Membaca Lebih dari Satu Surah Setelah al-Fatihah

0
133

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

📝 Pemateri: Slamet Setiawan, S.H.I

Di dalam madzhab Syafi’i, secara mutlak boleh membaca lebih dari satu surah dalam satu raka’at shalat. Imam an-Nawawi di dalam al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab mengatakan: “Boleh menggabungkan bacaan dua surah atau lebih dalam satu raka’at sekaligus.” Bahkan, di dalam at-Tibyan fi Adab Hamalah al-Qur’an, beliau sendiri menyebutkan bahwa banyak di antara generasi salaf yang mampu mengkhatamkan al-Qur’an hanya dalam satu raka’at shalat saja.

Dalilnya, selain QS. Al-Muzzammil [73]: 20, ada juga riwayat di mana Ibn ‘Abbas ra. mengatakan bahwa dua puluh surah dari golongan surah-surah mufashshal yang sering dibaca oleh Nabi saw., masing-masing dua surah dalam satu raka’at shalat.

Al-Bukhari juga menyampaikan riwayat dari Anas ibn Malik ra. yang menceritakan bahwa pernah ada seorang sahabat dari kalangan Anshar yang menjadi imam shalat para shahabat di Masjid Quba’. Di dalam shalatnya, ia selalu membaca surah al-Ikhlash di setiap raka’at sebelum membaca surah-surah lainnya. Hingga akhirnya para sahabat mengungkapkan keberatan. Namun, ia justru menjawab: “Aku tidak akan meninggalkannya. ]ika kalian suka, maka aku akan tetap mengimami kalian. Namun jika kalian tidak suka, maka aku tidak akan mengimami kalian.” Meski demikian, mereka sendiri menyadari bahwa ia adalah orang yang paling utama di antara mereka, sehingga mereka pun tidak suka jika yang mengimami shalat mereka adalah orang lain. Tatkala Nabi saw. mendatangi mereka, maka mereka pun menceritakan kabar tentang itu. Beliau kemudian bertanya: “Wahai Fulan, apa yang menghalangimu untuk melakukan sesuatu yang diminta oleh para sahabatmu? Dan apa pula yang membuatmu selalu membaca surah ini di setiap raka’at?” Ia menjawab: “Sesungguhnya aku mencintai surah ini.” Rasulullah saw. kemudian berkata kepadanya: “Cintamu kepadanya akan memasukkanmu ke dalam surga.”

Wallahu a’lam.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here