Beruntung Memiliki Istri Sholihah

QANAAH ISTRI MEMBUAT KELUARGA BAHAGIA

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadzah DR. Aan Rohanah, Lc , M.Ag

๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท

Sikap qanaah adalah ridha atas pemberian Allah walaupun sedikit, dan tidak berharap apalagi berambisi untuk mendapatkan apa yang dimiliki oleh orang lain.

Sikap qonaโ€™ah itu membuat seorang istri tetap berprilaku baik kepada suami , ia bisa menjaga amarah dan lisan, tidak menuntut hak nafkah yang serba cukup, tidak berselisih dan bertengkar sekalipun nafkah yang diberikan suami sedikit. Karena ia selalu merasa ridha, tenang, beruntung dan bersyukur masih mendapatkan rizki dari Allah SWT. Sesuai sabda Rasulullah SAW :

” Sungguh beruntung orang yg taat kepada Islam dan dia merasa diberi rizki dg cukup serta merasa qonaah dengan apa yg telah diberikan oleh Allah ” ( HR. Muslim ).

Sikap qanaah seorang istri itu mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Maka saat seorang istri bisa bersikap qanaah hatinya menjadi tenang, jiwanya sabar dan fikirannya jernih sehingga ia memiliki banyak inisiatif, inovasi dan kreatifitas untuk mengelola nafkah yang sedikit agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Rasulullah bersabda :

” Siapa yang bisa menahan diri maka Allah membuatnya bisa menjaga kehormatannya dan siapa yang berusaha merasa cukup maka Allah akan mencukupinnya dan siapa yang berusaha sabar maka Allah akan menjadikannya sebagai orang yang sabar” ” ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Sebaliknya jika istri tidak bersikap qanaah maka saat suami tidak mampu memberikan nafkah yang cukup maka ia merasa susah dan marah, tidak bisa menahan lisan, banyak menuntut, sering berselisih. Sikap tersebut menghancurkan keharmonisan dan kebahagiaan keluarga.

Dengan demikian sikap qanaah seorang istri di tengah kesulitan ekonomi dapat menjaga keharmonisan keluarga , sehingga suami dan anak-anak mereka tetap hidup dengan tenang, nyaman dan bahagia.

“Harta itu sangat menggiurkan, bila ada orang yg mengambil banyak harta untuk berderma maka dia mendapat kelapangan, bila dia mengambil banyak untuk kesenangan diri, maka dia tidak akan mendapat keberkahan seperti orang yang makan tapi tidak merasa kenyang, dan tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah” ( HR. Muttafaq ‘alaihi ).

Wallahu a’lam bish showab

๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท๐ŸŒน๐ŸŒท

Sebarkan! Raih Pahala


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *