Shalat Qobliyah Jum’at Ketika Khatib Sedang Khutbah

0
30

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz saya mau bertanya tentang shlat qobliyah jumat. Di masjid kami adzannya 1 kali, ketika waktu sudah masuk tidak langsung adzan, tapi dikasi waktu ±2 menit bagi yang mau sholat qobliyah jumat baru kemudian khatib naik mimbar dan adzan. Karena menurut pengurus, haram shalat qobliyah kalau khatib mulai berkhutbah. Bagaimana pandangan ustadz?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Qabliyah Jumat itu SUNNAH menurut Syafi’i dan Hanafi. Bahkan sampai saat ini rata-rata jamaah di masjid al haram dan masjid Nabawi melakukannya. Ada pun menurut Hambali dan Maliki tidak sunnah. Maka, hendaknya seseorang menghormati perbedaan pendapat dalam hal ini walau dia mengikuti salah satu pendapat hendaknya tidak memandang aib saudaranya yang berbeda.

Sebagaimana komentar Imam Ahmad bin Hambal terhadap orang yang shalat dua rakaat setelah Ashar:

لا نفعله ولا نعيب فاعله

Kami tidak melakukannya tapi kami tidak juga menilai aib orang yang melakukannya.

(Al Mughni, 2/87, Syarhul Kabir, 1/802)

Ada pun masalah shalat disaat khathib sedang khutbah jika khutbahnya masih lama, itu dibolehkan. Khususnya bagi mereka yang baru sampai ke masjid sebagai tahiyatul masjid. Berdasarkan hadits berikut:

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu ‘Anhu, katanya:

جَاءَ رَجُلٌ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ النَّاسَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ أَصَلَّيْتَ يَا فُلَانُ قَالَ لَا قَالَ قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ

Datang seorang laki-laki dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sedang berkhutbah di hadapan manusia pada hari Jumat. Beliau bersabda: “Wahai fulan, apakah engkau sudah shalat?” orang itu menjawab: “Tidak (belum).” Beliau bersabda: “Bangunlah dan shalatlah dua rakaat.” (HR. Bukhari No. 930, dan Muslim No. 875)

Ini menunjukkan bolehnya shalat, disaat khutbah masih berjalan. Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang memerintahkan. Hanya saja hendaknya dia shalat dengan bacaan yang pendek/ringan.

Syaikh ‘Uwaidhah Utsman, penanggung jawab Darul Ifta Al Mishriyyah menjelaskan:

أن صلاة ركعتين تحية المسجد هو سُنة مؤكدة، ولكن هل يجوز صلاة تحية المسجد والامام يخطب الجمعة فلا ينبغي لمن دخل المسجد أن يجلس قبل أن يصلي ركعتين، حتى في يوم الجمعة والإمام يخطب، والسنة لمن صلى ركعتي التحية أثناء خطبة الإمام أي أنه يشترط في صلاة تحية المسجد والامام يخطب الجمعة أن يخففهما

Dua rakaat shalat tahiyatul masjid adalah sunnah muakkadah. Tetapi apakah boleh seorang shalat sunnah sedangkan khatib sedang khutbah? Tidak sepatutnya seorang yang masuk ke masjid langsung duduk sebelum shalat sunnah dua rakaat walau pun di hari Jumat saat khatib berkhotbah, maka adalah hal yang sunnah shalat dua rakaat walau khatib sdg khutbah yaitu dengan syarat jika sdg ada khutbah hendaknya dia meringankan bacaannya. (selesai)

Demikian. Wallahu A’lam

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here