Hari Asyuro Dan Manusia Merdeka

0
104

📝 Pemateri: Ustadz Abdullah Haidir, Lc

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

Berbicara tetang hari Asyuro tentu tak dapat dilepaskan dari dakwah Nabi Musa alahissalam menghadapi Firaun. Ada dua tema utama dakwah Nabi Musa alaihissalam di hadapan Firaun; Beriman kepada Allah dan lepaskan Bani Israil dari perbudakannya (QS. Al-A’raf: 105).

Nabi Musa alaihissalam sedang mengajarkan kepada kita tentang kemerdekaan hakiki; hanya beriman dan beribadah kepada Allah semata dan lepas dari penjajahan manusia.

Sejatinya, kemerdekaan harus diawali dengan tauhidullah; keimanan yang mutlak kepada Allah. Sebab tanpa ini, sejatinya seseorang akan menjadi hamba bagi selain-Nya dan selain Allah, apapun bentuknya tak lain adalah makhluk.

Inilah misi kemerdekaan yang dengan jelas disampaikan oleh sahabat mulia; Rib’i bin Amir saat di tanya maksud kedatangannya oleh Rustum, panglima Persia kala itu;

اللهُ ابْتَعَثَنَا لِنُخْرِجَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادَةِ الْعِبَادِ إِلَى عِبَادَةِ الله

“Allah telah mengutus kami untuk mengeluarkan siapa yang Dia kehendaki dari penghambaan kepada sesama hamba menjadi penghambaan kepada Allah.”

Maka, hakekatnya, kemerdekaan harus berujung kepada keimanan dan penghambaan kepada Allah semata. Tanpa itu, hakekatnya dia hanya berpindah dari satu penjajahan kepada penjajahan dalam bentuk lain yang tidak disadari.

Inilah yang dialami oleh sebagian Bani Israil pengikut Nabi Musa alaihissalam. Fakta yang sangat nyata betapa Allah telah menolong mereka agar merdeka dari penindasan Fir’aun, tidak juga membuat mereka beriman dan menghamba hanya kepada Allah. Kekufuran dan pembangkangan terhadap ajaran nabinya kerap mereka lakukan, akibatnya kehinaan demi kehinaan menimpa mereka.

Adapun orang yang tetap teguh dan komit keimanannya, sejatinya mereka tetap merdeka, walaupun mereka masih dalam taraf berjuang lepas dari penjajahan manusia. Bahkan walaupun fisik mereka terkungkung di balik jeruji besi….

Semoga Allah merahmati sang penyair dengan bait-baitnya….

أَخِي أَنْتَ حُرٌ وَرَاءَ السُّدُودِ * أَخِي أَنْتَ حرٌ بِتِلْكَ الْقُيُودِ
إِذَا كُنْت َبِاللهِ مُسْتَعْصِمَا * فَمَاذَا يَضِيرُكَ كَيْدُ الْعَبِيد

Saudaraku, engkau merdeka dibalik jeruji
Saudaraku, engkau merdeka dengan belenggu tsb
Jika engkau teguh di jalan Allah
Tak akan berbhaya bagimu tipu daya hamba…

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here