Kitab Ath Thaharah (bersuci) (11) – Bab Al Miyah (Tentang Air)

0
105

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.

๐Ÿ“šHadits ke 11:

Al Hafizh Ibnu Hajar menambahkan:

ูˆูŽู„ูุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู “ุงูŽู„ุณู‘ูู†ูŽู†ู”: – ุงูุบู’ุชูŽุณูŽู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌู ุงูŽู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูููŠ ุฌูŽูู’ู†ูŽุฉู, ููŽุฌูŽุงุกูŽ ู„ููŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง, ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู: ุฅูู†ู‘ููŠ ูƒูู†ู’ุชู ุฌูู†ูุจู‹ุง, ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: “ุฅูู†ู‘ูŽ ุงูŽู„ู’ู…ูŽุงุกูŽ ู„ูŽุง ูŠูุฌู’ู†ูุจู” – ูˆูŽุตูŽุญู‘ูŽุญูŽู‡ู ุงูŽู„ุชู‘ูุฑู’ู…ูุฐููŠู‘ู, ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฎูุฒูŽูŠู’ู…ูŽุฉูŽ

๐Ÿ“ŒDan diriwayatkan oleh para penyusun kitab Sunan: โ€œSebagian istri Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mandi di bak yang besar, maka Beliau datang untuk mandi memakai air darinya, lalu berkatalah istrinya kepadanya: โ€œSaya sedang junub.โ€ Lalu Beliau bersabda: โ€œSesungguhnya air tidaklah junub.โ€ Dishahihkan oleh At Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.

๐Ÿ“šTakhrij Hadits:

๐Ÿ”น-          Imam At Tirmidzi dalam Sunannya No. 65

๐Ÿ”น-          Imam Abu Daud dalam Sunannya No. 68

๐Ÿ”น-          Imam Ibnu Majah dalam Sunannya No. 370

๐Ÿ”น-          Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 859

๐Ÿ”น-          Imam Ibnu Hibban dalam Shahihnya No. 1248

๐Ÿ”น-          Imam  Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 355

๐Ÿ“šStatus Hadits:

๐Ÿ”น-          Imam At Tirmidzi berkata: hasan shahih.(Sunan At Tirmidzi No. 65)

๐Ÿ”น-          Imam As Suyuthi mengatakan: shahih.(Al Jamiโ€™ Ash Shaghir No. 2097)

๐Ÿ”น-          Syaikh Al Albani juga menshahihkannya. (Shahihul Jamiโ€™ No. 1927)

๐Ÿ“šKandungan hadits:

๐Ÿ“‹1โƒฃ .       Ada beberapa istilah yang perlu dijelaskan:

a.       Ashhabus Sunan, Al Hafizh menyebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ashhabus Sunan. Siapakah Ashhabus Sunan? Yaitu para pengarang kitab As Sunan, seperti Imam At Tirmidzi dengan Sunan At Tirmidzi (kadang juga disebut Jamiโ€™ At Tirmidzi), Imam Abu Daud dengan Sunan Abi Daud, Imam Ibnu Majah dengan Sunan Ibni Majah, dan Imam An Nasaโ€™i dengan Sunan An Nasaโ€™i. Inilah yang terkenal, walau kitab sunan masih ada lagi selain mereka.

b.      Jafnah, apa arti Jafnah?

Syaikh Abul โ€˜Ala Al Mubarkafuri Rahimahullah berkata:

ุจูุชุญ ุงู„ุฌูŠู… ูˆุณูƒูˆู† ุงู„ูุงุก ุฃูŠ ู‚ุตุนุฉ ูƒุจูŠุฑุฉ ูˆุฌู…ุนู‡  ุฌูุงู†

๐Ÿ“ŒDengan jim difathahkan dan fa disukunkan artinya adalah wadah yang besar dan jamaknya adalah jifaan.  (Tuhfah Al Ahwadzi, 1/167)

๐Ÿ“‹2โƒฃ .       Hadits ini menegaskan kebolehan bagi laki-laki (suami) untuk bersuci dengan air yang sudah digunakan mandi oleh wanita (istri), walau si istri dalam keadaan junub.

Imam Ash Shanโ€™ani Rahimahullah mengatakan:

ูˆุฃู†ู‡ ูŠุฌูˆุฒ ุบุณู„ ุงู„ุฑุฌู„ ุจูุถู„ ุงู„ู…ุฑุฃุฉุŒ ูˆูŠู‚ุงุณ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุนูƒุณ ู„ู…ุณุงูˆุงุชู‡ ู„ู‡ุŒ ูˆููŠ ุงู„ุฃู…ุฑูŠู† ุฎู„ุงูุŒ ูˆุงู„ุฃุธู‡ุฑ ุฌูˆุงุฒ ุงู„ุฃู…ุฑูŠู†ุŒ ูˆุฃู† ุงู„ู†ู‡ูŠ ู…ุญู…ูˆู„ ุนู„ู‰ ุงู„ุชู†ุฒูŠู‡.

๐Ÿ“ŒSesungguhnya dibolehkan seorang laki-laki mandi dengan air sisa wanita, dan qiyaskan kebalikannya karena adanya kesamaan, dan dua hal ini merupakan hal yang diperselisihkan, namun yang lebih benar adalah dua hal  ini dibenarkan, sedangkan larangannya menunjukkan tanzih[2] saja.(Subulus Salam, 1/22)

Bagaimana memadukan antara hadits ini dan semisalnya โ€“yang jelas-jelas membolehkan- dengan hadits lain yang menunjukkan bahwa justru Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melarang melakukannya?

Berikut ini ulasan Syaikh Abul โ€˜Ala Al Mubarkafuri Rahimahullah:

ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุงู„ุชู‘ูŽุทูŽู‡ู‘ูุฑู ุจูููŽุถู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ูˆูŽุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุญูŽูƒูŽู…ู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุงู„ู’ุบูููŽุงุฑููŠู‘ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุจูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูู…ู ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ุนูŽู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฌูู…ูุนูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูŽ ู…ูŽุญู’ู…ููˆู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุชูŽุณูŽุงู‚ูŽุทูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุถูŽุงุกู ู„ููƒูŽูˆู’ู†ูู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุตูŽุงุฑูŽ ู…ูุณู’ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุจูŽู‚ููŠูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจููŠู‘ู ุŒ ูˆูŽุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูŽ ู…ูŽุญู’ู…ููˆู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ุฒููŠู‡ู ุจูู‚ูŽุฑููŠู†ูŽุฉู ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ู‚ููŠู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ูƒูู†ู’ุช ุฌูู†ูุจู‹ุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฅูุฑูŽุงุฏูŽุชูู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆูŽุถู‘ูุคูŽ ุจูููŽุถู’ู„ูู‡ูŽุง ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูู…ู‹ุง ููŽุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ู†ูŽุงุณูุฎูŒ ู„ูุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู

๐Ÿ“ŒHadits ini menunjukkan kebolehan bagi laki-laki bersuci dengan air sisa kaum wanita, sedangkan hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakam bin Amru Al Ghifari pada pembahasan Bab sebelumnya justru menunjukkan larangannya. Keduanya telah dipadukan bahwasanya larangan tersebut dimaknai sebagai air yang menetes dari anggota badan sehingga membuat air tersebut menjadi mustaโ€™mal, sedangkan kebolehannya adalah pada air yang tersisa. Itulah kompromi yang dilakukan oleh Imam Al Khathabi, dengan memaknai bahwa larangan itu hanya bersifat tanzih semata, hal ini ditunjukkan oleh hadits-hadits yang membolehkannya. Ada juga yang mengatakan bahwa ucapan sebagian istri Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam ketika Beliau hendak berwudhu dengan air sisa mereka, menunjukkan bahwa larangan tersebut adalah telah lalu, sedangkan hadits yang membolehkan telah menghapus hadits yang melarang. Wallahu Taโ€™ala Aโ€™lam (Tuhfah Al Ahwadzi, 1/167)

Selesai. Wallahu Aโ€™lam
ใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐใ€ฐ
[1] Tahnik adalah memasukkan kurma yang telah dilembutkan ke dalam mulut bayi, di bagian langit-langitnya, dilakukan tidak lama setelah lahirnya bayi.

[2] Tanzih adalah makruh yang mendekati boleh.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here