๐ Pemateri: Ustadz Farid Nu’man Hasan.
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Tidak Sedikit manusia bertanya, bagaimanakah puasa sunah โAsyura itu? Dan kapankah pelaksanaannya?
Dalil-Dalilnya:
Berikut ini adalah dalil-dalil puasa tersebut:
1โฃ Hadits Dari Muadz bin Jabal Radhiallahu โAnhu:
ููุฅูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุตููู ู ุซูููุงุซูุฉู ุฃููููุงู ู ู ููู ููููู ุดูููุฑู ููููุตููู ู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููุฃูููุฒููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู { ููุชูุจู ุนูููููููู ู ุงูุตููููุงู ู ููู ูุง ููุชูุจู ุนูููู ุงูููุฐูููู ู ููู ููุจูููููู ู ุฅูููู ูููููููู ุทูุนูุงู ู ู ูุณูููููู } ููู ููู ุดูุงุกู ุฃููู ููุตููู ู ุตูุงู ู ููู ููู ุดูุงุกู ุฃููู ููููุทูุฑู ููููุทูุนูู ู ููููู ููููู ู ู ูุณููููููุง ุฃูุฌูุฒูุฃููู ุฐููููู
๐ โSesungguhnya Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dahulu berpuasa tiga hari pada tiap bulannya dan berpuasa pada hari โAsyura, lalu Allah Taโala menurunkan wahyu: โDiwajibkan atas kalian berpuasa (Ramadhan) sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalianโ hingga firmanNya: โmemberikan makanan kepada orang miskinโ maka sejak itu barang siapa yang ingin berpuasa (puasa tiga hari tiap bulan dan โAsyura) maka silahkan dia berpuasa, dan barang siapa yang ingin berbuka maka silahkan dia berbuka, dan memberikan kepada orang miskin setiap hari yang demikian itu akan mendapatkan ganjaran.โ (HR. Abu Daud No. 507. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 507)
2โฃ Hadits dari โAisyah Radhiallahu โAnha, katanya:
ููุงูู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุชูุตููู ููู ููุฑูููุดู ููู ุงููุฌูุงูููููููุฉู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุตููู ููู ููููู ููุง ููุฏูู ู ุงููู ูุฏููููุฉู ุตูุงู ููู ููุฃูู ูุฑู ุจูุตูููุงู ููู ููููู ููุง ููุฑูุถู ุฑูู ูุถูุงูู ุชูุฑููู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููู ููู ุดูุงุกู ุตูุงู ููู ููู ููู ุดูุงุกู ุชูุฑููููู
๐ โHari โAsyura adalah hari yang pada masa jahiliyah orang-orang Quraisy melaksanakan puasa, saat itu Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam juga berpuasa. Ketika Beliau sampai ke Madinah beliau berpuasa dan memerintahkan manusia agar berpuasa pada hari itu. Maka, tatkala diwajibkan puasa Ramadhan, dia meninggalkan puasa โAsyura. Maka, barang siapa yang mau silahkan dia puasa dan barang siapa yang tidak maka tinggalkanlah.โ (HR. Bukhari No. 2002, 4504, Muslim No. 1125)
3โฃ Dari โAisyah Radhiallahu โAnha, katanya:
ููุงูููุง ููุตููู ูููู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููุจููู ุฃููู ููููุฑูุถู ุฑูู ูุถูุงูู ููููุงูู ููููู ูุง ุชูุณูุชูุฑู ููููู ุงููููุนูุจูุฉู ููููู ููุง ููุฑูุถู ุงูููููู ุฑูู ูุถูุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ู ููู ุดูุงุกู ุฃููู ููุตููู ููู ููููููุตูู ููู ููู ููู ุดูุงุกู ุฃููู ููุชูุฑููููู ููููููุชูุฑููููู
๐ โDahulu mereka berpuasa pada hari โAsyura sebelum diwajibkannya Ramadhan dan saat itu hari ditutupnya Kaโbah. Ketika Allah Taโala mewajibkan Ramadhan, bersabdalah Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam: โBarang siapa yang mau puasa (โAsyura) silahkan, barang siapa yang mau meninggalkannya, silahkan.โ (HR. Bukhari No. 1592, Ath Thabarani dalam Al Awsath No. 7495, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 9513)
Dan lain-lain.
Dari tiga hadits di atas, kita dapat memahami bahwa dahulu puasa โAsyura adalah rutinitas Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan para sahabatnya. Lalu, puasa itu menjadi โopsiโ (pilihan) saja setelah diwajibkannya puasa Ramadhan, bagi yang menghendakinya.
Al Hafizh Ibnu Hajar Al โAsqalani menjelaskan, bahwa sebagaian ulama, yakni kalangan Hanafiyah mengatakan dahulu puasa โAsyura itu wajib, mereka berdalil dengan zahir hadits bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam memerintahkan hal itu:
โ โฆ. ketika Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam sampa ke Madinah beliau berpuasa dan memerintahkan manusia agar berpuasa pada hari itu.โ
Lalu, ketika diwajibkan puasa Ramadhan, kewajiban puasa โAsyura di hapus (mansukh). Namun mayoritas ulama mengatakan bahwa tidak ada satu pun puasa yang wajib, sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, mereka berdalil dari hadits Muโawiyah Radhiallahu โAnhu secara marfuโ: โAllah tidak mewajibkan berpuasa (โAsyura) atas kalian.โ. Ada pun perintah Rasulullah Shallallahu
โAlaihi wa Sallam pada hadits tersebut tidak menunjukkan kewajiban, tetapi anjuran saja. (Lihat Fathul Bari, 4/103. Darul Fikr)
Yang shahih โInsya Allah- adalah pendapat jumhur ulama. Hadits yang dimaksud adalah dari Muโawiyah bin Abu Sufyan Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฅู ูุฐุง ููู ุนุงุดูุฑุงุกุ ููู ููุชุจ ุนูููู ุตูุงู ูุ ูุฃูุง ุตุงุฆู ุ ูู ู ุดุงุก ุตุงู ุ ูู ู ุดุงุก ููููุทุฑ
๐ โSesungguhnya ini adalah hari โAsyura, dan kalian tidaklah diwajibkan berpuasa padanya, dan saya sedang puasa, jadi barangsiapa yang mau puasa silahkan, yang mau buka juga silahkan.โ (HR. Muttafaq โAlaih)
Hadits ini diucapkan juga sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, maka jelaslah bahwa sebelum wajibnya puasa Ramadhan, tidak ada puasa wajib termasuk โAsyura.
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Keutamaan โAsyura dan Puasanya
1โฃPuasa paling afdhal setelah puasa Ramadhan
Dari Abu Hurairah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฃูุถู ุงูุตูุงู ุจุนุฏ ุฑู ุถุงู ุดูุฑ ุงููู ุงูู ุญุฑู ูุฃูุถู ุงูุตูุงุฉ ุจุนุฏ ุงููุฑูุถุฉ ุตูุงุฉ ุงูููู
๐ โPuasa paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharam.โ (HR. Muslim No. 1163. Ad Darimi No. 1758. Ibnu Khuzaimah No. 2076. Ahmad No. 8534, dengan tahqiq Syaikh Syuโaib Al Arnaโuth)
2โฃDiampuni dosa setahun sebelumnya
Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ููุตูููู ู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุฅููููู ุฃูุญูุชูุณูุจู ุนูููู ุงูููููู ุฃููู ูููููููุฑู ุงูุณููููุฉู ุงูููุชูู ููุจููููู
๐โDan berpuasa โAsyura, sesungguhnya saya menduga atas Allah bahwa dihapuskannya dosa setahun sebelumnya.โ (HR. Abu Daud No. 2425, Ibnu Majah No. 1738. Syaikh Al Albani mengatakan shahih dalam Al Irwa, 4/111, katanya: diriwayatkan oleh Jamaah kecuali Al Bukhari dan At Tirmidzi. Shahihul Jamiโ No. 3806)
3โฃHari โAsyura adalah Hari di mana Allah Taโala membebaskan Nabi Musa dan Bani Israel dari kejaran Firโaun dan Bala tentaranya
Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, katanya:
ูุฏู
ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุงูู
ุฏููุฉ ูุฑุฃู ุงููููุฏ ุชุตูู
ุนุงุดูุฑุงุก.
ููุงู: ” ู
ุง ูุฐุงุ ” ูุงููุง: ููู
ุตุงูุญุ ูุฌู ุงููู ููู ู
ูุณู ูุจูู ุงูุณุฑุงุฆูู ู
ู ุนุฏููู
ุ ูุตุงู
ู ู
ูุณู ููุงู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ” ุฃูุง ุฃุญู ุจู
ูุณู ู
ููู
” ูุตุงู
ูุ ูุฃู
ุฑ ุจุตูุงู
ู
๐ Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam sampai di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa โAsyura. Beliau bertanya: โApa ini?โ mereka menjawab: โIni hari baik, Allah telah menyelamatkan pada hari ini Musa dan Bani Israel dari musuh mereka, maka Musa pun berpuasa.โ Maka, Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โSaya lebih berhak terhadap Musa dibanding kalian.โ Maka, beliau pun beruasa dan memerintahkan untuk berpuasa (โAsyura).โ (HR. Muttafaq โAlaih)
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Kapankah Pelaksanaannya?
Terjadi perselisihan pendapat para ulama.
1โฃ Pihak yang mengatakan 9 Muharam (Ini diistilahkan oleh sebagian ulama hari tasuโa).
Dari Al Hakam bin Al Aโraj, dia berkata kepada Ibnu Abbas:
ุฃูุฎูุจูุฑูููู ุนููู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ุฃูููู ููููู ู ูููู ุฃูุตููู ููู ููุงูู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชู ููููุงูู ุงููู ูุญูุฑููู ู ููุงุนูุฏูุฏู ุซูู ูู ุฃูุตูุจูุญู ู ููู ุงูุชููุงุณูุนู ุตูุงุฆูู ูุง ููุงูู ููููููุชู ุฃูููููุฐูุง ููุงูู ููุตููู ููู ู ูุญูู ููุฏู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุนูู ู
๐ โKabarkan kepada aku tentang puasa โAsyura.โ Ibnu Abbas berkata: โJika kau melihat hilal muharam hitunglah dan jadikan hari ke-9 adalah berpuasa.โ Aku berkata; โDemikiankah puasanya Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam?โ Ibnu Abbas menjawab: โYa.โ (HR. Muslim No. 1133, Ahmad No. 2135)
Juga dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, katanya:
ุญูููู ุตูุงู ู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููุฃูู ูุฑู ุจูุตูููุงู ููู ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฅูููููู ููููู ู ุชูุนูุธููู ููู ุงูููููููุฏู ููุงููููุตูุงุฑูู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฅูุฐูุง ููุงูู ุงููุนูุงู ู ุงููู ูููุจููู ุฅููู ุดูุงุกู ุงูููููู ุตูู ูููุง ุงููููููู ู ุงูุชููุงุณูุนู ููุงูู ููููู ู ููุฃูุชู ุงููุนูุงู ู ุงููู ูููุจููู ุญูุชููู ุชูููููููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู
๐โKetika Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam berpuasa pada hari โAsyura dan dia memerintahkan manusia untuk berpuasa pada hari itu, para sahabat berkata: โWahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani โฆ.,โ Maka dia bersabda: โJika datang tahun yang akan datang โ Insya Allah- kita akan berpuasa pada hari ke-9.โ Ibnu Abbas berkata: โSebelum datangnya tahun yang akan datang, Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam telah wafat.โ (HR. Muslim No. 1134 dan Abu Daud No. 2445)
Sementara dalam lafaz lainnya:
ูุฆู ุณูู ุช ุฅูู ูุงุจู ูุฃุตูู ู ุงูููู ุงูุชุงุณุน
๐ โJika saya benar-benar masih sehat sampai tahun depan, maka saya akan berpuasa pada hari ke-9.โ (HR. Muslim No. 1134. Ibnu Majah No. 1736. Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra No. 8185. Ahmad No. 1971)
Dalam Shahih Muslim disebutkan tentang puasa hari ke-9:
ููู ุฑูุงูุฉ ุฃุจู ุจูุฑ: ูุงู: ูุนูู ููู ุนุงุดูุฑุงุก
๐โDalam riwayat Abu Bakar, dia berkata: yakni hari โAsyura.โ (HR. Muslim No. 1134)
Dari Ibnu Abbas secara marfuโ:
ูุฆู ุนุดุช ุฅูู ูุงุจู ูุฃุตูู ู ุงูุชุงุณุน ูุนูู ููู ุนุงุดูุฑุงุก
๐ โJika saya masih hidup sampai tahun depan, saya akan berpuasa pada hari ke -9, yakni โAsyura.โ (HR. Ahmad No. 2106, Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: sanadnya qawwi. Musnad Ibnu Al Jaโd No. 2827)
2โฃ Pihak yang mengatakan 10 Muharam, dan ini pendapat mayoritas ulama. Puasa โAsyura, sesuai asal katanya โ al โasyr โ yang berarti sepuluh.
Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah:
ูุงุฎุชูู ุฃูู ุงูุดุฑุน ูู ุชุนูููู ููุงู ุงูุฃูุซุฑ ูู ุงูููู ุงูุนุงุดุฑ ุ ูุงู ุงููุฑุทุจู ุนุงุดูุฑุงุก ู ุนุฏูู ุนู ุนุงุดุฑุฉ ููู ุจุงูุบุฉ ูุงูุชุนุธูู ุ ููู ูู ุงูุฃุตู ุตูุฉ ููููุฉ ุงูุนุงุดุฑุฉ ูุฃูู ู ุฃุฎูุฐ ู ู ุงูุนุดุฑ
๐โTelah berselisih pendapat para ahli syariat tentang waktu spesifiknya, kebanyakan mengatakan adalah hari ke sepuluh. Berkata Al Qurthubi โAsyura disetarakan dengan kesepuluh untuk menguatkan dan mengagungkannya. Pada asalnya dia adalah sifat bagi malam yang ke sepuluh, karena dia ambil dari kata al โasyr (sepuluh).โ (Fathul Bari, 6/280)
Lalu beliau melanjutkan:
ูุนูู ูุฐุง ูููู ุนุงุดูุฑุงุก ูู ุงูุนุงุดุฑ ููุฐุง ููู ุงูุฎููู ูุบูุฑู : ููุงู ุงูุฒูู ุงุจู ุงูู ููุฑ : ุงูุฃูุซุฑ ุนูู ุฃู ุนุงุดูุฑุงุก ูู ุงูููู ุงูุนุงุดุฑ ู ู ุดูุฑ ุงููู ุงูู ุญุฑู
๐โOleh karena itu, hari โAsyura adalah ke sepuluh, inilah pendapat Al Khalil dan lainnya. Berkata Az Zain bin Al Munir, โ mayoritas mengatakan bahwa โAsyura adalah hari ke 10 dari bulan Allah, Al Muharram. (Ibid)
Pendapat ini berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฃู ุฑูุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุจุตูุงู ุนุงุดูุฑุงุก ููู ุงูุนุงุดุฑ
๐โKami diperintahkan puasa โAsyura oleh Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam, hari ke sepuluh.โ (HR. At Tirmidzi No. 755, katanya: hasan shahih. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 755)
Lalu, bagaimana dengan dalil-dalil yang dikemukakan oleh pihak yang mengatakan โAsyura adalah tanggal 9 Muharam?
Al Hafizh Ibnu Hajar memberikan penjelasan: โZahirnya hadits ini menunjukkan hari โAsyura adalah hari ke-9, tetapi berkata Az Zain bin Al Munir: โSabdanya jika datang hari ke sembilanโ maka jadikanlah ke sepuluh, dengan maksud yang ke sepuluh karena janganlah seseorang berpuasa pada hari ke-9 kecuali setelah berniat pada malam yang akan datang yaitu malam ke sepuluh.โ Lalu beliau mengatakan:
ููุช : ููููู ูุฐุง ุงูุงุญุชู ุงู ู ุง ุฑูุงู ู ุณูู ุฃูุถุง ู ู ูุฌู ุขุฎุฑ ุนู ุงุจู ุนุจุงุณ ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงู ” ูุฆู ุจููุช ุฅูู ูุงุจู ูุฃุตูู ู ุงูุชุงุณุน ูู ุงุช ูุจู ุฐูู ” ูุฅูู ุธุงูุฑ ูู ุฃูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงู ูุตูู ุงูุนุงุดุฑ ููู ุจุตูู ุงูุชุงุณุน ูู ุงุช ูุจู ุฐูู ุ ุซู ู ุง ูู ุจู ู ู ุตูู ุงูุชุงุณุน ูุญุชู ู ู ุนูุงู ุฃูู ูุง ููุชุตุฑ ุนููู ุจู ูุถููู ุฅูู ุงูููู ุงูุนุงุดุฑ ุฅู ุง ุงุญุชูุงุทุง ูู ูุฅู ุง ู ุฎุงููุฉ ูููููุฏ ูุงููุตุงุฑู ููู ุงูุฃุฑุฌุญ
๐โAku berkata: yang menguatkan tafsiran ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim juga dari jalan lain, dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โjika saya masih ada sampai tahun depan saya akan berpuasa pada hari ke-9, dan dia wafat sebelum itu.โ Pada zahir hadits ini menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam berpuasa pada hari ke-10, dan meraka diperintah melakukannya pada hari ke-9 dan dia wafat sebelum itu. Kemudian apa yang mereka lakukan berupa puasa hari ke-9, tidaklah bermakna membatasi, bahkan menambahkan hingga hari ke -10, baik karena kehati-hatian, atau demi untuk menyelisihi orang Yahudi dan Nasrani. Inilah pendapat yang lebih kuat.โ (Ibid)
Sebenarnya kelompok ini tidaklah mengingkari puasa hari ke-9. Beliau mengutip dari para ulama:
ููุงู ุจุนุถ ุฃูู ุงูุนูู : ูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุตุญูุญ ู ุณูู ” ูุฆู ุนุดุช ุฅูู ูุงุจู ูุฃุตูู ู ุงูุชุงุณุน ” ูุญุชู ู ุฃู ุฑูู ุ ุฃุญุฏูู ุง ุฃูู ุฃุฑุงุฏ ููู ุงูุนุงุดุฑ ุฅูู ุงูุชุงุณุน ุ ูุงูุซุงูู ุฃุฑุงุฏ ุฃู ูุถููู ุฅููู ูู ุงูุตูู ุ ููู ุง ุชููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุจู ุจูุงู ุฐูู ูุงู ุงูุงุญุชูุงุท ุตูู ุงูููู ูู
๐โBerkata sebagian ulama: Sabdanya Shallallahu โAlaihi wa Sallam dalam Shahih Muslim: Jika aku masih hidup sampai tahun depan maka aku akan berpuasa pada hari ke -9โ bermakna dua hal; Pertama, yaitu perubahan dari hari ke-10 menjadi ke-9. Kedua, yaitu puasanya ditambahkan, ternyata Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa
Sallam keburu meninggal sebelum menjelaskan hal itu, maka demi kehati-hatian puasa tersebut ada dua hari.โ (Ibid)
Berkata Ibnu Abbas secara mauquf:
ุตูู ูุง ุงูุชุงุณุน ูุงูุนุงุดุฑ ูุฎุงูููุง ุงููููุฏ
๐โBerpuasalah pada hari ke 9 dan 10 dan berselisihlah dengan Yahudi.โ (HR. Ahmad No. 3213, sanadnya shahih mauquf/sampai Ibnu Abbas saja)
3โฃ Pihak yang mengatakan puasa โAsyura itu adalah 9, 10, dan 11 Muharam.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menulis dalam kitab Fiqhus Sunnah sebuah sub bab berjudul :
ุตูุงู ู ุญุฑู ุ ูุชุฃููุฏ ุตูู ุนุงุดูุฑุงุก ูููู ุง ูุจููุงุ ูููู ุง ุจุนุฏูุง
๐โPuasa Muharam dan ditekankan puasa โAsyura, dan Puasa sehari sebelumnya, serta sehari sesudahnya.โ (Fiqhus Sunnah, 1/450. Darul Kitab โArabi)
Sama dengan kelompok kedua, hal ini demi kehati-hatian agar tidak menyerupai puasa Yahudi yang mereka lakukan pada hari ke-10, sebagai perayaan mereka atas bebasnya Nabi Musa โAlaihissalam dan bani Israel dari kejaran musuhnya.
Dalilnya adalah dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAhuma secara marfuโ:
ุตูู ูุง ููู ุนุงุดูุฑุงุก ูุฎุงูููุง ุงููููุฏ ุ ุตูู ูุง ููู ุง ูุจูู ุฃู ููู ุง ุจุนุฏู
๐โPuasalah pada hari โAsyura dan berselisihlah dengan Yahudi, dan berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya.โ (HR. Ahmad No. 2154, namun Syaikh Syuโaib Al Arnaโuth mengatakan sanadnya dhaif)
Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah โsetelah merangkum semua dalil yang ada:
ูุนูู ูุฐุง ูุตูุงู ุนุงุดูุฑุงุก ุนูู ุซูุงุซ ู ุฑุงุชุจ : ุฃุฏูุงูุง ุฃู ูุตุงู ูุญุฏู ุ ููููู ุฃู ูุตุงู ุงูุชุงุณุน ู ุนู ุ ููููู ุฃู ูุตุงู ุงูุชุงุณุน ูุงูุญุงุฏู ุนุดุฑ ูุงููู ุฃุนูู
๐ โOleh karena itu, puasa โAsyura terdiri atas tiga tingkatan: 1. Paling rendah yakni berpuasa sehari saja (tanggal 10). 2. Puasa hari ke-9 dan ke-10. 3. Paling tinggi puasa hari ke-9, 10, dan ke-11. Wallahu Aโ
lamโ (Ibid. lihat juga Fiqhus Sunnah, 1/450)
Wallahu Aโlam
๐๐๐บ๐๐๐บ๐๐๐บ๐๐
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130