Amalan Yang Mengantarkan Ke Surga (3)

0
54

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

📝 Pemateri: Ustadz Rikza Maulan, Lc, M.Pd

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِبِلَالٍ عِنْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ يَا بِلَالُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ؟ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ، قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طَهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda kepada Bilal ra pada saat shalat Fajar (Shubuh), “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku amal yang paling utama yang sudah kamu amalkan dalam Islam, sebab aku mendengar di hadapanku suara sandalmu dalam surga”. Bilal berkata; “Tidak ada amal yang utama yang aku sudah amalkan kecuali bahwa jika aku bersuci (berwudhu’) pada suatu kesempatan malam ataupun siang melainkan aku selalu shalat dengan wudhu’ tersebut disamping shalat wajib”. (HR. Bukhari)

Takhrij Hadits:

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahihnya, Kitab Al-Jum’ah, Bab Fadhli Thuhur Bil Laili wan Nahar wa Fadhlis Shalat Bada Thuhur, hadits no 1081.

Hikmah Hadits :

1. Keutamaan Bilal bin Rabah, salah seorang sahabat Nabi Saw yang mulia dan termasuk salah seorang sahabat yang masuk Islam di masa-masa awal. Bilal juga dikenal dengan kemerduan suaranya, sehingga beliau menjadi Mu’azin nya Rasulullah Saw. Selain tentunya beliau merupakan salah seorang sahabat yang dijamin masuk ke dalam surga.

2. Keutamaan membiasakan diri untuk berwudhu, baik ketika saat akan melaksanakan shalat fardhu dan sunnah, maupun saat-saat lainnya saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kendatipun membiasakan wudhu saat aktivitas sehari-hari di luar waktu shalat agak sulit dilakukan oleh sebagian orang. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba mulai membiasakan diri secara bertahap, misalnya saat di rumah selalu membiasakan diri berwudhu usai buang hajat di kamar mandi, atau saat selesai mandi. Jika menjadi kebiasaan, maka mudah-mudahan bisa menjadi kebiasaan untuk selalu dalam keadaan suci.

3. Melaksanakan shalat sunnah usai wudhu, atau sebagian ulama menyebutnya dengan shalat sunnah syukur wudhu, memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu mendapatkan surga. Hal ini sebagaimana riwayat di atas, bahwa Nabi Saw bertanya dan memuji Bilal lantaran amalan yg biasa dilakukan nya, yaitu selalu menjaga wudhu dan selalu melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat usai wudhu. Masya Allah, keistiqamahan Bilal mengerjakan amalan ini menjadi jalan mendapatkan jaminan masuk surga.

4. Mudah-mudahan kita semua termasuik ke dalam golongan orang-orang yg istiqamah dalam beramal shaleh, yg oleh karenanya menjadi sebab dibukakannya pintu surga kepada kita semua. Amiin Ya Rabbal Alamiinnnn

Wallahu A’lam

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here