๐ Ahad, 21 Ramadhan 1437 H / 26 Juni 2016 M
๐ Fiqih dan Hadits
๐ *Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.*
๐ *Sekilas Seputar Zakat (Bag. 1)*
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐
๐ *Muqadimah*
Zakat termasuk ibadah maaliyah (harta) yang paling pokok di antara ibadah maaliyah lainnya. Perintah zakat termaktub dalam Al Quran, dan kewajibannya sering digandeng dengan shalat sebanyak di 82 ayat. (Fiqhus Sunnah, 1/327).
Di antaranya:
ููุฃููููู
ููุง ุงูุตููููุงุฉู ููุขูุชููุง ุงูุฒููููุงุฉู
Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. (QS. Al Baqarah (2): 110)
Ayat lainnya:
ููุฆููู ุฃูููู ูุชูู ู ุงูุตููููุงุฉู ููุขูุชูููุชูู ู ุงูุฒููููุงุฉู ููุขูู ูููุชูู ู ุจูุฑูุณูููู ููุนูุฒููุฑูุชูู ููููู ู ููุฃูููุฑูุถูุชูู ู ุงูููููู ููุฑูุถูุง ุญูุณูููุง ููุฃููููููุฑูููู ุนูููููู ู ุณููููุฆูุงุชูููู ู
Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. (QS. Al Maidah (5): 12) dan berbagai ayat lainnya.
๐ *Definisi Zakat*
Az Zakah โ ุงูุฒููููุงุฉู secara bahasa berarti – ุงูุทูุงุฑุฉ – Ath Thaharah (kesucian).
Allah Taโala berfirman:
ุฎูุฐู ู
ููู ุฃูู
ูููุงููููู
ู ุตูุฏูููุฉู ุชูุทููููุฑูููู
ู ููุชูุฒูููููููู
ู ุจูููุง
โAmbillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.โ (QS. A Taubah (9): 103)
Definisi zakat telah diuraikan oleh Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah sebagai berikut:
ุงูุฒูุงุฉ ุงุณู
ูู
ุง ูุฎุฑุฌู ุงูุงูุณุงู ู
ู ุญู ุงููู ุชุนุงูู ุฅูู ุงูููุฑุงุก.
ูุณู
ูุช ุฒูุงุฉ ูู
ุง ูููู ูููุง ู
ู ุฑุฌุงุก ุงูุจุฑูุฉุ ูุชุฒููุฉ ุงูููุณ ูุชูู
ูุชูุง ุจุงูุฎูุฑุงุช. ูุฅููุง ู
ุฃุฎูุฐุฉ ู
ู ุงูุฒูุงุฉุ ููู ุงููู
ุงุก ูุงูุทูุงุฑุฉ ูุงูุจุฑูุฉ.
โZakat adalah benda yang dikeluarkan manusia berupa hak Allah Taโala kepada para fuqara. Dinamakan zakat karena di dalamnya terdapat pengharapan terhadap berkah, mensucikan jiwa, dan mengembangkannya dengan kebaikan-kebaikan. Dia diambil dari Az Zakah yaitu tumbuh, suci, dan berkah.โ (Fiqhus Sunnah, 1/327. Dar Al Kitab Al โArabi)
Dalam Lisanul โArab disebutkan tentang definisi zakat:
ูุฃูุตู ุงูุฒูุงุฉ ูู ุงููุบุฉ ุงูุทูุงุฑุฉ ูุงููููู ุงุก ูุงูุจูุฑูุฉู ูุงูู ูุฏูุญ ูููู ูุฏ ุงุณุชุนู ู ูู ุงููุฑุขู ูุงูุญุฏูุซ
โAsal dari zakat menurut bahasa adalah suci, tumbuh, berkah, dan terpuji. Semua ini telah digunakan dalam Al Quran dan Al Hadits.โ (Ibnu manzhur, Lisanul โArab, 14/358. Dar Shadir)
Dari definisinya ini, kita bisa memahami bahwa fungsi zakat bagi harta adalah agar menjadi berkah dan tumbuh. Sedangkan bagi muzakkinya sebagai pensuci dirinya dan mencapai pribadi nyang terpuji.
๐ *Kapan Zakat Diwajibkan?*
Zakat sudah diwajibkan sejak sebelum masa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam. Allah Taโala berfirman kepada kaum Bani Israel:
ููุฃููููู ููุง ุงูุตูููุงุฉู ููุขุชููุง ุงูุฒููููุงุฉู ููุงุฑูููุนููุง ู ูุนู ุงูุฑููุงููุนููู
โDan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ (QS. Al Baqarah (2): 43)
Pada masa Islam zakat justru diperkuat bahkan menjadi salah satu rukun Islam. Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan, bahwa zakat diwajibkan pada masa awal Islam secara mutlak, yakni tidak ada batasan pada harta tertentu dan belum ada ukuran takaran yang mesti dikeluarkan. Lalu, pada tahun kedua hijriyah โmenurut pendapat yang masyhur- zakat barulah tetapkan pada harta tertentu saja dan dengan takaran tertentu pula. (Fiqhus Sunnah, 1/328)
๐ *Hukumnya*
Menurut Al Quran, As Sunah, dan ijmaโ, zakat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang merdeka dan berakal 1] dan memiliki harta yang telah cukup nishabnya. 2]
Ada pun tentang hukum orang yang menolak menunaikannya karena dia mengingkari kewajibannya, maka dia kafir dan murtad menurut ijmaโ (konsensus) ulama. Sedangkan menolak membayar zakat namun masih mengakui kewajibannya, maka Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiallahu โAnhu telah memeranginya. Beliau Radhiallahu โAnhu mengatakan:
ุฃูุง ูุงูุงุชู ู ู ูุฑู ุจูู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุฒูุงุฉ ุ ูุงููู ูุงูุงุชูู ู ู ูุฑู ุจูููู ุง ุญุชู ุฃุฌู ุนูู ุง
โSaya benar-benar akan memerangi orang yang memisahkan antara shalat dan zakat, demi Allah benar-benar akan saya perangi orang yang memisahkan keduanya sampai mereka kembali menyatukannya.โ (Imam Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf, 6/14. Darul Fikr)
Dari sinilah segenap ulama mengatakan bahwa penguasa boleh mengambil paksa orang kaya yang tidak mengeluarkan zakat, lantaran ia telah menahan hak fakir miskin yang telah Allah Taโala titipkan melalui dirinya.
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ุฃู ุง ู ู ุงู ุชูุน ุนู ุฃุฏุงุฆูุง – ู ุน ุงุนุชูุงุฏู ูุฌูุจูุง – ูุฅูู ูุฃุซู ุจุงู ุชูุงุนู ุฏูู ุฃู ูุฎุฑุฌู ุฐูู ุนู ุงูุงุณูุงู ุ ูุนูู ุงูุญุงูู ุฃู ูุฃุฎุฐูุง ู ูู ููุฑุง ููุนุฒุฑูุ ููุง ูุฃุฎุฐ ู ู ู ุงูู ุฃุฒูุฏ ู ููุงุ ุฅูุง ุนูุฏ ุฃุญู ุฏ ูุงูุดุงูุนู ูู ุงููุฏูู ุ ูุฅูู ูุฃุฎุฐูุง ู ููุ ููุตู ู ุงููุ ุนููุจุฉ ูู
โAda pun orang yang tidak berzakat โdan dia masih mengakui kewajibannya- maka dia berdosa karena namun tidak sampai mengeluarkannya dari Islam, dan Hakim wajib mengambilnya secara paksa dan mentaโzirnya, dan diambilnya sesuai kadarnya tidak boleh lebih, kecuali menurut Ahmad dan Asy Syafiโi dalam pendapatnya yang lama, bahwa mesti diambil lebihnya sebanyak setengah hartanya, sebagai hukuman baginya.โ (Fiqhus Sunnah, 1/333)
๐ *Ancaman Buat Orang Yang Tidak Mengeluarkan Zakat*
Dalam Al Quran Allah Taโala mengancam mereka dengan azab yang pedih. Hal ini disebabkan sifat kikir mereka dan pembangan atas kewajiban yang diembankan kepada mereka.
Allah Taโala berfirman:
ููุงูููุฐูููู ููููููุฒูููู ุงูุฐููููุจู ููุงููููุถููุฉู ููููุง ูููููููููููููุง ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ููุจูุดููุฑูููู ู ุจูุนูุฐูุงุจู ุฃููููู ู ููููู ู ููุญูู ูู ุนูููููููุง ููู ููุงุฑู ุฌููููููู ู ููุชูููููู ุจูููุง ุฌูุจูุงููููู ู ููุฌููููุจูููู ู ููุธููููุฑูููู ู ููุฐูุง ู ูุง ููููุฒูุชูู ู ููุฃูููููุณูููู ู ููุฐูููููุง ู ูุง ููููุชูู ู ุชูููููุฒูููู
โ โฆ dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah (9):34-35)
Ayat lainnya:
ููููุง ููุญูุณูุจูููู ุงูููุฐูููู ููุจูุฎูููููู ุจูู ูุง ุขูุชูุงููู ู ุงูููููู ู ููู ููุถููููู ูููู ุฎูููุฑูุง ููููู ู ุจููู ูููู ุดูุฑูู ููููู ู ุณูููุทููููููููู ู ูุง ุจูุฎููููุง ุจููู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู ููููููููู ู ููุฑูุงุซู ุงูุณููู ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ููุงูููููู ุจูู ูุง ุชูุนูู ูููููู ุฎูุจููุฑู
โSekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.โ (QS. Ali Imran (3): 180)
Ada pun dari Al Hadits, dari Ibnu Umar Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฃู ุฑุช ุฃู ุฃูุงุชู ุงููุงุณ ุญุชู ูุดูุฏูุง ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ูุฃู ู ุญู ุฏุง ุฑุณูู ุงูููุ ููููู ูุง ุงูุตูุงุฉุ ููุคุชูุง ุงูุฒูุงุฉุ ูุฅุฐุง ูุนููุง ุฐูู ุนุตู ูุง ู ูู ุฏู ุงุกูู ูุฃู ูุงููู ุฅูุง ุจุญู ุงูุฅุณูุงู ุ ูุญุณุงุจูู ุนูู ุงููู
โAku diutus untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi (bersyahadat), bahwa tidak ada Ilah kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, dan jika mereka telah melakukan ini maka mereka terjaga dariku darah dan harta mereka, kecuali dengan hak Islam, dan atas Allah-lah perhitungan mereka.โ (HR. Bukhari No. 25 dan Muslim No. 36)
Dari Abu Hurairah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ู ููู ุขุชูุงูู ุงูููู ู ูุงููุงุ ููููู ู ููุคูุฏูู ุฒูููุงุชูููุ ู ูุซูููู ูููู ู ูุงูููู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู ุดูุฌูุงุนูุง ุฃูููุฑูุนู ุ ูููู ุฒูุจููุจูุชูุงูู
โBarang siapa yang Allah berikan harta, dan dia tidak mengeluarkan zakatnya, maka dia akan dicincang pada hari kiamat nanti oleh ular berkepala botak yang memiliki dua bisa (racun).โ (HR. Ahmad No. 8661. Hadits ini shahih. Lihat Musnad Ahmad dengan tahqiq Syaikh Syuโaib Al Arnaโuth. Muasasah Ar Risalah)
Bahkan ada ancaman secara khusus bagi yang tidak mengeluarkan zakat perhiasan, dari Amr bin Syuโaib, dari ayahnya, dari kakeknya, katanya:
ุฃูููู ุงู ูุฑูุฃูุชููููู ุฃูุชูุชูุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููู ุฃูููุฏููููู ูุง ุณูููุงุฑูุงูู ู ููู ุฐูููุจู ููููุงูู ููููู ูุง ุฃูุชูุคูุฏููููุงูู ุฒูููุงุชููู ููุงููุชูุง ููุง ููุงูู ููููุงูู ููููู ูุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูุชูุญูุจููุงูู ุฃููู ููุณููููุฑูููู ูุง ุงูููููู ุจูุณูููุงุฑููููู ู ููู ููุงุฑู ููุงููุชูุง ููุง ููุงูู ููุฃูุฏููููุง ุฒูููุงุชููู
โDatang dua wanita kepada Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan di tangan mereka berdua terdapat gelang emas. Maka Beliau bersabda kepada keduanya: โApakah kalian telah menunaikan zakatnya?โ mereka berdua menjawab: โTidak.โ Lalu Beliau Shallallahu โAlaihi wa Sallam berkata kepada mereka: โApakah kalian mau Allah akan menggelangkan kalian dari gelang api neraka?โ Mereka berdua menjawab: โTidak.โ Maka Nabi bersabda: โTunaikanlah zakatnya!โ (HR. At Tirmidzi No. 637, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 637)
๐ *Hikmah Zakat*
Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari amal zakat ini.
1. Agar muzakki mampu mengontrol harta kekayaannya, sehingga dia tidak dilalaikan dengan hartanya tersebut.
2. Agar harta tidak berputar hanya pada orang kaya saja.
3. Meminimkan kesenjangan dan kecemburuan sosial sehingga mampu mendekatkan hubungan antara muzakki dan mustahiq, sehingga ukhuwah islamiyah dapat terwujud dengan harmonis. Bahkan jika dikelola dengan profesional, zakat bisa menjadi sarana pengentasan kemiskinan.
4. Melatih dan melahirkan sifat dermawan dan cinta kebaikan bagi muzakki.
Wallahu Aโlam
๐ *Notes:*
[1] Para ulama berbeda pendapat tentang ini. Sebagian ada yang tetap mewajibkan bahwa anak-anak dan orang gila wajib berzakat sesuai keumuman perintah zakat, yakni melalui wali mereka. Berkata Imam At Tirmdzi dalam As Sunannya:
ุงุฎุชูู ุฃูู ุงูุนูู ูู ูุฐุง: ูุฑุฃู ุบูุฑ ูุงุญุฏ ู ู ุฃุตุญุงุจ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ู ุงู ุงููุชูู ุฒูุงุฉุ ู ููู ุนู ุฑุ ูุนููุ ูุนุงุฆุดุฉุ ูุงุจู ุนู ุฑุ ูุจู ูููู ู ุงููุ ูุงูุดุงูุนู ูุฃุญู ุฏุ ูุฅุณุญู. ููุงูุช ุทุงุฆูุฉ: ููุณ ูู ู ุงู ุงููุชูู ุฒูุงุฉุ ูุจู ูููู ุณููุงู ูุงุจู ุงูู ุจุงุฑู.
โPara ulama berbeda pendapat dalam hal ini: lebih dari satu sahabat nabi berpendapat bahwa pada harta anak yatim ada zakatnya, mereka adalah Umar. Ali, โAisyah, dan Ibnu Umar. Ini juga pendapat Malik, Syafiโi, Ahmad, dan Ishaq. Segolongan lain mengatakn tidak ada zakat pada harta anak yatim, ini adalah pendapat Sufyan dan Ibnul Mubarak.โ (Sunan At Tirmidzi No. 641)
[2] Untuk zakat rikaz (harta terpendam pada masa lalu), kalangan syafiโiyah mensyaratkan adanya nishab. Sementara Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Ahmad bin Hambal tidak mensyaratkannya, karena sesuai keumuman hadits: โPada rikaz zakatnya adalah 20%.โ (Kifayatul Akhyar, 1/191-192. Maktabah Al Misykah)
๐นBersambung ๐น
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan:
www.iman-islam.com
๐ผ Sebarkan! Raih pahala…







