๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐
๐Ustadz Farid Nu’man Hasan
๐ Doa Qunut Dalam Witir
Telah terjadi perbedaan pendapat ulama tentang qunut secara umum, berkata Imam Ibnu Rusyd Al Maliki Rahimahullah :
ุงุฎุชูููุง ูู ุงููููุชุ ูุฐูุจ ู ุงูู ุฅูู ุฃู ุงููููุช ูู ุตูุงุฉ ุงูุตุจุญ ู ุณุชุญุจุ ูุฐูุจ ุงูุดุงูุนู ุฅูู ุฃูู ุณูุฉ ูุฐูุจ ุฃุจู ุญูููุฉ ุฅูู ุฃูู ูุง ูุฌูุฒ ุงููููุช ูู ุตูุงุฉ ุงูุตุจุญุ ูุฃู ุงููููุช ุฅูู ุง ู ูุถุนู ุงููุชุฑ ููุงู ููู : ุจูููุช ูู ูู ุตูุงุฉุ ููุงู ููู : ูุง ูููุช ุฅูุง ูู ุฑู ุถุงูุ ููุงู ููู : ุจู ูู ุงููุตู ุงูุงุฎูุฑ ู ูู ููุงู ููู : ุจู ูู ุงููุตู ุงูุงูู ู ูู
โMereka berselisih tentang qunut, Malik berpendapat bahwa qunut dalam shalat shubuh adalah sunah, dan Asy Syafiโi juga mengatakan sunah, dan Abu Hanifah berpendapat tidak boleh qunut dalam shalat subuh, sesungguhnya qunut itu adanya pada shalat witir.
Ada kelompok yang berkata: berqunut pada setiap shalat. Kaum lain berkata: tidak ada qunut kecuali pada bulan Ramadhan. Kaum lain berkata: Adanya pada setelah setengah bulan Ramadhan. Ada juga yang mengatakan: bahkan pada setengah awal Ramadhan.โ (Imam Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, 1/107-108. Darul Fikr)
Ada pun tentang qunut saat witir, Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullah berkata:
ูุง ูุตุญ ููู ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุดูุก
Tidak ada yang shahih sedikit pun dari Nabi ๏ทบ tentang hal ini (Talkhish Al Habir, 2/18)
Imam Ibnu Khuzaimah berkata:
ููุณุช ุฃุญูุธ ุฎุจุฑุงู ุซุงุจุชุงู ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุงููููุช ูู ุงููุชุฑ
Aku tidak hafal adanya hadits yang shahih dari Nabi ๏ทบ tentang qunut saat witir. (Shahih Ibni Khuzaimah, 2/151)
โฃTETAPI, qunut saat witir ADA pada masa para sahabat Nabi ๏ทบ.
Imam โAtha bin Abi Rabah ditanya tentang qunut witir, Beliau menjawab:
ูุงู ุฃุตุญุงุจ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุนูููู
Dahulu para sahabat Nabi ๏ทบ melakukannya. (Mukhtashar Qiyam Al Lail, Hal. 66)
Syaikh Al Mujahid, Sulaiman bin Nashir Al โAlwan Rahimahullah berkata:
ูุฌุงุก ุนู ุจุนุถ ุงูุตุญุงุจุฉ ุฃูู ูุง ูููุช ุฅูุงู ูู ุงููุตู ู ู ุฑู ุถุงู . ุตุญ ูุฐุง ุนู ุงุจู ุนู ุฑ
Telah datang riwayat dari sebagian sahabat nabi bahwa tidak ada qunut kecuali pada separuh Ramadhan. Hal ini shahih dari Ibnu Umar. (Ahkam Qiyam Al Lail, Hal. 28)
Jadi, para ulama sepakat sunahnya saat witir di setengah Ramadhan sampai akhir.
ูุงุชูููุง ุนูู ุฃู ุงููููุช ูู ุงููุชุฑ ู ุณููู ูู ุงููุตู ุงูุซุงูู ู ู ุดูุฑ ุฑู ุถุงู ุฅูู ุขุฎุฑู
Para ulama sepakat tentang berqunut dalam shalat witir itu sunnah saat separuh bulan Ramadhan sampai akhir. (Al Wazir Ibnu Hubairah, Ikhtilaf Al Aimmah Al โUlama, 1/138)
Hanya saja mereka berbeda apakah qunut dalam witir juga sunnah pada witir-witir selain paruh akhir bulan Ramadhan?
ุซู ุงุฎุชูููุง ูู ู ูุถุนู . ููุงู ุฃุจู ุญูููุฉ : ูุจู ุงูุฑููุน . ููุงู ุงูุดุงูุนู ูุฃุญู ุฏ : ุจุนุฏู . ุซู ุงุฎุชูููุง ูู ูู ู ุณููู ูู ุจููุฉ ุงูุณูุฉ ุ ููุงู ุฃุจู ุญูููุฉ ูุฃุญู ุฏ : ูู ู ุณููู ูู ุฌู ูุน ุงูุณูุฉ . ููุงู ู ุงูู ูุงูุดุงูุนู : ูุง ูุณู ุฅูุง ูู ูุตู ุดูุฑ ุฑู ุถุงู ุงูุซุงูู
Kemudian mereka berbeda pendapat tentang tempatnya qunut. Abu Hanifah mengatakan: sebelum ruku. Asy Syafiโi dan Ahmad mengatakan: setelahnya. Lalu mereka juga berselisih apakah disunahkan pada shalat sunnah lainnya? Abu Hanifah dan Ahmad berkata: Hal itu sunah di semua sunah. Malik dan Asy Syafiโi mengatakan: โTidak sunnah kecuali hanya pada paruh kedua bulan Ramadhan.โ (Ibid)
Maka, janganlah ingkari jika sebagian masjid ada qunut saat shalat witirnya sejak separuh akhir Ramadhan. Itu sunah yang disepakati para ulama, tetapi mereka berbeda apakah itu juga sunnah di luar Ramadhan.
Wallahu A’lam wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa Shahbihi wa Sallam
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130