Kitab Ath Thaharah (bersuci) (9) – Bab Al Miyah (Tentang Air) (Bag.1)

0
80

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.

๐Ÿ“šHadits ke 9:

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฑูŽุฌูู„ู ุตูŽุญูุจูŽ ุงูŽู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู‚ูŽุงู„ูŽ: – ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – “ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุบู’ุชูŽุณูู„ูŽ ุงูŽู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุจูููŽุถู’ู„ู ุงูŽู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู, ุฃูŽูˆู’ ุงูŽู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุจูููŽุถู’ู„ู ุงูŽู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู, ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุบู’ุชูŽุฑูููŽุง ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง – ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽู‡ู ุฃูŽุจููˆ ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ. ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุณูŽุงุฆููŠู‘ู, ูˆูŽุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏูู‡ู ุตูŽุญููŠุญูŒ

๐Ÿ“Œ Dari seorang laki-laki, sahabat NabiShallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, dia berkata: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melarang seorang wanita mandi dengan air sisa yang dipakai laki-laki, atau seorang laki-laki terhadap air sisa yang dipakai wanita, dan hendaknya mereka menyiduk air bersama-sama.โ€ Dikeluarkan oleh Abu Daud, An Nasaโ€™i, dan isnadnya shahih.

๐Ÿ“šTakhrij Hadits:

-๐Ÿ”น Imam Abu Daud dalam Sunannya No. 81, dan ini adalah lafaz beliau
-๐Ÿ”น Imam An Nasaโ€™i dalam Sunannya No. 238
-๐Ÿ”น Imam Ahmad dalam Musnadnya No. 23132
-๐Ÿ”น Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 869

๐Ÿ“šStatus Hadits:

-๐Ÿ”น Imam Ibnu Hajar mengatakan dalam kitab ini: shahih.
-๐Ÿ”น Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: isnadnya shahih. (Taโ€™liq Musnad AhmadNo. 23132)
-๐Ÿ”น Syaikh Al Albani mengatakan: shahih. (Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 238)

๐Ÿ“šKandungan Global hadits ini:

Hadits ini memiliki beberapa pelajaran:

๐Ÿ“‹1โƒฃ . Hadits ini diriwayatkan dari seorang sahabat nabi yang tidak disebutkan siapa dia?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‡ูˆ ู…ุฌู‡ูˆู„ ู„ูƒู† ุฌู‡ุงู„ุฉ ุงู„ุตุญุงุจูŠ ู„ุง ุชุถุฑ ู„ุฃู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูƒู„ู‡ู… ุซู‚ุงุฉ ูƒู„ู‡ู… ู„ุง ูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠูƒุฐุจ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

๐Ÿ“ŒDia tidak diketahui, tetapi tidak diketahuinya identitas seorang sahabat nabi tidaklah mengapa, karena semua sahabat nabi adalah terpercaya, tidak mungkin mereka mendustakan riwayat dari RasulullahShallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam. (Asy Syarh Al Mukhtashar โ€˜Ala Bulughil Maram, 2/7)

Lalu, siapakah sahabat nabi ? Telah banyak penjelasan dari para ulama, di antaranya tercatat dalam Al Qamus Al Fiqhiysebagai berikut:

Imam Al Jurjani Rahimahullahmengatakan:

ู…ู† ุฑุฃู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูˆุทุงู„ุช ุตุญุจู‡ุŒ ูˆุฅู† ู„ู… ูŠุฑูˆ ุนู†ู‡

๐Ÿ“ŒSiapa saja yang melihat Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dan bersahabat dalam waktu yang lama, walau pun mereka tidak meriwayatkan hadits darinya.

Pendapat ahli hadits, mayoritas ahli fiqih baik salaf dan khalaf, dan yang shahih dari Madzhab Syafiโ€™iyah, Hanabilah, dan Ibadhiyah, sahabat nabi adalah:

ู‡ูˆ ูƒู„ ู…ุณู„ู… ุฑุฃู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ุณูˆุงุก ุฌุงู„ุณู‡ุŒ ุฃู… ู„ุง

๐Ÿ“Œ Dia adalah setiap muslim yang melihat Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, sama saja apakah dia pernah duduk bersamanya atau tidak.

Imam Saโ€™id bin Al Musayyib Radhiallahu โ€˜Anhu (menantu Abu Hurairah), menjelaskan:

ู…ู† ุฃู‚ุงู… ู…ุน ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุณู†ุฉุŒ ูุตุงุนุฏุงุŒ ุฃูˆ ุบุฒุง ู…ุนู‡ ุบุฒูˆุฉ

๐Ÿ“ŒSiapa saja yang menetap bersama Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam selama setahun atau lebih atau berperang bersamanya dalam sebuah peperangan.

Menurut madzhab Malikiyah:

ู…ู† ุงุฌุชู…ุน ุจุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุญูŠุงุชู‡ุŒ ู…ุคู…ู†ุง ุจู‡ุŒ ูˆู…ุงุช ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ

๐Ÿ“ŒSiapa saja yang berkumpul bersama Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dalam hidupnya, dia mengimaninya, dan mati dalam keadaan demikian.

Sebagian ahli ushul mengatakan:

ู…ู† ู„ู‚ูŠ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุณู„ู…ุงุŒ ูˆู…ุงุช ุนู„ู‰ ุงู„ุงุณู„ุงู…ุŒ ุฃูˆ ู‚ุจู„ ุงู„ู†ุจูˆุฉ ูˆู…ุงุช ู‚ุจู„ู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุญู†ููŠุฉุŒ ูƒุฒูŠุฏ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ู†ููŠู„ุŒ ุฃูˆ ุงุฑุชุฏ ูˆุนุงุฏ ููŠ ุญูŠุงุชู‡

๐Ÿ“ŒSiapa saja yang berjumpa NabiShallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam sebagai seorang muslim, dan dia mati dalam Islam, atau dia hidup sebelum masa kenabian dan mati sebelum masa kenabian dalam keadaan agama yang hanif, seperti Zaid bin Amru bin Nufail, atau orang yang murtad dan kembali kepada Islam pada masa hidupnya (Nabi).(Lihat Syaikh Saโ€™diy Abu Jaib, Al Qamus Al Fiqhiy, Hal. 208. Cet. 2, 1988M. Darul Fikr)

Syaikh โ€˜Athiyah Muhammad Salim menjelaskan:

ู…ู† ุฑุขู‡ ูˆู„ูˆ ู„ุญุธุฉ ูˆู‡ูˆ ู…ุคู…ู† ุจู‡ ูˆู…ุงุช ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุณู„ุงู…

๐Ÿ“ŒSiapa saja yang melihatnya walau sesaat dan dia mengimaninya dan dia mati dalam keadaan Islam. (Syarh Bulughul Maram, 7/178)

Sedangkan mayoritas ulama terdahulu dan belakangan mengatakan:

ู‡ูˆ ุฃู† ุงู„ุตุญุงุจูŠ ู…ู† ู„ู‚ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุคู…ู†ุง ุจู‡ ูˆู…ุงุช ุนู„ู‰ ุงู„ุงุณู„ุงู…

๐Ÿ“ŒSahabat nabi adalah siapa saja yang berjumpa dengan Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam yang mengimaninya dan dia mati dalam keadaan Islam. (Imam Al โ€˜Ijliy, Maโ€™rifah Ats Tsiqat, hal. 95. Cet. 1, 1985M-1405H. Maktabah Ad Dar)

Dan inilah definisi yang anggap kuat oleh Al Hafizh Ibnu Hajar. (Al Ishabah fi Tamyizish Shahabah, 1/7)

๐Ÿ“‹2โƒฃ . Dalam hadits ini terdapat larangan bagi kaum laki-laki (suami) untuk mandi dengan berendam menggunakan air sisa kaum wanita (istri), dan sebaliknya. Tetapi, menurut sebagian ulama larangan ini adalah untuk pendidikan saja, bukan menunjukkan haram. Melainkan sebagai bimbingan kepada suami istri agar lebih melahirkan keakraban di antara mereka berdua.

Berikut ini keterangannya:

ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -ู†ู‡ู‰ ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ุงู„ุฑุฌู„ ุจูุถู„ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฃูˆ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุจูุถู„ ุงู„ุฑุฌู„ ูˆู„ูŠุบุชุฑูุง ุฌู…ูŠุนุง ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูุถู„ ูˆุงู„ู…ุดุฑูˆุน ูŠุนู†ูŠ ู…ุซู„ุง ุฑุฌู„ ูˆุฒูˆุฌุชู‡ ุนู†ุฏู‡ู…ุง ุฅู†ุงุก ูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ุงู„ุฑุฌู„ ู‚ุจู„ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุซู… ุชุฃุชูŠ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ูุชุบุชุณู„ ุฃูˆ ุชุบุชุณู„ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุซู… ูŠุฃุชูŠ ุงู„ุฑุฌู„ ููŠุบุชุณู„ ูู†ู‡ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู†ู‡ูŠ ุฅุฑุดุงุฏ ู„ุง ู†ู‡ูŠ ุชุญุฑูŠู… ูˆุฃู…ุฑ ุจุญุงู„ ุฃูุถู„ ู…ู† ู‡ุงุชูŠู† ุงู„ุญุงู„ุชูŠู† ูˆู‡ู‰ ุฃู† ูŠุบุชุฑูุง ุฌู…ูŠุนุง ููŠุฌู„ุณ ุงู„ุฑุฌู„ ุฅู„ู‰ ุฌุงู†ุจ ุงู„ุฅู†ุงุก ูˆุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฅู„ูŠ ุงู„ุฌุงู†ุจ ุงู„ุฃุฎุฑ ู„ุฃู† ู‡ุฐุง ุฃูˆูุฑ ู„ู„ู…ุงุก ูˆุฃุฌู…ุน ู„ู„ู‚ู„ุจ ูˆุฃุดุฏ ู„ู„ู…ุญุจุฉ ุจูŠู† ุงู„ุฒูˆุฌูŠู† ูˆู„ู‡ุฐุง ุฃุฑุดุฏ ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -ุฅู„ู‰ ุฐู„ูƒ

๐Ÿ“ŒBahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melarang seorang suami mandi dengan bekas air istrinya, atau seorang istri memakai sisa air laki-laki, dan hendaknya mereka berdua menyiduk air bersama-sama. Inilah yang lebih utama yakni dan disyariatkan, yakni misalnya seorang suami dan istrinya yang memiliki sebuah bejana yang memungkinkan suami mandi dulu sebelum istrinya, kemudian datang istrinya lalu dia mandi, atau si istri mandi duluan kemudian datang suaminya lalu dia mandi, maka larangan Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam adalah larangan untuk bimbingan bukan larangan pengharaman, atau Beliau memerintahkan cara yang lebih utama dibanding dua cara tersebut, yakni dengan menyiduk bersama-sama. Si suami duduk di hadapan bejana dan si istri di sisi lainnya, karena hal ini bisa mengambil air lebih banyak, menyatukan hati, dan menguatkan cinta di antara suami istri. Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam membimbing ke arah sana. (Asy Syarh Al Mukhtashar, 2/7)

Ulama lain ada yang memahami bahwa larangan ini adalah benar adanya, tetapi makruh tanzih, sebagaimana penjelasan nanti. Ada pula yang mengatakan bahwa larangan ini adalah larangan menggunakan air bekas yang terjatuh dari anggota badan.

๐Ÿ“‹3โƒฃ . Al Fadhl secara bahasa artinya lebih. Maka, dalam konteks pembahasan ini, Fadhl adalah air lebih yang berada di dalam wadah (bak, ember, kolam kamar mandi) yang sebelumnya dipakai mandi. Bukan air menetes dari anggota tubuh, kalau itu dinamakan air mustaโ€™mal.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here