Materi Kajian ManisMotivasi Islam

CONTROL YOUR ANGER

πŸ“ Pemateri: Bu Dina Farihani S. Psi.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄

Assalamu’alaikum, Sobat Muda!

Salam semangat Jumat! ✊

Jumpa lagi dgn sesi materi psikologi. Kali ini, tema kita adalah ……….

CONTROL YOUR ANGER

Pernahkah kamu berada pada situasi yang tertekan dan merasa ingin “ingin meledak”? Atau coba diingat, pernahkah kamu kelepasan berkata kasar, atau bahkan menyakiti seseorang karena merasa sangat marah?

Apa yang kamu rasakan dan pikirkan setelahnya? Penyesalan? Malu dan ingin segera menghilang? Atau malah merasa puas karena sudah menyalurkan kemarahan?

Oke, coba simak dulu ulasan berikut ini ya,

πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’πŸ—’
Marah adalah kondisi dimana seseorang merasa kecewa, tidak suka, tidak bisa menerima–suatu situasi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Marah akan berdampak pada diri kita tergantung pada cara kita menyikapinya. Jika kita berhasil mengendalikan marah, maka dampaknya akan lebih positif tidak hanya untuk diri kita, tapi juga untik orang lain.
Namun, seperti yang kita ketahui, mengendalikan marah bukanlah hal mudah. Perlu kesadaran dan strategi untuk bisa memiliki kemampuan mengendalikan marah.

Berikut ini adalah Tips Mengendalikan EmosiΒ yang bisa kita latihkan :

1⃣ Kenali Jenis-jenis Emosi

Orang seringkali bersikap agresif dgn berteriak mendorong, atau memukul dan seterusnya karena tidak tahu bagaimana mengekspresikan emosi dengan cara yang lebih tepat. Kita perlu mengenal emosi apa saja yang ada, dan melatih untuk mengungkapkannya dengan kata-kata, seprti ; “aku merasa kecewa”, dsb.

2⃣ Self Talk

Latihlah untuk berdialog dengan diri sendiri pada situasi yang membuat tertekan (emosional). Kamu bisa coba mengatakan kepada diri sendiri ; “Stop and calm down”, “Stay in control”, “I can handle this”Β , dst.

3⃣ Pound it Out

Carilah cara yang efektif untuk menurunkan ketegangan, menyalurkan energi berlebih, dan gunakan pada saat yang dibutuhkan. Misalnya dengan memukul bantal, meremas kertas/tas kain, melempar bola ke keranjang, dsb.

4⃣ Go to a Calm Spot

Siapkan dan aturlah sebuah tempat dimana kamu bisa mengontrol diri. Bisa dengan disertai iringan musik, buku, alat tulis, dsb.

5⃣ Tear your anger into little pieces

Tuliskan apa saja hal/kejadian yang membuatmu merasa kecewa, marah, atau frustasi. Lalu sobek atau jadikan potongan kecil, dan buanglah. Hal ini bisa juga dilakukan dengan imajinasi, misal kamu bayangkan kemarahanmu sebagai bola api, yang perlahan semakin menjauh dan menghilang.

6⃣ Stop and Breathe

Latihlah untuk teknik pernafasan; tarik nafas perlahan, tahan beberapa saat, lalu hembuskan perlahan.
Mengulanginya bbrp kali akan membantu relaksasi dan menurunkan stress yang dapat mengakibatkan kemarahan.

7⃣ Teknik 1+3+10

Segera setelah merasa ada tanda-tanda emosi memuncak/kemarahan, lakukan langkah berikut ini:
– Stop dan katakan “Be calm”Β (1)
– Lakukan teknik nafas perlahan sebanyak tiga kali (3)
– Hitung pelan sepuluh hitungan dalam hati (10)

8⃣ Imagine a calm place

Tutuplah mata sambil menarik nafas perlahan dan bayangkan suatu tempat yang nyaman dan tenang.

9⃣ Draw it or Write it

Sebagian orang merasakan rileks dengan menggambar, sebagian yang lain dengan menulis. Sediakan dan siapkan perlengkapan yang sesuai minatmu untuk bisa membantu relaksasi pada saat-saat yang dibutuhkan.

Oke friends, selamat berlatih!
And see you next time

✊ ✊ ✊

_Reff: www.michele borba.com

❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄πŸ”₯❄


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow Media Sosial MANIS :

IG : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

FB: http://fb.com/majelismanis

TikTok https://www.tiktok.com/@majelis_manis_

πŸ“±Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

πŸ’° Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Iman Islam
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287891088812

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *