๐ณPertanyaan
๐Assalamuallaikum wr wb..Bagaimana hukumnya ustadz seandainya ada perkara tidak pergi jumatan dengan alasan pekerjaan yang tidak bisa di tinggal sedangkan mencari rejeki kan juga kewajiban!
Ana itu punya Saudara yang jadi security di sebuah perusahaan,ketika shift pagi dan kebetulan hari jum’at dia tidak bisa jum’atan karena dia kebagian jaga..bagaimana hukumnya ustadz? ๐ ฐ2โฃ3โฃ
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
๐ดJawaban
โOleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan
Wa โAlaikum Salam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu โAla Rasulillah wa โAla Aalihi wa Shahbihi wa Man waalah, wa baโd:
๐Jazakillah khairan kepada ukhty penanya โฆ semoga Allah Taโala selalu menaungi antum, keluarga, dan kaum muslimin yang istiqamah dengan hidayah dan rahmatNya.
๐.Pada dasarnya melaksanakan shalat jumโat adalah kewajiban bagi setiap muslim berdasarkan firman Allah swt :
ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ุฅูุฐูุง ูููุฏูู ูููุตููููุงุฉู ู ูู ููููู ู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ููุงุณูุนูููุง ุฅูููู ุฐูููุฑู ุงูููููู ููุฐูุฑููุง ุงููุจูููุนู ุฐูููููู ู ุฎูููุฑู ูููููู ู ุฅูู ูููุชูู ู ุชูุนูููู ูููู
Artinya : โHai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumโat, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.โ (QS. Al Jumuโah : 9)
ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงูููู ุนููู ูุขูู ูุณูู ูุงู ูููู ูุชุฎูููู ุนู ุงูุฌู ุนุฉ ููุฏ ูู ู ุช ุฃู ุขู ุฑ ุฑุฌูุงู ูุตูู ุจุงููุงุณ ุซู ุฃุญุฑู ุนูู ุฑุฌุงู ูุชุฎูููู ุนู ุงูุฌู ุนุฉ ุจููุชูู . ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ ูู ุณูู ุนู ุงุจู ู ุณุนูุฏ ุฑุถู ุงูููู ุนูู
ูุนู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ูุงุจู ุนู ุฑ: (ุฃููู ุง ู ุง ุณู ุนุง ุงููุจู ุตูู ุงูููู ุนููู ูุขูู ูุณูู ูููู ุนูู ุฃุนูุงุฏ ู ูุจุฑู ูููุชููู ุฃููุงู ุนู ูุฏุนูู ุงูุฌู ุนุงุช ุฃู ููุฎุชู ู ุงูููู ุนูู ูููุจูู ุซู ูููููู ู ู ุงูุบุงูููู). ุฑูุงู ู ุณูู ูุฃุญู ุฏ ูุงููุณุงุฆู ู ู ุญุฏูุซ ุงุจู ุนู ุฑ ูุงุจู ุนุจุงุณ
ูุนู ุฃุจู ุงูุฌุนุฏ ุงูุถู ุฑู ููู ุตุญุจุฉ: (ุฃู ุฑุณูู ุงูููู ุตูู ุงูููู ุนููู ูุขูู ูุณูู ูุงู ู ู ุชุฑู ุซูุงุซ ุฌู ุน ุชูุงููุงู ุทุจุน ุงูููู ุนูู ููุจู). ุฑูุงู ุงูุฎู ุณุฉ. ููุฃุญู ุฏ ูุงุจู ู ุงุฌู ู ู ุญุฏูุซ ุฌุงุจุฑ ูุญูู ุฃุฎุฑุฌู ุฃูุถุงู ุงููุณุงุฆู ูุงุจู ุฎุฒูู ุฉ ูุงูุญุงูู ุจููุธ (ู ู ุชุฑู ุงูุฌู ุนุฉ ุซูุงุซุงู ู ู ุบูุฑ ุถุฑูุฑุฉ ุทุจุน ุนูู ููุจู) ูุงู ุงูุฏุงุฑูุทูู ุฃูู ุฃุตุญ ู ู ุญุฏูุซ ุฃุจู ุงูุฌุนุฏ
Syarat wajib shalat jumah:
Lelaki baligh yang mukim/menetap
Yang tidak wajib:
1. lelaki atau siapapun yang musafir
2. Perempuan
3. anak-anak
4. Budak
5. orang gila
6. Orang sakit.
๐Ancaman Allah bagi yang meninggalkannya
Diriwayatkan dari Ibnu Masโud bahwa Rasulullah Shalallahu A’laihi wa Salam bersabda tentang orang-orang yang meninggalkan shalat jumโat dengan mengatakan,โSebenarnya aku berniat memerintahkan seseorang untuk menjadi imam shalat bersama masyarakat dan aku pergi membakar rumah orang-orang yang meninggalkan shalat jumโat itu.โ (HR. Muslim dan Ahmad)
Diriwayatkan dari Abu Hurairoh dan Ibnu Umar bahwa keduanya pernah mendengar Rasulullah Shalallahu A’alibi wa Salam bersabda diatas mimbar bersabda,โHendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatan meninggalkan shalat jumโat atau Allah akan mengunci hati mereka kemudian mereka menjadi orang-orang yang lalai.โ (HR. Muslim)
Al-Ja’d radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah Shallllah A’laihi wa Sallam bersabda,
ู ููู ุชูุฑููู ุซูููุงุซู ุฌูู ูุนู ุชูููุงููููุง ุจูููุง ุทูุจูุนู ุงูููููู ุนูููู ููููุจููู(ูุตุญุญู ุงูุดูุฎ ุงูุฃูุจุงูู ูู ” ุตุญูุญ ุงูุฌุงู ุน)
“Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali dengan meremehkannya, maka Allah tutup hatinya.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami)
Ibnu Majah, no. 1126 juga meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiallahu anhuma, dia berkata, Rasulullah Shallallah A’laihi wa Sallam bersabda,
ู ููู ุชูุฑููู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ุซูููุงุซูุง ู ููู ุบูููุฑู ุถูุฑููุฑูุฉู ุทูุจูุนู ุงูููููู ุนูููู ููููุจููู (ูุญุณูู ุงูุดูุฎ ุงูุฃูุจุงูู ูู ” ุตุญูุญ ุงุจู ู ุงุฌู)
“Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya.” (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah)
Al-Munawi rahimahullah berkata, “Yang dimaksud ditutup hatinya adalah Allah tutup dan cegah hatinya dari kasih sayangnya, dan dijadikan padanya kebodohan, kering dan keras, atau menjadikan hatinya seperti hati orang munafik.” (Faidhul Qadir, 6/133)
Dalam sebagian riwayat disebutkan dengan membatasi tiga kali dengan berturut-turut. Dalam musnad Thayalisi dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam bersabda,
ู ู ุชุฑู ุซูุงุซ ุฌู ุน ู ุชูุงููุงุช ู ู ุบูุฑ ุนุฐุฑ ุทุจุน ุงููู ุนูู ููุจู
“Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa uzur, maka Allah akan tutup hatinya.”
Dalam hadits yang lain,
ู ู ุชุฑู ุงูุฌู ุนุฉ ุซูุงุซ ู ุฑุงุช ู ุชูุงููุงุช ู ู ุบูุฑ ุถุฑูุฑุฉ ุทุจุน ุงููู ุนูู ููุจู (ูุตุญุญู ุงูุดูุฎ ุงูุฃูุจุงูู ูู ” ุตุญูุญ ุงูุฌุงู ุน)
“Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa darurat, maka Allah akan tutup hatinya.” (Dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami)
๐Tertunda karena udzur syarโi
Dari Abdullah bin Fadhaalah, dari Ayahnya, katanya:
Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam mengajarkan saya, di antara yang pernah dia ajarkan adalah: โJagalah shalat yang lima.โ Aku berkata: โSaya memiliki waktu-waktu yang begitu sibuk, perintahkanlah kepada saya dengan suatu perbuatan yang jika saya lakukan perbuatan itu, saya tetap mendapatkan pahala yang cukup.โ Beliau bersabda: โJagalah shalat al โashrain. โ (HR. Abu Daud No. 428, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 51, 717, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 2188, Ibnu Abi โAshim dalam Al Aahad wal Matsaani No. 939, Ath Thabarani dalam Al Muโjam Al Kabir No. 826. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar. (Al Imtaโ Al Arbaโin, Hal. 48), Imam Al Hakim: shahih sesuai syarat Imam Muslim. (Al Mustadrak No. 717), dan disepakati oleh Imam Adz Dzahabi. Syaikh Al Albani juga menshahihkan. (As Silsilah Ash Shahihah No. 1813) )
Dalam riwayat tersebut dijelaskan tentang shalat Al โAshrain adalah:
ยซุตูููุงุฉู ููุจููู ุทููููุนู ุงูุดููู ูุณูุ ููุตูููุงุฉู ููุจููู ุบูุฑููุจูููุงยป
Shalat sebelum terbit matahari (Shalat Subuh) dan Shalat sebelum tenggelam matahari (shalat Ashar). (Ibid)
Dalam hadits ini nabi mengajarkan kepada sahabatnya untuk menjaga shalat lima waktu, tetapi sahabat itu mengeluh kepada Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, tentang kesulitannya menjaga shalat lima waktu itu, lalu nabi memerintahkan dia untuk menjaga shalat subuh dan ashar. Apa maksudnya? Apakah berarti dia boleh meninggalkan shalat lainnya karena kesibukannya, dan dia cukup shalat subuh dan ashar saja? Bukan itu! Sangat mustahil nabi memerintahkan sahabat itu hanya shalat subuh dan ashar tapi meninggalkan shalat wajib lainnya. Tetapi makna hadits ini mesti diartikan bahwa dia sangat sibuk dan kesulitan untuk menjaga shalat berjamaah, maka dia dianjurkan oleh nabi untuk menjaga shalat berjamaah subuh dan ashar, bukan menjaga shalat subuh dan ashar semata-mata.
Inilah Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah, dia telah menjelaskan hadits ini dengan begitu bagus sebagai berikut:
ููููู ุงููู ูุชูู ุฅูุดูููุงู ููุฃูููููู ููููู ุฌูููุงุฒ ุงููุงููุชูุตูุงุฑ ุนูู ุงููุนูุตูุฑูููู ููููู ูู ุฃูู ูุญู ู ุนูู ุงููุฌูู ูุงุนูุฉ ููุง ุนูู ุชูุฑูููุง ุฃุตูุง ููุงูููููู ุฃูุนูููู ู
Pada redaksi hadits ini nampak ada hal yang membingungkan, karena seakan nabi membolehkan cukup dengan shalat al ashrain (subuh dan ashar), kemungkinan maksud hadits ini adalah tentang meninggalkan shalat berjamaah, bukan meninggalkan shalatnya itu sama sekali. Wallahu Aโlam. (Al Imtaโ Al Arbaโin, Hal. 48)
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahullah menambahkan:
Rukhshah (keringanan) ini terjadi hanyalah karena kesibukan yang dimiliki orang itu sebagaimana keterangan dalam hadits tersebut. Wallahu Aโlam. (As Silsilah Ash Shahihah No. 1813)
Demikianlah, kesibukan apa pun yang mendatangkan kesulitan untuk shalat pada awal waktu, atau tidak sholat jum’at berjamaah. Inilah di antara udzur syarโi itu. Tetapi, ini hanya berlaku bagi kesibukan pada aktifitas yang halal dan bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia dan akhirat, bukan kesibukan karena kesia-siaan apalagi sibuk karena perkara haram dan maksiat.
Jadi, dari keterangan diatas, Khusus buat kasus saudara penanya, tentang kesulitan sholat jumat, bila memungkinkan bisa ditugaskan kepada pegawai wanita ketika jam-shalat jum’at untuk menjaga . karena wanita tidak wajib shalat jumat. Atau jika ada yang non muslim, mungkin bisa didelegasikan dulukepada mereka. .
Jika tidak didapatkan pengganti maka dibolehkan baginya untuk tidak melaksanakan shalat jumโat dan menggantinya dengan shalat zhuhur berdasarkan keumuman firman Allah swt :
ููุงุชูููููุง ุงูููููู ู ูุง ุงุณูุชูุทูุนูุชูู ู
Artinya : โMaka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.โ (QS. At Thaghabun : 16)
Wallahu A’lam
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130