Bolehkah Umroh dengan Uang Haram

0
16

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Ustadz… Saya mau bertanya, apakah boleh kita menggunakan hasil penjualan tanah  untuk umroh sedangkan tanahnya dahulu dibeli dengan cara minjam ke bank? Tapi sudah lama dilunasi ustadz.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Jika sudah bertobat dari riba, tidak mengulangi, menyesali, tidak masalah. Apalagi jika tanah itu dijual dengan cara yang halal, lebih kuat lagi kebolehannya.

Tanah itu “bermasalah” pada saat dulu membelinya dengan akad riba, dengan akad qardh kepada bank. Ada pun pada saat menjualnya, jika bebas dari cara-cara yang haram maka tidak apa-apa.

Ada pun haji dan umrah dengan harta yang benar-benar haram, adalah sah, namun berdosa bagi pelakunya.

Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:

ويجزئ الحج وإن كان المال حراما ويأثم عند الاكثر من العلماء. وقال الامام أحمد: لايجزئ، وهو الاصح لما جاء في الحديث الصحيح: ” إن الله طيب لا يقبل إلا طيبا “

“Haji tetap sah walau dengan uang haram, namun pelakunya berdosa menurut mayoritas ulama. Imam Ahmad berkata: hajinya tidak sah. Dan inilah pendapat yang paling benar sesuai hadits shahih: Sesungguhnya Allah baik, tidaklah menerima kecuali yang baik.” (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/640)

Imam Al Qarafi Al Maliki menjelaskan:

الَّذِي يُصَلِّي فِي ثَوْبٍ مَغْصُوبٍ أَوْ يَتَوَضَّأُ بِمَاءٍ مَغْصُوبٍ، أَوْ يَحُجُّ بِمَالٍ حَرَامٍ. كُلُّ هَذِهِ الْمَسَائِلِ عِنْدَنَا سَوَاءٌ فِي الصِّحَّةِ خِلَافًا لِأَحْمَدَ

“Orang yang shalat memakai baju curian, atau wudhu dengan air curian, atau haji dengan uang haram, maka SEMUA INI KEABSAHAN NYA SAMA menurut kami, berbeda dengan Imam Ahmad (yang mengatakan tidak sah). (Al Furuq, jilid. 2, hal. 85)

Wallahu A’lam

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here