Fiqih IbadahMateri Kajian Manis

Fiqih I’tikaf (Bag. 3)

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan

๐Ÿ“š Iโ€™tikaf Kaum Wanita

Dari โ€˜Aisyah Radiallahu โ€˜Anha:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒููู ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑูŽ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽูˆูŽูู‘ูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู‡ู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‡ู

๐Ÿ“ŒBahwasanya Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam beriโ€™tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun Iโ€™tikaf setelah itu.(HR. Bukhari, No. 2026, Muslim No. 1171, Abu Daud No. 2462. Ahmad No. 24613, dan lainnya)

Syaikh Al Albani Rahimahullah mengomentari hadits ini:

ูˆููŠู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุฌูˆุงุฒ ุงุนุชูƒุงู ุงู„ู†ุณุงุก ุฃูŠุถุง ูˆู„ุง ุดูƒ ุฃู† ุฐู„ูƒ ู…ู‚ูŠุฏ ุจุฅุฐู† ุฃูˆู„ูŠุงุฆู‡ู† ุจุฐู„ูƒ ูˆุฃู…ู† ุงู„ูุชู†ุฉ ูˆุงู„ุฎู„ูˆุฉ ู…ุน ุงู„ุฑุฌุงู„ ู„ู„ุฃุฏู„ุฉ ุงู„ูƒุซูŠุฑุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ ูˆุงู„ู‚ุงุนุฏุฉ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ : ุฏุฑุก ุงู„ู…ูุงุณุฏ ู…ู‚ุฏู… ุนู„ู‰ ุฌู„ุจ ุงู„ู…ุตุงู„ุญ

๐Ÿ“ŒDalam hadits ini terdapat dalil bolehnya Iโ€™tikaf bagi wanita juga, dan tidak ragu bahwa kebolehan itu terikat dengan izin para walinya, atau aman dari fitnah, dan aman dari berduaan dengan laki-laki lantaran banyak dalil yang menunjukkan hal itu, juga kaidah fiqih: menolak kerusakan lebih diutamakan dibanding mengambil maslahat. (Qiyamur Ramadhan, Hal. 35. Cet. 2. Maktabah Islamiyah, โ€˜Amman. Jordan)

Selain itu, hendaknya wanita Iโ€™tikaf di masjid yang memungkinkan dan kondusif bagi mereka.

Berkata Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah:

ูˆุฅุฐุง ุงุนุชูƒูุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏุŒ ุงุณุชุญุจ ู„ู‡ุง ุฃู† ุชุณุชุชุฑ ุจุดูŠุกุ› ู„ุฃู† ุฃุฒูˆุงุฌ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู…ุง ุฃุฑุฏู† ุงู„ุงุนุชูƒุงู ุฃู…ุฑู† ุจุฃุจู†ูŠุชู‡ู†ุŒ ูุถุฑุจู† ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏุŒ ูˆู„ุฃู† ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูŠุญุถุฑู‡ ุงู„ุฑุฌุงู„ุŒ ูˆุฎูŠุฑ ู„ู‡ู… ูˆู„ู„ู†ุณุงุก ุฃู„ุง ูŠุฑูˆู†ู‡ู† ูˆู„ุง ูŠุฑูŠู†ู‡ู….

๐Ÿ“Œโ€œJika wanita Iโ€™tikaf di masjid, dianjurkan dia membuat penutup dengan sesuatu, karena para isteri Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam ketika hendak iโ€™tikaf, Beliau memerintahkan mereka untuk menjaga diri, lalu mereka mendirikan kemah di masjid, karena masjid dihadiri kaum laki-laki, dan itu lebih baik bagi mereka (kaum laki-laki) dan bagi wanita, sehingga kaum laki-laki   tidak melihat mereka dan sebaliknya.โ€ (Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 3/125)

๐Ÿ“š Keutamaannya

Tidak ada riwayat shahih yang mendefinitkan keutamaan Iโ€™tikaf secara khusus. Namun, adanya berita shahih bahwa nabi, para isterinya, dan para sahabat yang senantiasa melakukannya setiap Ramadhan menunjukkan keutamaan Iโ€™tikaf. Sebab, tidak mungkin mereka merutinkan amalan yang dianggap โ€˜biasa saja.โ€™

Syaikh Sayyid Sabiq  Rahimahullah menulis sbb:

ู‚ุงู„ ุฃุจูˆุฏุงูˆุฏ: ู‚ู„ุช ู„ุงุญู…ุฏ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡: ุชุนุฑู ููŠ ูุถู„ ุงู„ุงุนุชูƒุงู ุดูŠุฆุงุŸ ู‚ุงู„: ู„ุงุŒ ุฅู„ุง ุดูŠุฆุง ุถุนูŠูุง.

๐Ÿ“Œ  Berkata Abu Daud: Saya berkata kepada Ahmad Rahimahullah: โ€œApakah engkau mengatahui tentang keutamaan Iโ€™tikaf?โ€ Beliau berkata: โ€œTidak, kecuali suatu riwayat yang dhaif.โ€ (Fiqhus Sunnah, 1/475)

๐Ÿ“š Syarat-Syarat Iโ€™tikaf

ูˆูŠุดุชุฑุท ููŠ ุงู„ู…ุนุชูƒู ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู…ุณู„ู…ุงุŒ ู…ู…ูŠุฒุง ุทุงู‡ุฑุง ู…ู† ุงู„ุฌู†ุงุจุฉ ูˆุงู„ุญูŠุถ ูˆุงู„ู†ูุงุณุŒ ูู„ุง ูŠุตุญ ู…ู† ูƒุงูุฑ ูˆู„ุง ุตุจูŠ ุบูŠุฑ ู…ู…ูŠุฒ ูˆู„ุงุฌู†ุจ ูˆู„ุงุญุงุฆุถ ูˆู„ุง ู†ูุณุงุก.

๐Ÿ“ŒSyarat bagi orang yang beriโ€™tikaf adalah: muslim, mumayyiz (sudah mampu membedakan salah benar, baik buruk), suci dari junub, haid, dan nifas, tidak sah jika kafir, anak-anak yang belum mumayyiz, junub, haid, dan nifas. (Fiqhus Sunnah, 1/477)

๐Ÿ“š Rukun-Rukun Iโ€™tikaf

Berikut ini keterangannya:

ุฃุฑูƒุงู†ู‡: ุญู‚ูŠู‚ุฉ ุงู„ุงุนุชูƒุงู ุงู„ู…ูƒุซ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุจู†ูŠุฉ ุงู„ุชู‚ุฑุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ุŒ ูู„ูˆ ู„ู… ูŠู‚ุน ุงู„ู…ูƒุซ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุฃูˆ ู„ู… ุชุญุฏุซ ู†ูŠุฉ ุงู„ุทุงุนุฉ ู„ุง ูŠู†ุนู‚ุฏ ุงู„ุงุนุชูƒุงู.

๐Ÿ“ŒRukun-rukunnya: hakikat dari Iโ€™tikaf adalah tinggal di masjid dengan niat taqarrub ilallah Taโ€™ala. Seandainya tidak menetap di masjid atau tidak ada niat melaksanakan ketaatan, maka tidak sah disebut iโ€™tikaf . (Ibid)

๐Ÿ”‘Jadi, ada dua rukun: niat untuk ibadah dan menetap di masjid.

๐Ÿ”ธBersambung ๐Ÿ”ธ

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *