Masjid Seluruhnya. (lalu beliau mengutip Al Baqarah 187)

3โƒฃ.  Iโ€™tikaf hanya sah dilakukan di tiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa. Ini pendapat Hudzaifah bin Yaman Radhiallahu โ€˜Ahu, ini yang nampak dari  pendapat Syaikh Al Albani Rahimahullah, dalam As Silsilah Ash Shahihah No. 2786.

4โƒฃ.  Hanya  masjid di Mekkah dan Madinah, apa pun masjid itu. Ini pendapat โ€˜Atha

5โƒฃ  Hanya masjid di Madinah, apa pun masjid itu. Ini pendapat Saโ€™id bin Al Musayyib

Nampak bahwa pendapat jumhur adalah pendapat yang lebih kuat, sebagaimana penjelasan Syaikh Ibnul Utsaimin pada pembahasan selanjutnya.

Bersambung

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *