Fiqih IbadahUstadz Menjawab

APAKAH BERSENTUHAN DENGAN NON MUSLIM MEMBATALKAN WUDHU?

Pertanyaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb ustadz/ah…Mau bertanya itu, kemaren waktu saya PKL ada yg bilang kalo perempuan sudah wudhu kemudian bersentuhan dgn wanita non muslim maka harus wudhu lagi, itu benar? Dan kalau benar apakah berlaku untuk laki”? Terima kasih ๐Ÿ™‚ I07

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐ŸŒป๐Ÿ€๐Ÿ„๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒน


JAWABAN

โœ Oleh: Ustadz Farid Nu’man

Wa’alaikumussalam wa rahmatullah ..

Menurut mayoritas ulama, tidak usah mengulang wudhunya. Sebab mereka suci tubuhnya.

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู’ุจูุฎูŽุงุฑููŠู‘ ูููŠ ุตูŽุญููŠุญู‡ ุนูŽู†ู’ ุงูุจู’ู† ุนูŽุจู‘ูŽุงุณ ุชูŽุนู’ู„ููŠู‚ู‹ุง : ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌูุณ ุญูŽูŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽูŠู‘ูุชู‹ุง . ู‡ูŽุฐูŽุง ุญููƒู’ู… ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… . ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑ ููŽุญููƒู’ู…ู‡ ูููŠ ุงู„ุทู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉ ุญููƒู’ู… ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงู‡ููŠุฑ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ูŽู . ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ : { ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููˆู†ูŽ ู†ูŽุฌูŽุณ } ููŽุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ู†ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉ ุงู„ูุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏ ูˆูŽุงู„ูุงุณู’ุชูู‚ู’ุฐูŽุงุฑ ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุถูŽุงุกูŽู‡ูู…ู’ ู†ูŽุฌูุณูŽุฉ ูƒูŽู†ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽูˆู’ู„ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุงุฆูุท ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู‡ู…ูŽุง . ููŽุฅูุฐูŽุง ุซูŽุจูŽุชูŽุชู’ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉ ุงู„ู’ุขุฏูŽู…ููŠู‘ ู…ูุณู’ู„ูู…ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงููุฑู‹ุง ุŒ ููŽุนูุฑู’ู‚ู‡ ูˆูŽู„ูุนูŽุงุจู‡ ูˆูŽุฏูŽู…ู’ุนู‡ ุทูŽุงู‡ูุฑูŽุงุช ุณูŽูˆูŽุงุก ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุญู’ุฏูุซู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุฌูู†ูุจู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุญูŽุงุฆูุถู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู†ูููŽุณูŽุงุก ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ู‡ ุจูุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ู’ุชู‡ ูููŠ ุจูŽุงุจ ุงู„ู’ุญูŽูŠู’ุถ

โ€œImam Bukhari menyebutkan dalam Shahihnya, dari Ibnu Abbas secara mualaq (tidak disebut sanadnya): Seorang muslim tidaklah najis baik hidup dan matinya. Ini adalah hukum untuk seorang muslim. Ada pun orang kafir maka hukumnya dalam masalah  suci dan najisnya adalah sama dengan hukum seorang muslim (yakni suci). Ini adalah madzhab kami dan mayoritas salaf dan khalaf. Ada pun ayat (Sesungguhnya orang musyrik itu najis) maka maksudnya adalah najisnya aqidah  yang kotor, bukan maksudnya anggota badannya najis seperti najisnya kencing,  kotorannya , dan semisalnya. Jika sudah pasti kesucian manusia baik dia muslim atau kafir, maka keringat, ludah, darah, semuanya suci, sama saja apakah dia sedang berhadats, atau junub, atau haid, atau nifas. Semua ini adalah ijma kaum muslimin sebagaimana yang telah lalu saya jelaskan dalam Bab Haid. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 2/87. Mawqi Ruh Al Islam)
Penjelasan di atas, menunjukkan bahwa mayit non muslim adalah sama dengan mayit muslim, yakni suci. Bahkan Imam An Nawawi mengklaim telah terjadi ijma kaum muslimin.

Namun, faktanya tidak  ijma. Sebagian salaf dan ahli zhahir menyatakan bahwa kaum kafir adalah najis ketika hidupnya, tentu apalagi mayitnya.

Abdullah bin Abbas Radhiallahu Anhuma  berpendapat bahwa sesuai zahir ayat: innamal musyrikun najasun  (sesungguhnya orang musyrik itu najis), maka tubuh orang musyrik itu najis sebagaimana najisnya babi dan anjing. Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, dari Al Hasan Al Bashri, katanya: Barang siapa yang bersalaman dengan mereka maka hendaknya berwudhu.โ€  (Lihat Tafsir Ayat Al Ahkam, 1/282)

Ini juga menjadi pendapat kaum zhahiriyah. Berkata Imam Ibnu Katsir Rahimahullah:

ูุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุจู†ุฌุณ ุงู„ุจุฏู† ูˆุงู„ุฐุงุชุ› ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃุญู„ ุทุนุงู… ุฃู‡ู„ ุงู„ูƒุชุงุจุŒ ูˆุฐู‡ุจ ุจุนุถ ุงู„ุธุงู‡ุฑูŠุฉ ุฅู„ู‰ ู†ุฌุงุณุฉ ุฃุจุฏุงู†ู‡ู…

Maka, menurut jumhur bukanlah najis badan dan zatnya, karena Allah Taala menghalalkan makanan Ahli Kitab, dan sebagian Zhahiriyah menajiskan badan mereka. (Tafsir Al Quran Al Azhim, 4/131)

Namun yang shahih adalah pendapat jumhur bahwa mereka adalah suci, sebagaimana disebutkan dalam Tafsir Ayat Al Ahkam berikut ini:

ุงู„ุชุฑุฌูŠุญ : ุงู„ุตุญูŠุญ ุฑุฃูŠ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู„ุฃู† ุงู„ู…ุณู„ู… ู„ู‡ ุฃู† ูŠุชุนุงู…ู„ ู…ุนู‡ู… ุŒ ูˆู‚ุฏ ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ูŠุดุฑุจ ู…ู† ุฃูˆุงู†ูŠ ุงู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ุŒ ูˆูŠุตุงูุญ ุบูŠุฑ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… 

Tarjih: yang shahih adalah pendapat jumhur (mayoritas) karena seorang muslim berinteraksi dengan mereka, dahulu Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam minum dari wadah kaum musyrikin, dan bersalaman dengan  non muslim.

Wallahu Aโ€™lam.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ„๐Ÿ€๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒป


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *