Fiqih IbadahMateri Kajian Manis

Fiqih I’tikaf (Bag. 4)

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

๐Ÿ“š Bolehkah Iโ€™tikaf Selain Ramadhan dan Tanpa Puasa?

Dalam hal ini terjadi khilafiyah, Syaikh Utsaimin berkata:

ูุงู„ุฐูŠ ูŠุธู‡ุฑ ู„ูŠ ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ูˆ ุงุนุชูƒู ููŠ ุบูŠุฑ ุฑู…ุถุงู†ุŒ ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ูƒุฑ ุนู„ูŠู‡ ุจุฏู„ูŠู„ ุฃู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู… ุฃุฐู† ู„ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฃู† ูŠูˆููŠ ุจู†ุฐุฑู‡ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ู‡ุฐุง ุงู„ู†ุฐุฑ ู…ูƒุฑูˆู‡ุงู‹ ุฃูˆ ุญุฑุงู…ุงู‹ุŒ ู„ู… ูŠุฃุฐู† ู„ู‡ ุจูˆูุงุก ู†ุฐุฑู‡ุŒ ู„ูƒู†ู†ุง ู„ุง ู†ุทู„ุจ ู…ู† ูƒู„ ูˆุงุญุฏ ุฃู† ูŠุนุชูƒู ููŠ ุฃูŠ ูˆู‚ุช ุดุงุกุŒ ุจู„ ู†ู‚ูˆู„ ุฎูŠุฑ ุงู„ู‡ุฏูŠ ู‡ุฏูŠ ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู…ุŒ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู… ูŠุนู„ู… ุฃู† ููŠ ุงู„ุงุนุชูƒุงู ููŠ ุบูŠุฑ ุฑู…ุถุงู†ุŒ ุจู„ ูˆููŠ ุบูŠุฑ ุงู„ุนุดุฑ ุงู„ุฃูˆุงุฎุฑ ู…ู†ู‡ ุณู†ุฉ ูˆุฃุฌุฑุงู‹ ู„ุจูŠู†ู‡ ู„ู„ุฃู…ุฉ ุญุชู‰ ุชุนู…ู„ ุจู‡

โ€œYang nampak benar bagi saya, bahwa manusia jika iโ€™tikaf pada selain Ramadhan, hal itu tidaklah   diingkari berdasarkan dalil bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mengizinkan Umar bin Al Khathab menepati nazarnya.

Seandainya nazar tesebut makruh atau haram, niscaya Beliau tidak akan mengizinkan memenuhi nazarnya. Tetapi, kami tidak menuntut setiap orang untuk beriโ€™tikaf pada bulan apa saja semaunya dia, bahkan kami katakan sebaiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam . Seandainya Rasul Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mengajarkan Iโ€™tikaf selain Ramadhan, bahkan diluar 10 hari terakhir adalah sunah dan berpahala, niscaya Beliau akan menjelaskan kepada umat sehingga umat mengerjakannya.โ€ (Syarhul Mumtiโ€™, 6/164. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

Hadits yang dimaksud oleh Syaikh Utsaimin, yakni Dari Ibnu Umar, bahwa Umar bin Khatab berkata:

ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฅู†ูŠ ู†ุฐุฑุช ููŠ ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ ุฃู† ุฃุนุชูƒู ู„ูŠู„ุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู…. ูู‚ุงู„: ุฃูˆู ุจู†ุฐุฑูƒ

โ€œWahai Rasulullah, saya bernazar pada masa jahiliyah untuk iโ€™tikaf pada malam hari di masjidil haram.โ€ Beliau bersabda: โ€œPenuhi nazarmu.โ€ (HR. Bukhari No. 1927, 1937,1938)

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:

ููู‰ ุฃู…ุฑ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู‡ ุจุงู„ูˆูุงุก ุจุงู„ู†ุฐุฑ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุงู† ุงู„ุตูˆู… ู„ูŠุณ ุดุฑุทุง ููŠ ุตุญุฉ ุงู„ุงุนุชูƒุงูุŒ ุฅุฐ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุตุญ ุงู„ุตูŠุงู… ููŠ ุงู„ู„ูŠู„

Maka, pada perintah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam kepadanya  (Umar) untuk memenuhi nazar, merupakan dalil bahwa berpuasa bukanlah syarat bagi sahnya iโ€™tikaf, mengingat bahwa tidak sahnya berpuasa malam hari. (Fiqhus Sunnah, 1/478)

Inilah pendapat Ali, Ibnu Masโ€™ud, Al Hasan Al Bashri, Asy Syafiโ€™i, dll. Sedangkan โ€˜Aisyah, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Saโ€™id bin Al Musayyib,  Urwah bin Zubeir, Az Zuhri,  Al Auzaโ€™i, Malik, Abu Hanifah, menyatakan bahwa Iโ€™tikaf tidak sah tanpa berpuasa. (Ibid, 1/479)

Faktanya, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam pernah Iโ€™tikaf pada bulan Syawwal, yaitu 10 hari terakhir bulan Syawwal, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam kitab Shahihnya:

ุจูŽุงุจ ุงู„ูุงุนู’ุชููƒูŽุงูู ูููŠ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู

Bab Iโ€™tkaf Pada Bulan Syawwal

Maka, pandangan yang lebih kuat adalah bahwa Iโ€™tikaf tetap sah dilakukan tanpa puasa dan sah pula di luar Ramadhan. Jika ditambah puasa maka itu afdhal.

Wallahu Aโ€™lam

๐Ÿ”นBersambung ๐Ÿ”น

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *