๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.
๐Hadits ke 11:
Al Hafizh Ibnu Hajar menambahkan:
ููููุฃูุตูุญูุงุจู “ุงููุณูููููู”: – ุงูุบูุชูุณููู ุจูุนูุถู ุฃูุฒูููุงุฌู ุงูููููุจูููู – ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู – ููู ุฌูููููุฉู, ููุฌูุงุกู ููููุบูุชูุณููู ู ูููููุง, ููููุงููุชู ูููู: ุฅููููู ููููุชู ุฌูููุจูุง, ููููุงูู: “ุฅูููู ุงูููู ูุงุกู ููุง ููุฌูููุจู” – ููุตูุญููุญููู ุงููุชููุฑูู ูุฐูููู, ููุงุจููู ุฎูุฒูููู ูุฉู
๐Dan diriwayatkan oleh para penyusun kitab Sunan: โSebagian istri Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam mandi di bak yang besar, maka Beliau datang untuk mandi memakai air darinya, lalu berkatalah istrinya kepadanya: โSaya sedang junub.โ Lalu Beliau bersabda: โSesungguhnya air tidaklah junub.โ Dishahihkan oleh At Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.
๐Takhrij Hadits:
๐น- Imam At Tirmidzi dalam Sunannya No. 65
๐น- Imam Abu Daud dalam Sunannya No. 68
๐น- Imam Ibnu Majah dalam Sunannya No. 370
๐น- Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 859
๐น- Imam Ibnu Hibban dalam Shahihnya No. 1248
๐น- Imam Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 355
๐Status Hadits:
๐น- Imam At Tirmidzi berkata: hasan shahih.(Sunan At Tirmidzi No. 65)
๐น- Imam As Suyuthi mengatakan: shahih.(Al Jamiโ Ash Shaghir No. 2097)
๐น- Syaikh Al Albani juga menshahihkannya. (Shahihul Jamiโ No. 1927)
๐Kandungan hadits:
๐1โฃ . Ada beberapa istilah yang perlu dijelaskan:
a. Ashhabus Sunan, Al Hafizh menyebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ashhabus Sunan. Siapakah Ashhabus Sunan? Yaitu para pengarang kitab As Sunan, seperti Imam At Tirmidzi dengan Sunan At Tirmidzi (kadang juga disebut Jamiโ At Tirmidzi), Imam Abu Daud dengan Sunan Abi Daud, Imam Ibnu Majah dengan Sunan Ibni Majah, dan Imam An Nasaโi dengan Sunan An Nasaโi. Inilah yang terkenal, walau kitab sunan masih ada lagi selain mereka.
b. Jafnah, apa arti Jafnah?
Syaikh Abul โAla Al Mubarkafuri Rahimahullah berkata:
ุจูุชุญ ุงูุฌูู ูุณููู ุงููุงุก ุฃู ูุตุนุฉ ูุจูุฑุฉ ูุฌู ุนู ุฌูุงู
๐Dengan jim difathahkan dan fa disukunkan artinya adalah wadah yang besar dan jamaknya adalah jifaan. (Tuhfah Al Ahwadzi, 1/167)
๐2โฃ . Hadits ini menegaskan kebolehan bagi laki-laki (suami) untuk bersuci dengan air yang sudah digunakan mandi oleh wanita (istri), walau si istri dalam keadaan junub.
Imam Ash Shanโani Rahimahullah mengatakan:
ูุฃูู ูุฌูุฒ ุบุณู ุงูุฑุฌู ุจูุถู ุงูู ุฑุฃุฉุ ูููุงุณ ุนููู ุงูุนูุณ ูู ุณุงูุงุชู ููุ ููู ุงูุฃู ุฑูู ุฎูุงูุ ูุงูุฃุธูุฑ ุฌูุงุฒ ุงูุฃู ุฑููุ ูุฃู ุงูููู ู ุญู ูู ุนูู ุงูุชูุฒูู.
๐Sesungguhnya dibolehkan seorang laki-laki mandi dengan air sisa wanita, dan qiyaskan kebalikannya karena adanya kesamaan, dan dua hal ini merupakan hal yang diperselisihkan, namun yang lebih benar adalah dua hal ini dibenarkan, sedangkan larangannya menunjukkan tanzih[2] saja.(Subulus Salam, 1/22)
Bagaimana memadukan antara hadits ini dan semisalnya โyang jelas-jelas membolehkan- dengan hadits lain yang menunjukkan bahwa justru Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam melarang melakukannya?
Berikut ini ulasan Syaikh Abul โAla Al Mubarkafuri Rahimahullah:
ููุฐูุง ููุฏูููู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุงูุชููุทููููุฑู ุจูููุถููู ุงููู ูุฑูุฃูุฉู ููุญูุฏููุซู ุงููุญูููู ู ุจููู ุนูู ูุฑูู ุงููุบูููุงุฑูููู ุงูููุฐูู ุชูููุฏููู ู ููู ุงููุจูุงุจู ุงููู ูุชูููุฏููู ู ููุฏูููู ุนูููู ุงูููููููู ุนููู ุฐููููู ุ ููููุฏู ุฌูู ูุนู ุจูููููููู ูุง ุจูุฃูููู ุงูููููููู ู ูุญูู ูููู ุนูููู ู ูุง ุชูุณูุงููุทู ู ููู ุงููุฃูุนูุถูุงุกู ูููููููููู ููุฏู ุตูุงุฑู ู ูุณูุชูุนูู ูููุง ููุงููุฌูููุงุฒู ุนูููู ู ูุง ุจููููู ู ููู ุงููู ูุงุกู ููุจูุฐููููู ุฌูู ูุนู ุงููุฎูุทููุงุจูููู ุ ููุจูุฃูููู ุงูููููููู ู ูุญูู ูููู ุนูููู ุงูุชููููุฒูููู ุจูููุฑููููุฉู ุฃูุญูุงุฏููุซู ุงููุฌูููุงุฒู ููููู ุฅูููู ูููููู ุจูุนูุถู ุฃูุฒูููุงุฌู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅููููู ููููุช ุฌูููุจูุง ุนูููุฏู ุฅูุฑูุงุฏูุชููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงูุชููููุถููุคู ุจูููุถูููููุง ููุฏูููู ุนูููู ุฃูููู ุงูููููููู ููุงูู ู ูุชูููุฏููู ูุง ููุญูุฏููุซู ุงููุฌูููุงุฒู ููุงุณูุฎู ููุญูุฏููุซู ุงูููููููู ููุงูููููู ุชูุนูุงููู ุฃูุนูููู ู
๐Hadits ini menunjukkan kebolehan bagi laki-laki bersuci dengan air sisa kaum wanita, sedangkan hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakam bin Amru Al Ghifari pada pembahasan Bab sebelumnya justru menunjukkan larangannya. Keduanya telah dipadukan bahwasanya larangan tersebut dimaknai sebagai air yang menetes dari anggota badan sehingga membuat air tersebut menjadi mustaโmal, sedangkan kebolehannya adalah pada air yang tersisa. Itulah kompromi yang dilakukan oleh Imam Al Khathabi, dengan memaknai bahwa larangan itu hanya bersifat tanzih semata, hal ini ditunjukkan oleh hadits-hadits yang membolehkannya. Ada juga yang mengatakan bahwa ucapan sebagian istri Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam ketika Beliau hendak berwudhu dengan air sisa mereka, menunjukkan bahwa larangan tersebut adalah telah lalu, sedangkan hadits yang membolehkan telah menghapus hadits yang melarang. Wallahu Taโala Aโlam (Tuhfah Al Ahwadzi, 1/167)
Selesai. Wallahu Aโlam
ใฐใฐใฐใฐใฐใฐใฐใฐใฐ
[1] Tahnik adalah memasukkan kurma yang telah dilembutkan ke dalam mulut bayi, di bagian langit-langitnya, dilakukan tidak lama setelah lahirnya bayi.
[2] Tanzih adalah makruh yang mendekati boleh.
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130